SIFAT HAJI DAN MASUK KOTA MAKKAH
|
SIFAT HAJI DAN MASUK KOTA MAKKAH |
بَابُ صِفَةِ اَلْحَجِّ وَدُخُولِ
مَكَّةِ
| |
Hadits No. 759 | ||
Dari Jabir Ibnu Abdullah bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam menunaikan haji dan kami keluar bersamanya. Ketika kami sampai
di Dzul Hulaifah, Asma' binti Umais melahirkan, lalu beliau bersabda: "Mandilah
dan bercawatlah dengan kain, lalu berihramlah", dan Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam sholat di masjid, kemudian naik unta Qoshwa (julukan unta
Nabi). Ketika tiba di Baida' beliau bertalbiyah dengan kalimat Tauhid: (artinya
= Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi
panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu. Segala puji, nikmat dan kerajaan hanya
milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu). Ketika kami sampai di Ka'bah, beliau menjamah
Hajar Aswad, lalu thowaf dengan berlari-lari kecil tiga kali dan berjalan empat
kali. Kemudian beliau datang ke maqam Ibrahim dan sholat. Setelah itu beliau
kembali lagi ke Hajar Aswad dan menjamahnya. Lalu beliau keluar dari pintu
menuju Shofa. Ketika sudah mendekat Shofa, beliau membaca: "(Artinya =
Sesungguhnya Shofa dan Marwa adalah termasuk syiar agama Allah), aku mulai
dengan apa yang dimulai oleh Allah." Lalu beliau menaiki puncak Shofa sehingga
dapat melihat Ka'bah. Kemudian beliau menghadap Ka'bah, lalu membaca kalimat
Tauhid dan Takbir, dan mengucapkan: "(artinya = Tiada Tuhan selain Allah Yang
Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala puji,
dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, yang
menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya, dan menghancurkan golongan-golongan
musuh sendirian)". Kemudian beliau berdoa seperti itu tiga kali, lalu turun ke
Marwa. Ketika kedua kakinya menginjak tengah-tengah lembah, beliau berlari-lari
kecil, dan ketika kami mendaki beliau berjalan biasa menuju Marwa. Beliau
berbuat di Marwa sebagaimana yang beliau lakukan di Shofa. Kemudian perawi
melanjutkan hadits dan didalamnya disebutkan: Tatkala tiba hari tarwiyah, mereka
berangkat menuju Mina dan Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menaiki
kendaraannya. Di tempat itu (Mina) beliau sholat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya'
dan Shubuh. Kemudian beliau berhenti sejenak hingga matahari terbit, lalu beliau
berangkat menuju Arafah, dan beliau telah mendapatkan kemahnya telah dipasang di
Namirah. Beliau singgah di tempat tersebut. Ketika matahari tergelincir, beliau
menyuruh agar disiapkan unta Qoshwanya dan disiapkanlah unta tersebut untuknya.
Beliau ke tengah lembah dan berkhutbah di tengah-tengah manusia. setelah adzan
dan qomat beliau sholat Dhuhur. Kemudian qomat dan sholat Ashar, dan beliau
tidak melakukan sholat apapun antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan
menuju tempat wuquf. Beliau merapatkan perut untanya ke batu-batu besar. Beliau
berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat. Beliau terus wukuf hingga matahari
terbenam, awan kuning mulai menghilang dan bola matahari telah benar-benar
lenyap, lalu beliau bertolak. Beliau mengencangkan kendali untanya hingga kepala
unta itu menyentuh tempat duduk kendaraan. Beliau memberi isyarat dengan tangan
kanannya sambil bersabda: "Wahai sekalian manusia, tenanglah, tenanglah." Beliau
mengendorkan tali untanya sedikit demi sedikit sehingga unta itu dapat berjalan
mendaki. Setibanya di Mudzalifah beliau sholat Maghrib dan Isya' dengan sekali
adzan dan dua kali qomat. Beliau tidak membaca tasbih apapun antara keduanya.
