PUASA DAN AL-QUR`AN
PUASA DAN AL-QUR`AN
شَهْرُ رَمَضَانَ
الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى
وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ
مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ
بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ
وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang
di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan
penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan
yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat
tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa
sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya
berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.
Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan
hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah
atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS Al-Baqarah: 185).
Salim al-Hilali dan Ali Hasan Abdul Hamid dalam kitabnya “Shifatu
Shoumu an-Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam” mengatakan bahwa penjelasan
tentang Al-Qur`an yang diturunkan pada bulan Ramadhan, lalu dikaitkan dengan
kalimat فَمَنْ شَهِدَ
مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ yang
merupakan kewajiban berpuasa dengan huruf “fa” yang berfungsi sebagai
alasan dan sebab, itu artinya dipilihnya Ramadhan menjadi bulan puasa adalah
karena Al-Qur`an diturunkan pada bulan itu. Bahkan dalam Tafsir Ibnu Katsir
dijelaskan bahwa Kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada nabi-nabi yang lain
juga diturunkan pada bulan Ramadhan.
Ayat di atas juga memberikan pemahaman kepada kita bahwa puasa dan
Al-Qur`an memiliki kaitan sangat erat. Keduanya akan menjadi penolong kita di
akhirat kelak. Rasulullah Saw. bersabda,
“Puasa dan Al-Qur`an itu akan memberikan syafa’at kepada hamba di
hari kiamat. Puasa akan berkata, ‘Ya Rabbi, aku telah menghalanginya dari makan
dan syahwat, maka perkenankanlah aku memberikan syafa’at untuknya.’ Sedangkan
Al-Qur`an akan berkata, ‘Ya Rabbi, aku telah menghalanginya dari tidur di malam
hari, maka perkenankanlah aku memberikan syafa’at untuknya.’ Maka Allah Swt.
memperkenankan keduanya memberikan syafa’at.” (HR Imam Ahmad dan Ath-Thabrani).
Dengan diwajibkannya
puasa pada bulan Ramadhan, sedangkan pada bulan itu juga diturunkan Al-Qur`an
sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu
dan sebagai furqan (pembeda antara yang hak dan yang bathil), maka Allah
Swt. menginginkan agar kewajiban puasa tidak dianggap sebagai beban. Al-Qur`an
memuat ketentuan-ketentuan yang memudahkan pelaksanaan ibadah puasa. Sementara
puasa adalah sarana untuk mencapai insan bertaqwa. “Allah menghendaki
kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (QS Al-Baqarah:
185).
Oleh karena itu,
jika Allah Swt. memberi taufik kepada kita untuk menyempurnakan ibadah Ramadhan
kali ini dalam rangka menaati Allah, maka hal itu merupakan hidayah dan hadiah
yang patut disyukuri.
“Dan hendaklah kalian mencukupkan
bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang
diberikan kepada kalian, supaya kalian bersyukur” (QS Al-Baqarah: 185).
Ketika amaliyah Ramadhan dapat kita sempurnakan
dan dilanjutkan dengan ucapan serta sikap syukur kepada Allah, maka Allah Swt.
akan mengabulkan semua permintaan dan permohonan kita.
“Dan apabila hambaa-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka
jawablah bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang
berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi segala
perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada
dalam kebenaran” (QS Al-Baqarah: 186).
Imam Hasan Al-Banna ketika mengulas ayat ini mengatakan bahwa Allah Swt.
amat dekat kepada hamba-Nya pada bulan Ramadhan. Tentang keistimewaan bulan
Ramadhan di sisi Allah ditegaskan sendiri oleh Allah Swt. melalui hadits qudsi,
“Semua amalan anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa. Ia adalah untuk-Ku
dan Aku yang akan membalasanya” (HR Bukhari dan Muslim).
Dalam sebuah hadits,
Rasulullah Saw. bersabda, “Jika bulan Ramadhan datang, pintu-pintu surga
dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu, kemudian datang
seorang penyeru dari sisi Allah Yang Maha Benar, ‘Wahai pencari kejahatan,
berhentilah! Dan wahai pencari kebaikan, kemarilah!” (HR Bukhari dan
Muslim).
Pintu-pintu surga dibuka karena manusia berbondong-bondong
melaksanakan ketaatan, ibadah, dan taubat, sehingga jumlah pelakunya banyak.
Setan-setan dibelenggu, karena manusia beralih kepada kebaikan, sehingga setan
tidak mampu berbuat apa-apa. Hari-hari dan malam-malam Ramadhan merupakan
masa-masa kemuliaan yang diberikan Allah Swt. agar orang-orang yang berbuat
baik menambah kebaikannya dan orang-orang yang berbuat jahat bertaubat dan
mohon ampun kepada-Nya.
Ada ikatan hakikat dan fisik
antara turunnya Al-Qur`an dengan Ramadhan. Ikatan ini adalah selain Allah
menurunkan Al-Qur`an di bulan Ramadhan, maka di bulan ini pula Allah mewajibkan
puasa. Karena puasa artinya menahan diri dari hawa nafsu dan syahwat. Ini
merupakan kemenangan hakikat spirutual atas hakikat materi dalam diri manusia.
