KITAB ZAKAT
|
KITAB ZAKAT |
كِتَابُ
اَلزَّكَاةِ
| |
Hadits No. 621 | ||
Dari Ibnu Abbas r. bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam mengutus Mu'adz ke negeri Yaman --ia meneruskan hadits itu-- dan
didalamnya (beliau bersabda): "Sesungguhnya Allah telah mewajibkan mereka zakat
dari harta mereka yang diambil dari orang-orang kaya di antara mereka dan
dibagikan kepada orang-orang fakir di antara mereka." Muttafaq Alaihi dan
lafadznya menurut Bukhari.
|
َعَنِ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم بَعَثَ مُعَاذًا رضي الله عنه إِلَى اَلْيَمَنِ ) فَذَكَرَ اَلْحَدِيثَ,
وَفِيهِ: ( أَنَّ اَللَّهَ قَدِ اِفْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِي أَمْوَالِهِمْ,
تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ, فَتُرَدُّ فِ ي فُقَرَائِهِمْ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيّ ِ
| |
Hadits No. 622 | ||
Dari Anas bahwa Abu Bakar ash-Shiddiq Radliyallaahu 'anhu menulis
surat kepadanya: Ini adalah kewajiban zakat yang diwajibkan oleh Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam atas kaum muslimin. Yang diperintahkan Allah atas
rasul-Nya ialah setiap 24 ekor unta ke bawah wajib mengeluarkan kambing, yaitu
setiap kelipatan lima ekor unta zakatnya seekor kambing. Jika mencapai 25 hingga
35 ekor unta, zakatnya seekor anak unta betina yang umurnya telah menginjak
tahun kedua, jika tidak ada zakatnya seekor anak unta jantan yang umurnya telah
menginjak tahun ketiga. Jika mencapai 36 hingga 45 ekor unta, zakatnya seekor
anak unta betina yang umurnya telah menginjak tahun ketiga. Jika mencapai 46
hingga 60 ekor unta, zakatnya seekor anak unta betina yang umurnya telah masuk
tahun keempat dan bisa dikawini unta jantan. Jika mencapai 61 hingga 75 ekor
unta, zakatnya seekor unta betina yang umurnya telah masuk tahun kelima. Jika
mencapai 79 hingga 90 ekor unta, zakatnya dua ekor anak unta betina yang umurnya
telah menginjak tahun kedua. Jika mencapai 91 hingga 120 ekor unta, maka setiap
40 ekor zakatnya seekor anak unta betina yang umurnya masuk tahun ketiga dan
setiap 50 ekor zakatnya seekor unta betina yang umurnya masuk tahun keempat.
Bagi yang hanya memiliki 4 ekor unta, tidak wajib atasnya zakat kecuali bila
pemiliknya menginginkan. Mengenai zakat kambing yang dilepas mencari makan
sendiri, jika mencapai 40 hingga 120 ekor kambing, zakatnya seekor kambing. Jika
lebih dari 120 hingga 200 ekor kambing, zakatnya dua ekor kambing. Jika lebih
dari 200 hingga 300 kambing, zakatnya tiga ekor kambing. Jika lebih dari 300
ekor kambing, maka setiap 100 ekor zakatnya seekor kambing. Apabila jumlah
kambing yang dilepas mencari makan sendiri kurang dari 40 ekor, maka tidak wajib
atasnya zakat kecuali jika pemiliknya menginginkan. Tidak boleh dikumpulkan
antara hewan-hewan ternak terpisah dan tidak boleh dipisahkan antara hewan-hewan
ternak yang terkumpul karena takut mengeluarkan zakat. Hewan ternak kumpulan
dari dua orang, pada waktu zakat harus kembali dibagi rata antara keduanya.