Kemudian beliau berbaring hingga fajar terbit. Beliau sholat Shubuh tatkala
waktu Shubuh sudah tampak jelas dengan adzan dan qomat. Kemudian berangkat
dengan kendaraannya, dan ketika sampai di Masy'aril Haram beliau menghadap
kiblat, lalu membaca doa, takbir, dan tahlil. Beliau tetap berada di situ hingga
terang benderang, lalu beliau bertolah sebelum matahari terbit. Ketika tiba di
lembah Muhassir beliau mempercepat kendaraannya sedikit dan memilih jalan tengah
yang keluar menuju ke tempat Jumrah Kubra. Setibanya di Jumrah dekat pohon
beliau melempar tujuh kali lemparan batu-batu kecil, setiap biji batu sebesar
kelingking. Beliau melempar dari tengah-tengah lembah itu. Kemudian beliau
menuju tempat penyembelihan dan berkurban di tempat tersebut. Lalu menaiki
kendaraan menuju Baitullah untuk melakukan thawaf ifadlah dan sholat Dhuhur di
Mekkah. Diriwayatkan oleh Muslim dengan panjang.
|
ََوَعَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اَللَّهِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم حَجَّ, فَخَرَجْنَا مَعَهُ, حَتَّى أَتَيْنَا ذَا
الْحُلَيْفَةِ, فَوَلَدَتْ أَسْمَاءُ بِنْتُ عُمَيْسٍ, فَقَالَ: اِغْتَسِلِي
وَاسْتَثْفِرِي بِثَوْبٍ, وَأَحْرِمِي وَصَلَّى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم فِي اَلْمَسْجِدِ, ثُمَّ رَكِبَ اَلْقَصْوَاءَ حَتَّى إِذَا اِسْتَوَتْ بِهِ
عَلَى اَلْبَيْدَاءِ أَهَلَّ بِالتَّوْحِيدِ: لَبَّيْكَ اَللَّهُمَّ لَبَّيْكَ,
لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ, إِنَّ اَلْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ
وَالْمُلْكَ, لَا شَرِيكَ لَكَ حَتَّى إِذَا أَتَيْنَا اَلْبَيْتَ اِسْتَلَمَ
اَلرُّكْنَ, فَرَمَلَ ثَلَاثًا وَمَشَى أَرْبَعًا, ثُمَّ أَتَى مَقَامَ
إِبْرَاهِيمَ فَصَلَّى, ثُمَّ رَجَعَ إِلَى اَلرُّكْنِ فَاسْتَلَمَهُ. ثُمَّ خَرَجَ
مِنَ اَلْبَابِ إِلَى اَلصَّفَا, فَلَمَّا دَنَا مِنَ اَلصَّفَا قَرَأَ: إِنَّ
اَلصَّفَا وَاَلْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اَللَّهِ أَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اَللَّهُ
بِهِ فَرَقِيَ اَلصَّفَا, حَتَّى رَأَى اَلْبَيْتَ, فَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ
فَوَحَّدَ اَللَّهَ وَكَبَّرَهُ وَقَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَحْدَهُ لَا
شَرِيكَ لَهُ, لَهُ اَلْمُلْكُ, وَلَهُ اَلْحَمْدُ, وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيرٌ, لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَحْدَهُ
أَنْجَزَ وَعْدَهُ, وَنَصَرَ عَبْدَهُ, وَهَزَمَ اَلْأَحْزَابَ وَحْدَهُ ثُمَّ
دَعَا بَيْنَ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ, ثُمَّ نَزَلَ إِلَى اَلْمَرْوَةِ, حَتَّى
اِنْصَبَّتْ قَدَمَاهُ فِي بَطْنِ اَلْوَادِي سَعَى حَتَّى
إِذَا صَعَدَتَا مَشَى إِلَى اَلْمَرْوَةِ فَفَعَلَ عَلَى اَلْمَرْوَةِ, كَمَا
فَعَلَ عَلَى اَلصَّفَا - فَذَكَرَ اَلْحَدِيثَ. وَفِيهِ: فَلَمَّا كَانَ يَوْمَ
اَلتَّرْوِيَةِ تَوَجَّهُوا إِلَى مِنَى, وَرَكِبَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم فَصَلَّى بِهَا اَلظُّهْرَ, وَالْعَصْرَ, وَالْمَغْرِبَ, وَالْعِشَاءَ,
وَالْفَجْرَ, ثُمَّ مَكَثَ قَلِيلاً حَتَّى طَلَعَتْ اَلشَّمْسُ، فَأَجَازَ حَتَّى
