Sholawat Asnawiyah

Pembuka Sholawat Asnawiyyahإ

إِخْوَانٌ يَا مُسْتَمِعُونَ عَرَفْنَا إِلَىٰ شَيْئًا كَامِلًا إِلَّا بِهُدَىٰ اللهِ وَتَوْفِيقِهِ فَضْلًا مِّنْهُ وَجُودًا.

اَلْحَمْدُ لِلهِ فِي الْأُولَىٰ وَفِي الْآخِرَةِ، وَلَعَلَّ اللهَ أَنْ يَنْفَعَنَا بِهَا إِنْ شَاءَ اللهُ.

أَحِنُّ إِلَىٰ شَفِيعِي فِي رَوْضِ شَمْسِ الضُّحَىٰ قِرْمِ الْوُجُودِ بِمُحَمَّدٍ بَدْرِ التَّمَامِ.

إِلَىٰ الْعُلَىٰ وَالْكَوْنِ أَشْرَقَ مِنْ دِيَارِ مُحَمَّدٍ، تَعَالَىٰ اللهُ جَلَّ جَلَالُهُ، قَدْ مَرَّ الدُّنْيَا بِنُورِ مُحَمَّدٍ.

بِجَاهِ الْمُصْطَفَىٰ زَالَ الْجَفَا وَلَقِيَ الْمُصْطَفَىٰ وَعِيشَ الْوَرَىٰ.

بِمُحَمَّدٍ غَنَىٰ الْفُقَرَاءُ، مَدِيحُ الْمُصْطَفَىٰ يَا فَوْزَ مَنْ يَحْلُمُ مَادِحًا مُحَمَّدًا.

Bacaan Sholawat Asnawiyyah

يَا رَبِّ صَلِّ عَلَىٰ الرَّسُولِ مُحَمَّدٍ سِرِّ الْعُلَىٰ، وَالْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِينَ الْغُرِّ خِتَامًا أَوَّلًا.

يَا رَبِّ نَوِّرْ قُلُوبَنَا بِنُورِ قُرْآنٍ جَلَا، وَافْتَحْ لَنَا بِدَرْسٍ أَوْ قِرَاءَةٍ تُرَتِّلَا.

وَارْزُقْ بِفَهْمِ الْأَنْبِيَاءِ لَنَا وَأَيْمَنٍ تَلَا، ثَبِّتْ بِهِ إِيمَانَنَا دُنْيَا وَأُخْرَىٰ كَامِلًا.

أَمَانٌ أَمَانٌ أَمَانٌ أَمَانٌ بِإِنْدُونِيسِيَا رَايَا أَمَانٌ.

آمِينَ آمِينَ آمِينَ آمِينَ يَا رَبَّ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ.

آمِينَ آمِينَ آمِينَ آمِينَ وَيَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ.


Ya Robbi sholli ‘alar-Rosuli Muhammadin sirril ‘ula

Wal anbiyâ-i wal mursalînal ghurri khotman awwalâ

Yâ Robbi nawwir qolbanâ bi nûri Qur-ânin jalâ

Waftah lanâ bidarsin au qirô-atin turottalâ

Warzuq bifahmil anbiyâ, lanâ wa ayya man talâ

Tsabbit bihi îmânanâ dunyâ wa ukhrô kâmilâ

Amân amân amân amân bi Indûnisiyâ Rôyâ amân

Âmîn âmîn âmîn âmîn Yâ Robb Yâ Robbal ‘âlamîn

Âmîn âmîn âmîn âmîn wa Yâ mujîbas-sâ-ilîn

Penutup Sholawat Asnawiyyah

ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﺍﺧﻴﺮ ﻳﺎ ﻭﺩﻭﺩ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻇﺎﻫﺮ ﻳﺎ ﻣﺎﺟﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﺑﺎﻃﻦ ﻳﺎ ﺷﻬﻴﺪ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﺣﻖّ ﻭﻳﺎ ﻭﻛﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﺣﻲّ ﻭﻳﺎ ﻗﻴّﻮﻡ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﺑﺮّ ﻭﻳﺎ ﺗﻮّﺍﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻣﺘﻌﺎﻟﻰ ﻳﺎ ﻭﺍﻟﻰ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻣﻨﺘﻘﻢ يا ﺣﻤﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻋﻔﻮّ ﻳﺎ ﻣﻌﻴْﺪ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻣﻘﺴﻂ ﻳﺎ ﺑﺪﻳْﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﺟﻤﻴْﻊ ﻳﺎ ﺭﺷﻴْﺪ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻏﻨﻲّ ﻳﺎ ﻣﻐﻨﻲّ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻧﺎﻓﻊ ﻭﻳﺎ ﻇﺎﺭّ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻣﺎﻧﻊ ﻭﻳﺎ ﻧﻮْﺭ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﻭﺍﺭﺙ ﻭﻳﺎ ﻫﺎﺩﻯ ¤ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺎ ﺻﺒﻮﺭ ﻭﻳﺎ ﺑﺎﻗﻰْ ﻣﻠﻚ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺫﺍﺍﻟﺠﻼﻝ 
ﻭﺍﻹكرام

Sholawat Badar

Sholawat Badar

Bagi Warga Nahdliyin, pasti tidak asing dengan bacaan shalawat. Begitu banyaknya jenis dan macamnya bacaan shalawat yang sering kita jumpai dan dengar disetiap media. Mulai dari shalawat nariyah, shalawat burdah, shalawat munjiyat, shalawat kamaliyah, shalawat kubro, shalawat badar, shalawat badawiyah hingga shalawat dalailul khairot, dan tentunya masih banyak lagi shalawat lainnya.

Salah satu jenis sholawat yang tersohor dikalanga umat Islam Indonesia adalah sholawat badar yang intinya merupakan penghormatan, pujian, pengakuan dan rasa syukur bagi para Syuhada perang Badar. Hal seperti ini dilakukan pula di zaman Rasulullah ﷺ.

Berikut ini adalah teks dan terjemah dari shalawat badar

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ ۞ صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـٰس حَبِيْـبِ اللهِ

Rahmat dan keselamatan Allah, Semoga tetap untuk Nabi Toha (Muhammad)ﷺ utusan Allah,
Rahmat dan keselamatan Allah, Semoga tetap untuk Nabi Yasin (Muhammadﷺ) kekasih Allah’

تَوَ سَـلْنَا بِـبِـسْـمِ اللّهِ وَبِالْـهَادِى رَسُـوْلِ اللهِ ۞ وَ كُــلِّ مُجَـا هِـدِ لِلّهِ بِاَهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Kami berwasilah dengan berkah “Basmalah”, Dan dengan Nabi ﷺ yang menuniukkan lagi utusan Allah,
Dan seluruh.orang yang beriuang .karena Allah, Sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah.

اِلهِـــى سَـلِّـمِ اْلا ُمـَّة مِـنَ اْلافـَاتِ وَالـنــِّــقْـمَـةَ ۞ وَمِنْ هَـمٍ وَمِنْ غُـمَّـةٍ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Ya Allah, semoga Engkau menyelamatkan umat, Dari bencana dan siksa,
Dan dari susah dan kesempitan, Sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah’

اِلهِى نَجِّـنَا وَاكْـشِـفْ جَـمِيْعَ اَذِ يـَّةٍ وَا صْــرِفْ ۞ مَـكَائـدَ الْعِـدَا وَالْطُـفْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Ya AIlah semoga Engkau selamatkan kami dari semua yang menyakitkan,
Dan semoga Engkau menjauhkan tipu dan daya musuh-musuh,
Dan semoga Engkau mengasihi kami, sebab berkahnya sahabat Ahli Badar Ya Allah.

