HAL-HAL TENTANG UMAT YANG TERPILIH DAN UMAT YANG BURUK
HAL-HAL TENTANG UMAT YANG TERPILIH DAN UMAT YANG BURUK
الحديث الثاني والثلاثون : خصال خيار الأمة وشرارهم
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم خيار أمتي من شهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وإذا أحسنوا استبشروا وإذا أساؤوا استغفروا وإذا سافروا قصروا صلاتهم وافطروا من صومهم وإن شرار أمتي الذين ولدوا في النعم وغذوا في النعم وهمتهم ألوان الطعام وألوان الشراب وإذا تكلموا تشدقوا وإذا مشوا تبختروا ويل للجرارين أذيالا والكالين افضالا والناطقين أشعارا الخبر إلى آخره مدح النبي عليه الصلاة والسلام أمته الذين عاشوا على هذه الصفة وذم الآخرين وكأنه يحرض أمته على الطاعة والاستقامة على تلك الصفة حتى إن ليلة من ليالي رجب قام النبي عليه الصلاة والسلام في نصف الليل لينظر في المسجد هل استيقظ أحد من أصحابه فلما دنا من باب المسجد سمع صوت أبي بكر رضي الله عنه يبكي في الصلاة وكان يريد ختم القرآن في ركعتين فلما بلغ إلى هذه الآية “إن الله اشترى من المؤمنين أنفسهم وأموالهم بأن لهم الجنة” بكى بكاء حزينا شديدا فوقف رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم عند الباب وكانت تقطر دموع أبي بكر على الحصير وفي ناحية المسجد سمع صوت علي كرم الله وجهه يبكي بأعلى صوته وأراد أن يختم القرآن في ركعتين فلما بلغ هذه الآية “قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون إنما يتذكر أولو الألباب” وكانت تقطر دموعه على الحصير وفي ناحية أخرى في المسجد يبكي معاذ بن جبل رضي الله تعالى عنه بأعلى الصوت وأراد أن يختم القرآن في الصلاة إلا أنه كان يقرأ نصف السورة أو ثلثها ثم يتركها ويبدأ في سورة أخرى على هذا الترتيب وهو يبكي في الصلاة وكانت تقطر دموعه على الحصير وكان بلال رضي الله تعالى عنه في زاوية المسجد يصلي ويبكي فبكى رسول الله صلى الله عليه وسلم معهم حتى فرغوا من الصلاة فرجع النبي عليه الصلاة والسلام مسرورا إلى داره وما علم هؤلاء حضور النبي عليه الصلاة والسلام فلما أصبح وحضروا المسجد وصلوا صلاة الفجر خلف النبي عليه الصلاة والسلام فأقبل النبي عليه الصلاة والسلام بوجهه إليهم فقال مسرورا يا أبا بكر لم بكيت في هذه الآية “إن الله اشترى من المؤمنين أنفسهم وأموالهم بأن لهم الجنة” فقال أبو بكر كيف لا أبكي وقد قال الله تعالى اشتريت نفوس عبادي إذا كان العبد معيوبا لايشتري أو ظهر عيبه بعد الشراء يرده المشتري فإن كنت معيوبا عند الشراء أو ظهر العيب بعد الشراء وردني الله تعالى فأكون من أهل النار فلأجل ذلك كنت أبكي فجاء جبرائيل عليه السلام وقال قل يا محمد لأبي بكر إذا علم المشتري عيب العبد واشتراه بعيبه ليس له ولاية الرد والله تعالى كان عالما بعيب عبده قبل أن يخلقه ومع عيبه اشترى فلا يرده فذلك العيب بعد الشراء وفي مسئلة ان من اشترى عشرة عبيد فوجد منهم واحدا غير معيوب وأراد المشتري أن يأخذ غير المعيوب ويرد الباقين فالشرع لايأمره بذلك بل يأمره بقبول كلهم والله تعالى اشترى كل المؤمنين فدخل في البيع الأصفياء والأولياء والأنبياء والمرسلون فبإجماع الأمة أن لا يرد الأنبياء والأصفياء والمرسلين فعلم أن المعيوب لايرد أيضا ففرح رسول الله صلى الله عليه وسلم وفرح أصحابه ثم قال عليه الصلاة والسلام لعلي كرم الله وجهه يا علي لم بكيت عند قراءة “قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون” فقال علي كيف لا أبكي يقول الله تعالى قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون وأبونا آدم صلوات الله عليه كان أعلم الناس وقال الله تعالى في حقه وعلم آدم الأسماء كلها ونحن لانعلم مثله كيف نستوي معه فجاء جبرائيل عليه السلام وقال قل يامحمد لعلي ليس ذلك ماظننت ولكن لايستوي يوم القيامة الكافر مع المؤمنين لأن الكافر لايعبد إلا الصنم ولايؤمن بالله واليوم الآخر والمؤمن يعبد الله ويقول في كل وقت وحين لا إله إلا الله محمد رسول الله وإذا احسنوا استبشروا وإذا أساؤا استغفروا وإذا سافروا قصروا وأفطروا فلا حرم لايستوي الكافر مع المؤمنين لأن مأموى الكافر في النار ومأوى المؤمن الجنة.