أَتَى عَرَفَةَ, فَوَجَدَ اَلْقُبَّةَ قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ فَنَزَلَ
بِهَا. حَتَّى إِذَا زَاغَتْ اَلشَّمْسُ أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ, فَرُحِلَتْ لَهُ,
فَأَتَى بَطْنَ اَلْوَادِي, فَخَطَبَ اَلنَّاسَ. ثُمَّ أَذَّنَ ثُمَّ أَقَامَ,
فَصَلَّى اَلظُّهْرَ, ثُمَّ أَقَامَ فَصَلَّى اَلْعَصْرَ, وَلَمْ يُصَلِّ
بَيْنَهُمَا شَيْئًا. ثُمَّ رَكِبَ حَتَّى أَتَى اَلْمَوْقِفَ فَجَعَلَ بَطْنَ
نَاقَتِهِ اَلْقَصْوَاءِ إِلَى الصَّخَرَاتِ, وَجَعَلَ حَبْلَ اَلْمُشَاةِ بَيْنَ
يَدَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ, فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفاً حَتَّى غَرَبَتِ
اَلشَّمْسُ, وَذَهَبَتْ اَلصُّفْرَةُ قَلِيلاً, حَتَّى غَابَ اَلْقُرْصُ, وَدَفَعَ,
وَقَدْ شَنَقَ لِلْقَصْوَاءِ اَلزِّمَامَ حَتَّى إِنَّ رَأْسَهَا لَيُصِيبُ
مَوْرِكَ رَحْلِهِ, وَيَقُولُ بِيَدِهِ اَلْيُمْنَى: أَيُّهَا اَلنَّاسُ,
اَلسَّكِينَةَ, اَلسَّكِينَةَ , كُلَّمَا أَتَى حَبْلاً أَرْخَى لَهَا قَلِيلاً
حَتَّى تَصْعَدَ. حَتَّى أَتَى اَلْمُزْدَلِفَةَ, فَصَلَّى بِهَا اَلْمَغْرِبَ
وَالْعِشَاءَ, بِأَذَانٍ وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيْنِ, وَلَمْ يُسَبِّحْ بَيْنَهُمَا
شَيْئًا, ثُمَّ اِضْطَجَعَ حَتَّى طَلَعَ اَلْفَجْرُ, فَصَلَّى اَلْفَجْرَ, حِينَ
تَبَيَّنَ لَهُ اَلصُّبْحُ بِأَذَانٍ وَإِقَامَةٍ ثُمَّ رَكِبَ حَتَّى أَتَى
اَلْمَشْعَرَ اَلْحَرَامَ, فَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ, فَدَعَاهُ, وَكَبَّرَهُ,
وَهَلَّلَهُ فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفًا حَتَّى أَسْفَرَ جِدًّا. فَدَفَعَ قَبْلَ أَنْ
تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ, حَتَّى أَتَى بَطْنَ مُحَسِّرَ فَحَرَّكَ قَلِيلاً، ثُمَّ
سَلَكَ اَلطَّرِيقَ اَلْوُسْطَى اَلَّتِي تَخْرُجُ عَلَى اَلْجَمْرَةِ اَلْكُبْرَى,
حَتَّى أَتَى اَلْجَمْرَةَ اَلَّتِي عِنْدَ اَلشَّجَرَةِ, فَرَمَاهَا بِسَبْعِ
حَصَيَاتٍ, يُكَبِّرُ مَعَ كُلِّ حَصَاةٍ مِنْهَا, مِثْلَ حَصَى اَلْخَذْفِ, رَمَى
مِنْ بَطْنِ اَلْوَادِي، ثُمَّ اِنْصَرَفَ إِلَى اَلْمَنْحَرِ, فَنَحَرَ، ثُمَّ
رَكِبَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَأَفَاضَ إِلَى اَلْبَيْتِ, فَصَلَّى
بِمَكَّةَ اَلظُّهْرَ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
مُطَوَّلاً
| |
Hadits No. 760 | ||
Dari Huzaimah Ibnu tsabit Radliyallaahu 'anhu bahwa
apabila Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah selesai dari talbiyahnya dalam
haji atau umrah, beliau memohon kepada Allah akan ridlo'-Nya dan surga, dan
berlindung dengan rahmat-Nya dari api neraka. Riwayat Syafi'i dengan sanad yang
lemah.
|
ََوَعَنْ
خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم
كَانَ إِذَا فَرَغَ مِنْ تَلْبِيَتِهِ فِي حَجٍّ أَوْ عُمْرَةٍ سَأَلَ اَللَّهَ
رِضْوَانَهُ وَالْجَنَّةَ وَاسْتَعَاذَ بِرَحْمَتِهِ مِنَ اَلنَّارِ ) رَوَاهُ
اَلشَّافِعِيُّ بِإِسْنَادٍ ضَعِيفٍ
| |
Hadits No. 761 | ||
Dari Jabir Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Aku berkurban di sini dan Mina
seluruhnya tampat penyembelihan kurban, maka berkurbanlah di tempat
kemah-kemahmu. Aku wukuf di sini dan Arafah seluruhnya tempat wukuf. Aku
menginap di sini dan Mudzalifah seluruhnya tempat menginap." Riwayat Muslim.
