Rabu, 21 Mei 2014

Orang yang Memulai dengan Salam

 Orang yang Memulai dengan Salam 



753/982. Dari Busyair ibnu Yasar berkata.
ما كان أحد يبدأ أو يبدر بن عمر بالسلام
"Tidak ada seorangpun yang memulai -yang mendahului-salam kepada Ibnu Umar."

Shahih, sanadnya.


754/983. Dari Jabir berkata,
يسلم الراكب على الماشي والماشي على القاعد والماشيان أيهما يبدأ بالسلام فهو أفضل
"Orang yang di atas kendaraan memberi salam kepada orang yang berjalan, dan yang berjalan memberi salam kepada yang duduk, dan dua orang yang sedang berjalan, maka yang paling utama adalah yang lebih dahulu mengucapkan salam."

Shahih, sanadnya dengan periwayatan tnauquf, dan shahih dengan riwayat marfu'. Ash-Shahihah (1146).


755/984. Dari Ibnu Umar

أن الأغر وهو رجل من مزينة وكانت له صحبة مع النبي صلى الله عليه وسلم كانت له أوسق من تمر على رجل من بني عمرو بن عوف اختلف إليه مرارا قال فجئت إلى النبي صلى الله عليه وسلم فأرسل معي أبا بكر الصديق قال فكل من لقينا سلموا علينا فقال أبو بكر ألا ترى الناس يبدأونك بالسلام فيكون لهم الأجر ابدأهم بالسلام يكن لك الأجر يحدث هذا بن عمر عن نفسه

Sesungguhnya Al Agharr (yaitu seorang laki-laki dari kabilah Muzainah dan beliau pernah menemani Nabi shallallahu 'alaihi wasallam) dia mempunyai lima wasak1 kurma yang dipinjam oleh seseorang dari bani Amru ibnu Auf yang ridak pernah menepati janjinya. Dia berkata, "Saya datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian beliau mengutus Abu Bakar bersama Saya," Dia bercerita, "Setiap orang yang bertemu dengan kami, maka mereka mengucapkan salam kepada kami. Maka Abu Bakar berkata, 'Tidakkah engkau melihat orang-orang memulai dengan mengucapkan salam kepadamu, maka apakah mereka diberikan pahala? Oleh karena itu, mulailah mereka dengan salam, maka niscaya engkau akan diberi pahala.'"
Di dalam hadits ini Ibnu Umar menceritakan dirinya sendiri.

Hasan, di dalam kitab At-Ta'liqur-Raghibu (3/267).
756/985. Dari Abu Ayyub, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
لا يحل لامرئ مسلم أن يهجر أخاه فوق ثلاث فيلتقيان فيعرض هذا ويعرض هذا وخيرهما الذي يبدأ بالسلام
"Tidak halal bagi orang muslim untuk mendiamkan temannya di atai tiga hari, kemudian keduanya bertemu lalu dia berpaling dan ini, dan yan± lain berpaling dari itu. Hal yang paling baik di antara keduanya adalah yan± memulai dengan salam."
Shahih, di dalam kitab Al Irwa(2029). [Bukhari, 78-Kitab A Adab, 62- Bab Al Hijrah. Muslim, 45- Kitab Al Birru wash-Shilatu wa Adab, hadits 2].


___________
1   1 wasak = 60 Gantang.

Posting Komentar