Senin, 19 Mei 2014

Husnul Malakah (Naluri yang Baik)

 Husnul Malakah (Naluri yang Baik) 

117/157. Dari Abdullah ibnu Mas'ud, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda,
أجيبوا الداعى ولا تردوا الهدية ولا تضربوا المسلمين

"Penuhilah (ajakan) orang yang mengundang, janganlah menolak hadiah, dan janganlah memukul (memerangi) orang-orang Islam."

Shahihdi dalam kitab Al Inwa(161).  (Tidak tercantum sedikitpun dalam Kutubus-Sittah).

118/158. Dari Ali radhiallahu 'anhu berkata,
كان آخر كلام النبي صلى الله عليه وسلم الصلاة الصلاة اتقوا الله فيما ملكت أيمانكم

"Perkataan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang terakhir adalah, ' (Peliharalah) shalat, (peliharalah) shalat! Bertakwalah kepada Allah, terhadap hamba sahaya yang engkau miliki."'

Shahih, di dalam kitab Al Irwa (2178). (Abu Daud, 40-Kitab Al Adab, 124- Bab Fi Haqqil Mamluk, Ibnu Majah, 22- Kitab Al Washaya, 1- Bab Hal Ausha Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?, hadits 2698).


119/159. Dari Abu Darda’ bahwasanya dia pernah berkata kepada khalayak,
  أنه كان يقول للناس نحن أعرف بكم من البياطرة بالدواب قد عرفنا خياركم من شراركم أما خياركم فالذى يرجى خيره ويؤمن شره وأما شراركم فالذى لا يرجى خيره ولا يؤمن شره ولا يعتق محرره

"Kami lebih mengetahui kalian dari dokter-dokter hewan mengenai hewan ternak, dan kami telah mengetahui mereka yang baik dari kalian dan dari mereka yang jahat. Sesungguhnya orang yang baik di antara kamu yaitu orang yang diharapkan kebaikannya dan merasa aman dari kejahatannya. Adapun seorang yang jelek di antara kalian adalah orang yang kebaikannya tidak diharapkan dan tidak merasa aman dari kejelekannya, juga kebebasannya tidak memberikan ketenangan."

Shahih sanadnya dengan hadits mauquf, dan diriwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan riwayat yang shahih dan marfu' kalimat kebaikan dan kejahatan tanpa mengikutsertakan Al Itqu (memerdekakan budak). Yang terdapat di dalam kitab Takhrijul Misykah (4993).

Poskan Komentar