|
ََوَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( نَحَرْتُ
هَاهُنَا, وَمِنًى كُلُّهَا مَنْحَرٌ, فَانْحَرُوا فِي رِحَالِكُمْ, وَوَقَفْتُ
هَاهُنَا وَعَرَفَةُ كُلُّهَا مَوْقِفٌ, وَوَقَفْتُ هَاهُنَا وَجَمْعٌ كُلُّهَا
مَوْقِفٌ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 762 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa ketika Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam datang ke Mekkah, beliau masuk dari jalan atasnya
dan keluar dari jalan bawahnya. Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا: ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم لَمَّا
جَاءَ إِلَى مَكَّةَ دَخَلَهَا مِنْ أَعْلَاهَا, وَخَرَجَ مِنْ أَسْفَلِهَا )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 763 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa ia tidak datang
ke Mekkah kecuali setelah bermalam di Dzu Thuwa hingga pagi dan mandi. Ia
menyebut hal itu dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: ( أَنَّهُ كَانَ لَا يَقْدُمُ مَكَّةَ
إِلَّا بَاتَ بِذِي طُوَى حَتَّى يُصْبِحَ وَيَغْتَسِلَ, وَيَذْكُرُ ذَلِكَ عِنْدَ
اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 764 | ||
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa ia pernah
mencium Hajar Aswad dan meletakkan dahi padanya. Diriwayatkan oleh Hakim dengan
marfu' dan Baihaqi dengan mauquf.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: ( أَنَّهُ كَانَ يُقَبِّلُ اَلْحَجَرَ
اَلْأَسْوَدَ وَيَسْجُدُ عَلَيْهِ ) رَوَاهُ اَلْحَاكِمُ مَرْفُوعًا,
وَالْبَيْهَقِيُّ مَوْقُوفًا
| |
Hadits No. 765 | ||
Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: Mereka
diperintahkan oleh Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam agar berlari-lari kecil
tiga kali putaran dan berjalan biasa empat kali putaran antara dua rukun (Hajar
Aswad dan rukun Yamani). Muttafaq Alaihi
|
ََوَعَنْهُ
قَالَ: أَمَرَهُمْ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ( أَنْ يَرْمُلُوا ثَلَاثَةَ
أَشْوَاطٍ وَيَمْشُوا أَرْبَعًا, مَا بَيْنَ اَلرُّكْنَيْنِ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 766 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa apabila ia melakukan thowaf
di Baitullah pada thowaf pertama, ia berjalan cepat tiga kali putaran dan
berjalan biasa empat kali putaran. Dalam suatu riwayat: Aku melihat Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam apabila melakukan thowaf dalam haji atau umrah
pada kedatangan pertama, beliau berjalan cepat tiga kali keliling dan berjalan
biasa empat kali keliling. Muttafaq Alaihi.
|
ََعَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ الله عَنْهُمَا أَنَّهُ كَانَ
إِذَا طَافَ بِالْبَيْتِ الطَّوَافَ اْلأَوَّلَ خَبَّ ثَلاَثًا وَ مَشَى أَرْبَعًا
وَفِى رِوَايَةٍ : (رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَّ إِذَا
طَافَ فِى الْحَجِّ أَوْ الْعُمْرَةْ أَوَّلَ مَا يَقْدُمُ فَإِنَّهُ يَسْعَى
ثَلاَثَةَ أَطْوَافٍ بِالْبَيْتِ وَيَمْشِيْ أَرْبَعَةً) متفق
عليه
| |
Hadits No. 767 | ||
Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku tidak pernah
melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menyentuh bagian Ka'bah
kecuali dua rukun Yamani. Riwayat Muslim.
|
ََوَعَنْهُ
قَالَ: ( لَمْ أَرَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَسْتَلِمُ مِنْ
اَلْبَيْتِ غَيْرَ اَلرُّكْنَيْنِ اَلْيَمَانِيَيْنِ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 768 | ||
Dari Umar bahwa ia mencium Hajar Aswad dan berkata:
Sesungguhnya aku tahu bahwa engkau hanyalah batu yang tidak membahayakan dan
tidak memberi manfaat. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam menciummu, aku tidak akan menciummu. Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ عُمَرَ رضي الله
عنه ( أَنَّهُ قَبَّلَ اَلْحَجَرَ ] اَلْأَسْوَدَ
[ فَقَالَ:
إِنِّي أَعْلَمُ أَنَّكَ حَجَرٌ لَا تَضُرُّ وَلَا تَنْفَعُ, وَلَوْلَا أَنِّي
رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُقَبِّلُكَ مَا قَبَّلْتُكَ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 769 | ||
Abu al-Thufail berkata: Aku melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam berthowaf di Ka'bah, beliau menyentuh Hajar Aswad dengan tongkat yang
dibawanya, dan mencium tongkat tersebut. Riwayat Muslim.