Tidak boleh dikeluarkan untuk zakat hewan yang tua dan yang cacat, dan tidak
boleh dikeluarkan yang jantan kecuali jika pemiliknya menghendaki. Tentang zakat
perak, setiap 200 dirham zakatnya seperempatnya (2 1/2%). Jika hanya 190 dirham,
tidak wajib atasnya zakat kecuali bila pemiliknya menghendaki. Barangsiapa yang
jumlah untanya telah wajib mengeluarkan seekor unta betina yang seumurnya masuk
tahun kelima, padahal ia tidak memilikinya dan ia memiliki unta betina yang
umurnya masuk tahun keempat, maka ia boleh mengeluarkannya ditambah dua ekor
kambing jika tidak keberatan, atau 20 dirham. Barangsiapa yang sudah wajib
mengeluarkan seekor anak unta betina yang umurnya masuk tahun keempat, padahal
ia tidak memilikinya dan ia memiliki unta betina yang umurnya masuk tahun
kelima, maka ia boleh mengeluarkannya ditambah 20 dirham atau dua ekor kambing.
Riwayat Bukhari.
|
َوَعَنْ أَنَسٍ رضي الله
عنه أَنَّ أَبَا بَكْرٍ اَلصِّدِّيقَ رضي الله عنه كَتَبَ لَه ُ ( هَذِهِ فَرِيضَةُ
اَلصَّدَقَةِ اَلَّتِي فَرَضَهَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَلَى
اَلْمُسْلِمِينَ, وَاَلَّتِي أَمَرَ اَللَّهُ بِهَا رَسُولَه ُ فِي أَرْبَعٍ
وَعِشْرِينَ مِنَ اَلْإِبِلِ فَمَا دُونَهَا اَلْغَنَم ُ فِي كُلِّ خَمْسٍ شَاةٌ,
فَإِذَا بَلَغَتْ خَمْسًا وَعِشْرِينَ إِلَى خَمْسٍ وَثَلَاثِينَ فَفِيهَا بِنْتُ
مَخَاضٍ أُنْثَى فَإِنْ لَمْ تَكُنْ فَابْنُ لَبُونٍ ذَكَر ٍ فَإِذَا بَلَغَتْ
سِتًّا وَثَلَاثِينَ إِلَى خَمْسٍ وَأَرْبَعِينَ فَفِيهَا بِنْتُ لَبُون ٍ أُنْثَى,
فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَأَرْبَعِينَ إِلَى سِتِّينَ فَفِيهَا حِقَّةٌ طَرُوقَةُ
اَلْجَمَل ِ فَإِذَا بَلَغَتْ وَاحِدَةً وَسِتِّينَ إِلَى خَمْسٍ وَسَبْعِينَ
فَفِيهَا جَذَعَة ٌ فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَسَبْعِينَ إِلَى تِسْعِينَ فَفِيهَا
بِنْتَا لَبُونٍ, فَإِذَا بَلَغَتْ إِحْدَى وَتِسْعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ
فَفِيهَا حِقَّتَانِ طَرُوقَتَا اَلْجَمَلِ, فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِينَ
وَمِائَةٍ فَفِي كُلِّ أَرْبَعِينَ بِنْتُ لَبُونٍ, وَفِي كُلِّ خَمْسِينَ حِقَّةٌ,
وَمَنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ إِلَّا أَرْبَعٌ مِنَ اَلْإِبِلِ فَلَيْسَ فِيهَا
صَدَقَةٌ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا وَفِي صَدَقَةِ اَلْغَنَمِ سَائِمَتِهَا
إِذَا كَانَتْ أَرْبَعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةِ شَاة ٍ شَاةٌ, فَإِذَا
زَادَتْ عَلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ إِلَى مِائَتَيْنِ فَفِيهَا شَاتَانِ, فَإِذَا
زَادَتْ عَلَى مِائَتَيْنِ إِلَى ثَلَاثمِائَةٍ فَفِيهَا ثَلَاثُ شِيَاه ٍ فَإِذَا
