Menyingkirkan Gangguan

 Menyingkirkan Gangguan 
168/228. Dari Abu Barazah Al Aslami berkata,
قلت: يا رسول الله دلنى على عمل يدخلنى الجنة قال أمط الأذى عن طريق الناس

"Saya berkata, 'Wahai Rasulullah! Tunjukanlah kepada saya suatu perbuatan yang dapat memasukkan saya ke dalam surga Nabi menjawab, "Singkirkan bahaya dari jalan manusia."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (1558). (Muslim, 45-Kitab Al Birru was-Shilatu wal Adah, 36- Bab Fadhlu Izalatil Adza Anit-Thariqi, hadits 131).

169/229. Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
مر رجل بشوك في الطريق فقال لأميطن هذا الشوك لا يضر رجلا مسلما فغفر له

"Seseorang mendapatkan duri di jalan, lalu dia berkata, 'Saya akan menghilangkan duri ini sehingga tidak menyakiti orang Islam (yang lewat)' Lalu dia diampuni dosanya."

Shahih, di dalam kitab At-Ta'liqu Ar-Raghib (4/36) (Bukhari, 10-Kitab Al Adzan, 32- Bab Fadhilatu Tahjiri lladz-Dzuhri. Muslim, 45- Kitab Al Birru was-Shilatu wal Adab, 36- Bab Fadhlu Izalatil Adza Anit-Thariqi, hadits 127).

170/230. Dari Abu Dzar, ia berkata, "Rasulullah bersabda,
عرضت على أعمال أمتى حسنها وسيئها فوجدت في محاسن أعمالها أن الأذى يماط عن الطريق ووجدت في مساوىء أعمالها النخاعة في المسجد لا تدفن

'Diperlihatkan kepada saya amal-amal umat saya -yang baik dan yang buruk- lalu saya temukan dalam amal-amalnya yang baik (diantaranya) menyingkirkan bahaya dari jalan, dan saya temukan dalam amal-amalnya yang jelek (diantaranya) adalah meludah di masjid lalu tidak ditimbun dengan tanah (dihilangkan)."'

Shahih, di dalam kitab At-Ta'liqu Ar-Raghib (3/34). (Muslim, 5-Kitab Masajid wa Mawadhi'us-Shalah, 14- Bab An-Nahyu 'Anil Bushaqi fil-Masjid, hadits 57)

Tidak ada komentar