MENGHARAPKAN BERKAH DARI PEPOHONAN, BEBATUAN ATAU YANG SEJENISNYA
MENGHARAPKAN BERKAH DARI
PEPOHONAN,
BEBATUAN ATAU YANG
SEJENISNYA
Firman Allah Subhanahu
wata’ala :
]أفرأيتم اللات والعزى ومناة الثالثة الأخرى ألكم الذكر وله
الأنثى تلك إذا قسمة ضيزا إن هي إلا أسماء سميتموها أنتم وآباءكم ما أنزل الله بها
من سلطان إن يتبعون إلا الظن وما تهوى الأنفس ولقد جاءهم من ربهم
الهدى[
“Maka apakah patut kalian (hai
orang-orang musyrik) menganggap Al lata dan Al Uzza dan Manat yang ketiga,
([1]). Apakah (patut) untuk kamu
(anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan ? yang demikian itu tentulah
suatu pembagian yang tidak adil. Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang
diada-adakan oleh kamu dan bapak-bapak kamu, Allah tidak menurunkan suatu
keteranganpun untuk (menyembah)nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti
sangkaan-sangkaan dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, padahal
sesungguhnya tidak datang kepada mereka petunjuk dari Tuhan mereka.” (QS. An
Najm, 19-23)
Abi Waqid Al Laitsi
menuturkan :
“Suatu saat kami keluar bersama
Rasulullah menuju Hunain, sedangkan kami dalam keadaan baru saja lepas dari
kekafiran (masuk Islam), disaat itu orang-orang musyrik memiliki sebatang pohon
bidara yang dikenal dengan dzatu anwath, mereka selalu mendatanginya dan
menggantungkan senjata-senjata perang mereka pada pohon tersebut, disaat kami
sedang melewati pohon bidara tersebut, kami berkata : “Ya Rasulullah, buatkanlah
untuk kami dzat anwath sebagaimana mereka memilikinya”. Maka Rasulullah
Shallallahu’alaihi wasallam menjawab :
"الله أكبر إنها السنن، قلتم والذي نفسي
بيده كما قالت بنو أسرائيل لموسى]اجعل لنا إلها كما لهم ءالهة، قال إنكم قوم
تجهلون[ لتركبن سنن من كان قبلهم" رواه الترمذي
وصححه.
“Allahu Akbar, itulah
tradisi (orang-orang sebelum kalian) demi Allah yang jiwaku ada di tanganNya,
kalian benar-benar telah mangatakan suatu perkataan seperti yang dikatakan oleh
Bani Israel kepada Musa :“Buatkanlah untuk kami sesembahan sebagaimana mereka
memiliki sesembahan, Musa menjawab : "Sungguh kalian adalah kaum yang tidak
mengerti (faham), kalian pasti akan mengikuti tradisi orang-orang sebelum
kalian.” (HR. Turmudzi, dan dinyatakan shoheh olehnya)
Kandungan dalam bab ini
:
-
Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat An Najm ([2]).
-
Mengetahui bentuk permintaan mereka ([3]).
-
Mereka belum melakukan apa yang mereka minta.
-
Mereka melakukan itu semua untuk mendekatkan diri mereka kepada Allah, karena mereka beranggapan bahwa Allah menyukai perbuatan itu.
-
Apabila mereka tidak mengerti hal ini, maka selain mereka lebih tidak mengerti lagi.
-
Mereka memiliki kebaikan-kebaikan dan jaminan maghfirah (untuk diampuni) yang tidak dimiliki oleh orang-orang selain mereka.
-
Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam tidak menerima argumentasi mereka, bahkan menyanggahnya dengan sabdanya : “Allahu Akbar, sungguh itu adalah tradisi orang-orang sebelum kalian dan kalian akan mengikuti mereka”. Beliau bersikap keras terhadap permintaan mereka itu dengan ketiga kalimat ini.
-
Satu hal yang sangat penting adalah pemberitahuan dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bahwa permintaan mereka itu persis seperti permintaan bani israil kepada Nabi Musa : “Buatkanlah untuk kami sesembahan sebagaimana mereka mempunyai sesembahan sesembahan …”
-
Pengingkaran terhadap hal tersebut adalah termasuk diantara pengertianلا إله إلا الله yang sebenarnya, yang belum difahami oleh mereka yang baru masuk Islam.
