Membesuk Orang yang Pingsan

 Membesuk Orang yang Pingsan 

396/511. Jabir ibnu Abdullah berkata,

مرضت مرضا فأتاني النبي صلى الله عليه وسلم يعودنى وأبو بكر وهما ماشيان فوجداني أغمى علي فتوضأ النبي صلى الله عليه وسلم ثم صب وضوءه على فأفقت فإذا النبي صلى الله عليه وسلم فقلت يا رسول الله كيف أصنع في مالي اقض في مالي (كيف) فلم يجبنى بشيء حتى نزلت آية الميراث

"Saya pernah menderita suatu penyakit, lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan Abu Bakar membesuk saya. Keduanya berjalan kaki, kemudian keduanya menjumpai saya dalam keadaan pingsan. Lalu Nabi sallallallahu 'alaihi wasallam berwudhu, dan menuangkan air wudhunya kepada saya. Ketika saya tersadar, tiba-tiba (saya melihat) Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Lalu saya berkata, 'Wahai Rasulullah!, bagaimana saya mengatur harta saya?, [bagaimana] saya membagikan harta saya?.' Kemudian Rasulullah tidak sedikitpun memberikan jawaban kepada saya hingga turunlah ayatul mirats (ayat yang menerangkan warisan)."

Shahih, di dalam kitab Shahih Abu Daud (2568). [Bukhari, 75-Kitab Al Maradu, 21- Bab Wudhu’ul 'Aidi lil-Maridki. Muslim, 23- Kitab Al Fara’idh, hadits 8].

Tidak ada komentar