Mushafahah (Bersalaman)

 Mushafahah (Bersalaman) 



744/967. Dari Anas ibnu Malik radhiallahu 'anhu, dia berkata,
لما جاء أهل اليمن قال النبي صلى الله عليه وسلم  :  قد أقبل أهل اليمن وهم أرق قلوبا منكم فهم أول من جاء بالمصافحة
"Tatkala penduduk Yaman telah datang, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Sungguh telah datang penduduk Yaman. Mereka adalah orang yang hatinya paling lembut di antara kalian.' Merekalah orang yang pertama kali membawa budaya salaman."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (527). (Tidak tercantum dalam Kutubus-Sittah).


745/968. Dari Barra' ibnu 'Azib, dia berkata,

من تمام التحية أن تصافح أخاك
"Termasuk   kesempurnaan   salam  adalah   menjabat   tangar suadaramu."

Shahih sanadnya. Diriwayatkan dengan hadits mauquf.1 388. Berangkulan - 442 746/970. Dari Jabir ibnu Abdullah,

746/970. Dari Jabir Ibnu Abdullah
أنه بلغه حديث عن رجل من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم فابتعت بعيرا فشددت إليه رحلي شهرا حتى قدمت الشام فإذا عبد الله بن أنيس فبعثت إليه أن جابرا بالباب فرجع الرسول فقال جابر بن عبد الله فقلت نعم فخرج فاعتنقني قلت حديث بلغني لم أسمعه خشيت أن أموت أو تموت قال سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول  :  يحشر الله العباد أو الناس عراة غرلا بهما قلنا ما بهما قال ليس معهم شيء فيناديهم بصوت يسمعه من بعد أحسبه قال كما يسمعه من قرب أنا الملك لا ينبغي لأحد من أهل الجنة يدخل الجنة وأحد من أهل النار يطلبه بمظلمة ولا ينبغي لأحد من أهل النار يدخل النار وأحد من أهل الجنة يطلبه بمظلمة قلت وكيف وإنما نأتي الله عراة بهما قال بالحسنات والسيئات باب الرجل يقبل ابنته

Sesungguhnya telah datang kepadanya satu Hadits dari seorang sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian Saya membeli unta dan menggunakannya untuk berpergian selama satu bulan, sehingga Saya tiba di Syam, temyata dia Abdullah bin Unais. Lalu Saya mengutus kepadanya (seseorang untuk memberitahukan) sesungguhnya Jabir ada di depan pintu, maka utusan tersebut kembali dan (Unais) bertanya, "Jabir bin Abdullah?" Saya menjawab, "Ya" Kemudian beliau keluar dan merangkul Saya. Saya mengatakan bahwa ada satu hadits yang telah sampai kepada Saya yang belum Saya dengar, sedangkan Saya khawatir meninggal dunia atau engkau yang meninggal dunia. Dia berkata, "Saya mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Allah mengumpulkan orang-orang besok di hari kiamat dalatn keadaan telanjang bulat dan berkulup (kembali seperti sebelum khitan).' Kami bertanya, "Apakah Buhman itu?" Beliau menjawab, "Mereka tidak memakai sesuatu apapun, kemudian dipanggil dengan suara yang terdengar dari jauh (Saya kira dia berkata: sebagaimana di dengar dari jarak dekat), 'Saya adalah raja, tidak layak seorang ahli surga masuk ke dalam surga, sementara seorang ahli neraka menuntutnya dengan satu kezhaliman, dan tidak layak bagi seorang ahli neraka masuk ke dalam neraka, sementara seseorang ahli surga menuntutnya dengan satu kezhaliman.'""
Saya bertanya, "Bagaimana? Sedangkan kita menghadap Allah dengan telanjang bulat?" Beliau menjawab, "Kita dikumpulkan dengan membawa kebaikan dan kejelekan."

Hasan, di dalam kitab Ash-Shahihah (160). [Bukhari, dalam pentaqliqan. [Al Musnad (3,495)].



___________
1  HR. Tirmidzi dan Iainnya dengan riwayat yang marfu' dan sanadnya dhaif, lihatlah Adh-Dhaifah 1288.

Tidak ada komentar