زَادَتْ عَلَى ثَلَاثِمِائَةٍ فَفِي كُلِّ مِائَةٍ شَاةٌ، فَإِذَا كَانَتْ
سَائِمَةُ اَلرَّجُلِ نَاقِصَةً مِنْ أَرْبَعِينَ شَاة ٍ شَاةً وَاحِدَةً فَلَيْسَ
فِيهَا صَدَقَةٌ, إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا. وَلَا يُجْمَعُ بَيْنَ مُتَفَرِّقٍ
وَلَا يُفَرَّقُ بَيْنَ مُجْتَمِعٍ خَشْيَةَ اَلصَّدَقَةِ, وَمَا كَانَ مِنْ
خَلِيطَيْنِ فَإِنَّهُمَا يَتَرَاجَعَانِ بَيْنَهُمَا بِالسَّوِيَّةِ, وَلَا
يُخْرَجُ فِي اَلصَّدَقَةِ هَرِمَة ٌ وَلَا ذَاتُ عَوَارٍ, إِلَّا أَنْ يَشَاءَ
اَلْمُصَّدِّقُ، وَفِي اَلرِّقَة ِ رُبُعُ اَلْعُشْرِ, فَإِنْ لَمْ تَكُن ْ إِلَّا
تِسْعِينَ وَمِائَةً فَلَيْسَ فِيهَا صَدَقَةٌ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا,
وَمَنْ بَلَغَتْ عِنْدَهُ مِنَ اَلْإِبِلِ صَدَقَةُ اَلْجَذَعَةِ وَلَيْسَتْ
عِنْدَهُ جَذَعَةٌ وَعِنْدَهُ حِقَّةٌ, فَإِنَّهَا تُقْبَلُ مِنْهُ اَلْحِقَّةُ,
وَيَجْعَلُ مَعَهَا شَاتَيْنِ إِنِ اِسْتَيْسَرَتَا لَهُ, أَوْ عِشْرِينَ
دِرْهَمًا, وَمَنْ بَلَغَتْ عِنْدَهُ صَدَقَةُ اَلْحِقَّةِ وَلَيْسَتْ عِنْدَهُ
اَلْحِقَّةُ, وَعِنْدَهُ اَلْجَذَعَةُ, فَإِنَّهَا تُقْبَلُ مِنْهُ اَلْجَذَعَةُ,
وَيُعْطِيهِ اَلْمُصَّدِّقُ عِشْرِينَ دِرْهَمًا أَوْ شَاتَيْنِ ) رَوَاهُ
اَلْبُخَارِيّ
| |
Hadits No. 623 | ||
Dari Mu'adz Ibnu Jabal Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah mengutusnya ke negeri Yaman. Beliau
memerintahkan untuk mengambil (zakat) dari 30 ekor sapi, seekor anak sapi
berumur setahun lebih yang jantan atau betina, dan setiap 40 ekor sapi, seekor
sapi betina berumur dua tahun lebih, dan dari setiap orang yang telah baligh
diambil satu dinar atau yang sebanding dengan nilai itu pada kaum Mu'afiry.
Riwayat Imam Lima dan lafadznya menurut riwayat Ahmad. Hadits hasan menurut
Tirmidzi dan ia menunjukkan perselisihan pendapat tentang maushulnya hadits ini.
Ibnu Hibban dan Hakim menilainya hadits shahih.
|
َوَعَنْ
مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم بَعَثَهُ
إِلَى اَلْيَمَنِ, فَأَمَرَهُ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ كُلِّ ثَلَاثِينَ بَقَرَةً
تَبِيعًا أَوْ تَبِيعَةً, وَمِنْ كُلِّ أَرْبَعِينَ مُسِنَّةً, وَمِنْ كُلِّ
حَالِمٍ دِينَارًا أَوْ عَدْلَهُ مُعَافِرَ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَاللَّفْظُ
لِأَحْمَدَ, وَحَسَّنَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَأَشَارَ إِلَى اِخْتِلَافٍ فِي
وَصْلِهِ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ, وَالْحَاكِم
ُ
| |
Hadits No. 624 | ||
Dari Amar Ibnu Syu`aib dari ayahnya, dari kakeknya
Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"Zakat kaum muslimin diambil di tempat-tempat sumber air mereka." Riwayat Ahmad.
