Rabu, 21 Mei 2014

Nafkah Suami kepada Keluarganya

Nafkah Suami kepada Keluarganya


575/748. Dari Tsauban, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda,
  أفضل دينار ينفقه الرجل دينار أنفقه على عياله ودينار أنفقه على أصحابه في سبيل الله ودينار أنفقه على دابته في سبيل الله قال أبو قلابة وبدأ بالعيال وأي رجل أعظم أجرا من رجل ينفق على عيال صغار حتى يغنيهم الله عز وجل
"Sebaik-baik uang dinar yang dinafkahkan oleh seseorang adalah uang dinar yang dinafkahkan kepada keluarganya, uang dinar yang dinafkahkan kepada teman-temannya untuk membela agama Allah, serta uang dinar yang dibelanjakan untuk hewan tunggangannya dalam membela agama Allah."
Abu Qilabah berkata, "Beliau memulai dari keluarga lalu adakah seseorang yang pahalanya lebih besar dari seseorang yang menafkahkan hartanya kepada keluarga kecil sehingga Allah melapangkan rezekinya"

Shahih, di dalam kitab Adh-Dha'ifah (1380). Muslim, 12 Kitab Az-Zakatu, Hadits 38.
576/749. Dari Abu Mas'ud Al Badri, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda,
من أنفق نفقة على أهله وهو يحتسبها كانت له صدقة
'Barang siapa memberi nafkah kepada keluarganya dengan ikhlas, maka nafkah itu sadaqah baginya."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah, (729, 982). Bukhari, 2-Kitab Al Iman, 41- Bab Innamal-A'malu Binniyyaah. Muslim, 12- Kitab Az-Zakat, hadits 48.


577/750.   Dari  Jabir  berkata,   "Ada   seseorang  bertanya,   'Wahai Rasulullah! Saya mempunyai dinar.' Nabi bersabda,

أنفقه على نفسك قال عندي آخر فقال أنفقه على خادمك أو قال على ولدك قال عندي آخر قال ضعه في سبيل الله وهو أخسها

'Nafkahkanlah kepada dirimu sendiri.' Dia bertanya kembali, 'Saya masih punya yang lain.' Nabi bersabda, 'Nafkahkanlah kepada pembantumu (atau berkata -kepada anakmu-.' Lalu menanyakan kembali, 'Saya masih mempunyai yang lain.' Nabi bersabda, 'Berikanlah dijalan Allah dan itu adalah tempat yang paling akhir."'

Shahih lighairihi, tanpa lafazh Dha'hu (letakkanlah..), Shahih Abu Daud, 1484.1 Hadits Abu Hurairah yang telah disebutkan pada hadits 145/197. (Tidak tercantum dalam Kutubus-Sittah).
578/751. Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda,
  أربعة دنانير دينارا أعطيته مسكينا ودينارا أعطيته في رقبة ودينارا أنفقته في سبيل الله ودينارا أنفقته على أهلك أفضلها الذي أنفقته على أهلك
"Empat dinar, satu dinar engkau sadaqahkan kepada orang miskin, satu dinar engkau sadaqahkan kepada hamba sahaya, satu dinar engkau nafkahkan di jalan Allah, dan satu dinar lagi engkau nafkahkan kepada keluargamu. Jadi sebaik-baik dinar tersebut adalah yang engkau nafkahkan kepada keluargamu."

Shahih, di dalam kitab Al Misykah (1931, pada pentahqiqan kedua). Muslim, 12- Kitab Az-Zakatu, hadits 39.



_________
1 Penjelas hadits ini rnengatakan 2/216, hadits riwayat Ahmad, Muslim dan Abu Daud. Ibnu Hajar mengatakan bahwa, hadits riwayat Muslim, ini adalah jelas salah, dan saya tidak tahu kenapa bisa terjadi. Sesungguhnya hadits tersebut tidak diriwayatkan orang-orang tersebut.

Posting Komentar