Bab Dosa Orang yang Memutus Hubungan Silaturrahim

Bab Dosa Orang yang Memutus Hubungan Silaturrahim 

45/64.   Dari  Jubair  ibnu  Muth'im,  bahwasanya  dia  mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

٤٥/٦٤   لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعُ رَحِمٍ  

"Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan tali silaturrahim."

Shahih, di dalam kitab Sltahih Abu Daud (1488), Ghayatul Maram (407). (Bukhari, 78- Kitab Al Adah, 11- Bab Itsmul Qathi'i. Muslim, 45-Kitab Al Birru wash-Shilatu wal-Adab, hadits 18,19).
46/65. Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda,
٤٦/٦٥   إِنَّ الرَّحِمَ شَجْنَةٌ مِنَ الرَّحْمَنِ، تَقُولُ: يَا رَبِّ إِنِّي ظُُلِِمْتُ يَا رَبِّ إِنِّي قُطِعْتُ يَا رَبَّ إِنِّي إِنِّي فَيُجِيْبُهَا أَلآ تَرْضَيْنَ أَنْ أَقْطَعَ مَنْ قَطَعَكِ وَأَصِلَ مِنْ وَصَلَكِ  


" Sesungguhnya rahim itu bagian dari Ar-Rahman (Yang Maha Pengasih). Rahim berkata, 'Wahai Tuhanku! sesungguhnya aku dianiaya. Wahai Tuhanku! sesungguhnya aku diputuskan (hubungan). Wahai Tuhanku! sesungguhnya aku, sesunguhnya aku,' Lulu Allah menjawabnya, 'Apakah engkau rela Aku memutuskan orang yang memutuskan hubunganmu, dan Aku menyambung orang yang menyambungmu ?.'"
Hasan, di dalam kitab At-Ta'liq Ar-Raghib (3/226) 47/66. Dari Said bin Sam'an, dia berkata,

   ٤٧/٦٦   سمَِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَتَعَوَّذُ مِنْ إِمَارَةِ الصِّبْيَانِ وَالسُّفَهَاءِ


"Aku mendengar Abu Hurairah berlindung dari kepemimpinan anak-anak kecil dan orang-orang bodoh."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (3191).

Tidak ada komentar