Hadits menurut riwayat Abu Dawud: "Zakat mereka tidak diambil kecuali di kampung
mereka."
|
َوَعَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم ( تُؤْخَذُ صَدَقَاتُ اَلْمُسْلِمِينَ عَلَى مِيَاهِهِمْ )
رَوَاهُ أَحْمَد ُ
| |
Hadits No. 625 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak wajib zakat bagi orang islam
atas hambanya dan kudanya." Riwayat Bukhari. Menurut riwayat Muslim: "Tidak ada
zakat bagi hamba kecuali zakat fitrah."
|
َوَلِأَبِي دَاوُدَ: (
وَلَا تُؤْخَذُ صَدَقَاتُهُمْ إِلَّا فِي دُورِهِمْ ). وَعَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم (
لَيْسَ عَلَى اَلْمُسْلِمِ فِي عَبْدِهِ وَلَا] فِي
[ فَرَسِهِ
صَدَقَةٌ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيّ ُ. وَلِمُسْلِمٍ: ( لَيْسَ فِي اَلْعَبْدِ
صَدَقَةٌ إِلَّا صَدَقَةُ اَلْفِطْرِ )
| |
Hadits No. 626 | ||
Dari Bahz Ibnu Hakim, dari ayahnya, dari kakeknya
Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"Pada setiap 40 ekor unta yang dilepas mencari makan sendiri, zakatnya seekor
anak unta betina yang umurnya memasuki tahun ketiga. Tidak boleh dipisahkan anak
unta itu untuk mengurangi perhitungan zakat. Barangsiapa memberinya karena
mengharap pahala, ia akan mendapat pahala. Barangsiapa menolak untuk
mengeluarkannya, kami akan mengambilnya beserta setengah hartanya karena ia
merupakan perintah keras dari Tuhan kami. Keluarga Muhammad tidak halal
mengambil zakat sedikit pun." Riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Nasa'i. Hadits
shahih menurut Hakim. Syafi'i memberikan komentar atas ketetapan hadits ini.
|
َوَعَنْ
بَهْزِ بْنِ حَكِيمٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم ( فِي كُلِّ سَائِمَةِ إِبِلٍ: فِي أَرْبَعِينَ بِنْتُ لَبُونٍ,
لَا تُفَرَّقُ إِبِلٌ عَنْ حِسَابِهَا, مَنْ أَعْطَاهَا مُؤْتَجِرًا بِهَا فَلَهُ
أَجْرُهُ, وَمَنْ مَنَعَهَا فَإِنَّا آخِذُوهَا وَشَطْرَ مَالِهِ, عَزْمَةً مِنْ
عَزَمَاتِ رَبِّنَا, لَا يَحِلُّ لِآلِ مُحَمَّدٍ مِنْهَا شَيْءٌ ) رَوَاهُ
أَحْمَدُ, وَأَبُو دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيُّ, وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ, وَعَلَّقَ
اَلشَّافِعِيُّ اَلْقَوْلَ بِهِ عَلَى ثُبُوتِه
ِ
| |
Hadits No. 627 | ||
Dari Ali Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila engkau memiliki 200 dirham dan
telah melewati satu tahun, maka zakatnya 5 dirham. Tidak wajib atasmu zakat
kecuali engkau memiliki 20 dinar dan telah melewati setahun, maka zakatnya 1/2
dinar. Jika lebih dari itu, maka zakatnya menurut perhitungannya. Harta tidak
wajib dikeluarkan zakat kecuali telah melewati setahun." Hadits hasan
diriwayatkan oleh Abu Dawud. Ke-marfu'-an hadits ini diperselisihkan.