|
ََوَعَنْ
أَبِي اَلطُّفَيْلِ رضي الله عنه قَالَ: ( رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم يَطُوفُ بِالْبَيْتِ وَيَسْتَلِمُ اَلرُّكْنَ بِمِحْجَنٍ مَعَهُ, وَيُقْبِّلُ
اَلْمِحْجَنَ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 770 | ||
Ya'la Ibnu Umayyah berkata: Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam thowaf berselendangkan kain hijau. Riwayat Imam Lima kecuali
Nasa'i, dan dinilai shahih oleh Tirmidzi.
|
ََوَعَنْ
يَعْلَى بْنَ أُمَيَّةَ رضي الله عنه قَالَ: ( طَافَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه
وسلم مُضْطَبِعًا بِبُرْدٍ أَخْضَرَ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيَّ,
وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ
| |
Hadits No. 771 | ||
Anas Radliyallaahu 'anhu berkata: Di antara kami ada yang
membaca talbiyah dan tidak ada yang melarangnya, dan ada yang membaca takbir dan
tidak ada yang melarangnya. Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ أَنَسٍ رضي الله
عنه قَالَ: ( كَانَ يُهِلُّ مِنَّا اَلْمُهِلُّ فَلَا يُنْكِرُ عَلَيْهِ,
وَيُكَبِّرُ ] مِنَّا
[ اَلْمُكَبِّرُ فَلَا
يُنْكِرُ عَلَيْهِ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 772 | ||
Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam mengutusku untuk membawa barang-barang berat, (atau ia
berkata) untuk menyertai perempuan-perempuan yang lemah dari Mudzalifah pada
waktu malam. Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( بَعَثَنِي رَسُولُ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم فِي اَلثَّقَلِ, أَوْ قَالَ فِي اَلضَّعَفَةِ مِنْ جَمْعٍ
بِلَيْلٍ )
| |
Hadits No. 773 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Saudah pernah minta
izin Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pada malam Mudzalifah untuk
berangkat lebih dahulu karena dia lemah --yakni berat berjalan-- dan beliau
mengizinkannya. Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( اِسْتَأْذَنَتْ سَوْدَةُ رَسُولَ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم لَيْلَةَ اَلْمُزْدَلِفَةِ: أَنْ تَدْفَعَ قَبْلَهُ,
وَكَانَتْ ثَبِطَةً -تَعْنِي: ثَقِيلَةً- فَأَذِنَ لَهَا ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِمَا
| |
Hadits No. 774 | ||
Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda pada kami: "Janganlah melempar Jumrah
hingga matahari terbit." Riwayat Imam Lima kecuali Nasa'i. Hadits Munqathi'.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ لَنَا رَسُولُ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم ( لَا تَرْمُوا اَلْجَمْرَةَ حَتَّى تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ )
رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيَّ, وَفِيهِ
اِنْقِطَاعٌ
| |
Hadits No. 775 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam mengutus Ummu Salamah pada malam hari raya Kurban, lalu ia
melempar Jumrah sebelum fajar, kemudian pergi dan turun (ke Mekkah). Riwayat Abu
Dawud dan sanadnya menurut syarat Muslim.
|
ََوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( أَرْسَلَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه
وسلم بِأُمِّ سَلَمَةَ لَيْلَةَ اَلنَّحْرِ, فَرَمَتِ اَلْجَمْرَةَ قَبْلَ
اَلْفَجْرِ, ثُمَّ مَضَتْ فَأَفَاضَتْ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَإِسْنَادُهُ
عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ
| |
Hadits No. 776 | ||
Dari Urwah Ibnu Mudlorras Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa mengikuti
sholat kami ini --yakni di Mudzalifah-- lalu bermalam bersama kami hingga kami
berangkat, dan sebelum itu ia benar-benar telah wukuf di Arafah malam atau siang
maka hajinya telah sempurna dan ia telah menghilangkan kotorannya. Riwayat Imam
Lima. Hadits shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah.
|
ََوَعَنْ
عُرْوَةَ بْنِ مُضَرِّسٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم ( مَنْ شَهِدَ صَلَاتَنَا هَذِهِ -يَعْنِي: بِالْمُزْدَلِفَةِ- فَوَقَفَ
مَعَنَا حَتَّى نَدْفَعَ, وَقَدْ وَقَفَ بِعَرَفَةَ قَبْلَ ذَلِكَ لَيْلاً أَوْ
نَهَارًا, فَقَدْ تَمَّ حَجُّهُ وَقَضَى تَفَثَهُ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ,
وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ
خُزَيْمَةَ
| |
Hadits No. 777 | ||
Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Orang-orang musyrik
tidak turun ke Mekkah hingga matahari terbit - dan mereka berkata: Merekalah
gunung Tsabir (gunung tertinggi di Mekkah) dan Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam menentang mereka. Maka beliau turun ke Mekkah sebelum matahari terbit.