Dari Abi Hurairah ra. Ia berkata Rasulullah Saw. bersabda, “Sebaik-baik umatku ialah siapa yang bersaksi tiada tuhan selain Allah dan Muhammad Rasul Allah. Apabila berbuat kebaikan, mereka gembira, apabila berbuat dosa meminta ampun, dan apabila bepergian memendekkan shalat serta berbuka puasa. Sejelek-jelek umatku, ialah mereka yang dilahirkan dalam kenikmatan dan diberi makan dari yang haram, keinginan mereka berbagai macam makanan dan minuman, apabila berbicara tidak senonoh, dan apabila berjalan menyombongkan diri.”
“Celakalah orang-orang yang suka menyeret ekor bajunya dengan sombong ketika berjalan, makan makanan riba serta mengucapkan syair (yang tidak senonoh).”
Nabi Saw. memuji umatnya yang hidup dalam sifat demikian dan mencela yang selain itu. Seakan-akan beliau menyerukan umatnya untuk taat dan berjalan lurus di atas sifat-sifat itu.
Pada suatu malam di bulan Rajab, Nabi Saw. bangun tengah malam untuk melihat masjid, apakah ada salah seorang sahabatnya yang bangun. Ketika beliau mendekati pintu masjid, terdengar suara Abu Bakar menangis dalam shalat sedangkan ia ingin mengkhatamkan Al-Quran dalam dua rakaat. Begitu sampai pada ayat : “Sesungguhnya Allah, membeli jiwa orang-orang berimana dan harta mereka dengan menyediakan surga bagi mereka itu.”
Abu Bakar menangis keras dan memilukan. Berdirilah Rasulullah Saw. dipintu, air mata Abu Bakar menetes ditikar.
Di pojok masjid terdengar suara Ali menangis dengan keras dan hendak mengkhatamkan Al-Quran dalam dua rakaat. Ketika sampai pada ayat “Apakah nama orang-orang yang mengetahui dan yang tidak mengetahui, sesungguhna yang ingat adalah orang-orang yang berakal.”
Air mata Ali menetes di atas tikar. Di sisi lain masih di dalam masjid, Mu’az bin Jabal menangis dengan suara keras, ia hendak mengkhatamkan Al-Quran dalam shalat, hanya saja ia membaca separuh atau sepertiga Al-Quran kemudian meninggalkannya dan mulai membaca surah lain dengan tertib, sambal menangis dalam shalat, air matanya menetes di atas tikar.
Di pojok masjid Bilal shalat dan menangis. Menangislah Rasulullah Saw., hingga mereka selesai shalat. Nabi saw. pulang ke rumah dengan gembira, sementara mereka tidak mengetahui kehadiran Nabi Saw.
Ketika tiba waktu pagi, mereka hadir di masjid dan shalat subuh di belakang Nabi Saw. Kemudian menghadap mereka seraya berkata dengan gembira, “Hai Abu Bakar, mengapa engkau menangis ketika samapi pada ayat :
إِنَّ اللَّـهَ اشْتَرَىٰ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُم بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ ۚ
“Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin jiwa dan harta mereka dengan menyediakan surga bagi mereka.” (QS. At-Taubah : 111)
Abu Bakar menjawab, “Bagaimana aku tidak menangis, sedang Allah Swt. telah berfirman, “Aku telah membeli jiwa hamba-hamba-Ku. Apabila hamba mengandung aib, tentu Dia tidak membelinya. Apabila tampak aib setelah dibeli, pembeli akan mengembalikannya.”
“Jika aku mempunyai aib ketika dibeli atau tampak aib sesudah dibeli dan Allah mengembalikan diriku, niscaya aku akan menjadi penghuni nereka. Karena itu aku menangis.”