اِلهِـى نَـفِّـسِ الْـكُـرَبَا مِنَ الْعَـاصِيْـنَ وَالْعَطْـبَا ۞ وَ كُـلِّ بـَلِـيَّـةٍ وَوَبـَا بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Ya Allah, semoga Engkau menghilangkan beberapa kesusahan Dari orang-orang yang berma’siat dan semua kerusakan,
Dan semoga Engkau hilangkan semua bencana dan wabah penyakit’ Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah

فَكَــمْ مِنْ رَحْمَةٍ حَصَلَتْ وَكَــمْ مِنْ ذِلَّـةٍ فَصَلَتْ ۞ وَكَـمْ مِنْ نِعْمـَةٍ وَصَلَـتْ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Maka sudah beberapa rahmat yang telah berhasil, Dan sudah beberapa dari kehinaan yang dihilangkan,
Dan sudah banyak dari ni’mat yang telah sampai, Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah’

وَ كَـمْ اَغْـنَيْتَ ذَالْعُـمْرِ وَكَـمْ اَوْلَيْـتَ ذَاالْفَـقْـرِ ۞ وَكَـمْ عَافَـيـْتَ ذِاالْـوِذْرِ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Sudah berapa kati Engkau memberi kekayaan orang yang makmur, Dan berapa kali Engkau memberi nikmat kepada orang yang fakir,
Dan berapa kali Engkau mengampuni orang yang berdosa, Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

لَـقَدْ ضَاقَتْ عَلَى الْقَـلْـبِ جَمِـيْعُ اْلاَرْضِ مَعْ رَحْبِ ۞ فَانْـجِ مِنَ الْبَلاَ الصَّعْـبِ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Sungguh hati manusia merasa sempit di atas tanah yang luas ini; karena banyakhya marabahaya yang mengerikan, dan malapetaka yang menghancurkan.

Semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang mengerikan,
Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.’

ا َتَيـْنَا طَـالِـبِى الرِّفْـقِ وَجُـلِّ الْخَـيْرِ وَالسَّـعْدِ ۞ فَوَ سِّـعْ مِنْحَـةَ اْلاَيـْدِىْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Kami datang dengan memohon pemberian/pertolongan Dan memohon agungnya kebaikan dan keuntungan.
Semoga Allah meluaskan anugerah (keni’matan) yang melimpah-limpah. Dari sebab berkahnya ahli Badar ya Allah.

فَـلاَ تَرْدُدْ مَـعَ الْخَـيـْبَةْ بَلِ اجْعَلْـنَاعَلَى الطَّيْبـَةْ ۞ اَيـَا ذَاالْعِـزِّ وَالْهَـيـْبَةْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Maka janganlah Engkau menolak kami menjadi rugi besar, Bahkan jadikanlah diri kami dapat beramal baik, dan selalu bersuka ria.
Wahai Dzat yang punya keagungan (kemenangan) dan Prabawa, Dengan sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

وَ اِنْ تَرْدُدْ فَـمَنْ نَأْتـِىْ بِـنَيـْلِ جَمِيـْعِ حَاجَا تِى ۞ اَيـَا جَـالِى الْمُـلِـمـَّاتِ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Jika Engkau (Allah) terpaksa menolak hamba, maka kepada siapakah kami akan datang mohon dengan mendapat semua hajat kami;
Wahai Dzat yang menghilangkan beberapa bencana dunia dan akhirat, hilangkan bencana-bencana hamba lantaran berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

اِلهِـى اغْفِـرِ وَاَ كْرِ مْنَـا بِـنَيـْلِ مـَطَا لِبٍ مِنَّا ۞ وَ دَفْـعِ مَسَـاءَةٍ عَـنَّا بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Ya Allah, semoga Engkau rnengampuni kami dan memuliakan diri kami, dengan mendapat hasil beberapa permahonan kami,
Dan menolak keburukan-keburukan dari kami, dengan mendapat berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

اِلهِـى اَنـْتَ ذُوْ لُطْـفٍ وَذُوْ فَـضْلٍ وَذُوْ عَطْـفٍ ۞ وَكَـمْ مِنْ كُـرْبـَةٍ تَنـْفِىْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Ya Allah, Engkaulah yang punya belas kasihan, dan punya keutamaan (anugerah) lagi kasih sayang,
Sudah banyaklah kesusahan yang hilang, dari sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

وَصَلِّ عَـلَى النـَّبِىِّ الْبَـرِّ بـِلاَ عَـدٍّ وَلاَ حَـصْـرِ۞ وَالِ سَـادَةٍ غُــــرِّ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Dan semoga Engkau melimpahkan rahmat kepada Nabi ﷺ yang senantiasa berbakti kepada-Nya, dengan limpahan rahmat dan keselamatan yang tak terbilang dan tak terhitung,
Dan semoga tetap atas para keluarga Nabi ﷺ dan para Sayyid yang bersinar nur cahayanya, sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.


Sejarah Sholawat Badar


Sholawat ini adalah hasil karya dari ulama kita yaitu Kiyai Ali Manshur, yang merupakan cucu Kiyai Haji Muhammad Shiddiq, Jember. Oleh itu, Kiyai `Ali Manshur adalah anak saudara/keponakan Kiyai Haji Ahmad Qusyairi, ulama besar dan pengarang kitab “”Tanwir al-Hija” yang telah disyarahkan oleh ulama terkemuka Haramain, Habib `Alawi bin `Abbas bin `Abdul `Aziz al-Maliki al-Hasani, dengan jodol “Inarat ad-Duja”.

Diceritakan bahwa asal mula karya ini ditulis oleh Kiyai `Ali Manshur sekitar tahun 1960-an, pada waktu umat Islam Indonesia menghadapi fitnah Partai Komunis Indonesia (PKI). Ketika itu, Kiyai `Ali adalah Kepala Kantor Departemen Agama Banyuwangi dan juga seorang Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama di situ.

Keadaan politik yang mencekam saat itu dan kebejatan PKI yang merajalela membunuh massa, bahkan banyak kiyai yang menjadi mangsa mereka, maka terlintaslah di hati Kiyai `Ali, yang memang mahir membuat syair `Arab sejak nyantri di Pesantren Lirboyo Kediri, untuk menulis satu karangan sebagai sarana bermunajat memohon bantuan Allah SWT untuk meredam fitnah politik saat itu bagi kaum muslimin khususnya Indonesia.

Dalam keadaan tersebut, Kiyai `Ali tertidur dan dalam tidurnya beliau bermimpi didatangi manusia-manusia berjubah putih – hijau, dan pada malam yang sama juga, isteri beliau bermimpikan Kanjeng Nabi ﷺ Setelah siang, Kiyai `Ali langsung pergi berjumpa dengan Habib Hadi al-Haddar Banyuwangi dan menceritakan kisah mimpinya tersebut. Habib Hadi menyatakan bahwa manusia-manusia berjubah tersebut adalah para ahli Badar. Mendengar penjelasan Habib yang mulia tersebut, Kiyai `Ali semakin bertekad untuk mengarang sebuah syair yang ada kaitan dengan para pejuang Badar tersebut.

Kyai `Ali menjalankan penanya untuk menulis karya yang kemudiannya dikenali sebagai “Sholawat al-Badriyyah” atau “Sholawat Badar”.maka terjadilah hal yang mengherankan keesokan harinya, orang-orang kampung mendatangi rumah beliau dengan membawa beras dan bahan makanan lain. Mereka menceritakan bahwa pada waktu pagi shubuh mereka telah didatangi orang berjubah putih menyuruh mereka pergi ke rumah Kiyai `Ali untuk membantunya kerana akan ada suatu acara diadakan di rumahnya. Itulah sebabnya mereka datang dengan membawa barang tersebut menurut kemampuan masing-masing. yang lebih mengherankan lagi adalah pada malam harinya, ada beberapa orang asing yang membuat persiapan acara tersebut namun kebanyakan orang-orang yang tidak dikenali siapa mereka.