Riwayat Bukhari.
|
ََوَعَنْ
عُمَرَ رضي الله عنه قَالَ: ( إِنَّ اَلْمُشْرِكِينَ كَانُوا لَا يُفِيضُونَ حَتَّى
تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ، وَيَقُولُونَ: أَشْرِقْ ثَبِيرُ وَأَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله
عليه وسلم خَالَفَهُمْ, ثُمَّ أَفَاضَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ ) رَوَاهُ
اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 778 | ||
Ibnu Abbas dan Usamah Ibnu Zaid Radliyallaahu 'anhu
berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam selalu tetap membaca talbiyah
hingga beliau melempar Jumrah aqabah. Riwayat Bukhari.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ وَأُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمْ قَالَا: ( لَمْ
يَزَلِ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يُلَبِّي حَتَّى رَمَى جَمْرَةَ
اَلْعَقَبَةِ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ.
| |
Hadits No. 779 | ||
Dari Abdullah Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa ia
menjadikan Baitullah sebelah kirinya dan Mina sebelah kanannya dan melempar
Jumrah dengan tujuh batu. Ia berkata: Di sinilah tempat diturunkannya surat
al-Baqarah kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه ( أَنَّهُ جَعَلَ اَلْبَيْتَ عَنْ
يَسَارِهِ, وَمِنًى عَنْ يَمِينِهِ, وَرَمَى اَلْجَمْرَةَ بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ
وَقَالَ: هَذَا مَقَامُ اَلَّذِي أُنْزِلَتْ عَلَيْهِ سُورَةُ اَلْبَقَرَةِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
| |
Hadits No. 780 | ||
Jabir Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melempar Jumrah pada hari Raya Kurban saat waktu
dluha. Namun setelah itu (beliau melemparnya) bila matahari tergelincir. Riwayat
Muslim.
|
ََوَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: ( رَمَى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
اَلْجَمْرَةَ يَوْمَ اَلنَّحْرِ ضُحًى, وَأَمَّا بَعْدَ ذَلِكَ فَإِذَا زَادَتْ
اَلشَّمْسُ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 781 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa ia melempar
Jumrah ula dengan tujuh batu kecil, ia mengiringi dengan takbir pada setiap
lemparan, kemudian maju dan mencari tanah yang rata. Ia berdiri menghadap
kiblat, kemudian berdoan dengan mengangkat tangannya dan berdiri lama. Lalu
melempar jumrah wustho, kemudian mengambil arah kiri untuk mencari tempat yang
rata. Ia berdiri menghadap kiblat, kemudian berdoa dengan mengangkat kedua
tangannya dan berdiri lama. Kemudian melempar Jumrah aqabah dari tengah lembah.
Ia tidak berdiri di situ dang langsung kembali. Ia mengatakan: Beginilah aku
melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melakukannya. Riwayat Bukhari.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا ( أَنَّهُ كَانَ يَرْمِي اَلْجَمْرَةَ
اَلدُّنْيَا, بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ, يُكَبِّرُ عَلَى أَثَرِ كُلِّ حَصَاةٍ, ثُمَّ
يَتَقَدَّمُ, ثُمَّ يُسْهِلُ, فَيَقُومُ فَيَسْتَقْبِلُ اَلْقِبْلَةَ, فَيَقُومُ
طَوِيلاً, وَيَدْعُو وَيَرْفَعُ يَدَيْهِ, ثُمَّ يَرْمِي اَلْوُسْطَى, ثُمَّ
يَأْخُذُ ذَاتَ اَلشِّمَالِ فَيُسْهِلُ, وَيَقُومُ مُسْتَقْبِلَ اَلْقِبْلَةِ,
ثُمَّ يَدْعُو فَيَرْفَعُ يَدَيْهِ وَيَقُومُ طَوِيلاً, ثُمَّ يَرْمِي جَمْرَةَ
ذَاتِ اَلْعَقَبَةِ مِنْ بَطْنِ اَلْوَادِي وَلَا يَقِفُ عِنْدَهَا, ثُمَّ
يَنْصَرِفُ, فَيَقُولُ: هَكَذَا رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
يَفْعَلُهُ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 782 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berdoa: Ya Allah rahmatilah orang-orang yang
mencukur rambutnya." Mereka bertanya: Dan orang-orang yang memendekkan
rambutnya, wahai Rasulullah. Beliau berdoa dalam yang ketiga: "Dan orang-orang
yang memendekkan rambutnya." Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْهُ
( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: اَللَّهُمَّ ارْحَمِ
اَلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا: وَالْمُقَصِّرِينَ يَا رَسُولَ اَللَّهِ. قَالَ فِي
اَلثَّالِثَةِ: وَالْمُقَصِّرِينَ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 783 | ||
Dari Abdullah Ibnu Amar al-'Ash Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berhenti pada haji wada' dan
orang-orang saling bertanya kepada beliau. Seorang laki-laki bertanya: Aku tidak
sadar, aku telah mencukur sebelum menyembelih kurban. Beliau bersabda:
"Sembelihlah kurban, tidak apa-apa." Pada hari itu beliau tidak di tanya dengan
sesuatu yang didahulukan dan diakhirkan kecuali beliau menjawab: "Kerjakanlah,
tidak apa-apa." Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوِ بْنِ اَلْعَاصِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا ( أَنَّ
رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَقَفَ فِي حَجَّةِ اَلْوَدَاعِ, فَجَعَلُوا
يَسْأَلُونَهُ, فَقَالَ رَجُلٌ: لَمْ أَشْعُرْ, فَحَلَقْتُ قَبْلَ أَنْ أَذْبَحَ.