|
َوَعَنْ عَلِيٍّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم ( إِذَا كَانَتْ لَكَ مِائَتَا دِرْهَمٍ -وَحَالَ عَلَيْهَا اَلْحَوْلُ-
فَفِيهَا خَمْسَةُ دَرَاهِمَ, وَلَيْسَ عَلَيْكَ شَيْءٌ حَتَّى يَكُونَ لَكَ
عِشْرُونَ دِينَارًا, وَحَالَ عَلَيْهَا اَلْحَوْلُ, فَفِيهَا نِصْفُ دِينَارٍ,
فَمَا زَادَ فَبِحِسَابِ ذَلِكَ, وَلَيْسَ فِي مَالٍ زَكَاةٌ حَتَّى يَحُولَ
عَلَيْهِ اَلْحَوْلُ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَهُوَ حَسَنٌ, وَقَدِ اِخْتُلِفَ
فِي رَفْعِه
| |
Hadits No. 628 | ||
Menurut riwayat Tirmidzi dari Ibnu Umar r.a: "Barangsiapa
memanfaatkan (mengembangkan) harta, tidak wajib zakat atasnya kecuali setelah
mencapai masa setahun." Hadits mauquf.
|
َوَلِلتِّرْمِذِيِّ;
عَنِ اِبْنِ عُمَرَ: ( مَنِ اِسْتَفَادَ مَالًا, فَلَا زَكَاةَ عَلَيْهِ حَتَّى
يَحُولَ اَلْحَوْلُ ) وَالرَّاجِحُ وَقْفُه ُ
| |
Hadits No. 629 | ||
Ali Radliyallaahu 'anhu berkata: Tidak ada zakat atas
sapi yang dipekerjakan. Riwayat Abu Dawud dan Daruquthni. Hadits mauquf menurut
pendapat yang lebih menang.
|
َوَعَنْ
عَلِيٍّ رضي الله عنه قَالَ: ( لَيْسَ فِي اَلْبَقَرِ اَلْعَوَامِلِ صَدَقَةٌ )
رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَاَلدَّارَقُطْنِيُّ, وَالرَّاجِحُ وَقْفُهُ أَيْضًا.
| |
Hadits No. 630 | ||
Dari Amar Ibnu Syu'aib, dari ayahnya, dari Abdullah Ibnu
Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bersabda: "Barangsiapa mengurus anak yatim yang memiliki harta, hendaknya ia
memperdagangkan harta itu untuknya, dan tidak membiarkannya sehingga dimakan
oleh zakat." Riwayat Tirmidzi dan Daruquthni, sanadnya lemah. Hadits ini
mempunyai saksi mursal menurut Syafi'i.
|
َوَعَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ; عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ
عَمْرِوٍ; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( مِنْ وَلِيَ
يَتِيمًا لَهُ مَالٌ, فَلْيَتَّجِرْ لَهُ, وَلَا يَتْرُكْهُ حَتَّى تَأْكُلَهُ
اَلصَّدَقَةُ ) رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَاَلدَّارَقُطْنِيُّ, وَإِسْنَادُهُ
ضَعِيف ٌ. وَلَهُ شَاهِدٌ مُرْسَلٌ عِنْدَ اَلشَّافِعِيّ
ِ
| |
Hadits No. 631 | ||
Dari Abdullah Ibnu Aufa bahwa biasanya bila suatu kaum
datang membawa zakat kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, beliau
berdoa: "Ya Allah, berilah rahmat atas mereka." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى رضي الله عنه قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم إِذَا أَتَاهُ قَوْمٌ بِصَدَقَتِهِمْ قَالَ: "اَللَّهُمَّ صَلِّ
عَلَيْهِمْ" ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 632 | ||
Dari Ali bahwa Abbas bertanya kepada Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam penyegeraan pengeluaran zakat sebelum waktunya, lalu beliau
mengizinkannya. Riwayat Tirmidzi dan Hakim.