Menjelang keesokan pagi harinya, serombongan habaib yang diketuai oleh Habib `Ali bin `Abdur Rahman al-Habsyi Kwitang tiba-tiba datang ke rumah Kiyai `Ali tanpa memberi tahu terlebih dahulu akan kedatangannya. Tidak tergambar kegembiraan Kiyai `Ali menerima para tamu istimewanya tersebut. Setelah memulai pembicaraan tentang kabar dan keadaan Muslimin, tiba-tiba Habib `Ali Kwitang bertanya mengenai syair yang ditulis oleh Kiyai `Ali tersebut. Tentu saja Kiyai `Ali terkejut karena hasil karyanya itu hanya diketahui dirinya sendiri dan belum disebarkan kepada seorangpun. Tapi beliau mengetahui, ini adalah salah satu kekeramatan Habib `Ali yang terkenal sebagai waliyullah itu.

Tanpa banyak bicara, Kiyai `Ali Manshur mengambil kertas karangan syair tersebut lalu membacanya di hadapan para hadirin dengan suaranya yang lantang dan merdu. Para hadirin dan habaib mendengarnya dengan khusyuk sambil menitiskan air mata karena terharu. Setelah selesai dibacakan Sholawat Badar oleh Kiyai `Ali, Habib `Ali menyerukan agar Sholawat Badar dijadikan sarana bermunajat dalam menghadapi fitnah PKI. Maka sejak saat itu masyhurlah karya Kiyai `Ali tersebut.

Selanjutnya, Habib `Ali Kwitang telah mengundan para ulama dan habaib ke Kwitang untuk satu pertemuan, salah seorang yang diundang diantaranya ialah Kiyai `Ali Manshur bersama pamannya Kiyai Ahmad Qusyairi. Dalam pertemuan tersebut, Kiyai `Ali diminta untuk mengumandangkan Sholawat al-Badriyyah gubahannya itu. Maka bertambah masyhur dan tersebar luaslah Sholawat Badar ini dalam masyarakat serta menjadi bacaan populer dalam majlis-majlis ta’lim dan pertemuan. Maka tak heran bila sampai sekarang Shalawat Badar selalu Populer. di Majelis Taklim Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi sendiri di Kwitang tidak pernah tinggal pembacaan Shalawat Badar tersebut setiap minggunya.

Shalawat badar adalah diantara shalawat yang paling popular di kalangan warga NU. Shalawat yang berisi puji-pujian kepada Rasulullah SAW dan para mujahidin, khususnya para pejuang Badar ini bisa dibilang selalu dibaca dalam majelis taklim, forum pengajian dan istigotsah yang dislenggarakan oleh warga nahdiyyin. Shalawat Badar banyak sekali hikmah dan faedahnya, diantaranya bisa menjadi sumber kekuatan untuk memohon pertolongan Allah, serta washilah kepada Rasulullah SAW sebagai manusia paling dikasihi oleh Allah SWT.

Keistimewaan shalawat badar tak hanya pada syair teks dan maknanya yang sangat sakral, tetapi juga terdapat pada ikatan historis dengan warga NU. Tak heran shalawat badar seolah menjadi “lagu wajib” bagi warga NU.
Bahkan, Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa pada Raker Pengurus PP Muslimat NU di Jakarta (19/10/2012) mengumumkan bahwa shalawat badar wajib dibaca untuk mengiringi pembacaan ayat suci al-Quran di setiap kegiatan seremonial Muslimat. Saking sakralnya, Muslimat akan memasukkan shalawat badar dalam peraturan Organisasi Muslimat NU.

Sholawat Dustur

Sholawat Dustur

Sholawat Dustur ini sering dibaca oleh Muadzin ketika Khatib duduk diantara dua khatbah di hari Jum’at. Subhan-Alloh... begitu agungnya shalawat ini, shalawat yang penuh kerendahan, kekhusyu'an dan juga penuh pengharapan atas murninya jiwa-jiwa bagi pembacanya. shalawat yang penuh pengharapan akan kerinduan terhadap Rasulullah ﷺ.

Dan adapun kegunaan dari membaca shalawat dustur antara lain adalah sebagai berikut :

1. Untuk memperoleh bertambahnya kenikmatan
2. Untuk memperoleh kemuliaan dan keberkahan
3. Untuk mempermudah dalam urusan duniawi dan ukhrawi
4. Untuk mempermudah memperoleh syafaat Kanjeng Nabi Muhammad saw.
5. Untuk mendatangkan ketenangan dan ketenteraman hati, keluarga, lingkuangan, masyarakat, bangsa, negara dan bagi agama.

بِـسْمِ اللّــٰـهِ الرَّحْمٰــنِ الرَّحِيْمِ.
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَزِدْ وَأَنْــعِمْ وَتَـفَضَّلْ وَبَـارِكْ بِـجَلَالِكَ وَكَمـَـالِكَ عَـلـٰى زَيِّـنْ عِبَادِكَ وَأَشْرَفِ عِبَادِكَ وَأَسْعَدِ الْعَرَبِ وَالْـعَـجَمِ وَإمَامِ الطَّـيِّــبَةِ وَالْحَرَمِ. وَالتُّــرْجُـمَانِ بِـلِسَانِ الْـقِدَمِ وَمَـنْـبَعِ الْـعِلْـمِ وَالْحِلْمِ وَالْحِكْـمـَةِ وَالْحِكَمِ. أَبِى اْلـقَاسِمِ سَيِّــدِنَـا وَحَـبِـيْـبِـنَا وَشَـفِـيْـعِـنَا وَمَوْلَانَـا مُحَمَّدٍ. زِدْهُ شَرَفًـا يَـارَبِّ ×3 وَكَــرَمًا وَتَـعْظِـيْمًا وَرِفْـعَـةً وَمَهَابَـةً وَبِـرًّا. وَرَضِيَ اللّـهُ تَـبَارَكَ وَتَـعَالـٰى عَـنْ ذَوِى الْـفَخْـرِ الْعَـلِـىِّ وَالْـقَـدْرِ الْجَـلِـىِّ. سَادَاتِــنَا وَأَئِـمَّــتِــنَا وَمَـوْالِـــيْــنَا أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرٍ وَعُـثْـمَانٍ وَعَـلِـيٍّ وَعَـنْ بَـقِــيَّـةِ الصَّحَابَـةِ وَقَـرَابَـةِ رَسُوْلِ اللّــهِ صَلّى اللّـهُ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِــيْنَ. وَالْحَمْدُ لِلّــهِ رَبِّ الْعَالَـمِـيْنَ.

Allohumma Sholli Wasllim Wazid Wa An 'Im Watafddhol Wa Baarik Bijalalika Wakamalika 'Ala Zayyini 'Ibadika Wa Asyrofi 'Ibadika Wa As'Adi Wal 'Ajami, Wa Imamit Thoyyibati Wal Harom. Waturjumani Bilisanil Qidami Wamamba'Il Ilmi Wal Hilmi Wal Hikmati Wal Hikami. Abil Qosimi Sayyidina Wahabibina Wasyafi'Ina Wamaulana Muhammad. Zidhu Syarofan (Ya Robbi 3X) Wa Karoman Wa Ta'Dziman Warif'Atan Wa Mahabbatan Wa Birron. Wa Rodhiyallohu Tabaaroka Wa Ta'Ala 'An Dzawil Fakhri Al 'Aliyi Wal Qodril Jaliyi, Sadatina Wa Aimmatina Wa Mawaalina Abi Bakrin Wa Umarin Wa Utsmanin Wa Aliyin Wa 'An Baqiyatis Shohabati Wa Qorobati Rosulillahi Shollallohu 'Alaimim Ajma'In. Wal Hamdu Lillahi Robbil 'Alamin.