قَالَ: اِذْبَحْ وَلَا حَرَجَ فَجَاءَ آخَرُ, فَقَالَ: لَمْ أَشْعُرْ, فَنَحَرْتُ
قَبْلَ أَنْ أَرْمِيَ, قَالَ: اِرْمِ وَلَا حَرَجَ فَمَا سُئِلَ يَوْمَئِذٍ عَنْ
شَيْءٍ قُدِّمَ وَلَا أُخِّرَ إِلَّا قَالَ: اِفْعَلْ وَلَا حَرَجَ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ.ِ
| |
Hadits No. 784 | ||
Dari al-Miswar Ibnu Mahramah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menyembelih kurban sebelum mencukur
dan menyuruh para shahabat untuk melakukan demikian. Riwayat Bukhari.
|
ََوَعَنْ
اَلْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم نَحَرَ قَبْلَ أَنْ يَحْلِقَ, وَأَمَرَ أَصْحَابَهُ بِذَلِكَ )
رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 785 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Bila telah selesai melempar dan
mencukur, maka dihalalkan untukmu memakai wewangian dan segala sesuatu kecuali
perempuan." Riwayat Ahmad dan Abu Dawud. Dalam sanadnya ada kelemahan.
|
ََوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم ( إِذَا رَمَيْتُمْ وَحَلَقْتُمْ فَقَدَ حَلَّ لَكُمْ اَلطِّيبُ وَكُلُّ
شَيْءٍ إِلَّا اَلنِّسَاءَ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَأَبُو دَاوُدَ, وَفِي
إِسْنَادِهِ ضَعْفٌ
| |
Hadits No. 786 | ||
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak ada kewajiban mencukur bagi
perempuan, namun mereka cukup memendekkannya." Riwayat Abu Dawud dengan sanad
hasan.
|
ََوَعَنِ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ( لَيْسَ عَلَى اَلنِّسَاءِ حَلْقٌ, وَإِنَّمَا يُقَصِّرْنَ ) رَوَاهُ
أَبُو دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ
| |
Hadits No. 787 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Abbas Ibnu Abdul
Mutthalib memohon izin kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam untuk
menginap di Mekkah pada malam-malam yang seharusnya berada di Mina karena
tugasnya memberi air minum kepada Jemaah Haji, lalu beliau mengizinkannya.
Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنِ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: ( أَنَّ اَلْعَبَّاسَ بْنَ عَبْدِ
اَلْمُطَّلِبِ رضي الله عنه اِسْتَأْذَنَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنْ
يَبِيتَ بِمَكَّةَ لَيَالِيَ مِنًى, مِنْ أَجْلِ سِقَايَتِهِ, فَأَذِنَ لَهُ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 788 | ||
Dari Ashim Ibnu Adiy bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam memberikan keringanan pada para pengembala unta untuk bermalam
di luar kota Mina, mereka melempar pada hari raya Kurban, mereka melempar besok
dan besok lusa untuk dua hari, kemudian mereka melempar pada hari nafar (tanggal
14). Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Hibban.