|
َوَعَنْ
عَلِيٍّ رضي الله عنه أَنَّ اَلْعَبَّاسَ رضي الله عنه ( سَأَلَ اَلنَّبِيَّ صلى
الله عليه وسلم فِي تَعْجِيلِ صَدَقَتِهِ قَبْلَ أَنْ تَحِلَّ, فَرَخَّصَ لَهُ فِي
ذَلِكَ ) رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَالْحَاكِم
ُ
| |
Hadits No. 633 | ||
Dari Jabir bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bersabda: "Tak ada zakat pada perak yang kurang dari 5 auqiyah (600
gram), unta yang jumlahnya kurang dari 5 ekor, dan kurma yang kurang dari 5
ausaq (1050 liter)." Riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ
اَللَّهِ رضي الله عنه عَنْ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَيْسَ
فِيمَا دُونَ خَمْسِ أَوَاقٍ مِنَ اَلْوَرِقِ صَدَقَةٌ, وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ
خَمْسٍ ذَوْدٍ مِنَ اَلْإِبِلِ صَدَقَةٌ, وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسَةِ أَوْسُقٍ
مِنَ اَلتَّمْرِ صَدَقَةٌ ) رَوَاهُ مُسْلِم
ٌ
| |
Hadits No. 634 | ||
Menurut riwayatnya dari hadits Abu Said r.a: "Tidak ada
zakat pada kurma dan biji-bijian yang kurang dari 5 ausaq (1050 liter)." Asal
hadits dari Abu Said itu Muttafaq Alaihi.
|
َوَلَهُ
مِنْ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ: ( لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسَةِ أَوْسَاقٍ مِنْ تَمْرٍ
وَلَا حَبٍّ صَدَقَةٌ ). وَأَصْلُ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ مُتَّفَقٌ عَلَيْه
| |
Hadits No. 635 | ||
Dari Salim Ibnu Abdullah, dari ayahnya r.a, bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tanaman yang disiram dengan air hujan
atau dengan sumber air atau dengan pengisapan air dari tanah, zakatnya
sepersepuluh, dan tanaman yang disiram dengan tenaga manusia, zakatnya
seperduapuluh." Riwayat Bukhari. Menurut riwayat Abu Dawud: "Bila tanaman ba'al
(tanaman yang menyerap air dari tanah), zakatnya sepersepuluh, dan tanaman yang
disiram dengan tenaga manusia atau binatang, zakatnya setengah dari sepersepuluh
(1/20)."
|
َوَعَنْ
سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اَللَّهِ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ( فِيمَا سَقَتِ اَلسَّمَاءُ وَالْعُيُونُ, أَوْ كَانَ عَثَرِيًّا:
اَلْعُشْرُ, وَفِيمَا سُقِيَ بِالنَّضْحِ: نِصْفُ اَلْعُشْرِ. ) رَوَاهُ
اَلْبُخَارِيّ ُ. وَلِأَبِي دَاوُدَ: ( أَوْ كَانَ بَعْلًا: اَلْعُشْرُ, وَفِيمَا
سُقِيَ بِالسَّوَانِي أَوِ اَلنَّضْحِ: نِصْفُ اَلْعُشْرِ
)
| |
Hadits No. 636 | ||
Dari Abu Musa al-Asy'ary dan Mu'adz Radliyallaahu 'anhu
bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda kepada keduanya:
"Jangan mengambil zakat kecuali dari keempat jenis ini, yakni: sya'ir, gandum,
anggur kering, dan kurma." Riwayat Thabrani dan Hakim.
