Minggu, 25 Mei 2014

WAKTU BERQURBAN

BERQURBAN BERSAMA RASULULLAH صلي الله عليه وسلم
Abu Ibrohim Muhammad Ali AM خفظه الله

WAKTU BERQURBAN

a.        Waktu mulai berqurban
Waktu mulai dibolehkan berqurban adalah jika se­seorang telah selesai melaksanakan sholat Idul Adhha, hal ini berdasarkan sebuah hadits:
قَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَانَ ذَبَحَ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيَذْبَحْ أُخْرَي مَكَانَهَا وَمَنْ لَمْ يَذْبَحْ فَلْيَذْبَحْ بِاسْمِ اللَّهِ
Rosululloh bersabda: "Barangsiapa menyembelih qurbannya sebelum sholat Idul Adhha, maka hendaklah dia mengulang lagi sebagai gantinya, dan barangsiapa yang belum menyembelih, maka hendaklah dia menyembelih dengan menyebut bismillah" (HR. Bukhori 5562, dan Muslim 1976)
Dalam sebuah hadits yang muttafaq 'alaih, tatkala Abu Burdah menyembelih kambingnya sebelum sholat Idul Adhha, maka Rosululloh صلي الله عليه وسلم mengatakan;
شَاتُكَ شَاةُ لَـحْمٍ
Kambingmu (yang engkau sembelih) adalah daging biasa (bukan daging qurban). (HR. Bukhori 5557, dan Muslim 1961)

b.        Akhir waktu berqurban
Sedangkan akhir waktu berqurban, maka menurut pendapat yang terkuat1 adalah sampai akhir hari tasyriq yaitu akhir tanggal 13 Dzul Hijjah, hal ini dikuatkan oleh beberapa perkara, di antaranya:
    • Rosululloh صلي الله عليه وسلم pernah bersabda:
كُلُّ أَيَّامِ التَّشْرِيْقِ ذَبْحٌ
Semua hari Tasyrik itu (waktu) menyembelih (qurban). (HR. Ahmad 4/82, Ibnu Hibban 1008, Baihaqi 9/295, dan dishohihkan al-Albani dalam Shohih wa Dho'if al-Jami'4537)
    • Rosululloh juga pernah bersabda:
أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرِ اللهِ
Hari-hari Tasyriq adalah hari makan-makan dan minum-minum dan dzikir kepada Alloh. (HR. Muslim 1141)

Catatan Kaki:

  1. Ada perbedaan pendapat dalam hal ini, paling tidak terdapat empat pendapat yang masyhur, pendapat pertama adalah pendapat diatas. pendapat kedua mengatakan akhir waktu berqurban sampai dua hari setelah hari raya Idul Adhha, pendapat ke tiga mengatakan waktu berqurban sampai akhir bulan Dzul Hijjah, dan pendapat terakhir sampai akhir waktu hari raya Idul Adhha yaitu tanggal 10 Dzul Hijjah saja. Akan tetapi semua pendapat ini jauh dari dalil, berbeda dengan pendapat yang kami paparkan di atas (lihat as-Syarh al-Mumthi 7/295-296)



download ratusan ebook Islam dari...




Posting Komentar