Bencana Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat

 Bencana Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat

Sholat adalah kunci dari diterima atau tidaknya setiap amalan yang kita lakukan, bahkan sholat menjadi penentu yang paling urgen pada saat manusia ditimbang amalnya pada yaumil hisab nanti, manakala sholat seseorang baik maka akan baik pulalah seluruh amalnya, akan tetapi bila sholatnya buruk maka akan buruklah semua amalnya. Oleh sebab itu sebagai muslim kita perlu menjaga sholat kita agar kita diselamatkan dari siksa neraka Saqar. Alloh SWT. telah berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Mudatsir ayat 42-43, yang artinya :


"Apakah yang memasukkan (menyebabkan) kamu kedalam neraka saqor ? .... "


Mereka menjawab : " Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat". (QS.Al Mudatsir : 42)


Rasululloh SAW. bersabda :


"Barang siapa yang memelihara (mengerjakan) sholat, maka ia akan mendapat cahaya (nur), petunjuk jalan dan kebebasan ( selamat) pada hari kiamat. Barang siapa tidak memelihara sholat, ia tidak akan mendapat cahaya, petunjuk jalan dan kebebasan. Bahkan dihari kiamat nanti ia akan bersama Qorun, Fir'aun, Haman dan Ubay bin kholaf." (HR.Ahmad dan Thabrani). Maksudnya, orang yang meninggalkan sholat, jika ia seorang pemimpin akan masuk neraka bersama Fir'aun. Jika seorang pejabat akan masuk neraka bersama Haman. Jika seorang hartawan, maka ia akan masuk neraka bersama Qorun dan jika seorang saudagar (pedagang atau petani) maka akan masuk neraka bersama ubay bin kholaf.


Bahkan, Prof. Dr. TM. Hasby Asshidiqi mengemukakan dalam bukunya " Pedoman Sholat", Barang siapa yang meninggalkan sholat , niscaya Alloh SWT. akan menyiksa dengan beberapa siksaan, diantaranya adalah :


- Dihilangkan keberkahan umurnya


- Dihilangkan tanda keshalihan dari mukanya


- Tidak dibalas pahala amalan-amalannya


- Do'anya tidak diangkat kelangit .


- Tidak memperoleh do'a dari orang-orang yang shalih


- Mati dengan penuh kehinaan


- Mati dalam kehausan


- Dari arah kiri dan kanannya dihimpit tanah dalam kuburnya


- Dinyalakan api neraka jahim dalam kuburnya


Demikianlah sekilas tentang bencana-bencana bagi orang yang meninggalkan sholat, semoga kita semua termasuk orang yang pandai menjaga sholat dan aktif melaksanakannya. Supaya terhindar dari bencana-bencana yang akhir-akhir ini banyak bermunculan dinegeri tercinta ini, bahkan lebih dari itu agar kita diselamatkan dari bencana-bencana negeri akhirat yang kekal abadi. (Nashrum mnallohi wafathun qorib)

Tidak ada komentar