|
َوَعَنْ أَبِي مُوسَى
اَلْأَشْعَرِيِّ; وَمُعَاذٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله
عليه وسلم قَالَ لَهُمَا: ( لَا تَأْخُذَا فِي اَلصَّدَقَةِ إِلَّا مِنْ هَذِهِ
اَلْأَصْنَافِ اَلْأَرْبَعَةِ: اَلشَّعِيرِ, وَالْحِنْطَةِ, وَالزَّبِيبِ,
وَالتَّمْرِ ) رَوَاهُ اَلطَّبَرَانِيُّ, وَالْحَاكِم ُ
| |
Hadits No. 637 | ||
Menurut Daruquthni bahwa Mu'adz Radliyallaahu 'anhu
berkata: Adapun mengenai ketimun, semangka, delima dan tebu, Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah membebaskan (zakat)-nya. Sanadnya lemah.
|
َوَلِلدَّارَقُطْنِيِّ,
عَنْ مُعَاذٍ: ( فَأَمَّا اَلْقِثَّاءُ, وَالْبِطِّيخُ, وَالرُّمَّانُ,
وَالْقَصَبُ, فَقَدْ عَفَا عَنْهُ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم )
وَإِسْنَادُهُ ضَعِيف ٌ
| |
Hadits No. 638 | ||
Sahal Ibnu Abu Hatsmah Radliyallaahu 'anhu berkata:
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan kami apabila kamu
menaksir, maka kerjakanlah, tetapi bebaskan sepertiga. Apabila kamu enggan
membebaskan sepertiga, maka bebaskan seperempat. Riwayat Imam Lima kecuali Ibnu
Majah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Hakim.
|
َوَعَنْ
سَهْلِ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: أَمَرَنَا رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا خَرَصْتُمْ, فَخُذُوا, وَدَعُوا اَلثُّلُثَ,
فَإِنْ لَمْ تَدَعُوا اَلثُّلُثَ, فَدَعُوا اَلرُّبُعَ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ
إِلَّا اِبْنَ مَاجَهْ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ, وَالْحَاكِم
ُ
| |
Hadits No. 639 | ||
Attab Ibnu Asid Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan agar anggur ditaksir sebagaimana
kurma, dan zakatnya diambil setelah dalam keadaan kering. Riwayat Imam Lima dan
sanadnya terputus.
|
َوَعَنْ
عَتَّابِ بنِ أُسَيْدٍ رضي الله عنه قَالَ: أَمَرَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم ( أَنْ يُخْرَصَ اَلْعِنَبُ كَمَا يُخْرَصُ اَلنَّخْلُ, وَتُؤْخَذَ زَكَاتُهُ
زَبِيبًا ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَفِيهِ اِنْقِطَاع
ٌ
| |
Hadits No. 640 | ||
Dari Amar Ibnu Syu'aib, dari ayahnya, dari kakeknya
Radliyallaahu 'anhu bahwa seorang perempuan datang kepada Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersama putrinya yang mengenakan dua gelang emas ditangannya.
Lalu beliau bertanya: "Apakah engkau mengeluarkan zakat gelang ini?" Dia
menjawab: Tidak. Beliau bersabda: "Apakah engkau senang pada hari kiamat nanti
Allahakan menggelangi kamu dengan dua gelang api neraka?" Lalu perempuan itu
melepaskan kedua gelang tersebut. Riwayat Imam Tiga dengan sanad yang kuat.
Hadits shahih menurut Hakim dari hadits 'Aisyah.
