SHALAT MUSAFIR DAN YANG SAKIT
|
SHALAT MUSAFIR DAN YANG SAKIT |
َبَابُ صَلَاةِ
اَلْمُسَافِرِ وَالْمَرِيضِ
| |
Hadits No. 453 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Sholat itu awalnya
diwajibkan dua rakaat, lalu ia ditetapkan sebagai sholat dalam perjalanan, dan
sholat di tempat disempurnakan (ditambah). Muttafaq Alaihi.
|
َعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( أَوَّلُ مَا
فُرِضَتْ اَلصَّلَاةُ رَكْعَتَيْنِ , فَأُقِرَّتْ صَلَاةُ اَلسَّفَرِ وَأُتِمَّتْ
صَلَاةُ اَلْحَضَرِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
| |
Hadits No. 454 | ||
Menurut riwayat Bukhari: Kemudian beliau hijrah, lalu diwajibkan
sholat empat rakaat, dan sholat dalam perjalanan ditetapkan seperti
semula.
|
َوَلِلْبُخَارِيِّ:
( ثُمَّ هَاجَرَ, فَفُرِضَتْ أَرْبَعًا, وَأُقِرَّتْ صَلَاةُ اَلسَّفَرِ عَلَى
اَلْأَوَّلِ )
| |
Hadits No. 455 | ||
Ahmad menambahkan: Kecuali Maghrib karena ia pengganjil
sholat siang dan Shubuh karena bacaannya dipanjangkan.
|
َزَادَ
أَحْمَدُ: ( إِلَّا اَلْمَغْرِبَ فَإِنَّهَا وِتْرُ اَلنَّهَارِ, وَإِلَّا
اَلصُّبْحَ, فَإِنَّهَا تَطُولُ فِيهَا اَلْقِرَاءَةُ
)
| |
Hadits No. 456 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam adakalanya mengqashar sholat dalam perjalanan dan adakalanya
tidak, kadangkala puasa dan kadangkala tidak. Riwayat Daruquthni. Para perawinya
dapat dipercaya, hanya saja hadits ini ma'lul. Adapun yang mahfudh dari 'Aisyah
Radliyallaahu 'anhu adalah dari perbuatannya, dan dia berkata: Sesungguhnya hal
itu tidak berat bagiku. Dikeluarkan oleh Baihaqy
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ
يَقْصُرُ فِي اَلسَّفَرِ وَيُتِمُّ, وَيَصُومُ وَيُفْطِرُ ) رَوَاهُ
اَلدَّارَقُطْنِيُّ, وَرُوَاتُهُ ثِقَاتٌ. إِلَّا أَنَّهُ مَعْلُول ٌوَالْمَحْفُوظُ
عَنْ عَائِشَةَ مِنْ فِعْلِهَا, وَقَالَتْ: ( إِنَّهُ لَا يَشُقُّ عَلَيَّ )
أَخْرَجَهُ اَلْبَيْهَقِيّ ُ
| |
Hadits No. 457 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah suka bila rukhshoh
(keringanan)-Nya dilaksanakan sebagaimana Dia benci bila maksiatnya
dilaksanakan." Riwayat Ahmad. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah dan Ibnu
Hibban. Dalam suatu riwayat: "Sebagaimana Dia suka bila perintah-perintah-Nya
yang keras dilakukan."
|
َوَعَنْ
اِبْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِنَّ اَللَّهَ
يُحِبُّ أَنْ تُؤْتَى رُخَصُهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ تُؤْتَى مَعْصِيَتُهُ )
رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ, وَابْنُ حِبَّانَ وَفِي
رِوَايَةٍ: ( كَمَا يُحِبُّ أَنْ تُؤْتَى عَزَائِمُهُ
)
| |
Hadits No. 458 | ||
Anas Radliyallaahu 'anhu berkata: Adalah Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila keluar bepergian sejauh tiga mil atau
farsakh, beliau sholat dua rakaat. Riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
أَنَسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُ قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
إِذَا خَرَجَ مَسِيرَةَ ثَلَاثَةِ أَمْيَال ٍ أَوْ فَرَاسِخَ, صَلَّى رَكْعَتَيْنِ
) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 459 | ||
Anas Radliyallaahu 'anhu berkata: Pernah kami keluar
bersama Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dari Madinah ke Mekkah. Beliau
selalu sholat dua rakaat-dua rakaat sampai kami kembali ke Madinah. Muttafaq
Alaihi dan lafadznya menurut Bukhari.
