Bahaya Kelalaian




Bahaya Kelalaian


Khutbah Pertama:
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدَ الشَاكِرِيْنَ ، وَأُثْنِيْ عَلَيْهِ سُبْحَانَهُ ثَنَاءَ المُنِيْبِيْنَ اَلذَّاكِرِيْنَ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ  إِلَهَ الْأَوَّلِيْنَ وَالآخِرِيْنَ وَقُيُوْمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِيْنَ وَخَالِقِ الخَلْقِ أَجْمَعِيْنَ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ محمداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُهُ وَخَلِيْلُهُ وَأَمِيْنُهُ عَلَى وَحْيِهِ وَمُبَلِّغِ النَّاسَ شَرْعَهُ ؛ فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ .
أَمَّا بَعْدُ أَيُّهَا المُؤْمِنُوْنَ عِبَادَ اللهِ : اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى ، اِتَّقُوْا اللهَ فَإِنَّ مَنِ اتَّقَى اللهَ وَقَاهُ وَأَرْشَدَهُ إِلَى خَيْرٍ أُمُوْرٍ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ .
Wahai kaum muslimin…pemilik cita-cita yang tinggi, dan jiwa-jiwa yang mulia, serta hati-hati yang cerdas, yang Allah Ta’ala telah memberikan kepada mereka kebaikan hati dan kekuatan pikiran ; mereka selalu berhati-hati dari kelalaian, dan ketergelinciran , dan mereka senantiasa berlindung kepada Allah dari keduanya.
Raghib al-Asfahani berkata: goflah adalah : kealpaan yang menjangkiti seorang manusia disebabkan kurangnya kesadaran dan penjagaan.
Juga ada yang mengartikan : goflah adalah : menuruti semua keinginan hawa nafsu.
Juga ada yang mengartikan : goflah adalah : engkau meninggalkan masjid, juga engkau menta’ati mufsid (perusak), dan ada yang mengartikan : goflah adalah : menghabiskan waktu dengan menganggur.
Telah diriwayatkan dari hadits Anas radiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam  sering berdo’a : Ya Allah aku berlindung kepadamu dari kelemahan, kemalasan, kekikiran, kepikunan, kekerasan hati, kelalaian, kehinaan dan kemiskinan. (HR.Ibnu Majah).
Ketahuilah rusaknya jiwa disebabkan hawa nafsu dan syahwat yang menguasai, dan rusaknya hati disebabkan kelalaian dan kekerasan hati.
Allah Ta’ala berfirman :
وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ.
Artinya : Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.(QS.Al-A’raaf : 205).
Umair bin Habib Al-Khatmi radiyallahu ‘anhuberkata: Iman itu bertambah dan berkurang, lalu ia ditanya : bagaimana iman bertambah dan berkurang? Umair menjawab : jika kita mengingat Allah dan takut kepadanya, ketika itulah iman bertambah, dan jika kita lalai dan lupa maka ketika itulah iman berkurang.
Dan jika hati diberi gizi dengan dzikir, disiram dengan tafakkur, dibersihkan dari sifat hasad, disucikan dengan kitab dan sunnah, dan ia mengetahui tauhid yang murni dari campuran kesyirikan, bid’ah dan khurafat ; ia akan terjaga dari kelalaian dan akan bangkit dari ketergelinciran.
Adapun orang yang dikuasai oleh kelalaiannya, maka akan besar penyesalannya, dan barangsiapa yang panjang tidurnya, maka akan lama kesedihannya.
Barangsiapa yang lupa sesuatu yang seharusnya diingat, berarti ia telah menyia-nyiakan kesempatan, dan barangsiapa yang lebih mengutamakan menganggur di musim keberuntungan dan meninggalkan menanam di waktu penaburan benih, berjalan lambat di waktu perlombaan, serta malas melangkah di lapangan pertandingan, maka sungguh ia akan terhalang dari kebaikan dan akan dihina karena kemalasan.
Hawa nafsu memang selalu mengajak kepada hal-hal yang dilarang, dan selalu menghalangi dari keta’atan.
Maka barangsiapa yang lalai dari meluruskan kebengkokannya, dan dari memperbaiki jalannya, maka ia akan dikalahkan oleh kecurangannya dan akan tertipu oleh rayuannya.
“Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.”
Orang-orang yang lalai selalu lupa dan berleha-leha, dan mereka selalu berpaling dari kebaikan yang diinginkan untuk mereka, mereka tidak mendatangi shalat kecuali dalam keadaan bermalas-malasan, mereka merasa berat mengerjakannya, dan mengakhirkannya dari waktunya, mereka juga tidak melakukannya dengan berjamaah, beginilah keadaan mereka dalam masalah shalat, padahal shalat adalah amalan yang paling mulia,yang paling utama dan yang paling baik.
Mereka memboikot Alquran, ingin dilihat dan dipuji oleh manusia, dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit.
Mereka berpaling dari majlis-majlis dzikir, majlis ilmu, majlis nasihat dan kebaikan, sebaliknya mereka bersegera menuju majlis senda gurau dan permainan, serta tempat-tempat nyanyian, musik, joget, porno, dan keji.
Mereka juga berlomba-lomba menuju tempat-tempat kemungkaran, tempat fitnah dan kelalaian, mereka juga berlindung ke tempat-tempat yang memamerkan hal yang diharamkan, serta tempat-tempat yang menghidangkan minuman keras dan memabukkan, yang menjual obat terlarang yang dapat membusukkan mulut dan membakar darah, serta merusak pikiran, serta membuat lupa ingatan, juga menjadikan sakit orang yang sehat dan menjadikan hina seorang yang mulia.
Yang paling kecil penyakitnya dan penyakitnya banyak
Permusuhan, atau kegilaan atau kekeringan
Mereka berbuat sia-sia dan bermain-main, kekejian mereka datangi, batasan-batasan mereka langgar, kefasikan mereka tuju.
Wahai engkau yang lalai sadarlah sebelum kalian mati
Sebelum dipegang kaki dan ubun-ubun
Semua manusia esok akan berdiri
Mereka tidak berkata-kata bukan karena bisu dan tuli
Semua makhluk sibuk dan padang mahsyar mengumpulkan mereka
Allah akan bertanya kepada mereka tentang yang halal dan haram.
Telah dekat kepada manusia hari dihisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya). Tidak datang kepada mereka suatu ayat Alquran pun yang baru (diturunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main, (lagi) hati mereka dalam keadaan lalai.
Manusia tetap dalam kelalaian mereka
Padahal penggilingan maut sedang diputar
Tidak ada dari roda kebinasaan
Benteng bagi orang yang ingin berlindung
Wahai yang tinggal dikamar-kamar tidak ada
Untukmu selain kuburmu sebagai tempat tinggal
Sekarang engkau saling memperbanyak harta
Saling membanggakan dan berhias
Dan esok engkau akan kembali ke
Kuburan diberi wangian dan dikafani
Perbaharuilah taubat kepada Tuhanmu
Karena jalan itu yang masih mungkin
أَقُوْلُ مَا تَسْمَعُوْنَ وَاَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ يَغْفِرْ لَكُمْ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
Khutbah Kedua:
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَظِيْمِ الإِحْسَانِ، وَاسِعِ الْفَضْلِ وَالجُوْدِ وَالاِمْتِنَانِ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ محمداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَسَلَّمَ تَسْلِيْماً كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ عِبَادَ اللهِ : اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى .
Wahai engkau yang lalai perhatikanlah! Perhatikanlah!
Siapa yang mengerjakan kejelekan akan dibalas dengannya
Hati-hatilah dari tidur yang melalaikanmu
Takutlah kepada Rabb yang dengan karunia-karunianya Ia menghiasimu
Contohlah yang telah dipilih dan ikuti jalannya
Dia adalah cahaya bagi siapa yang berjalan diatasnya
Percayalah kepada Tuhanmu dan jadilah hamba untukNya
Sesungguhnya hamba Allah di dunia adalah raja
Perbaharuilah pakaian yang telah lama
Dari zaman dengan maksiat-maksiat engkau disibukkan
Ambillah dari ketakwaan pakaian yang suci
Karena takwa adalah sebaik-baik yang dimiliki
Merendahlah! Tunduklah! Istiqamahlah! Dan sembahlah hanya kepadaNya!
