Membesuk karena Sakit Mata

       Membesuk karena Sakit Mata 



413/532. Dari Zaid ibnu Arqam berkata,

(رمدت عيني فعادنى النبي صلى الله عليه وسلم ....)

"Mataku sakit, lalu Rasulullah membesukku ..."1

Shahih lighairihi, di dalam kitab Shahih Abu Daud (2716).


414/534. Dari Anas berkata,

سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول قال الله عز وجل  :  إذا ابتليته بحبيبتيه يريد عينيه ثم صبر عوضته الجنة

"Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Allah Azza wa Jalla berfirman, "Apabila Aku menguji seseorang dengan kedua matanya (penglihatannya) kemudian dia bersabar, maka Aku gantikan dia dengan surga."'

Shahih di dalam kitab Ar-Raudhun-Nadhir (151). [Bukhari, 75-Kitab Al Mardh, 7- Bab Fadhlu Man Dzahaba Basliaruh].
415/535. Abu Umamah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,

يقول الله  :  يا بن آدم إذا أخذت كريمتيك فصبرت عند الصدمة واحتسبت لم أرض لك ثوابا دون الجنة

"Allah berfirman, 'Wahai manusia! apabila Aku ambil kedua matamu lalu engkau bersabar ketika terjadi musibah dan engkau mengikhlaskannya, maka Aku tidak ridha memberikan pahala untukmu kecuali surga.'"

Hasan shahih, di dalam kitab Al Misykah (1758). [Ibnu Majah, 6-Kitab Al JanaHz, 55- Bab Ma ]aa fish-Shabri 'alal Mushibah].


1   Lihat hadits tersebut secara utuh dalam kitab yang lain: Dhaiful Adab.

Tidak ada komentar