|
ََوَعَنْ
عَاصِمِ بْنِ عَدِيٍّ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
أَرْخَصَ لِرُعَاة اَلْإِبِلِ فِي اَلْبَيْتُوتَةِ عَنْ مِنًى, يَرْمُونَ يَوْمَ
اَلنَّحْرِ, ثُمَّ يَرْمُونَ اَلْغَدِ لِيَوْمَيْنِ, ثُمَّ يَرْمُونَ يَوْمَ
اَلنَّفْرِ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ
حِبَّانَ
| |
Hadits No. 789 | ||
Abu Bakrah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memberi khutbah kepada kami pada hari raya
Kurban. Hadits Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
أَبِي بِكْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: ( خَطَبَنَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم يَوْمَ اَلنَّحْرِ... ) اَلْحَدِيثَ. مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 790 | ||
Sarra' Bintu Nabhan Radliyallaahu 'anhu berkata:
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memberi khutbah kepada kami pada hari
ruus (hari ke-2 dari hari raya Kurban), beliau bersabda: "Bukankah ini
pertengahan hari-hari tasyrik?". Hadits riwayat Abu Dawud dengan sanad Hasan.
|
ََوَعَنْ
سَرَّاءَ بِنْتِ نَبْهَانَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( خَطَبَنَا رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ اَلرُّءُوسِ فَقَالَ: أَلَيْسَ هَذَا أَوْسَطَ
أَيَّامِ اَلتَّشْرِيقِ ؟ )
اَلْحَدِيثَ رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ
حَسَنٍ
| |
Hadits No. 791 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda padanya: "Thowaf-mu di Baitullah dan sa'imu antara
Shofa dan Marwa telah cukup bagimu untuk haji dan umrahmu." Riwayat Muslim.
|
ََوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ
لَهَا: ( طَوَافُكِ بِالْبَيْتِ وَبَيْنَ اَلصَّفَا وَاَلْمَرْوَةِ يَكْفِيكَ
لِحَجِّكِ وَعُمْرَتِكِ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 792 | ||
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak berlari-lari kecil dalam tujuh putaran pada
thowaf ifadlah. Riwayat Imam Lima kecuali Tirmidzi. Hadits shahih menurut Hakim.
|
ََوَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ( لَمْ يَرْمُلْ فِي اَلسَّبْعِ اَلَّذِي أَفَاضَ
فِيهِ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا اَلتِّرْمِذِيَّ, وَصَحَّحَهُ
اَلْحَاكِمُ
| |
Hadits No. 793 | ||
Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam sholat Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya', kemudian tidur sejenak di desa
Muhashob, lalu naik kendaraan menuju Baitullah dan thowaf. Riwayat Bukhari.
|
ََوَعَنْ
أَنَسٍ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم صَلَّى اَلظُّهْرَ
وَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ, ثُمَّ رَقَدَ رَقْدَةً بِالْمُحَصَّبِ,
ثُمَّ رَكِبَ إِلَى اَلْبَيْتِ فَطَافَ بِهِ ) رَوَاهُ
اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 794 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa ia tidak berbuat
demikian, yakni singgah di desa Abthah, dia mengatakan: Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam singgah di tempat tersebut hanyalah karena tempat itu paling
mudah bagi beliau untuk keluar (dari Mekkah menuju Madinah). riwayat Muslim.
|
ََوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا: ( أَنَّهَا لَمْ تَكُنْ تَفْعَلُ ذَلِكَ -أَيْ:
اَلنُّزُولَ بِالْأَبْطَحِ- وَتَقُولُ : إِنَّمَا نَزَلَهُ رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم لِأَنَّهُ كَانَ مَنْزِلاً أَسْمَحَ لِخُرُوجِهِ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 795 | ||
Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: Orang-orang
diperintahkan agar akhir dari ibadah haji mereka adalah thowaf di Baitullah,
tetapi diberikan kelonggaran bagi perempuan haid. Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( أُمِرَ اَلنَّاسُ أَنْ يَكُونَ
آخِرَ عَهْدِهِمْ بِالْبَيْتِ, إِلَّا أَنَّهُ خَفَّفَ عَنِ الْحَائِضِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 796 | ||
Dari Ibnu al-Zubair Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sekali sholat di masjidku ini lebih
utama daripada 1000 kali sholat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram, dan
sekali sholat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100 kali sholat di masjidku
ini." Riwayat Ahmad. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban.
|
ََوَعَنِ
اِبْنِ اَلزُّبَيْرِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم ( صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا
سِوَاهُ إِلَّا اَلْمَسْجِدَ اَلْحَرَامَ , وَصَلَاةٌ فِي اَلْمَسْجِدِ اَلْحَرَامِ
أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةٍ فِي مَسْجِدِي بِمِائَةِ صَلَاةٍ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ,
وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ
| |
|
Post a Comment