SYAIKH MUHAMMAD AMAN AL-JAMI (SINGA SUNNAH DARI HABASYAH)

SYAIKH MUHAMMAD AMAN AL-JAMI (SINGA SUNNAH DARI HABASYAH)
Nama Dan Nasabnya

Beliau rahimahullah adalah Syaikh al-‘Allamah Abu Ahmad Muhammad Aman bin Ali Jami Ali.

Kelahirannya

Beliau dilahirkan pada tahun 1349 H di desa Thagha Thab daerah Harar, Habasyah (Ethiopia), Afrika.

Pertumbuhan Ilmiah Dan Guru-Gurunya

Beliau rahimahullah tumbuh di desanya, Thagha Thab. Di situ, beliau belajar al-Qur’an hingga khatam kemudian belajar fiqh Madzhab Syafi’i. Beliau juga belajar bahasa Arab kepada Syaikh Muhammad Amin al-Harari.

Kemudian beliau meninggalkan desanya guna menuntut ilmu. Hingga bertemu sahabatnya dalam menuntut ilmu, Syaikh Abdul Karim. Keduanya pergi belajar Nazhm Zubad karya Ibnu Ruslan kepada Syaikh Musa dan belajar matan Minhaj kepada Syaikh Abadir. Demikian pula, keduanya mempelajari beberapa bidang ilmu lainnya.

Keduanya lantas sepakat pergi ke Saudi Arabia dalam rangka ibadah haji dan menuntut ilmu. Mereka berdua melakukan perjalanan darat dari Habasyah menuju Somalia. Dari somalia melakukan perjalanan lewat laut hingga ke Aden, Yaman. Kemudian berjalan kaki hingga Mekkah.

Setelah menunaikan ibadah haji pada tahun 1369 H, beliau rahimahullah memulai belajarnya dengan menghadiri halaqah-halaqah di masjidil haram. Beliau belajar kepada Syaikh Abdur Razaq Hamzah, Syaikh Abdul Haq al-Hasyimi, Syaikh Abdullah ash-Shomali dan ulama lainnya.

Beliau berkenalan dengan Syaikh Abdul Aziz bin bin Baz rahimahullah (mantan mufti ‘am kerajaan Arab Saudi-red) dan menemaninya dalam perjalanan ke Riyadh ketika beliau masuk ke Ma’had Ilmi di Riyadh. Di antara rekan beliau ketika belajar di Ma’had Ilmi adalah Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al-Abbad dan Syaikh Ali bin Muhanna.

Di samping belajar di Ma’had Ilmi, beliau juga menghadiri halaqah-halaqah ilmu di Riyadh. Beliau menghadiri mejelis Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Abdur Rahman al-Afriqi, Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi, Syaikh Hammad al-Anshari.

Beliau rahimahullah juga belajar kepada Syaikh Abdur Razzaq Afifi, Syaikh Muhammad Khalil Harras dan Syaikh Abdullah al-Qar’awi.

Pengabdiannya Kepada Kaum Muslimin

Beliau diusulkan oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz kepada Syaikh Muhammad bin Ibrahim, Mufti Saudi Arabia waktu itu, agar ditugaskan mengajar di Ma’had Ilmi di Shamithah, daerah Jazan. Usulan ini disetujui Syaikh Muhammad bin Ibrahim.

Ketika Universitas Islam Madinah dibuka pada tahun 1381 H, beliau dipilih oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz sebagai salah seorang pengajarnya dalam mata kuliah aqidah.

Beliau juga ditugaskan sebagai pengajar di masjid Nabawi dalam bidang aqidah.

