Jumat, 16 Mei 2014

Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua Setelah Keduanya Meninggal

Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua Setelah Keduanya Meninggal 

27/36. Dari Abu Hurairah, dia berkata,

٢٧/٣٦  تَرْفَعُ لِلْمّيِّتِ بَعْدَ مَوْتِهِ دََرجَتُهُ فَيَقُوْلُ: أَيْ رَبَّ! أَيُّ شَيْءٍ هَذِهِ؟ فََيُقَالُ: وَلَدُكَ اسْتَغْفِرَ لَكَ   


"Diangkat derajat mayat seseorang setelah meninggalnya, lalu berkata, 'Wahai Tuhanku! apa yang terjadi?' Lalu dikatakan, 'Anakmu memohonkan ampunan untukmu."
Hasan, sanadnya.
28/37. Dari Muhammad Ibnu Sirrin, dia berkata:

٢٨/٣٧  كُنَّا عِنْدَ أَبِى هُرَيْرَةَ لَيْلَةً فَقَالَ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ِلأَبِى هُرَيْرَةَ وَلأُمِّى وَلِمَنِ اسْتَغْفِرَ لَهُما. قَالَ مُحَمَّدً: فَنَحْنُ نَسْتَغْفِرُ لَهُمَا حَتَّى نَدْخُلَ فِي دَعْوَةِ أِبِى هُرَيْرَةَ   

"Kami pernah berada di sisi Abu Hurairah pada suatu malam," Lalu dia berdoa, 'Ya Allah, ampunilah Abu Hurairah, ibuku dan orang yang memohonkan ampunan untuk keduanya." Muhammad berkata, "Lalu kami memohonkan ampunan untuk keduanya sehingga kami masuk bagian dari doa Abu Hurairah."

Hasan, sanadnya.
29/38.   Dari   Abu   Hurairah  bahwa   Rasulullah   shallallahu   'alaihi wasallam bersabda,

٢۹/٣٨  إِذَا مَاتَ الْعَبْدُ اِنْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدُ صَالِحٍ يِدْعُو لَهُ   


"Apabila seorang hamba meninggal, maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang selalu mendoakannya."

Shahih, di dalam kitab Al \rwa' (1580), (Muslim, 25- Kitab Al Wasiyyah, hadits 14).
30/39. Dari Ibnu Abbas, bahwa seseorang berkata,

٣٠/٣۹  يَا رَسُوْلُ اللهِ! إِنَّ أُمِّى تُوُفِّيَتْ وَلَمْ تُوْصِ، أَفَيَنْفَعُهَا أَنْ أَتَصَدَّقَ عَنْهَا؟ قَالَ: نَعَمْ . 
"Wahai Rasulullah! Sesungguhnya ibuku telah meninggal dan belum berwasiat. Apakah akan bermanfaat baginya jika aku bersedekah untuknya?." Rasul menjawab, "Ya."

Shahih, disebutkan di dalam kitab Shahih Abu Daud (2566), Bukhari, dan yang lainnya. Tidak ada seorang pentahqiq yang dapat mendeteksi keberadaan hadits tersebut dalam Kutub As-Sittah.

Posting Komentar