Kemudian Jibril datang dan berkata, “Hai Muhammad, katakana kepada Abu Bakar, apabila pembeli mengetahui aib hamba dan membeli dengan aib, ia tidak punya hak untuk mengembalikan. Allah Swt. mengetahui aib hamba sebelum menciptakannya. Meskipun ada aib dibeli jugadan tidak dikembalikannya, itu adalah aib sesudah dibeli.”
Dalam suatu masalah, bahwa siapa yang membeli sepuluh sahaya dan salah seorang dari mereka tidak mengandung aib, sedang pembeli ingin mengembalikan yang mengandung aib dan mengambil selebihnya, syara’ tiak menyuruh demikian, bahkan menyuruh semuanya.
Allah Swt. membeli semua yang beriman, termasuk orang suci, para wali, para nabi dan rasul. Dengan kesepakatan, bahwa para nabi, orang-orang suci dan para rasul tidak ditolak, bisa diketahui yang mengandung aib tidak dikembalikan pula.
Maka Rasulullah Saw. gembira, dan gembira pula para sahabat-Nya. Kemudian Rasulullah Saw. bersabda kepada Ali ra., “Hai Ali, mengapa engkau menangis ketika mambaca :
قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ
“Katakanlah (Hai Muhammad), apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui?” (QS. Az-Zumar : 9)
Ali menjawab, “Bagaimana aku tidak menangis, sedang Allah berfirman, “Katakanlah, Apakah sama orang-orang yang mengetahui dan yang tidak mengetahui”, sedangkan bapak kita Adam adalah orang yang paling pandai.”
“Allah Swt. berfirman, mengenai Adam, bahwa Allah mengajarkan semua nama kepada Adam. Sementara kami tidak mengetahui seperti dia, bagaimana kita bisa sama dengan dia?”
Turunlah Jibri, seraya berkata, “Katakanlah kepada Ali : Bukanlah hai itu seperti yang engkau duga, tetapi tidaklah sama pada hari kiamat antara orang kafir dan orang-orang yang beriman.”
Orang kafir tidak menyembah kecuali berhala dan tidak beriman kepada Allah serta hari akhir. Sedangkan orang mukmin menyembah Allah dan setiap waktu mengucapkan Tiada Tuhan selain Allah Muhammad Rasulullah.
Apabila berbuat kebaikan mereka gembira, apabila berbuat dosa minta ampun dan apabila bepergian memendekkan shalat dan berbuka puasa. Tentulah tidak sama antara orang kafir dan orang mukmin, tempat orang kafir di neraka dan tempat orang mukmin di surga.
الحديث الثاني والثلاثون : خصال خيار الأمة وشرارهم
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم خيار أمتي من شهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وإذا أحسنوا استبشروا وإذا أساؤوا استغفروا وإذا سافروا قصروا صلاتهم وافطروا من صومهم وإن شرار أمتي الذين ولدوا في النعم وغذوا في النعم وهمتهم ألوان الطعام وألوان الشراب وإذا تكلموا تشدقوا وإذا مشوا تبختروا ويل للجرارين أذيالا والكالين افضالا والناطقين أشعارا الخبر إلى آخره مدح النبي عليه الصلاة والسلام أمته الذين عاشوا على هذه الصفة وذم الآخرين وكأنه يحرض أمته على الطاعة والاستقامة على تلك الصفة حتى إن ليلة من ليالي رجب قام النبي عليه الصلاة والسلام في نصف الليل لينظر في المسجد هل استيقظ أحد من أصحابه فلما دنا من باب المسجد سمع صوت أبي بكر رضي الله عنه يبكي في الصلاة وكان يريد ختم القرآن في ركعتين فلما بلغ إلى هذه الآية “إن الله اشترى من المؤمنين أنفسهم وأموالهم بأن لهم الجنة” بكى بكاء حزينا شديدا فوقف رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم عند الباب وكانت تقطر دموع أبي بكر على الحصير وفي ناحية المسجد سمع صوت علي كرم الله وجهه يبكي بأعلى صوته وأراد أن يختم القرآن في