Rabu, 06 April 2016

Keutamaan Puasa Rojab



Keutamaan Puasa Rojab
Bulan rajab sering disebut sebagai bulannya Allah. Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang kita disunnahkan untuk berpuasa karena banyak sekali manfaat puasa pada bulan rajab. Diriwayatkan dalam sebuah hadits nabi tentang anjuran puasa bulan rajab adalah:


صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ

"Puasalah pada bulan-bulan Al Hurum (bulan Rajah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, ) dan hentikanlah (beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali)." HR. Abu Dawud no. 2428 dan didhaifkan oleh Al-Albani dalam Dhaif Abi Dawud).

Hadis diatas menunjukkan anjuran Nabi untuk berpuasa pada bulan-bulan haram. Bukan hanya pada bulan Rajab. Nah, pengkhususan atau pengistimewaan terhadap bulan Rajab ini yang kemudian menimbulkan masalah bagi sebagian orang/golongan. Menurut mereka puasa Rajab sama seperti puasa di bulan lain seperti puasa Senin-Kamis, Dawud dll, tapi puasa di bulan Rajab pahalannya lebih besar.

Namun di beberapa kitab tentang fadhailul a’mal memang banyak disebutkan tentang keutamaan puasa bulan Rajab ini, antara lain:

1. Seperti puasa sebulan.
     Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya." HR. At-Thabrani

2. Mencatat amalnya selama 60 Bulan.
     Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan." H.R. Abu Hurairah.

3. Puasa 7 hari pada bulan Rajab akan menutup pintu neraka baginya.

4. Puasa 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

5. Puasa 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa-dosanya dan diganti dengan kebaikan.

6. Puasa sehari pada bulan Rajab akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga yang rasanya manis melebihi madu.

Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikarunia minum dari sungai tersebut."

Nah diatas adalah beberapa keutamaan berpuasa dibulan rajab. Semoga kita dapat menjalankannya dengan tulus ikhlas agar dapat keridhoan Nya.
Poskan Komentar