Ini berarti jiwa, ruh, dan pemikiran manusia pada bulan Ramadhan akan
menghindari tuntutan-tuntutan jasmani. Dalam kondisi seperti ini, ruh manusia
berada di puncak kejernihannya, karena ia tidak disibukkan oleh syahwat dan
hawa nafsu. Ketika itu ia dalam keadaan paling siap untuk memahami dan menerima
ilmu dari Allah Swt. Karena itu, bagi Allah, membaca Al-Qur`an merupakan ibadah
paling utama pada bulan Ramadhan yang mulia.
Sedikitnya ada empat
kewajiban kita terhadap Al-Qur`an. Pertama, hendaknya kita memiliki
keyakinan yang sungguh-sungguh dan kuat bahwa tidak ada yang dapat
menyelamatkan kita kecuali sistem sosial yang diambil dan bersumber dari Kitab
Allah Swt., yaitu Al-Qur`an. System sosial apapun yang tidak mengacu atau tidak
berlandaskan Al-Qur`an pasti bakal menuai kegagalan. Banyak orang yang
mengatasi problema ekonomi dengan terapi tambal sulam. Sementara Al-Qur`an
telah menggariskan aturan zakat, mengharamkan riba, mewajibkan kerja, melarang
pemborosan, sekaligus menanamkan kasih sayang antarsesama manusia.
Kedua,
kita wajib menjadikan Al-Qur`an sebagai sahabat karib, kawan bicara, dan guru.
Kita harus mendengarkannya, membacanya, dan menghafalnya. Jangan sampai ada
hari yang kita lalui sedangkan kita tidak menjalin hubungan dengan Allah Swt.
melalui Al-Qur`an. Dengarkanlah Al-Qur`an agar kita mendapat rahmat Allah Swt.,
“Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan
perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (QS Al-A’raf: 204).
Hendaknya kita membaca Al-Qur`an secara rutin, meskipun sedikit.
Sunnah mengajarkan kita agar mengkhatamkannya tidak lebih dari satu bulan dan
tidak kurang dari satu hari. Umar bin Abdul Aziz apabila disibukkan oleh urusan
kaum Muslimin, beliau mengambil Al-Qur`an dan membacanya walaupun hanya dua
atau tiga ayat. Beliau berkata, “Agar saya tidak termasuk mereka yang
menjadikan Al-Qur`an sebagai sesuatu yang ditinggalkan.” Rasulullah Saw.
bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka ia
memperoleh satu kebaikan, dan satu kebaikan berlipat sepuluh kali. Aku tidak
katakan alif lam mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu
huruf, dan mim satu huruf” (HRTirmidzi).
Kita pun harus berupaya untuk menghafal Al-Qur`an agar tidak
diidentikkan dengan rumah kumuh yang hampir roboh. “Orang yang tidak punya
hafalan Al-Qur`an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang hampir roboh”
(HR Tirmidzi dari Ibnu ‘Abbas).
Ketiga,
hendaknya kita merenung dan meresapinya. Jika hati kita belum dapat konsentrasi
sampai pada tingkat menghayatinya, hendaklah kita berusaha untuk menghayatinya.
Jangan sampai syetan memalingkan kita dari keindahan perenungan sehingga kita
tidak dapat mereguk kenikmatan darinya.
Allah Swt.
menjelaskan bahwa Al-Qur`an diturunkan untuk ditadabburi ayat-ayatnya dan
dipahami maknanya. “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu
penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya
mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” (QS Shaad: 29).
Ali bin Abi Thalib
Ra. berkata, “Ketahuilah tidak ada kebaikan dalam ibadah kecuali dengan
ilmu, tidak ada kebaikan dalam ilmu kecuali dengan pemahaman, dan tidak ada
kebaikan dalam membaca Al-Qur`an kecuali dengan tadabbur.”
Keempat,
kita wajib mengamalkan hukum-hukumnya lalu mendakwahkannya kepada orang lain.
Inilah tujuan utama diturunkannya Al-Qur`an. “Dan Al Qur'an itu adalah kitab
yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu
diberi rahmat” (QS Al-An’am: 155).
Hukum-hukum
Al-Qur`an menurut yang saya pahami terbagi menjadi dua. Pertama,
hukum-hukum yang berkaitan dengan individu, seperti shalat, puasa, zakat, haji,
taubat, dan hal-hak yang berkaitan dengan akhlaq Islam, seperti jujur, adil,
komitmen kepada kebenaran, dan sebagainya. Kedua, hukum-hukum yang
berkaitan dengan masyarakat atau penguasa. Ini adalah kewajiban negara,
misalkan menegakkan hudud (sanksi hukum) dan masalah-masalah yang
merupakan tugas negara dalam Islam.
Setiap Muslim harus
berupaya untuk mengamalkan hukum-hukum yang bersifat individu, baik yang berupa
ibadah maupun menerapkan nilai-nilai akhlaqul karimah. Jika nilai-nilai
Al-Qur`an telah tegak di hati setiap Muslim, maka ia akan tegak di muka bumi.
Mumpung saat ini
kita berada di bulan Ramadhan, marilah kita membaca Al-Qur`an, menghafal dan
mentadabburi ayat-ayatnya, memahami maknanya, mengamalkannya, lalu
mendakwahkannya kepada umat manusia. Ketika jiwa manusia kering, Al-Qur`an akan
menyejukkannya. Ketika pikiran manusia kacau, Al-Qur`an akan menenteramkannya. Wallahu
a’lam bishshawab.
Post a Comment