Artinya :

“Denhan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang. Ya Allah ! limpahkanlah shalawat dan keselamatan, tambahkan, berikanlah keselamatan, berikanlah keutamaan dan limpahkanlah keberkahan, dengan segala kemuliaan dan kesempurnaan-Mu yang paling Agung, orang Arab dan orang ‘Ajam yang paling beruntung pemimpin segala kebaikan dan kemuliaan, penerjemah dengan lisan yang paling unggul, sumber ilmu pengetahuan, kesabaran, hikmah dan kearifan, yakni Abul Qasim, pemimpin kami, kekasih kami, pemberi syafaat kami, dan tuan kami Muhammad saw. Tambahkanlah kepadanya keluhuran wahai Tuhanku 3x. Juga kemuliaan, keagungan, ketinggian derajat, kehebatan dan kebaikan. Semoga Allah Yang Maha Memberkati dan Maha Mulia senantiasa Meridloi sang pemilik keagungan yang tinggi, kekuasaan yang nyata, para pemimpin imam dan pemuka-pemuka kami, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan ‘Ali. Juga seluruh sahabat dan kerabat Rasulullah. Semoga Allah senangtiasa melimpahkan rahmatnya kepada beliau dan kepada seluruh sahabat dan keluarganya. Segala pujin bagi Allah. Tuhan semesta alam”.

Sholawat Dzuriyah

Sholawat Dzuriyah

Menurut Syekh Ibn Minyar bahwa barang siapa yang mau mengamalkan sholawat dzuriyah ini sekali saja maka sama dengan orang tersebut telah membaca kitab Dala’il Khairat samapi khatam 40 (empat puluh) kali.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيــِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَاَزْوَاجِهِ وَذُرِّيِّـــــتِهِ وَأَهْلِ بَــيْــتِهِ عَدَدَ مَا فِى عِلْمِكَ صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللهِ

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad beserta keluarga, sahabat, istri, keturunan dan ahlul baitnya sebanyak hitungan ilmu-Mu, dengan rahmat dan kasih sayang yang abadi seperti Abadinya kerajaan-Mu”

Sholawat Ibnu Abas

Sholawat Ibnu Abas

Dalam suatu riwayat Ibnu Abbas ra berkata “Barangsiapa pada malam Jumat atau pada siang harinya membaca shalawat (sebagaimana yang telah tersebut diatas) sebanyak 10 kali, maka Allah SWT akan mencatat baginya 100 juta kali kebaikan, menghapus dari padanya 100 juta keburukannya (dosa-dosanya) dan mengangkatnya 100 juta derajat. Dan apabila nanti pada hari kiamat, Nabi Ibrahim as sebagai kekasih Allah akan memintakan rahmat di kubahnya”.

بِسْمِ اللّٰــٰـهِ الرَّحْـمٰنِ الـرَّحِــيْمِ اَللّـٰـــهُمَّ يَـادَائِـمَ الْـفَـضْل عَـلـٰى الْـبَـرِيَّــةِ يَـابَـاسِطَ الْيَدَيْنِ بِـالْعَـطِيــَّـةِ يَـاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّـنِـيَّـةِ صَلِّ عَلـٰى سَيِّــدِنَـا مُحَــمَّدٍ خَـيْرِ الْــوَرَى سَـجِـيَّةٍ وَاغْــفِـرْلَــنَا يَـاذَالْــعُلـٰى فِى هٰـذِهِ السَّـنِـيَّـةِ بِـرِحْـمَـتِكَ يَـاأَرْحَـمَ الرَّاحِـمِـيْنَ

“Ya Alloh, Dzat Yang Maha Tetap (memberi) anugerah kepada manusia, Wahai Dzat Yang membentangkan kedua tangan dengan pemberian, Wahai Dzat Yang mempunyai pemberian-pemberian yang tinggi. Lipahkan rahmat takdzim kepada junjungan kami Muhammad saw, , beliau sebaik-baiknya manusia yang sangat luhur budi pekertinya. Dan ampunilah dosa-dosa kami, Wahai Dzata yang empunyai keluhuran derjat, dengan Rahmat-Mu,Wahai Dzat Yang Maha Penyayang”.

Shalawat ini banyak manfaatnya, antara lain sebagai berikut :

1. Jika dibaca sebanyak 1 (satu) kali maka pahalanya sama dengan membca 1.000 (seribu) kali atau 600.000 (enam ratus ribu) klai bacaan sholwt biasa. Dan pahalanya akan berlipat menjadi 100.000.000 (seratus juta) pahala. Dan dapat menghapus 100.000.000 (seratus juta) keburukan. dan akan dinaikan derajatnya oleh Allah SWT.

2. Apabila shalawat ini dibaca sebanyak-banyaknya pada malam jumat, insya Allah akan diberikan pikiran terang, kecerdasan akal. Dengan cara Sholawat ini dibaca sebanyak 3 (tiga) kali selma 40 hari, setelah selesai sholat hajat 4 rokaat. Sebelum membca sholawat ini didahului dengan bacaan istighfar 100 (seratus) kali hadiah fatihah kepada Nabi Muhammad saw. Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani, Ibnu Abbas ra.

Sholawat Adrikiyah

Sholawat Adrikiyah

اَلصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَـلَيْـكَ يَاسَيِّــدِىْ يَارَسُوْلَ اللّـهِ, خُذْ بِــيَـدِىْ قَـلَّتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى

Asholatu wassalaamu 'alaika yaa sayyidii ya Rosulalloh, khudz biyadii qollat 'hilatii adrikni

Penjelasan :

Sholawat Adrik merupakan salah satu jenis shalawat yang memiliki kelebihan tersendiri dan sangat ampuh khasiatnya. Disamping Sholawat Adrik itu bisa membuat hati tenang, Shalawat adrik ini juga bisa membuat hati kita menjadi lebih lembut dan waspada terhadap hal-hal gaib / bahkan mampu melihat kejadian masa depan (weruh sakjeroning winarah).

Shalawat adrik ini juga bisa menjadikan lantaran sebagai juru selamat bagi kita dan memberatkan timbangan kebaikan kelak di akhirat. keistimewaan lainnya dari shalawat adrik ialah mampu mendatangkan rizki yang banyak disaat kita sedang terjepit. Disamping itu, shalawat adrik ini juga bisa digunakan sebagai satana untuk penyembuhan segala macam penyakit, penolak santet/ tenung, penolak balak, pemolak penyakit tho'un (penyakit menahun), membuat gigi tetep kokoh dan kuat.

Sholawat Albihar

Sholawat Albihar

Sholawat Al-Bihar ini sangat singkat, bila dibaca berulang-ulang tidak membuat lidah lelah atau kelu

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ  الظَّاهِرِ وَالْبَاطِنِ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ

“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat kepada Junjungan kita nabu Muhammad ﷺ yang lahir dan yang batin beserya keluarga dan para sahabatnya serta limpahkan keselamatan.”

Kegunan dari membaca shalawat Al-Bihar ini antara lain adalah :

1.Mampu menjadikan tubuh sehat wal afiat

2.Menjadikan tubuh kita kuat perkasa

3.Selamat sejahtera, aman sentosa, awet muda dan dipanjangkan usianya

4.Menjadikan hati kita bersinar terang, sehingga dapat melihat mana yang baik dan manay yang buruk.

5.Sebagai penuntun bagi kita terhadap lembut-lembutnya fitnah yang bertebaran di zaman akhir saat ini.

6.Menjadikan keluarga hidup sakinah mawaddah warahmah.

Sholawat Al Alil qodri

Sholawat Al Alil qodri

Barang siapa yang ingin didatangi nabi Muhammad ﷺ ketika akan mati dan ketika berada di dalam kubur, maka hendaklah ia membaca shalawat Al-Alil Qodri ini sebanyak 1.000 (seribu) kali setiap malam jum’at

Barang siapa yang ingin dapat bermimpi bertemu dengan kanjeng Nabi Muhammad ﷺ , maka sebelum tidur hendaklah ia membaca sholawat AL-Alil Qodri ini sebanyak 100 (seratus) kali, dengan cara tidur membujur ke arah utara dan dalam keadaan suci dzohir batin, suci dari hadats kecil dan hadats besar.