Dengan ikhlas, maka akan dibuka pintu kebaikan untukmu
Menyelamlah kedalam lautan ampunan di tengah malam
Untuk Sang maha dermawan dengan karunia-karunia Ia memberimu
Katakanlah dengan merendah : wahai yang maha pengasih dan penyayang
Wahai yang menyelematkan dengan karunia bagi siapa yang telah binasa
Berilah kesucian, kemenangan, petunjuk
Kepada hamba yang penuh dosa yang telah memintaMu
Aku berlindung menuju pintuMu maka jauhkanlah dari aku melihat
Seorang yang sengsara, padahal segala perkara dan pengaturan milikMu
Selamatkanlah kami dari segala musibah dan bencana
Pada hari hamba bertemu apa yang telah ditulis oleh para malaikat
Tutuplah dosa kami dan jangan engkau permalukan kami
Ya Tuhanku, ampunilah kepada yang telah berbuat buruk kepadaMu
Wahai yang memberi  ampunan mudahkanlah urusan kami
Tunaikanlah atas kami kepada makhluk dan kepadamu
Karuniakanlah  pemberian-pemberian dengan kedermawanan
Engkau Tuhan kami dan yang paling berhak memiliki
Ya Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang kembali dan bertaubat kepada-Mu, dan masukkanlah kami kedalam surga tanpa hisab dan adzab, dan bershalawatlah kepada Ahmad pemberi petunjuk, dan pemberi syafa’at bagi manusia semua…
نَسْأَلُ اللهَ جَلَّ وَعَلَا أَنْ يَرْزُقَنَا وَإِيَّاكُمْ خَشِيَتَهُ فِي الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ، وَأَنْ يَجْعَلَنَا وَإِيَّاكُمْ مِنْ عِبَادِهِ المُتَّقِيْنَ وَأَنْ يَهْدِيَنَا جَمِيْعاً سَوَاءَ السَّبِيْلِ ، وَصَلُّوْا وَسَلِّمُوْا – رَحِمَكُمُ اللهُ – عَلَى  مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ كَمَا أَمَرَكُمُ اللهُ بِذَلِكَ فِي كِتَابِهِ فَقَالَ: ﴿ إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً ﴾ [الأحزاب:٥٦] ، وَقَالَ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ))
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ . وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الأَئِمَّةِ المَهْدِيِيْنَ أَبِيْ بَكْرِ الصِّدِّيْقِ ، وَعُمَرَ الفَارُوْقِ ، وَعُثْمَانَ ذِيْ النُوْرَيْنِ، وَأَبِي الحَسَنَيْنِ عَلِي، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنِ التَابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِمَنِّكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ يَا أَكْرَمَ الأَكْرَمِيْنَ.
اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ ، وَأَذِلَّ الشِرْكَ وَالمُشْرِكِيْنَ ، وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنَ ، وَاحْمِ حَوْزَةَ الدِّيْنِ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ ، اَللَّهُمَّ آمِنَّا فِي أَوْطَانِنَا وَأَصْلِحْ أَئِمَّتَنَا وَوُلَاةَ أُمُوْرِنَا وَاجْعَلْ وِلَايَتَنَا فِيْمَنْ خَافَكَ وَاتَّقَاكَ وَاتَّبَعَ رِضَاكَ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ ، اَللَّهُمَّ وَفِّقْ وَلِيَ أَمْرِنَا لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى وَأَعِنْهُ عَلَى البِرِّ وَالتَقْوَى وَسَدِدْهُ فِي أَقْوَالِهِ وَأَعْمَالِهِ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ ، اَللَّهُمَّ وَفِّقْ جَمِيْعَ وُلَاةَ أَمْرِ المُسْلِمِيْنَ لِلْعَمَلِ بِكِتَابِكَ وَاتِّبَاعِ سُنَّةَ نَبِيِّكَ صلى الله عليه وسلم ، وَاجْعَلْهُمْ رَأْفَةً عَلَى عِبَادِكَ المُؤْمِنِيْنَ
عِبَادَ اللهِ : اُذْكُرُوْا اللهَ يَذْكُرْكُمْ ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ ،  وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ  .
Diterjemahkan dari khotbah Jumat Syaikh Shalah Budair (Imam dan Khotib Masjid Nabawi)
Penerjemah: Ust. Iqbal Gunawan, Lc

Tidak ada komentar