Beliau kerahkan upaya beliau dalam dakwah ilallah di dalam dan di luar negeri Saudi selama kurang lebih 40 tahun, menjelaskan aqidah salafiyah dan membantah ahli bid’ah serta orang-orang yang menyeleweng dari jalan yang lurus. Beliau memiliki andil besar dalam menjelaskan perbedaan-perbedaan yang mendasar antara manhaj salafi dan manhaj-manhaj bid’ah yang hendak memalingkan umat dari manhaj Nabi shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya. Kerena kegigihan dakwah inilah, beliau banyak mendapat rintangan dan gangguan. Tidak henti-hentinya para pemilik kesesatan melontarkan tuduhan-tuduhan dan perkataan-perkataan yang tidak pantas kepada beliau. Sampai-sampai ada yang berusaha memberikan gangguang fisik kepada beliau. Akan tetapi, tidak henti-hentinya pula beliau membela dakwah salafiyah dengan penuh kesabaran dan mengharap keridhaan Alloh, hingga beliau wafat.

Akhlaknya

Beliau dikenal gigih dalam melakukan nasihat terhadap Alloh, Rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin, dan orang-orang awam. Beliau jarang bergaul dengan manusia kecuali dalam kebaikan. Beliau selalu menjaga waktu-waktunya. Kebiasaan beliau dikenal banyak orang; keluar dari rumahnya mengajar di Jami’ah, kemudian pulang ke rumah, lalu ke masjid Nabawi menyampaikan ta’limnya sesudah Ashar, sesudah Maghrib, sesudah Isya’ dan sesudah Fajar. Begitulah jadwal beliau, sampai beliau mengalami sakit keras hingga meninggal dunia. Beliau dikenal menjaga lisannya, tidak mengejek, tidak mencela dan tidak mengghibah. Bahkan beliau tidak mengizinkan seorangpun melakukan ghibah dan menyebut aib manusia di hadapannya. Ketika terjadi suatu kesalahan pada sebagian panuntut ilmu pada suatu kaset atau kitab, beliau mendengarkan atau membacanya. Jika nampak bagi beliau kesalahan tersebut, beliau lakukan nasihat terhadapnya. Beliau dikenal lembut dan pemaaf. Dengan kelembutan dan sikap memaafkan, beliau hadapi ujian, makar dan gangguan. Beliau memiliki perhatian yang sangat besar kepada murid-muridnya. Beliau hadiri undangan-undangan mereka. Menanyakan keadaan mereka dan mengatasi sebagian permasalahan keluarga mereka. Ringkasnya, beliau membantu mereka dengan harta, waktu dan kedudukannya.

Pujian Para Ulama Kepadanya

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata, “Beliau dikenal dengan keilmuannya, keutamaannya, kelurusan aqidahnya dan kegigihan dakwahnya kepada Alloh serta memperingatkan dari bid’ah dan khurafat. Semoga Alloh mengampuninya, menempatkannya dalam keluasan surga-Nya, memperbagus keturunannya dan semoga Alloh mengumpulkan kita semua dan beliau di negeri kemuliaan-Nya.”

Dalam kesempatan lain, Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata. “Syaikh Muhammad Aman al-Jami dan Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, keduanya termasuk Ahli Sunnah. Keduanya dikenal dengan keilmuan, keutamaan dan kelurusan aqidahnya. Syaikh Muhammad Aman al-Jami telah wafat pada malam kamis 27 Sya’ban tahun ini. Aku berwasiat agar dipelajari kitab-kitab keduanya. Aku memohon agar Alloh memberikan taufiq kepada kita semua pada apa yang dia cintai dan dia ridhai.”

Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al-Abbad berkata, “Aku mengenal Syaikh Muhammad Aman al-Jami ketika belajar di ma’had ilmi Riyadh dan sebagai dosen di Universitas Islam Madinah. Aku mengenal beliau dengan kelurusan aqidah dan keselamatan arah. Beliau memiliki perhatian yang besar dalam menjelaskan aqidah salaf dan memperingatkan dari kebid’ahan di dalam ta’lim-ta’limnya, ceramah-ceramahnya dan tulisan-tulisannya. Semoga Alloh mengampuninya, merahmatinya dan memberikan pahala yang berlimpah kepadanya.”

