Kamis, 22 Mei 2014

Zhan (Prasangka)

 Zhan (Prasangka) 

972/1287. Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

إياكم والظن فإن الظن أكذب الحديث ولا تجسسوا ولا تنافسوا ولا تدابروا ولا تحاسدوا ولا تباغضوا وكونوا عباد الله إخوانا
"Jauhilah prasangka, karena prasangka adalah perkataan yang paling dusta, dan janganlah kalian mencari kesalahan orang. Janganlah berambisi dengan apa yang dicapai orang, jangan saling bertolak belakang (bermusuhan), jangan saling hasut, serta jangan saling benci. Jadilah kalian -hamba Allah- yang bersaudara."

Shahih, di dalam kitab Ghayaatul-Maram (417). [Bukhari, 78-Kitab Al Adab, 85- Bab (Yaa Ayyuhal Ladziina Aamanuuj Tanibuu Katsiiran Minadz Zhann). Muslim, Kitabul Birri wash-Shilati wal Adab, hadits 28].
973/1288. Dari Anas, berkata, "Tatkala Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersama seorang istrinya, lewatlah seorang laki-laki. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memanggilnya dan berkata,
يا فلان هذه زوجتي فلانة قال من كنت أظن به فلم أكن أظن بك قال إن الشيطان يجري من بن آدم مجرى الدم
'Hai fulan, ini istriku si fulanahV la berkata, 'Aku tidak berprasangka terhadap dirimu (layaknya) aku menyangka seseorang, Nabi bersabda, ' Sesungguhnya syetan mengalir pada anak cucu Adam seperti aliran pembuluh darah!"

Shahih, [Abu Daud, 39- Kitab As-Sunnah, 17- Bab fidz-Dzarari hadits 4719].1

974/1289. Dari Abdullah,2 berkata,

يزال المسروق منه يتظنى حتى يصير أعظم من السارق
"Orang yang kecurian selalu saja berprasangka hingga ia lebih kuat daripada pencuri."

Shahih sanadnya.



______________
1      Kukatakan: Terlewatkan oleh Muslim dalam awal kitab As-Salaam (7/8 Diriwayatkan juga oleh Ahmad (3/156 dan 285), Ath-Thahawi dalam Musykilu Atsar (1/29), Baihaqi dalam Syu'abul Iman (5/321/6799), dan Abu Ya'la (3470).
2      Yaitu Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu. Adapun perkataan pensyarah sebagai komentar atasnya: "Abdullah bin Utsman", Al Hafizh (Ibnu Hajar) tidak menyebutkan darinya kecuali atsar ini." Perkataan tersebut jelas-jelas salah cetak. Tempat ta'liq (komentar) tersebut yang betul adalah pada Abdullah bin Utsman yang disebut dalam sanada atsar setelahnya di kitab lain dalam bab ini, maka perhatikanlah betul-betul.

Posting Komentar