Bersabar Atas Penderitaan

Bersabar Atas Penderitaan 

301/389.  Dari Abu Musa,  dari  Nabi shallallahu  'alaihi wasallam bersabda,


ليس أحد أو ليس شيء أصبر على أذى يسمعه من الله عز وجل إنهم ليدعون له ولدا وانه ليعافيهم ويرزقهم

"Tidak seorangpun -atau tidak ada sesuatu- yang lebih bersabar atas penderitaan yang didengarnya daripada Allah Azza wa Jalla, karena mereka mengatakan bahwa Allah mempunyai anak, dan sesungguhnya Allah akan mengampuni mereka dan memberikan rezeki kepada mereka."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (2249). [Bukhari, 97-Kitab At-Tauhid, 3- Bab Qaulullahu Ta'ala (Innallaha Huwar-Razzaaqu Dzul-Quwwatil Matiin). Muslim, 50- Kitab Shijatul Munaafiqiin wa Ahkaamihitn, hadits 49,50].
302/390. Dari Abdullah ibnu Mas'ud berkata,

قسم النبي صلى الله عليه وسلم قسمة كبعض ما كان يقسم فقال رجل من الأنصار والله انها لقسمة ما أريد بها وجه الله عز وجل قلت أنا لأقولن للنبي صلى الله عليه وسلم فأتيته وهو في أصحابه فساررته فشق ذلك عليه صلى الله عليه وسلم وتغير وجهه وغضب حتى وددت أنى لم أكن أخبرته ثم قال قد أوذي موسى بأكثر من ذلك فصبر

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membagi dengan suatu pembagian -seperti sebagian pembagian yang pernah dibagi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam- lalu seseorang dari kalangan sahabat Anshar berkata, 'Demi Allah! Sesungguhnya pembagian itu sungguh bukan pembagian (harta rampasan perang) hanya karena Allah Azza wa Jalla!.'" Saya (Ibnu Mas'ud) berkata, "Sungguh Saya akan melaporkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam." Lalu Saya mendatanginya -beliau sedang berada di tengah-tengah sahabatnya- kemudian saya membisikinya, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam merasa kurang enak atas hal tersebut dan raut mukanya berubah serta marah, sehingga aku ingin mengatakan jika seandainya aku tidak memberitahukan kepadanya, kemudian Rasulullah bersabda, "Sungguh Musa telah disakiti dengan penderitaan yang lebih besar darinya, namun dia bersabar."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (3175). [Bukhari, 60-Kitab Al Anbiya’u, 28- Bab Haddatsani Ishaq Ibnu Nashr. Muslim, 12- Kitab Az-Zakat, hadits 140,141)

Tidak ada komentar