Syaikh Shalih al-Fauzan berkata, “Orang-orang yang berilmu dan memiliki ijazah ilmiah banyak sekali. Tetapi sedikit dari mereka yang bisa memanfaatkan dan memberikan faedah dari ilmunya. Syaikh Muhammad Aman al-Jami termasuk kelompok sedikit dari para ulama yang mengarahkan ilmu dan upaya mereka memberikan faedah dan mengarahkan kaum muslimin dengan dakwah kepada Alloh melalui ta’lim-ta’limnya di Jami’ah Islamiyah dan masjid Nabawi serta dalam perjalanan dakwahnya di dalam dan luar Saudi, menyeru kepada tauhid, menyebarkan aqidah yang shahih, mengarahkan para pemuda umat ini kepada manhaj salafush shalih dan memperingatkan mereka dari pemikiran-pemikiran yang merusak dan seruan-seruan yang menyesatkan. Siapa saja yang belum mengenalnya secara langsung, bisa mengenal melalui kitab-kitabnya dan kaset-kasetnya yang bermanfaat, yang menampakan keluasan ilmunya. Beliau terus melanjutkan kebaikan amalnya hingga beliau wafat. Beliau tinggalkan ilmu yang bermanfaat, yang terwujud pada murid-muridnya dan kitab-kitabnya. Semoga Alloh merahmatinya dan membalasnya dengan kebaikan.”

Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali berkata, “ Adapun Syaikh Muahammad Aman, aku tidak mengetahui beliau kecuali seorang yang beriman, bertauhid, salafi, faqih dalam agamanya, dan mempuni dalam ilmu aqidah. Tidak pernah kulihat yang lebih bagus darinya dalam memaparkan aqidah. Beliau telah mengajarkan kepada kami al-Wasithiyah dan al-Hamawiyah saat di marhalah Tsanawiyah. Tidak pernah kami melihat yang lebih bagus dari beliau dalam memahamkan para murid. Kami mengenal beliau dengan akhlak yang mulia, tawadhu dan kewibawaan. Kami memohon kepada Alloh agar mengangkat derajat beliau di surga dengan sebab celaan-celaan dan perkataan-perkataan yang tidak pantas dari ahlul ahwa’ (pengikut hawa nafsu) kepadanya. Terakhir, beliau meninggal dengan berwasiat agar selalu berpegang teguh dengan aqidah yang shahih, berwasiat kepada para ulama agar memperhatikan masalah aqidah. Ini menunjukan kejujurannya –insya Alloh- dalam keimanannya dan dalil atas khusnul khatimahnya. Semoga Alloh selalu mencurahkan kepada kita dan beliau rahmat dan keridhaanNya.”

Syaikh Muhammad bin Ali bin Muhammad Tsani berkata, “Beliau adalah seorang ulama salafi. Merupakan teladan utama dalam dakwah islamiyah. Beliau memiliki ceramah-ceramah di masjid-masjid dan pertemuan-pertemuan ilmiah di dalam dan luar negeri. Beliau memiliki tulisan-tulisan dalam masalah aqidah dan yang lainnya. Semoga Alloh memberikan balasan sebaik-baiknya kepada beliau dan mencurahkan pahala yang banyak di akhirat.”

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab al-Banna berkata, “Beliau adalah sebaik-baik yang kami cintai dalam keluhuran akhlaknya, kelurusan aqidahnya, dan kebagusan pergaulannya.”

Syaikh Muhammad bin Hamud al-Waili berkata, “Aku mulai mengenal Syaikh Muhammad Aman al-Jami pada tahun 1381 H ketika daulah Saudi Arabia mendirikan Universitas Islam Madinah. Beliau termasuk para pengajar yang pertama ditugaskan di Universitas tersebut, sedangkan aku salah seorang mahasiswanya. Beliau termasuk diantara para masyayikh yang memberikan perhatian yang khusus kepada para murid sehingga mereka tidak berhenti dalam hubungan pengajaran. Pada kebanyakan ta’limnya, beliau memiliki perhatian yang besar dalam menjelaskan aqidah salafush shalih dalam pelajaran aqidah maupun yang lainnya.

