Zhan (Prasangka)
 Zhan (Prasangka) 
972/1287. Dari Abu Hurairah, 
bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
إياكم 
والظن فإن الظن أكذب الحديث ولا تجسسوا ولا تنافسوا ولا تدابروا ولا تحاسدوا ولا 
تباغضوا وكونوا عباد الله إخوانا
"Jauhilah prasangka, karena prasangka adalah perkataan yang 
paling dusta, 
dan janganlah kalian mencari kesalahan orang. Janganlah berambisi dengan 
apa yang dicapai orang, jangan saling bertolak belakang 
(bermusuhan), 
jangan saling hasut, serta jangan saling benci. Jadilah kalian 
-hamba Allah- yang 
bersaudara."
Shahih, 
di 
dalam kitab Ghayaatul-Maram (417). 
[Bukhari, 78-Kitab Al Adab, 85- Bab 
(Yaa Ayyuhal Ladziina Aamanuuj Tanibuu Katsiiran 
Minadz Zhann). 
Muslim, 
Kitabul Birri wash-Shilati wal Adab, hadits 
28].
973/1288. 
Dari 
Anas, berkata, "Tatkala Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersama seorang istrinya, 
lewatlah seorang laki-laki. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memanggilnya dan berkata,
يا فلان 
هذه زوجتي فلانة قال من كنت أظن به فلم أكن أظن بك قال إن الشيطان يجري من بن آدم 
مجرى الدم
'Hai 
fulan, ini istriku si fulanahV la 
berkata, 'Aku tidak berprasangka terhadap dirimu 
(layaknya) aku menyangka seseorang, Nabi 
bersabda, ' Sesungguhnya syetan mengalir pada anak cucu Adam seperti aliran pembuluh 
darah!"
Shahih, 
[Abu 
Daud, 39- Kitab As-Sunnah, 17- Bab fidz-Dzarari hadits 
4719].1
974/1289. Dari 
Abdullah,2 berkata,
يزال 
المسروق منه يتظنى حتى يصير أعظم من السارق
"Orang 
yang kecurian selalu saja berprasangka hingga ia lebih kuat daripada 
pencuri."
Shahih sanadnya.
______________
1      Kukatakan: Terlewatkan oleh Muslim dalam awal 
kitab As-Salaam (7/8 Diriwayatkan juga oleh Ahmad (3/156 dan 285), 
Ath-Thahawi dalam Musykilu Atsar 
(1/29), Baihaqi dalam Syu'abul Iman (5/321/6799), dan Abu Ya'la (3470). 
2      Yaitu 
Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu. Adapun 
perkataan pensyarah sebagai komentar 
atasnya: "Abdullah bin Utsman", Al Hafizh (Ibnu Hajar) tidak menyebutkan 
darinya kecuali atsar ini." Perkataan tersebut jelas-jelas salah cetak. Tempat 
ta'liq (komentar) tersebut yang betul adalah pada 
Abdullah bin Utsman yang 
disebut dalam sanada atsar 
setelahnya di kitab lain dalam bab ini, maka 
perhatikanlah 
betul-betul.
Post a Comment