Barang siapa yang emmpunyai hajat besar dan penting, maka bacalah sholawat Al-Alil Qodri ini sebanyak 1.000 (seribu) kalidalam satu majlis dan dalam keadaan suci dari hadats kecil dan hadats besar, insya Allah segera berhasil apa yang di cita-citakan dan apa yang diharapkannya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ  النَّــبِـــىِّ اْلأُمِّـــيِّ الْحَبِـــيْبِ الْعَالِىِّ الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumma Sholli Wasallim Wabarik ‘Ala Sayidina Muhammadin Nabiyil Ummiyyil Habibil ‘Aliyil Qodiril ‘Adzimil Jahi Wa ‘Ala Alihi Ashohbihi Wasallim.

Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungna kami Muhammad ﷺ yang Ummy (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh ﷻ yang tinggi (luhur) pangkatnya dan yag agung kemuliaannya. Serta limpahkanlah pula atas keluarga dan para sahabatnya.

Sholawat Badawi Kubro

Sholawat Badawi Kubro

Sholawat Badawi merupakan salah satu dari sekian jenis sholawat yang pernah dikarang oleh Syaikh Ahmad Al-badawi RA. Sholawat Badawi juga sering disebut sebagai Sholawat Nuroniyyah (sholawat cahaya). Adapaun fadhilah dan faedahnya menurut Syaikh Al-Arif Billah Al-habib 'Ali bin Abdurrohman Al-Habsyi diantaranya adalah sebagai berikut :

Apabila dibaca sebanyak-banyaknya, maka Insya Alloh akan dapat menghilangkan kesusahan dan kesempitan, dan juga sebagai sarana untuk menggapai suatu kebutuhan atau hajat yang mendesak.
sebagian Ulama' berpendapat bahwa barang sapa yang mau membaca sholawat badawi sebanyak 100 (seratus) kali dengan syarat suci dari hadats kecil dan hadats besar maka Allah aan mempermudah segala urusannya dan semua perkaranya.

sebaian Ulama' lain berpendapat bahwa, barang siapa yang mau membaca sholawat badawi sebanyak 3 (tiga) kali maka Allah akan memberinya pahala seperti pahalanya orang yang membaca Dalail Khoirot sampai khatam.

اَللّٰــٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَــارِكْ عَـلـٰى سَيِّدِنَـا وَمَوْلَانَـا مُحَمَّدٍ شَـجَـرَةِ اْلأَصْلِ نُــوْرَانِــيَّـةِ وَلَمْــعَةِ الْـقَـبْضَةِ الرَّحْـمـَانِــيَّـةِ وَأَفْــضَلِ الْخَلِـيْـقَـةِ اْلإِنْــسَانِــيَّـةِ وَأَشْـرَفِ الصُّوْرَةِ الْجِسْمَانِــيَّـةِ وَمَـعْـدِنِ الْأَسْرَارِ الرَّبـَّانِــيَّـةِ وَخَــزَائِـنِ الْعُلُوْمِ اْلإِصْطِـفَائِـيَّةِ صَاحِبِ الْـقَـبْضَةِ اْلأَصْلِـيَّـةِ وَالْـبَـهْـجَـةِ السَّنِــيَّـةِ وَالـــُّرتـْــبَةِ الْعَلِـيَّـةِ مَنِ انْــدَرَجَتِ النــَّــبِـيُّوْنَ تَحْتَ لِوَائِـهِ فَـهُـمْ مِـنْـهُ وَإِلَـيْهِ, وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَـارِكْ عَـلَيْهِ وَعَـلـٰى أٰلِـهِ وَصَحْبِهِ عَــدَدَمَا خَلَـقْتَ وَرَزَقْـتَ وَأَمَتَّ وَأَحْيَــيْتَ إِلـٰى يَــوْمٍ يُــبْـعَثُ مَنْ أَفْــنَــيْتَ وَسِلِّـمْ تَسْلِـيـْمًا كَــثِــيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّـٰهِ رَبِّ الْعَالَمِــيْنَ.


Allohumma sholli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidinaa wamawlaanaa Muhammadin syajarotil ashlin nuuroo niyyati , walam ‘atil Qob dhotir rohmaaniyyati, Wa afdholil kholiqotil insaniyyah, Wa asyrofil shuurotil jasmaaniyyati wa ‘ma’ dinil asroorir robbaa niyyati wa khozaaa-inil ‘uluumil ishthifaa-iyyati, shoohibil Qobdhotil ashliyyati walbah jatis saniyyati warrutbatil ‘aliyyati manin darojatin nabiyyuuna tahta liwaa-ihi fahum minhu wa-ilayhi washolli wasallim wabaarik ‘alayhi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ‘adada maa kholaqta wa rozaqta wa amatta wa ahyayta ilaa yawmi tub ‘a tsu man afnayta wasallim tasliimaan ka tsiiroo walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Artinya :
“Ya Allah limpahkanlah rahmat, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad s.a.w., sebagai sumber cahaya, sebagai genggaman kesayangan yang berkilauan, sebagai manusia yang paling utama, semulia-mulia jasad, tambang rahasia ketuhanan dan khazanah ilmu-ilmu yang terpilih dan suci. Pemilik genggaman yang asli, yang gemilang dan kedudukan yang tinggi di mana kenabian berlangsung di bawah panjinya. Maka mereka adalah di bawah perintahnya. Rahmatilah dan karuniakanlah kesejahteraan dan keberkatan ke atasnya, ahli keluarganya dan para sahabatnya sebanyak bilangan barang apa yang telah Engkau ciptakan, yang Engkau karuniakan rezeki, yang Engkau matikan dan hidupkan hinggalah ke hari di mana Engkau bangkitkan orang yang telah Engkau matikan. Karuniakanlah kesejahteraan ke atasnya dengan kesejahteraan yang sebanyak-banyaknya dan segala pujian milik Allah Tuhan semesta alam”.

Tata Cara Mengamalkan Shalawat Badawi Kubro

Sholawat Badawi Kubro ini dibaca 3 (tiga) kali setelah selesai Sholat fardhu dan 7 (tujuh) kali sebelum tidur

Adapun keutamaan dari Sholawat Kubro in antara lain :
1. Terhindar dari sihir dan dari segala kejahatan baik lahir maupun batin.
2. Akan dimudahkan jalan rizkinya.
3. Akan mendapat cahaya batin dan terbukanya beberapa rahasia yang gaib.

Sholawat Barriyah

Sholawat Barriyah

Menurut ahabat Ibnu Abbas RA berkata :

Barang siapa yang mau membaca Sholawat Barriyah sebanyak 10 (sepuluh) kali pada hari Jum’at atau malamnya, maka Allah akan menetapkan baginya seratus juta kebaikan. Dan semua dosanya akan dihapuskan sebanyak seratus juta kejelekan dari perbuatan dosanya, dan akan diangkat derajatnya seratus juta derajat. Dan kelak akan bercengkrama bersama Nabi Ibrahim Khaliluloh di Mihrobnya.

اَللّهُمَّ يَادَائِمَ الْفَضْلِ عَلَى الْبَرِيَّــةِ يَابَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ يَاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِــيَّةِ, صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَــيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْوَرٰى سَجِــيَّةٍ وَاغْفِرْلَنَا يَاذَالْعُلٰى فِى هٰذِهِ الْعَشِيَّةِ

Allahumma yaa daaimal fadli 'alal bariyyah yaa baasithal yadaini bil'athiyyah yaa shaahibal mawahibissaniyyah sholli 'alaa sayyidina Muhammadin khoiral waraa sajiyyah waghfir lii yaadzal 'ulaa fii haadzihil 'asyiyyah.

Artinya :

Ya Allah , wahai Dzat yang langgeng anugerahnya kepada manusia, wahai dzat yang membentangkan kedua tangannya dengan pemberian. Wahai Dzat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur. Limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebaik-baiknya manusia di dalam budi pekertinya/akhlaqnya. Dan ampunilah aku, wahai dzat yang mmpunyai keluhuran di malam ini.

Sholawat Ghozali

Sholawat Ghozali

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena Kekekalan-Mu, ia tetap karena ketetapan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung bainya tanpa keridhoan-Mutidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihakt Wujud-Mu yang Mulia.”

