SHOLAT ISTISQAA'

كتاب صلاة الاستسقاء

KITAB:  SHALAT ISTISQAA' (MINTA HUJAN)

515. Abdullah binZaid r.a. berkata: Ketika Nabi saw. Shalat istisaaa (minta hujan) beliau membalik letak serbannya. (Bukhan, Muslim).
حديث عَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم اسْتَسْقَى فَقَلَبَ رِدَاءَهُ
أخرجه البخاري في: 15 كتاب الاستسقاء: 4 باب تحويل الرداء في الاستسقاء

BAB:
MENGANGKAT KEDUA TAPAK TANGAN KETIKA BERDO'A DALAM ISTISQAA'

رفع اليدين بالدعاء في الاستسقاء

S16. Anas bin Malik ra berkata. Adanya Nabi saw. Tidak mengangkat kedua tangannya dalam doanya kecuali dalam istisqaa', maka diangkat kedua tangannya sehingga terlihat putih ketiaknya. (Bukhan, Muslim).
Hadits ini tidak berarti Nabi saw. tidak pernah mengangkat kedua tapak tangannya dalam do'anya, hanya semata-mata sepanjang pengeta­huan Anas ra sebab ada banyak riwayat lain-lain sahabat bahwa Nabi saw. telah mengangkat kedua tapak tangannya dalam berdo'a dan semua itu juga hadits yang sahih.
حديث أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم لاَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِي شَيْءٍ مِنْ دُعَائِهِ إِلاَّ فِي الاِسْتِسْقَاءِ، وَإِنَّهُ يَرْفَعُ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ إِبْطَيْهِ
أخرجه البخاري في: 15 كتاب الاستسقاء: 22 باب رفع الإمام يده في الاستسقاء

BAB:
BO'A DALAM ISTISQAA' (MINTA HUJAN)

الدعاء في الاستسقاء

517. Anas bin Malik r.a. berkata: Terjadi musim laip (kesukaran karena kekurangan makanan dan tidak ada hujan) di masa Rasulullah saw. Maka ketika Nabi saw. sedang khutbah Jum'at, berdirilah seorang Badwi berkata: Ya Rasulullah, binasa harta dan lapar anak keluarga, maka berdo'alah kepada Allah untuk kami, lalu Nabi saw. mengangkat kedua tapak tangannya berdo'a. Tadinya di langit tidak telihat awan sedikit pun, maka demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, Nabi saw. tidak menurunkan tangannya sehingga tersebar awan bagaikan gunung, kemudian Nabi saw. belum turun dari mimbar melainkan hujan telah turun dan menetes-netes di jenggot Nabi saw. Maka turunlah hujan sepanjang hari itu dan esok dan lusanya dan hari-hari berikutnya hingga Jum'at yang berikutnya, maka berdiri kembali Badwi itu (atau lain orang) berkata: Ya Rasulullah, telah rusak bangunan dan tenggelam harta kekayaan, maka berdo'alah kepada Allah untuk kami, maka segera Nabi saw. mengangkat kedua tapak tangannya berdo'a: Allahumma hawaa lama wala alaina (Ya Allah turun hujan di sekitar kita jangan di atas kami) sambil menunjuk dengan tangannya, maka tiada Nabi saw. menunjuk dengan tangannya ke suatu arah melainkan diikuti oleh awan, sehingga kota Madinah bagaikan lingkaran hujan (dilingkari sekelilingnya, tetapi tidak di tengahnya), dan mengalirlah di lembah air selokan selama satu bulan, dan tiada seorang yang datang dari pinggiran kota melainkan mereka menceritakan kesuburan daerahnya (Bukhari, Muslim).
حديث أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: أَصَابَتِ النَّاسَ سَنَةٌ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، فَبَيْنَا النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَخْطُبُ فِي يَوْمِ جُمُعَةٍ، قَامَ أَعْرَابِيٌّ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ هَلَكَ الْمَالُ، وَجَاعَ الْعِيَالُ، فَادْعُ اللهَ لَنَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ، وَمَا نَرَى فِي السَّماءِ قَزَعَةً، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا وَضَعَهَا حَتَّى ثَارَ السَّحَابُ أَمْثَالَ الْجِبَالِ ثُمَّ لَمْ يَنْزِلْ عَنْ مِنْبَرِهِ حَتَّى رَأَيْتُ الْمَطَرَ يَتَحَادَرُ عَلَى لِحْيَتِهِ صلى الله عليه وسلم، فَمُطِرْنَا يَوْمَنَا ذلِكَ، وَمِنَ الْغَدِ، وَبَعْدَ الْغَدِ، وَالَّذِي يَلِيهِ، حَتَّى الْجُمُعَةِ الأُخْرَى فَقَامَ ذلِكَ الأَعْرَابِيُّ، أَوْ قَالَ غَيْرُهُ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ تَهَدَّمَ الْبِنَاءُ، وَغَرِقَ الْمَالُ، فَادْعُ اللهَ لَنَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ، فَقَالَ: اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا فَمَا يُشِيرُ بِيَدِهِ إِلَى نَاحِيَةٍ مِنَ السَّحَابِ إِلاَّ انْفَرَجَتْ وَصَارَتِ الْمَدينَةُ مِثْلَ الْجَوْبَةِ، وَسَالَ الْوَادِي قَنَاةُ شَهْرًا، وَلَمْ يَجِىءْ أَحَدٌ مِنْ نَاحِيَةٍ إِلاَّ حَدَّثَ بِالْجَوْدِ
أخرجه البخاري في: 11 كتاب الجمعة: 35 باب الاستسقاء في الخطبة يوم الجمعة