Ketika menjelaskan aqidah salafush shalih dan berusaha menanamkannya dalam jiwa para muridnya yang berasal dari seluruh penjuru negeri, beliau sampaikan dengan gaya bahasa yang mereka mengerti. Karena beliau telah merasakan keindahan aqidah salaf dan menelaah kedalamannya, sampai-sampai seorang yang mendengar dan menyaksikan beliau ketika berbicara tentang aqidah salaf merasakan hatinya merasa cinta dan terikat dengan aqidah salaf. Beliau memiliki banyak rihlah dakwah dan ta’lim di luar negeri Saudi. Tidak pernah datang suatu kesempatan melainkan beliau gunakan untuk menjelaskan keagungan dan kejernihan aqidah salaf dengan penjelasan yang memuaskan. Orang yang membaca tulisan-tulisan dan risalah beliau akan meraba kebenaran dakwahnya. Saya hadir ketika beliau mempertahankan disertasi doktornya di Darul Ulum cabang Universitas Kairo Mesir. Beliau berupaya di dalam disertasinya tersebut menjelaskan kejernihan aqidah salaf dan keselamatan manhaj salaf. Beliau singkapkan keborokan setiap manhaj yang menyeleweng dari aqidah salaf serta kebatilan setiap tuduhan yang diarahkan kepada para penyeru aqidah salaf yang menghabiskan umurnya menyeru dan mengabdi kepada aqidah salaf. Beliau juga mematahkan setiap perkataan dan syubhat para pemilik kebatilan yang berusaha menjatuhkan manhaj salaf.

Ringkasnya, beliau begitu mendalam kecintaannya terhadap aqidah salafush shalih, ikhlas dalam mendakwahkannya, begitu gigih dalam membelanya, serta pemberani di dalam menyampaikan kebenaran. Semoga Alloh mengampuni beliau dan kita semua.”

Murid-Muridnya

Di antara murid-muridnya: Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, Syaikh Zaid bin Hadi al-Madkhali, Syaikh Ali bin Nashir Faqihi, Syaikh Muhammad bin Hamud al-Waili, Syaikh Abdul Qadir bin Habibullah as-Sindi, Syaikh Shalih bin Sa’d as-Suhaimi, Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid, Syaikh Falih bin bin Nafi’ al-Harbi, Syaikh Shalih ar-Rifa’i, Syaikh Falah Isma’il, Syaikh Falah bin Tsani, Syaikh Ibrahim bin Amir ar-Ruhaili, dan masih banyak lagi selain mereka.

Tulisan-Tulisannya

Di antara tulisan-tulisan beliau: Sifat Ilahiyyah fil Kitab was Sunnah Nabawiyyah fi Dhau’il Itsbat wa Tanzih, Manzilatus Sunnah fi Tasyri’ Islami, Majmu’ Rasa’il Jami’ Fil aqidah was Sunnah, Aqidah Islamiyyah wa Tarikhuha Haqiqatu Demokratiah wa Annaha Laisat minal Islam, Haqiqatusy Syura fil Islam, Adhwa’ ‘ala Thariqi Da’wah fil Islam, Tahhih Mafahim fi Jawaniba minal aqidah, Muhadharah Difa’iyyah anis Sunnah Muhammadiyyah, aql wa Naql ‘inda Ibnu Rusyd, Thariqatul Islam fi Tarbiyyah, Masyakilu Da’wah wa Du’at fi Ashril Hadits Islam fi Afriqia Abra Tarikh, dan yang lainnya.

Wafatnya

Syaikh Muhammad Aman al-Jami wafat di Madinah pada waktu pagi hari Rabu 26 Sya’ban 1416 H dan dimakamkan di pekuburan Baqi’ Madinah. Semoga Alloh meridhainya dan menempatkannya dalam keluasan jannah-Nya.

Rujukan
1. Tarjamah Syaikh Muhammad Aman al-Jami oleh Syaikh Musthafa bin abdul Qadir al-Fullani
2. Website: sahab as-Salafiyyah

(SUMBER: Al-Furqon Edisi 4 Tahun V / Dzulqo’dah 1426 H dengan sedikit perubahan)

Tidak ada komentar