Cara :

1. Untuk membuat hati menjadi tenang, membuat pikiran menjadi terang dan untuk menambah tingkat kecerdasan 

2. Untuk mendatangkan segala macam hajat baik yang kecil maupun yang besar.

Sholawat Alfatih

Sholawat Alfatih

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam, sholawat dan salam untuk Nabi dan Rasul yang paling mulia, Nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabatnya. Sesungguhnya Allah dengan segala kekuasaan-Nya telah mengutus nabi-Nya Muhammad dan telah memberinya kekhususan dan kemuliaan untuk menyampaikan risalah. Ia telah menjadikannya rahmat bagi seluruh alam dan pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa serta menjadikannya orang yang dapat memberi petunjuk ke jalan yang lurus. Maka seorang hamba harus taat kepadanya, menghormati dan melaksanakan hak-haknya. Dan di antara hak- haknya adalah Allah mengkhususkan baginya sholawat dan memerintahkan kita untuk itu di dalam kitab-Nya yang agung (Al Qur’an) dan Sunnah nabi-Nya yang mulia (Hadits). Seseorang yang yang bersholawat untuk Nabi Muhammad saw, akan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Maka sungguh berbahagialah orangyang mendapatkan itu.

Pada dasarnya kita bersholawat adalah karena kita cinta kepada Allah dan Rasulul-Nya. Cinta kepada Allah dan RasulNya, karena sebenarnya kita yang membutuhkannya. Sama aja dengan kita mencintai diri kita sendiri. Kita melakukannya karena kita membutuhkan kasih sayang serta rahmat dari Allah Ta’ala dan syafaat dari Rasulullah saw. Makna dibalik shalawat kepada Nabi Muhammad saw, beserta keluarganya adalah bahwa syafa’at Beliau rasulillah saw, bukan hanya nanti di akhirat kelak, tapi juga di dunia ini. Bukankah kita berdo’a dengan bertawassul kepada beliau? Itulah tanda kecintaan Beliau kepada kita. salah satunya adalah merasak n kenikmatan ketika nyawa dicabut dari badan.

Sholawat Alfatah / Sholawat Pembuka Pintu Kerajaan Arasy

بِسْمِ اللّــٰهِ الرَّحْــمٰنِ الرَّحِـيْمِ اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّــدِنَـا مُحَــمَّدٍ وَعَـلـٰى أٰلِ سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَـرْشِ اسْتِـوٰئِى تَــجَـلِّــيَـتِـكَ وَكُـنْـهِ هُوِيَّــةٍ تَـنَـزُّلَــتِكَ النُّوْرِ اْلأَزْهَرِ وَسِرِّ اْلأَبْـصَارِ وَالْـفَرْضِ الْجَمِيْعِ وَاْلوِتْـرِ اْلوَاسِعِ صَلَاةً أُشَاهِدُ بِـهَا عَـجَائِبِ الْمَلَـــكُوْتِ وَأَسْتَـجْلِــىَ بِـهَا عَـرَائِشَ الْجَــبَـرُوْتِ وَأَسْتَمْطِرُ بِـهَا غُـيُوْثَ الـرَّحْـمَةِ وَارْتَــضُوا بِـهَا عِنِ إلـٰىقَـةِ نَسُوْطِ اْلبَـهَمُوْتِ يَـالَـحُوْتَ كُلِّ نَسُوْطِ يَـا اَللّـٰــهُ

Manfaat Sholawat Ini :

1. Bagi yang suka / sering membaca sholawat Syaikhul Akbar Sayyidi Muhyiddin Ibnul Arabi RA. ini samadengan ia telah mengimbangi bacaan kitab Dalaa-ilul Khoiroot dan Insya Allah berkah sholawat ini pengamalnya akan sampai pada titik kemuliaan pangkat ahli ma’rifat.

2. Terbuka hijab antara dirinya dengan Rasulullah SAW, sehingga memungkinkannya fana’ bersama Rasulullah SAW sebelum ia merasakan fana’ terhadap Allah SWT.

3. Bagi para pengamal sholawat ini, Insya Allah akan memperoleh kedekatan bersama dalam berjumpa dengan Rasulullah Saw, setiap saat.

Doa Berbuka Puasa

Doa Berbuka Puasa

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْناَ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Allaahumma Laka Shumtu Wa 'Alaa Rizqika Afthartullahumma Takobbal Minna Innaka Antas Samii'Ul 'Aliimu

"Wahai Tuhanku kepada-Mu aku berpuasa dan dengan rizqi-Mu aku berbuka dan karena-Mu lah aku bisa menyempurnakan (puasa ini). Sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Doa Keselamatan

Doa Keselamatan

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (QS. Al-Baqarah: 286)

Penjelasan:
Ibnu Katsir dalarn kitab tafsirnya merangkum sepuluh hadis tentang keutamaan membaca doa diatas. Diantaranya hadis yang diriwayatkan dari sahabat 'Abdullah bin Mas'ûd, bahwa Nabi Saw. telah bersabda: "Barangsiapa yang membaca dua ayat yang akhir surah Al-Baqarah (ayat 285-286) setiap malam, maka dia akan mendapatkan keselamatan." (Tafsir Ibnu Katsîr Juz, I, hal.340).

Doa Mohon Lulus Ujian

Doa Mohon Lulus Ujian

Berikut ini adalah kumpulan doa-doa agar lulus ujian, ulangan, test yang dapat diamalkan ketika mengikutinya. Semoga dengan mengamalkan doa ini, adik-adik semua diberi kelancaran dalam mengerjakan soal-soal ulangan, ujian/test. Amin. Berikut doa selengkapnya dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya

Doa agar diberi kemudahan (Mengikuti Ujian)

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja’Altahu Sahlan Wa Anta Taj’Alul Hazna Idzaa Syi’Ta Sahlan.

Artinya :

“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

Doa Nabi Musa ‘Alaihis Salam untuk Kelancaran Lisan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy-Rohlii Shadrii, Wa Yassirlii Amrii, Wahlul ‘Uqdatam Millisaanii, Yafqahu Qaulii

Artinya :

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28)

Doa Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Rabbi Zidnii ‘Ilmaa

Artinya :

“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114)

Doa Keluarga Maslahah

Doa Keluarga Maslahah

(QS. Ibrâhîm: 40-41).

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)".

Penjelasan:

Doa diatas baik sekali dibaca dalam berbagai kesempatan, agar diri kita dan keluarga kita serta turunan kita senantiasa taat dan rajin beribadah kepada Allah Swt., khususnya ibadah shalat yang telah diwajibkan. Dalam Al-Quran dikisahkan, bahwa doa tersebut dibaca oleh Nabi Ibrahim a.s., ketika ia baru saja memohon agar kota Mekkah dijadikan kota tentram, aman dan anak turunannaya diselematkan dari menyembah berhala. Lebih detail tentang kisah nabi ibrahim bisa dilihat dalam Al-Ouran Surah Ibâhîm ayat 35-42.

Doa Mandi setelah Haid

Doa Mandi setelah Haid

Niat mandi haid atau mandi wajib setelah haid secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya akan kami share pada halaman ini. Perlu dipahami baik laki-laki maupun perempuan, bahwa salah satu najis yang menghalangi seorang wanita untuk melaksanakan ibadah sholat, puasa adalah menstruasi/haid atau datang bulan.

Secara umum, siklus haid atau menstruasi terjadi selama 3 sampai 7 hari. Jika masa datang bulan atau haid berakhir, maka seorang wanita wajib hukumnya untuk mensucikan diri dengan melakukan mandi wajib setelah menstruasi/haid. Caranya yaitu berniat mandi haid dan membersihkan seluruh anggota badan, minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badan dari ujung rambut hingga ujung kaki secara merata.

Adapun untuk lafadz bacaan niat mandi wajibnya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Lirof'I Khadatsil Khaidhi Lillaahi Ta'Aalaa

Artinya :
Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala.

