Akhlak yang Baik Apabila Mereka Faham

Akhlak yang Baik Apabila Mereka Faham 
217/284. Dari Abu Hurairah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  bersabda,

إن الرجل ليدرك بحسن خلقه درجة القائم بالليل
'Sesungguhnya seorang yang berakhlak baik akan mencapai derajat orang yang shalat malam (Qiyamul lail)."'

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (794-795).(Hadits ini diriwayatkan oleh Aisyah yang terdapat di dalam riwayat Abu Daud, 40- Kitab Al Adah, 7- Bab Fi Husnil-Khuluqi).
218/285. Dari Abu Hurairah berkata,
سمعت أباالقاسم صلي الله علي وسلم: خيركم إسلاما أحاسنكم أخلاقا إذا فقهوا
"Saya mendengar Abu Qasim shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Sebaik-baiknya Islam seseorang diantara kalian adalah yang paling baik akhlaknya diantara kalian jika mereka paham."'

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (1846).



219/286. Dari Tsabit ibnu Ubaid berkata,
ما رأيت أحدا أجل إذا جلس مع القوم ولا أفكه في بيته من زيد بن ثابت
"Saya tidak melihat seseorang yang lebih mulia jika duduk bersama kaumnya dan yang lebih lucu di dalam rumahnya dari Zaid ibnu Tsabit."

Shahih sanadnya.
220/287. Dari Ibnu Abbas berkata,


سئل النبي صلى الله عليه وسلم أي الأديان أحب إلى الله عز وجل قال الحنيفية السمحة

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ditanya, 'Agama apa yang paling dicintai Allah Azza wa Jalla?” Nabi bersabda, 'Agama yang lurus dan toleran (Islam).'"

Hasan lighairihi, di dalam kitab Ash-Shahihah (881).


221/288. Dari Abdullah Ibnu Amru berkata.

أربع خلال إذا أعطيتهن فلا يضرك ما عزل عنك من الدنيا حسن خليقة وعفاف طعمة وصدق حديث وحفظ أمانة

"Empat sifat apabila diberikan kepadamu, maka tidak ada yang menyakitmu selama engkau tidak dijauhkan dari dunia (mati), yaitu akhlak yang bagus, memelihara diri dari makanan (keharaman) yang dimakan, berkata benar, dan menjaga amanat."

Shahih, diriwayatkan secara mauquf dan menjadi hadits shahih yang marfu' di dalam kitab Ash-Shahihah (733).
222/289. Dari Abu Hurairah berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

أتدرون ما أكثر ما يدخل النار قالوا الله ورسوله أعلم قال الأجوفان الفرج والفم وما أكثر ما يدخل الجنة تقوى الله وحسن الخلق

'Apakah engkau mengetahui sebab yang paling banyak memasukkan seseorang ke dalam neraka? Mereka menjawab, 'Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahuinya.' Rasulullah berkata, 'Dua lubang yang terbuka, yaitu Farjun (kemaluan) dan mulut. Kemudian apa yang-menyebabkan seseorang paling banyak masuk ke surga? Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik."'

Hasan, di dalam kitab Takhrijut-Targhib (3/256). (Ibnu Majah, 37- Kitab Az-Zuhdu, 29- Bab Dzikrudz-Dzunub, hadits 4246).