|
ََعَنْهُ قَالَ: (
خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ اَلْمَدِينَةِ إِلَى
مَكَّةَ، فَكَانَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ حَتَّى رَجَعْنَا إِلَى
اَلْمَدِينَةِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ
لِلْبُخَارِيِّ
| |
Hadits No. 460 | ||
Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam menetap selama 19 hari, beliau mengqashar sholat. Dalam lafadz
hadits lain: Di Mekkah selama 19 hari. Riwayat Bukhari. Dan dalam suatu riwayat
menurut Abu Dawud: Tujuh belas hari. Dalam riwayat lain: Lima belas hari.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( أَقَامَ اَلنَّبِيُّ صلى الله
عليه وسلم تِسْعَةَ عَشَرَ يَقْصُرُ ) وَفِي لَفْظٍ: ( بِمَكَّةَ تِسْعَةَ عَشَرَ
يَوْمًا ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيّ ُوَفِي رِوَايَةٍ لِأَبِي دَاوُدَ: ( سَبْعَ
عَشْرَةَ )
وَفِي أُخْرَى: ( خَمْسَ
عَشْرَةَ )
| |
Hadits No. 461 | ||
Menurut riwayat Bukhari dari Imran Ibnu Hushoin
Radliyallaahu 'anhu : Delapan belas hari.
|
ََوَلَهُ
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ: ( ثَمَانِيَ عَشْرَةَ
)
| |
Hadits No. 462 | ||
Menurut riwayatnya pula dari Jabir Radliyallaahu 'anhu :
Beliau menetap di Tabuk 20 hari mengqashar sholat. Para perawinya dapat di
percaya tetapi diperselisihkan maushul-nya.
|
ََوَلَهُ
عَنْ جَابِرٍ: ( أَقَامَ بِتَبُوكَ عِشْرِينَ يَوْمًا يَقْصُرُ اَلصَّلَاةَ )
وَرُوَاتُهُ ثِقَاتٌ, إِلَّا أَنَّهُ اُخْتُلِفَ فِي وَصْلِه
ِ
| |
Hadits No. 463 | ||
Anas Radliyallaahu 'anhu berkata: Biasanya Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila berangkat dalam bepergian sebelum matahari
tergelincir, beliau mengakhirkan sholat Dhuhur hingga waktu Ashar. Kemudian
beliau turun dan menjamak kedua sholat itu. Bila matahari telah tergelincir
sebelum beliau pergi, beliau sholat Dhuhur dahulu kemudian naik kendaraan.
Muttafaq Alaihi. Dalam suatu hadits riwayat Hakim dalam kitab al-Arba'in dengan
sanad shahih: Beliau sholat Dhuhur dan Ashar kemudian naik kendaraan. Dalam
riwayat Abu Nu'aim dalam kitab Mustakhroj Muslim: Bila beliau dalam perjalanan
dan matahari telah tergelincir, beliau sholat Dhuhur dan Ashar dengan jamak,
kemudian berangkat.
|
ََوَعَنْ
أَنَسٍ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا اِرْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ
تَزِيغَ اَلشَّمْسُ أَخَّرَ اَلظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ اَلْعَصْرِ, ثُمَّ نَزَلَ
فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا, فَإِنْ زَاغَتْ اَلشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى
اَلظُّهْرَ, ثُمَّ رَكِبَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَفِي رِوَايَةِ اَلْحَاكِمِ فِي
"اَلْأَرْبَعِينَ" بِإِسْنَادِ اَلصَّحِيحِ: ( صَلَّى اَلظُّهْرَ وَالْعَصْرَ,
ثُمَّ رَكِبَ ) وَلِأَبِي
نُعَيْمٍ فِي "مُسْتَخْرَجِ مُسْلِمٍ": ( كَانَ إِذَا كَانَ فِي سَفَرٍ, فَزَالَتْ
اَلشَّمْسُ صَلَّى اَلظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا, ثُمَّ اِرْتَحَلَ
)
| |
Hadits No. 464 | ||
Muadz Radliyallaahu 'anhu berkata: Kami pernah pergi
bersama Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dalam perang Tabuk. Beliau
Sholat Dhuhur dan Ashar dengan jamak serta Maghrib dan Isya' dengan jamak.