BAB:
BERLINDUNG KEPADA ALLAH KETIKA MELIHAT ANGIN KENCANG ATAU AWAN GELAP KEMUDIAN JIKA TURUN HUJAN MERASA GEMBIRA DENGAN RAHMAT ALLAH

التعوذ عند رؤية الريح والغيم، والفرح بالمطر

518. A tsyahr a berkata BiasaNabisaw jika melihat awan gelap di langit beliau masuk keluar, hilir mudik dan berubah mukanya, maka jika telah turun hujan gembira dan berseri-seri wajahnya, maka aku tegur tentang hal itu, jawabNabisaw.: Hai A'isyah aku tidak mengetahui, mung­kin awan itu sebagaimana yang tersebut dalam ayat: Disambut oleh suatu kaum: Dan ketika mereka melihat awan menghadap dusun mereka, mereka berkata: Ini awan akan menurunkan hujan bagi kami. Firman Allah: Sebaliknya itulah siksa yang kamu keburu minta, yaitu angin yang mengandung siksa yang sangat pedih. (Bukhari, Muslim).
حديث عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم، إِذَا رَأَى مَخِيلَةً فِي السَّمَاءِ أَقْبَلَ وَأَدْبَرَ، وَدَخَلَ وَخَرَجَ، وَتَغَيَّرَ وَجْهُهُ فَإِذَا أَمْطَرَتِ السَّمَاءُ سُرِّيَ عَنْهُ، فَعَرَّفَتْهُ عَائِشَةُ ذلِكَ فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: مَا أَدْرِي، لَعَلَّهُ كَمَا قَالَ قَوْمٌ (فَلَمَّا رَأَوْهُ عَارِضًا مُسْتَقْبِلَ أَوْدِيَتِهِمْ) الآية
أخرجه البخاري في: 59 كتاب بدء الخلق: 5 باب ما جاء في قوله (وهو الذي أرسل الرياح بُشْراً بين يدى رحمته)

BAB:
NAMA ANGIN ASSHUBA DAN ADDABUR

في ريح الصبا بالدبور

519. IbnAbbasr.a. berkata: Nabisaw. bersabda: Aku dimenangkan dengan bantuan angin shuba. dan kaum Aad telah dibinasakan dengan angin Dabuur. (Bukhari, Muslim).
حديث ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم، قَالَ: نُصِرْتُ بِالصَّبَا وَأُهْلِكَتْ عَادٌ بِالدَّبُورِ
أخرجه البخاري في: 15 كتاب الاستسقاء: 26 باب قول النبي صلى الله عليه وسلم نصرت بالصبا

Tidak ada komentar