Klik dong

Selasa, 24 April 2012

Persaudaraan Islam


Persaudaraan Islam
"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat Rahmat." (QS. Al-Hujarat:10)

Allah SWT banyak menekankan arti persaudaraan sesama muslim dalam banyak ayat. Bahkan agar saling memintakan apapun satu sama lain (QS. Al-Hasyr:10) karena banyak saudara seorang muslim merasa kuat, aman dan mendapat perhatian. Dalam persaudaraan terdapat pula hak dan kewajiban minimal ada 6 seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah saw.
Hak seorang muslim terhadap muslim lainya ada enam (dalam riwayat lain disebutkan ada 5): 1. Apabila diberi salam hendaknya dijawab.
2. Apabila diundang hendaknya dipenuhi.
3. Apabila diminta nasihat hendaknya memberi nasihat.
4. Apabila bersin dan mengucapkan hamdallah, hendaknya dijawab yarhamukallah.
5. Apabila sakit hendaknya dikunjungi.
6. Apabila dia wafat hendaknya diantar sampai kuburan. (HR. Muslim).
Ada beberapa hal yang dapat merusak persaudaraan itu, diantaranya sombong, egois, senang memperolok atau mengejek, berbangga diri karena keturunannya, kemaksiatan karena lali terhadap Allah, meninggalkan hukum Allah dsb. Kondisi ummat Islam umumnya dan Indonesia khusunya menuntut persaudaraan lebih urgent. Namun demikian kita jangan termakan propaganda kaum salibis yang sedang gencar menyebarkan dakwah persaudaraan kepada ummat Islam dalam rangka menyeret ummat Islam ke dalam ajaran mereka. Naudzubillahi mindzalik.

Tidak ada komentar: