Menggapai Hidayah Dengan Keinsyafan

images/index_r1_c1.gif
 
 
Menggapai Hidayah Dengan Keinsyafan
 
Imam muslim mengabadikan sebuah kisah yang di sampaikan oleh Rasulullah. Kisah sebuah ketulusan kunci mendapatkan hidayah dan kemulyaan. Disebutkan bahwa Rasulullah bercerita tentang seorang kiai yang sangat gemar beribadah. Ia sengaja memilih tempat yang jauh dari kebisingan kota, di atas gununglah yang jadi pilihanya. Cukup lama ia berada di tempat tersebut, hari-harinya adalah hanya untuk bersujud dan berdzikir kepada Allah.
Ditempat yang berbeda, yaitu ditengah kebisingan manusia mencari dunia, hiduplah seorang pemuda yang bergelimang dalam dosa dan kenistaan. Ia adalah preman pasar yang dalam kesehari-harianya adalah menimbun dosa.
Pada suatu ketika sang kiai yang di atas gunung tersebut  kehabisan bekal makanan, maka iapun harus segera turun ketengah pasar untuk membeli bekal makanan secukupnya. Dalam waktu yang bersamaan, preman pasar yang terkenal dengan kejahatanya tersebut tiba-tiba tergerak hatinya untuk bertemu dengan kiai yang tinggal di lereng gunung. Ia yakini ia adalah orang soleh dan kedatanganyapun adalah untuk tujuan yang amat mulya yaitu ingin mendengar nasehat dan mendapatkan bimbingan dari sang kiai. Maka iapun mengambil keputusan untuk pergi keatas gunung untuk menemui orang tersebut.
Karena waktu untuk memenuhi keperluan dua manusia tersebut adalah sama maka mau tidak mau mereka harus berpapasan ditengan jalan. Di pegunungan yang ada adalah jalan setapak yang hanya cukup satu orang berjalan, jika ada orang lain yang datang dari arah berlawanan maka salah satu dari mereka harus mengalah. Begitulah pemandangan yang terjadi pada saat itu antara sang kiai yang ahli ibadah dan preman yang ahli maksiat.
Suasana yang amat mengagetkan sang preman saat itu, berpapasan dengan orang yang dikagumi dan di hormati ditempat yang tidak di duga yaitu di tengah jalan setapak. Ia merasa belum siap bertemu di tempat tersebut, ia ingin bertemu dengan sang kiai  dirumah dan tempat ibadahnya dan bukan di jalan. Sang preman merasakan didalam dirinya rasa takut, kagum dan hormat bercampur menjadi satu. Itulah yang menjadikan sang preman terduduk di jalan setapak tanpa ia sadari. Ia tidak mampu bertutur kata sepatah katapun dan ia hanya mampu memberi isyarat dengan tanganya kepada kiai tersebut yang maksudnya "silakan melewati jalan setapak ini!" Sang kiaipun berlalu dan mata sang premanpun tidak berpindah  dari sang kiai hingga lenyap dari pandanganya.
Suasana lain yang di rasakan sang kiai di saat matanya tertuju kepada sang preman yang berdiri di jalan setapaknya. Ia merasa risih dengan pemandangan itu maka iapun melewati sang preman dengan kesombonganya, tidak ia mengucapkan salam kepadanya, tidak ia bertanya keperluan dan tujuan sang preman ke atas gunung. Yang ada adalah keangkuhan dan kesombonganya karena merasa dia adalah kiai dan ahli ibadah yang seolah benar-benar  lebih dekat kepada Allah SWT lalu ia  memandang sang preman dengan mata merendahkan dan meremehkan. Ditengah-tengah cerita ini Rasulullah menjelaskan bahwa karena kesombongan sang kiai tersebut maka Allah mencabut hidayah dari hatinya dan karena keinsyafan, kekaguman dan rasa hormat sang preman kepada kiai  maka Allah memberikan hidayah kepadanya dan mengangkatnya menjadi kekasihnya.
Itulah penjelasan dari Rasulullah bahwa orang yang katanya ahli ibadah, alim, soleh akan tetapi jika itu semua menjadikan ia merendahkan orang lain maka hal itu akan menjadikan sebab di cabutnya hidayah Allah SWT. Begitu sebaliknya biarpun seseorang bergelimang dalam kejahatan dan kemaksiatan  akan tetapi ada keinsyafan, kekaguman dan cinta di hatinya kepada kiai, orang soleh dan ahli ibadah maka hal itu akan menjadikan sebab mendapatkan hidayah dari Allah SWT.
Itu adalah cerita dari Rasulullah SAW untuk kita, yang yang isinya adalah nasehat dan peringatan bagi kita.
Kita harus melihat diri kita, sebagai apa kita? Menginsyafi keberadaan kita. Jika kita sebagai ustadz harus insyaf dengan posisi ini dengan  senantiasa memandang orang yang belum mengerti dengan mata kasih dan cinta, bukan dengan kesombongan dan keangkuhan. Jika kita adalah orang yang tidak mengerti atau banyak dosa  maka kita harus menyadari kekurangan ini dengan senantiasa berusaha untuk bisa dekat dan mencintai para ulama dan orang soleh. Itulah pintu hidayah untuk mendapatkan kemulyaan dihadapan Allah SWT. Inilah yang akan menjadikan kiai semakin terlihat santun dan  indah dalam mengajak kepada kebaikan yang pada akhirnya menjadikan orang yang berada di jalan yang salah mudah untuk mencintai para kiai. Hasilnya adalah keindahan dari yang mengajak dan yang di ajak dan dari sinilah sebab mendapatkan hidayah dari Allah SWT.
Wallahu a'lam bishshowab.
 

 
 
images/index_r1_c1.gif

Tidak ada komentar