Memberi Pelajaran dan Mengeluarkan Orang-orang yang Bermain Dadu serta Pelaku Kemungkaran/Kebathilan
Memberi Pelajaran dan
Mengeluarkan Orang-orang yang Bermain Dadu serta Pelaku Kemungkaran/Kebathilan
960/1273.
Dari
Nafi',
أن
عبد الله بن عمر كان إذا وجد أحدا من أهله يلعب بالنرد ضربه وكسرها
"Bahwa Abdullah bin
Umar bila mendapatkan seseorang dari keluarganya bermain dadu, maka ia memukul dan
menghancurkan (permainan tersebut)."
Shahih
sanadnya
dengan riwayat mauquf.
961/1274.
Dari
Aisyah radhiallahu 'anha,
أنه
بلغها أن أهل بيت في دارها كانوا سكانا فيها عندهم نرد
فأرسلت إليهم لئن لم تخرجوها لأخرجنكم من داري وأنكرت ذلك
عليهم
Bahwa ada cerita
pemilik keluarga di rumahnya, yang tinggal di dalamnya ada yang mempunyai dadu,
maka dia mengutus kepada mereka, "Bila tidak kalian
keluarkan (dadu) tersebut, sungguh aku keluarkan kalian dari rumahku", dan dia
mengingkari mereka akan hal tersebut.
Hasan sanadnya dengan riwayat mauquf.
926/1275.
Dari Kultsum bin Jabr,
berkata,
خطبنا
بن الزبير فقال يا أهل مكة بلغني عن رجال من قريش يلعبون بلعبة يقال لها النردشير
وكان أعسر قال الله إنما الخمر والميسر وإني أحلف بالله لا أوتى برجل لعب بها إلا
عاقبته في شعره وبشره وأعطيت سلبه لمن أتاني به
"Ibnu
Zubair berpidato di hadapan kami.
la berkata, 'Wahai penduduk
Makkah, sampai berita kepadaku tentang beberapa orang
Quraisy
yang bermain suatu permainan yang dinamakan dadu -ia memakai
tangan kiri- Allah berfirman, 'Innamal Khamru wal Maisiru' [Qs.
Al Maaidah(5): 90] Aku bersumpah dengan nama Allah,
seandainya
didatangkan seseorang yang bermain dadu, pasti aku hukum
rambut dan kulimya dan aku berikan rampasannya kepada orang
yang membawanya kepadaku."
Hasan
sanadnya
dengan riwayat mauquf.
963/1277.
Dari
Abdullah bin Amru bin 'Ash,
berkata,
اللاعب
بالفصين قمارا كآكل لحم الخنزير واللاعب بهما غير قمار كالغامس يده في دم
خنزير
"Orang
yang bermain dua sisi (dadu) dengan taruhan, maka bagai
orang yang makan daging babi dan orang yang bermairi
keduanya
tanpa taruhan, maka bagaikan orang yang mencelupkan tangannya
dalam darah babi."
Shahih
sanadnya
dengan riwayat yang mauquf.
Post a Comment