Mandi Wajib

Mandi Wajib

Doa niat dan Tata Cara Mandi Wajib

Setiap orang muslim tentu saja tahu apa itu mandi wajib. Mandi wajib ini adalah mandi besar yang biasa dilakukan pada waktu – waktu tertentu karena sebab sesuatu yang melatar belakanginya. Sekarang ini banyak sekali manusia yang mulai lalai dengan tata cara mandi wajib secara sempurna karena terlalu banyaknya aktivitas.

Agar tata cara mandi wajib beserta niat ini bisa tepat, maka setidaknya luangkanlah waktu untuk mempelajarinya pada ulasan berikut ini. Sekarang ini bila disadari tingkat kesadaran kaum muslimin dan muslimat sudah mulai banyak yang ingin tahu dan mengenal segala sesuatu tentang islam secara mendaam bukan hanya sekedar terbatas di permukaannya saja.

Pengertian dari Mandi Wajib

Dalam bahasa arab, mandi adalah الْغُسْل (ghusl), artinya menurut bahasa yaitu “pengaliran”. Mandi wajib memiliki istilah lain yaitu mandi junub, yang brarti mandi junub ini akan dilakukan ketika dalam keadaan junub.

Menurut istilah mandi wajib ialah mengalirkan air hingga ke seluruh tubuh, dari ujung kepala sampai kaki yang diawali dengan membaca niatniat mensucikan diri dari hadast yang besar. Melakukan mandi akan membuat perasaan menjadi lebih nyaman dan memiliki kepercayaan diri, baik dalam keadaan melaksanakan ibadah ataupun saat melakukan kegiatan atau beraktivitas. Dan untuk tata cara melakukan mandi wajib nya dengan berpedoman tata cara mandi wajibnya Nabi Muhammad SAW.

Hukum mandi sesuai dengan syariat memiliki 3 hukum, di antaranya mandi wajib, mandi haram dan mandi sunnah. Namun pada kesempatan kali ini yang akan dibahas perihal mandi wajib saja.

Tata Cara melakukan Mandi Wajib atau Mandi Besar atau Mandi Junub

Bagi Anda yang sekarang ini banyak yang lupa tata cara melakukan mandi wajib, berikut ini adalah langkah – langkah yang harus Anda perhatikan.

Diawali membaca niat mandi wajib. Membaca niat di awal hukumnya wajib dan pasti mengharuskan untuk dijalankan sebelum melakukan mandi wajib. Niat ini adalah yang menjadikan perbedaan antara mandi wajib dan mandi biasa. Untuk tata cara pembacaan ini boleh dengan menggunaka suara atu di dalam hati saja.

Mencuci kedua tangan. agar mengikuti sunnahnya maka mencuci tangan ini bisa dilakukan sampai 3 kali pencucian, hal ini bertujuan agar tangan bersih dan terhindar dari yang namnaya najis dan benar – benar bersih.

Melakukan pembersihkan pada bagian tubuh yang dianggap kotor menggunakan tangan kiri. Bagian tubuh yang biasanya kotor adalah bagian kemaluan, dubur, ketiak dan lain – lain.

Melakukan pencucian Tangan diulang. Melakukan pencucian ulang tangan yang tadi sudah digunakan untuk membersihkan bagian kemaluan, yakni dengan mengusap – usapkan tanah ke tanah kemudian dibilas atau dengan sabun kemudian dibilas.

Berwudhu.

Lakukanlah tata cara wudhu seperti halnya akan berwudhu seperti akan melakukan sholat biasanya.

Membasahi kepala. Membasahi kepala dengan mengguyurnya tiga kali hingga seluruh permukaan pada kulit dan rambut rata basah oleh air.

Memisah – misah rambut. Memisah – misah rambut dengan menyela-nyelanya yakni dengan menyilangkan jari – jari tangan.

Membasahi seluruh seluruh tubuh. Membasahi tubuh secara merata dengan mengguyurnya dari ujung rambut hingga ujung kaki, dimulai dari bagian kanan terlebih dahulu kemudian bagian kiri.

Gunakanlah sabun beserta sampo. Ketika tata cara diatas sudah terlewati, maka langkah selanjutnya barulah diperbolehkan untuk mencuci ulang tubuh menggunakan sabun,dan memberi shampoo pada rambut.

Kewajiban melakukan mandi wajib ini dilakukan pada saat kondisi sedang normal, dan langkah – langkah tersebut boleh diganti menggunakan tayamum dengan debu. Hal ini apabila memang terdapat tidak ada air atau bahkan apabila ada mudhorot yang kemungkinan bisa terjadi apabila melakukan mandi wajib, misalkan apabila dalam keadaan sakit atau sedang dalam keadaan di dalam pesawat terbang.

Maksudnya di dalam pesawat ini adalah apabila ada 450 orang yang sedang berada di dalam sebuah pesawat terbang kesemuanya melakukan wudhu dan mandi wajib maka bisa jadi akan menimbulkan kekhawatiran pada saat penerbangan.

Tata Cara Mandi Wajib Rasulullah

Bagi Anda yang ingin mengetahui tata cara dari mandi wajib rasulullah, maka simaklah ulasan berikut ini:

Hadis ke 1 :

Aisyah berkata, Rasulullah memulai mandi janabah dengan diawali membaca niat, selanjutnya mencuci kedua tangan, dilanjutkan dengan berwudlu, lalu menyela pangkal – pangkal rambut hingga air yang dibasahi ke dasar rambut. Lalu menyiramkannya lagi dari atas kepala sebanyak tiga kali kemudian dilanjutkan menyiram seluruh tubuh. ( HR. Bukhari dan Muslim )

Hadis ke 2 :

Aisyah mengatakan, Bahwa ia melakukan mandi bersama dengan rasulullah melalui satu tempayan, dan kami pun aku bersama rasulullah bersama – sama mengambil air dari tempayan. ( HR. Muslim )

Hadis ke 3 :

Maimunah binti al – Harits ra, mengatakan : Sayalah yang menyiapkan air rasulullah mandi janabah. Lalu Maimunah menuangkan air menggunakan tangan kanannya di atas tagan kiri sebanyak dua hingga tiga kali, lalu dilanjutkan mencuci bagian kemaluannya, setelah itu menggosok tangannya dengan tanah atau di gosokkan di tembok sebanyak dua hingga tiga kali.

Dilanjutkan Rasulullah berkumur dan menghirup air ( istinsyaq ). Kemudian beliau mencuci mukanya dan juga kedua tangannya hingga ke siku. Kemudian beliau menyiram kepalanya lanjut seluruh tubuhnya. Lalu beliau berpindah tempat, setelah itu mencuci kedua kakinya.

Dilanjutkan Maimunah memberi kain rasulullah seperti kain handuk, akan tetapi beliau tidak mau dan beliau lebih memilih menyeka air yang ada di tubuhnya menggunakan tangannya. ( HR. Bukhari dan Muslim).

Niat dan Doa Mandi Wajib atau Mandi Besar atau Mandi Junub

Setiap akan melakukan mandi wajib maka harus diawali dengan niat yang benar agar mandi wajib tersebut bisa bernilai ibadah di hadapan Allah SWT serta supaya Allah SWT menerima segala macam amalan yang akan dilakukan setelah melakukan mandi wajib.

Pada saat akan melakukan mandi wajib, maka niatnya tidak harus dibaca dengan lantang, hanya dibaca di dalam hati saja sudah cukup dengan niat mandi wajib untuk mensyucika diri dari hadas besar. Atau menggunakan lafal arab agar lebih meluruskan niat.

a. Do’a niat mandi wajib secara umum

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbarii FardhalLillahi Ta’aala”

Yang artinya: saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala.

b. Do’a niat mandi wajib setelah haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbari minal Haidil Lillahi Ta’ala”

Yang Artinya: saya niat mandi wajib untuk mensucikann hadast besar dari haid karena Allah Ta’ala.

c. Do’a niat mandi wajib setelah nifas

“Nawaitul Ghusla Liraf il Hadatsil Akbari Minal Nifasi Fardhlon Lillahi Ta’ala.”