-
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam menggunakan sumpah dalam menyampaikan petunjuknya, dan beliau tidak berbuat demikian kecuali untuk kemaslahatan.
-
Syirik itu ada yang besar dan ada yang kecil, buktinya mereka tidak dianggap murtad dengan permintaannya itu.
-
Perkataan mereka “…sedang kami dalam keadaan baru saja lepas dari kekafiran (masuk islam) …” menunjukan bahwa para sahabat yang lain mengerti bahwa perbuatan mereka termasuk syirik.
-
Diperbolehkan bertakbir ketika merasa heran, atau mendengar sesuatu yang tidak patut diucapkan dalam agama, berlainan dengan pendapat orang yang menganggapnya makruh.
-
Diperintahkan menutup pintu yang menuju kemusyrikan.
-
Dilarang meniru dan melakukan suatu perbuatan yang menyerupai perbuatan orang-orang jahiliyah.
-
Boleh marah ketika menyampaikan pelajaran.
-
Kaidah umum, bahwa diantara umat ini ada yang mengikuti tradisi-tradisi umat sebelumnya, berdasarkan Sabda Nabi “Itulah tradisi orang orang sebelum kamu … dst”.
-
Ini adalah salah satu dari tanda kenabian Nabi Muhammad, karena terjadi sebagaimana yang beliau ceritakan.
-
Celaan Allah yang ditujukan kepada orang Yahudi dan Nasrani, yang terdapat dalam Al qur’an berlaku juga untuk kita.
-
Sudah menjadi ketentuan umum dikalangan para sahabat, bahwa ibadah itu harus berdasarkan perintah Allah [bukan mengikuti keinginan, pikiran atau hawa nafsu sendiri]. Dengan demikian, hadits tersebut di atas mengandung suatu isyarat tentang hal-hal yang akan ditanyakan kepada manusia di alam kubur. Adapun “Siapakah Tuhanmu ?”, sudah jelas, sedangkan “Siapakah Nabimu ?” berdasarkan keterangan masalah-masalah ghoib yang beliau beritakan akan terjadi, dan “Apakah agamamu ?” berdasarkan pada ucapan mereka : “Buatkanlah untuk kami sesembahan sebagaimana mereka itu mempunyai sesembahan sesembahan … dst”.
-
Tradisi orang-orang ahli kitab itu tercela seperti tradisinya orang-orang musyrik.
-
Orang yang baru saja pindah dari tradisi-tradisi batil yang sudah menjadi kebiasaan dalam dirinya, tidak bisa dipastikan secara mutlak bahwa dirinya terbebas dari sisa-sisa tradisi tersebut, sebagai buktinya mereka mengatakan : “Kami baru saja masuk Islam” dan merekapun belum terlepas dari tradisi-tradisi kafir, karena kenyataannya mereka meminta dibuatkan Dzatu Anwath sebagaimana yang dipunyai oleh kaum musyrikin.
([1]) Al Lata, Al Uzza dan Manat adalah nama berhala-berhala
yang dipuja orang Arab jahiliyah dan dianggapnya sebagai anak-anak perempuan
Allah.
([2])
Dalam ayat ini, Allah Ta'ala menyangkal
tindakan kaum musyrikin yang tidak rasional, karena mereka menyembah ketiga
berhala tersebut yang tidak dapat mendatangkan manfaat dan tidak pula dapat
menolak mudhorat. Dan Allah mencela tindakan dzalim mereka dengan memilih untuk
diri mereka jenis yang baik dan memberikan untuk Allah jenis yang buruk dalam
anggapan mereka. Tindakan mereka itu semua hanyalah berdasarkan
sangkaan-sangkaan dan hawa nafsu, tidak berdasarkan pada tuntunan para Rasul
yang mengajak umat manusia untuk beribadah hanya kepada Allah dan tidak
beribadah kepada selainNya.
([3])
Yaitu : mereka meminta dibuatkan Dzatu
Anwath sebagaimana yang dimiliki oleh kaum musyrikin, untuk diharapkan
berkahnya.
Post a Comment