|
َوَعَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ; ( أَنَّ اِمْرَأَةً أَتَتِ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم وَمَعَهَا اِبْنَةٌ لَهَا, وَفِي يَدِ اِبْنَتِهَا
مِسْكَتَانِ مِنْ ذَهَبٍ, فَقَالَ لَهَا: "أَتُعْطِينَ زَكَاةَ هَذَا?" قَالَتْ:
لَا. قَالَ: "أَيَسُرُّكِ أَنْ يُسَوِّرَكِ اَللَّهُ بِهِمَا يَوْمَ اَلْقِيَامَةِ
سِوَارَيْنِ مِنْ نَارٍ?". فَأَلْقَتْهُمَا. ) رَوَاهُ اَلثَّلَاثَةُ,
وَإِسْنَادُهُ قَوِيّ ٌ. وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ: مِنْ حَدِيثِ
عَائِشَة
| |
Hadits No. 641 | ||
Dari Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu bahwa dia
mengenakan perhiasan dari emas, lalu dia bertanya: Ya Rasulullah, apakah ia
termasuk harta simpanan? Beliau menjawab: "Jika engkau mengeluarkan zakatnya,
maka ia tidak termasuh harta simpanan." Riwayat Abu Dawud dan Daruquthni. Hadits
shahih menurut Hakim.
|
َوَعَنْ أُمِّ سَلَمَةَ
رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا; ( أَنَّهَا كَانَتْ تَلْبَسُ أَوْضَاحًا مِنْ ذَهَبٍ
فَقَالَتْ: يَا رَسُولَ اَللَّهِ! أَكَنْزٌ هُوَ? ] فَـ
[ قَالَ: إِذَا
أَدَّيْتِ زَكَاتَهُ, فَلَيْسَ بِكَنْزٍ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ,
وَاَلدَّارَقُطْنِيُّ, وَصَحَّحَهُ
اَلْحَاكِمُ.
| |
Hadits No. 642 | ||
Samurah Ibnu Jundab Radliyallaahu 'anhu berkata:
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan kami agar mengeluarkan
zakat dari harta yang kita siapkan untuk berjualan. Riwayat Abu Dawud dan
sanadnya lemah.
|
َوَعَنْ
سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ رضي الله عنه قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم يَأْمُرُنَا; أَنْ نُخْرِجَ اَلصَّدَقَةَ مِنَ اَلَّذِي نَعُدُّهُ
لِلْبَيْعِ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَإِسْنَادُهُ لَيِّن
ٌ
| |
Hadits No. 643 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Zakat rikaz (harta peninggalan
purbakala) adalah seperlima." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم قَالَ: "وَفِي اَلرِّكَازِ: اَلْخُمُسُ" ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
ِ
| |
Hadits No. 644 | ||
Dari Amar Ibnu Syu'aib dari ayahnya, dari kakeknya
Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"Tentang harta simpanan yang ditemukan seseorang di suatu tempat yang tidak
berpenghuni. Jika engkau menemukannya pada kampung yang dihuni orang, maka
umumkan. Jika engkau menemukannya pada kampung yang tidak dihuni orang, maka
zakatnya sebagai rikaz itu seperlima." Dikeluarkan oleh Ibnu Majah dengan sanad
hasan.
|
َوَعَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله
عليه وسلم قَالَ -فِي كَنْزٍ وَجَدَهُ رَجُلٌ فِي خَرِبَةٍ-: إِنْ وَجَدْتَهُ فِي
قَرْيَةٍ مَسْكُونَةٍ, فَعَرِّفْهُ, وَإِنْ وَجَدْتَهُ فِي قَرْيَةٍ غَيْرِ
مَسْكُونَةٍ, فَفِيهِ وَفِي اَلرِّكَازِ: اَلْخُمُسُ ) أَخْرَجَهُ اِبْنُ مَاجَهْ
بِإِسْنَادٍ حَسَن ٍ
| |
Hadits No. 645 | ||
Dari Bilal Ibnu Harits Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengambil zakat dari barang-barang
tambang di Qalibiyah. Riwayat Abu Dawud.
|
َوَعَنْ
بِلَالِ بْنِ اَلْحَارِثِ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم أَخَذَ مِنَ اَلْمَعَادِنِ اَلْقَبَلِيَّةِ اَلصَّدَقَةَ ) رَوَاهُ أَبُو
دَاوُد َ
| |
|
Post a Comment