Yang Artinya: saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar dari nifas fardu karena Allah ta’ala.

d. Do’a niat mandi wajib setelah berhubungan suami – istri / keluar mani / mimpi basah

“Nawaitu Ghusla Lirafil Hadatsil Akbari AnJami il Badaanii Likhuruu ji Mani yyi Minal Innaabati Fardhan Lillahi Ta’aala”.

Terjemahnya : aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari badan ini karena keluarnya mani dari janabah fardhu karena Allah taala.

Landasan Perintah Untuk Mandi Wajib atau Mandi Junub

Landasan perintah mandi wajib sudah jelas di dalam Al – Quran, yakni berada dalam Al – Quran surat Al-Maidah ayat 6 dan Al – Quran surat An – Nisa ayat 43.

Hal – Hal yang Menjadikan Mandi Wajib atau Mandi Junub

Mandi wajib harus dilakukan apabila di temui hal – hal berikut ini:

Setelah berhentinya darah haid wanita

Dalam hadis disebutkan bahwasanya, Aisyah ra, Nabi Muhammad saw mengatakan pada Fathimah binti Abi Hubaisy. Apabila haid datang padamu maka hendaknya kamu tidak melaksanakan shalat. Jika darah haid telah berhenti maka hendaklah melakukan mandi wajib dan mendirikan shalat.

(HR. Bukhari no. 320 dan Muslim no. 333).

Setelah berhentinya Darah Nifas Bagi Wanita. Hukum darah nifas ini dijelaskan di dalam al – quran dan hadis sama dengan darah haid.

Keluarnya air mani diiringi dengan syahwat.

Ada yang harus diperhatikan antara air mani air madzi dan air wadhi, perbedaannya dijelaskan sebagai berikut:

Air Mani adalah keluar air dari alat kelamin laki – laki ketika mengalami orga***, baik pada saat bersetubuh atau disebabkan adanya mimpi basah. Air mani ini keluar dengan memuncrat, disertai adanya syahwat besar hingga memuncak. Dan ketika air mani tersebut keluar maka badan terasa lemas.

Air mani yang keluar dari kemaluan ini memiliki warna putih, dan baunya khas seperti bau telur yang kering. Jika salah satu dari tanda – tanda di atas ditemui maka bisa disimpulkan bahwa cairan tersebut yang keluar adalah air mani. Air mani ini memiliki hukum yang tidak najis namun karena keluarnya air mani ini dihukumi harus melakukan mandi wajib.

Air Madzi adalah keluarnya cairan yang berasal dari alat kelamin laki – laki karena adanya gejolak syahwat, namun gejolak syahwatnya masih belum mencapai puncak yang sempurna. Dan ketika keluar tidak membuat tubuh menjadi lemas.

Wujud dari air Madzi ini lumayan bening, encer, dan terasa lengket lengket tapi tidak ada bau. Cairan madzi memiliki hukum najis ringan, jika cairan tersebut keluar maka tidak membuat puasa batal namun untuk membuatnya suci kembali harus dengan berwudhu.

Air Wadhi adalah keluarnya cairan dari alat kelamin laki – laki dikarenakan badannya mengalami kelelahan yang berat atau setelah mengangkat beban yang terlalu berat, atau mungkin terkadang keluarnya bersamaan pada waktu sedang kencing.

Wujud air wadi ini putih, teksturnya agak kental dan terlihat keruh. Wadi ini memiliki hukum najis ringan, namun untuk mensucikannya tidak perlu mandi cukup hanya melakukan wudlu seperti akan mau shalat.

Saling bertemunya dua kelamin walaupun tidak mengeluarkan air mani.

Dalam sebuah hadis dijelaskan dari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda bahwasanya apabila seorang laki – laki duduk di beberapa bagian anggota tubuh istrinya ( bersetubuh ) lalu ia dengan niat yang sempurna, maka hukumnya wajib melakukan mandi (HR. Bukhari no. 291 dan Muslim no. 348)

Walaupun air mani tidak sampai keluar maka hukumnya tetap harus mandi. Hadist dari ‘Aisyah ra, ia menjelaskan, ada seorang laki – laki mengajukan pertanyaan pada Nabi Muhammad saw mengenai laki – laki yang hendak bersetubuh dengan istrinya akan tetapi tidak sampai air maninya keluar.

Apakah sepasang suami istri tersebut wajib melaksanakan mandi wajib ? sedangkan pada saat itu Aisyah duduk disamping, maka Nabi Muhammad bersabda bahwasanya “Akupun demikian pernah menyetubuhi wanita ini ( Aisyah ) aka tetapi tidak mengeluarkan air mani, lantas kami kemudian mandi.” (HR. Muslim no. 350)

Pada saat orang kafir menjadi mualaf atau baru saja masuk islam
Dalam hadis diriwayatkan Qois bin Ashim ra. Beliau telah masuk islam, dan nabi Muhammad saw memerintahkannya mandi yakni dengan air dan daun bidara. (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Pada saat seseorang dijemput ajalnya atau meninggal dunia.

Pada saat seseorang sudah di jemput dengan ajalnya maka dia wajib melaksanakan mandi, tapi dengan cara dimandikan oleh orang lain. Hukumnya memandikan mayat yakni fardlu kifayah. Yang dimaksudkan adalah meskipun hanya dilakukan beberapa orang maka gugur kewajiban yang lainnya untuk melakukan.

Dalam sebuah hadis desebutkan, sebuah perintah Rasulullah kepada Ummu kepada Ummu ‘Athiyah dan kepada pelayat dan wanita yang memandikan anaknya, “maka mandikanlah mayat tersebut dengan membasahi tubuhnya dengan air dan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih sampai kalian anggap cukup dan terakhir berilah kapur barus atau minyak wewangian. (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939).

Untuk semua orang muslim ketika ia sudah dijemput oleh ajalnya maka wajib hukumnya dimandikan, baik itu perempuan atau laki – laki, tua atau muda, anak – anak atau dewasa. Dan seorang muslim yang tidak wajib dimandikan adalah seorang yang matinya syahid dalam keadaan berperang.

Meninggalnya bayi karena keguguran tapi sudah memiliki roh di dalam tubuhnya.

Dalam hadis dan juga ilmu medis dijelaskan bahwasanya bayi memilki roh pada tubuhnya ketika ia berada dalam kandungan pada usia diatas 120 hari.

Hal – hal yang tidak diperbolehkan ketika belum melakukan mandi wajib atau mandi besar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak diperbolehkan ketika belum mandi wajib dan dia masih berhadast besar. Jadi seseorang yang sedang hadast besar tidak diperbolehkan beberapa hal ini.

  • Tidak boleh menyentuh mushaf al – Quran dan membacanya.
  • Tidak boleh melaksanakan sholat baik itu sholat wajib atau sholat sunnah.
  • Tidak boleh melakukan I’tikaf atau berdiam diri di masjid.
  • Tidak boleh melakukan puasa baik puasa wajib ataupun puasa sunnah.
  • Tidak boleh melakukan Thawaf pada saat berhaji.
  • Tidak boleh di cerai ataupum diberikan talak hingga dalam keadaan suci lagi.

Hal – hal yang wajib di perhatikan ketika akan melaksanakan mandi wajib atau mandi besar.

  • Gunakanlah air yang suci, air bersih tanpa ada campuran apapun tidak terkena kotoran yang bisa merubah bau dan sifatnya.
  • Mandi wajib dihukumi sebagai pengganti wudlu.
  • Seluruh tubuh tanpa terkecuali harus terkena air secara merata.
  • Menutupi aurat karena hukumnya wajib.
  • Tidak menggunakan penutup kepala.

Demikianlah ulasan mengenai niat dan tata cara mandi wajib. Bagi Anda umat yang beragama islam wajib untuk Anda mengetahui tata cara mandi wajib yang baik dan benar agar ketika Anda melakukan mandi wajib maka di nilai ibadah oleh Allah SWT.