Salam Termasuk Nama dari Nama-nama Allah Subhanahu Wa Ta'ala

 Salam Termasuk Nama dari Nama-nama Allah Subhanahu Wa Ta'ala 

760/989. Dari Anas radhiallahu 'anhu berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
ان السلام اسم من أسماء الله تعالى وضعه الله في في الأرض فأفشوا السلام بينكم
' Sesungguhnya salam itu termasuk nama dari nama-nama Allah yang diletakkan di bumi, maka sebarkanlah salam di antara kalian."

Hasan, di dalam kitab Ash-Shahihah (184,1607). Ar-Raudh (1075). [Tidak tercantum dalam Kutubus-Sittah].
761/990. Dari Ibnu Mas'ud berkata,
كانوا يصلون خلف النبي صلى الله عليه وسلم قال القائل السلام على الله فلما قضى النبي صلى الله عليه وسلم صلاته قال من القائل السلام على الله إن الله هو السلام ولكن قولوا التحيات لله والصلوات والطيبات السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله قال وقد كانوا يتعلمونها كما يتعلم أحدكم السورة من القرآن

"Para sahabat sedang shalat di belakang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu berkatalah seseorang, 'Assalaamu 'alallahi.' Maka ketika selesai shalat beliau bersabda, 'Siapakah yang mengatakan Assalaamu 'alallahi?. Sesungguhnya Allah adalah As-Salaam, tetapi katakanlah, "Salam, shalawat dan kebaikan, itu milik Allah. Keselamatan, rahmat dan berkat Allah semoga tetap atas kamu wahai Nabi, semoga keselamatan tetap atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang shalih, Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya."'"
Dia berkata, "Sungguh mereka telah mempelajarinya, sebagaimana salah seorang di antara kalian mempelajari surat dari Al Qur'an."

Shahih, di dalam kitab Al Irwa(2/24, 26). Shahih Abu Daud (892). [Bukhari, 10- Kitab Al Adzan, 148- Bab At-Tasyahhud fil Akhirah. Muslim, 4- Kitab Ash-Shalah, hadits 55].

Tidak ada komentar