Riwayat Muslim.
|
ََوَعَنْ
مُعَاذٍ رضي الله عنه قَالَ: ( خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ، فَكَانَ يُصَلِّي اَلظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا,
وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 465 | ||
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jangan mengqashar sholat kurang dari
empat burd, yakni dari Mekkah ke Usfan." Diriwayatkan oleh Daruquthni dengan
sanad lemah. Menurut pendapat yang benar hadits ini mauquf sebagaimana yang
dikeluarkan oleh Ibnu Khuzaimah.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم : ( لَا تَقْصُرُوا اَلصَّلَاةَ فِي أَقَلَّ مِنْ أَرْبَعَةِ بُرُدٍ;
مِنْ مَكَّةَ إِلَى عُسْفَانَ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ بِإِسْنَادٍ
ضَعِيف
وَالصَّحِيحُ أَنَّهُ
مَوْقُوفٌ، كَذَا أَخْرَجَهُ اِبْنُ
خُزَيْمَةَ
| |
Hadits No. 466 | ||
Dari Jabir Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sebaik-baik umatku adalah mereka yang
bila berbuat kesalahan memohon ampunan dan bila bepergian mengqashar sholat dan
membatalkan puasa." Dikeluarkan oleh Thabrani dalam Ausath dengan sanad yang
lemah. Hadits tersebut juga terdapat dalam Mursal Said Ibnu al-Musayyab dengan
ringkas.
|
ََوَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( خَيْرُ
أُمَّتِي اَلَّذِينَ إِذَا أَسَاءُوا اِسْتَغْفَرُوا, وَإِذَا سَافَرُوا قَصَرُوا
وَأَفْطَرُوا ) أَخْرَجَهُ اَلطَّبَرَانِيُّ فِي "اَلْأَوْسَطِ" بِإِسْنَادٍ
ضَعِيفٍ وَهُوَ فِي مُرْسَلِ سَعِيدِ بْنِ اَلْمُسَيَّبِ عِنْدَ اَلْبَيْهَقِيِّ
مُخْتَصَر
| |
Hadits No. 467 | ||
Imam Ibnu Hushoin Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku
mempunyai penyakit bawasir, bila aku menanyakan kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam tentang cara sholat. Beliau bersabda: "Sholatlah dengan berdiri, jika
tidak mampu maka dengan duduk, dan jika tidak mampu maka dengan berbaring."
Riwayat Bukhari.
|
ََوَعَنْ
عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( كَانَتْ بِي
بَوَاسِيرُ, فَسَأَلْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَنْ اَلصَّلَاةِ؟ فَقَالَ:
"صَلِّ قَائِمًا, فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا, فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ
فَعَلَى جَنْبٍ" ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 468 | ||
Jabir r.a: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah
menjenguk orang sakit. Beliau melihat orang itu sedang sholat di atas bantal,
lalu beliau membuangnya. Beliau bersabda: "Sholatlah di atas tanah bila engkau
mampu, jika tidak maka pakailah isyarat, dan jadikan (isyarat) sujudmu lebih
rendah daripada (isyarat) ruku'mu." Riwayat Baihaqi dan Abu Hatim membenarkan
bahwa hadits ini mauquf.
|
ََوَعَنْ
جَابِرٍ قَالَ: ( عَادَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم مَرِيضًا, فَرَآهُ يُصَلِّي
عَلَى وِسَادَةٍ, فَرَمَى بِهَا, وَقَالَ: "صَلِّ عَلَى اَلْأَرْضِ إِنْ
اِسْتَطَعْتَ, وَإِلَّا فَأَوْمِ إِيمَاءً, وَاجْعَلْ سُجُودَكَ أَخْفَضَ مِنْ
رُكُوعِكَ" ) رَوَاهُ اَلْبَيْهَقِيُّ. وَصَحَّحَ أَبُو حَاتِمٍ
وَقْفَهُ
| |
Hadits No. 469 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku melihat Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam sholat dengan bersila. Riwayat Nasa'i. Menurut Al-Hakim hadits
tersebut shahih.
|
ََوَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( رَأَيْتُ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي مُتَرَبِّعًا ) رَوَاهُ النَّسَائِيُّ.
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ.
| |
|
Post a Comment