223/291. Dari Usamah bin Syarik berkata,
كنت عند النبي صلى الله عليه وسلم وجاءت الأعراب ناس كثير من ها هنا وههنا فسكت الناس لا يتكلمون غيرهم فقالوا يا رسول الله أعلينا حرج في كذا وكذا في أشياء من أمور الناس لا بأس بها فقال يا عباد الله وضع الله الحرج إلا أمرءا افترض أمرءا ظلما فذاك الذي حرج وهلك قالوا يا رسول الله أنتداوى قال نعم يا عباد الله تداووا فإن الله عز وجل لم يضع داء إلا وضع له شفاء غير داء واحد قالوا وما هو يا رسول الله قال الهرم قالوا يا رسول الله ما خير ما أعطى الإنسان قال خلق حسن
"Saya berada di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan orang Arab Badui berdatangan, lalu banyak orang dari sini dan dari sini. Setelah itu mereka diam dan tidak berbicara, demikian juga yang lainnya. Kemudian mereka bertanya, 'Wahai Rasulullah!, apakah atas kami larangan dalam masalah ini dan itu? Dalam banyak hal dari urusan-urusan agama yang sebenarnya tidak apa-apa.' Lalu Nabi menjawab, 'Wahai hamba-hamba Allah! Allah telah membuat larangan, yaitu seseorang yang meminjamkan sesuatu kepada orang lain dengan kezhaliman, maka itulah orang yang mendapatkan kesulitan dan yang akan binasa.' Para sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah kita berobat?' Rasulullah menjawab, 'Ya, wahai hamba Allah berobatlah!, sesungguhnya Allah Azza wa Jalla tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan juga obatnya, kecuali satu penyakit.' Para sahabat bertanya, 'Apa itu wahai Rasulullah?' Rasulullah menjawab, 'Al Haramu (ketuaan).' Mereka bertanya, 'Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam! Apakah yang terbaik yang telah diberikan kepada manusia?.' Rasulullah menjawab, 'Akhlak yang baik!"

Shahih, di dalam kitab Takhrijut-Targhib (3/259) dan Ghayatul-Maram (292). (Ibnu Majah, 31- Kitab At-Thibbu, 1- Bab Ma Anzala Lahu Da'an Illa Anzala lahu Syifaan, hadits 3436).

224/292. Dari Ibnu Abbas berkata,

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل صلى الله عليه وسلم وكان جبريل يلقاه في كل ليلة من رمضان يعرض عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم القرآن فإذا لقيه جبريل كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود بالخير من الريح المرسلة

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang sangat lembut hatinya dengan kebaikan, terlebih-lebih pada bulan Ramadhan ketika Jibril mendatanginya. Jibril AS mendatanginya setiap malam pada bulan Ramadhan dan mengajarkan Al Qur'an kepadanya. Apabila Jibril datang menemui beliau, maka Rasulullah menjadi orang yang lembut hatinya, dengan kebaikan melebihi angin yang bertiup kencang."

Shahih, di dalam kitab Al Irwa (888). (Bukhari, 1- Kitab Bad’il-Khalqi, 5- Bab Haddatsana 'Abdan. Muslim, 43- Kitab Al Fadha’il, 12-Bab Kanan-Nabiyyu shallallahu 'alaihi wasallam Ajwadan-Nasi, hadits 50.

225/293. Dari Abu Mas'ud Al Anshari berkata,

قلرسول الله عليه وسلم: حوسب رجل ممن كان قبلكم فلم يوجد له من الخير إلا أنه كان رجلا يخالط الناس وكان موسرا فكان يأمر غلمانه أن يتجاوزوا عن المعسر قال الله عز وجل فنحن أحق بذلك منه فتجاوزوا عنه

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Seseorang pada masa sebelum kamu telah dihisab (dihitung amalnya), lalu tidak ditemukan sedikitpun kebaikan padanya, tetapi dia adalah seorang yang bergaul dengan masyarakat dan dia kaya raya, sehingga dia memerintahkan anak-anaknya agar menghapuskan (hutang) orang yang kesulitan. Allah Azza wa Jalla berfirman, 'Sebenarnya Kami lebih berhak dengan hal itu darinya, maka (Wahai para malaikat) ampunilah dia.'"

Shahih, Ahaditsul-Buyu', [Muslim, 22- Kitab Al Musaqah, hadits 30].

226/295. Dari Nawwas ibnu Sam'an Al Anshari, bahwasanya dia bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tentang kebaikan dan dosa Rasulullah menjawab.

البر حسن الخلق والإثم ما حك في نفسك وكرهت أن يطلع عليه الناس

"Kebaikan adalah akhlak yang baik dan, sedangkan dosa adalah sesuatu yang tersembunyi di dalam dadamu dan engkau tidak suka bila diketahui orang lain."

Shahih, di dalam kitab At-Ta'liqu Ar-Raghib (3/256). [Muslim, 45- Kitab Al Birru wash-Shilatu wal Adab, hadits, 14 dan 15].

Tidak ada komentar