Rabu, 21 Mei 2014

Orang yang Tidak Menjawab Salam

 Orang yang Tidak Menjawab Salam

792/1038. Dari Abdullah bin Shamit berkata, "Saya berkata kepada Abu Dzarr,
مررت بعبد الرحمن بن أم الحكم فسلمت فما رد علي شيئا فقال يا بن أخي ما يكون عليك من ذلك رد عليك من هو خير منه ملك عن يمينه

'Saya pernah bertemu dengan Abdurrahman bin Ummul Hakam, lalu Saya mengucapkan salam. Akan tetapi dia tidak menjawab salam Saya sedikitpun.' Kemudian Abu Dzar berkata, 'Wahai anak saudaraku! apakah hal itu terjadi padamu?, sesungguhnya salammu dijawab oleh orang yang lebih baik darinya, yaitu malaikat yang berada di sebelah kanannya."

Shahih sanadnya dengan periwayatan yang mauquf pada Abu Dzar, dan periwatan marfu' dari jalan selain Abu Dzar (perhatikanlah di bawah ini).



793/1039. Dari Abdullah [dia adalah Ibnu Mas'ud] berkata,

ان السلام اسم من أسماء الله وضعه الله في الأرض فأفشوه بينكم إن الرجل إذا سلم على القوم فردوا عليه كانت له عليهم فضل درجة لأنه ذكرهم السلام وإن لم يرد عليه رد عليه من هو خير منه وأطيب

"Sesungguhnya salam adalah suatu nama bagian dari nama-nama Allah yang diletakkan di bumi, maka tebarkanlah salam di antara kalian semua. Sesungguhnya seorang laki-laki apabila mengucapkan salam kepada suatu kaum kemudian mereka menjawab salam, maka baginya derajat yang lebih dari mereka, karena dia telah mengingatkan mereka dengan salam. Jika dia tidak dijawab, maka salamnya dijawab oleh yang lebih baik darinya."

Shahih, diriwayatkan secara mauquf, dan dishahihkan secara marfu'. Ash-Shahihah (184, 1607). Telah lewat paragraf yang pertama darinya pada (760/989) dari Anas.

794/1040. Dari Al Hasan [dia adalah Al Bashri] berkata,
  التسليم تطوع والرد فريضة

"Mengucapkan salam merupakan Sunnah, dan menjawabnya adalah wajib."

Shahih sanadnya.

Posting Komentar