ركعتين فلما بلغ هذه الآية “قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون إنما يتذكر أولو الألباب” وكانت تقطر دموعه على الحصير وفي ناحية أخرى في المسجد يبكي معاذ بن جبل رضي الله تعالى عنه بأعلى الصوت وأراد أن يختم القرآن في الصلاة إلا أنه كان يقرأ نصف السورة أو ثلثها ثم يتركها ويبدأ في سورة أخرى على هذا الترتيب وهو يبكي في الصلاة وكانت تقطر دموعه على الحصير وكان بلال رضي الله تعالى عنه في زاوية المسجد يصلي ويبكي فبكى رسول الله صلى الله عليه وسلم معهم حتى فرغوا من الصلاة فرجع النبي عليه الصلاة والسلام مسرورا إلى داره وما علم هؤلاء حضور النبي عليه الصلاة والسلام فلما أصبح وحضروا المسجد وصلوا صلاة الفجر خلف النبي عليه الصلاة والسلام فأقبل النبي عليه الصلاة والسلام بوجهه إليهم فقال مسرورا يا أبا بكر لم بكيت في هذه الآية “إن الله اشترى من المؤمنين أنفسهم وأموالهم بأن لهم الجنة” فقال أبو بكر كيف لا أبكي وقد قال الله تعالى اشتريت نفوس عبادي إذا كان العبد معيوبا لايشتري أو ظهر عيبه بعد الشراء يرده المشتري فإن كنت معيوبا عند الشراء أو ظهر العيب بعد الشراء وردني الله تعالى فأكون من أهل النار فلأجل ذلك كنت أبكي فجاء جبرائيل عليه السلام وقال قل يا محمد لأبي بكر إذا علم المشتري عيب العبد واشتراه بعيبه ليس له ولاية الرد والله تعالى كان عالما بعيب عبده قبل أن يخلقه ومع عيبه اشترى فلا يرده فذلك العيب بعد الشراء وفي مسئلة ان من اشترى عشرة عبيد فوجد منهم واحدا غير معيوب وأراد المشتري أن يأخذ غير المعيوب ويرد الباقين فالشرع لايأمره بذلك بل يأمره بقبول كلهم والله تعالى اشترى كل المؤمنين فدخل في البيع الأصفياء والأولياء والأنبياء والمرسلون فبإجماع الأمة أن لا يرد الأنبياء والأصفياء والمرسلين فعلم أن المعيوب لايرد أيضا ففرح رسول الله صلى الله عليه وسلم وفرح أصحابه ثم قال عليه الصلاة والسلام لعلي كرم الله وجهه يا علي لم بكيت عند قراءة “قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون” فقال علي كيف لا أبكي يقول الله تعالى قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون وأبونا آدم صلوات الله عليه كان أعلم الناس وقال الله تعالى في حقه وعلم آدم الأسماء كلها ونحن لانعلم مثله كيف نستوي معه فجاء جبرائيل عليه السلام وقال قل يامحمد لعلي ليس ذلك ماظننت ولكن لايستوي يوم القيامة الكافر مع المؤمنين لأن الكافر لايعبد إلا الصنم ولايؤمن بالله واليوم الآخر والمؤمن يعبد الله ويقول في كل وقت وحين لا إله إلا الله محمد رسول الله وإذا احسنوا استبشروا وإذا أساؤا استغفروا وإذا سافروا قصروا وأفطروا فلا حرم لايستوي الكافر مع المؤمنين لأن مأموى الكافر في النار ومأوى المؤمن الجنة.
Dari Abi Hurairah ra. Ia berkata Rasulullah Saw. bersabda, “Sebaik-baik umatku ialah siapa yang bersaksi tiada tuhan selain Allah dan Muhammad Rasul Allah. Apabila berbuat kebaikan, mereka gembira, apabila berbuat dosa meminta ampun, dan apabila bepergian memendekkan shalat serta berbuka puasa. Sejelek-jelek umatku, ialah mereka yang dilahirkan dalam kenikmatan dan diberi makan dari yang haram, keinginan mereka berbagai macam makanan dan minuman, apabila berbicara tidak senonoh, dan apabila berjalan menyombongkan diri.”
“Celakalah orang-orang yang suka menyeret ekor bajunya dengan sombong ketika berjalan, makan makanan riba serta mengucapkan syair (yang tidak senonoh).”
Nabi Saw. memuji umatnya yang hidup dalam sifat demikian dan mencela yang selain itu. Seakan-akan beliau menyerukan umatnya untuk taat dan berjalan lurus di atas sifat-sifat itu.
Pada suatu malam di bulan Rajab, Nabi Saw. bangun tengah malam untuk melihat masjid, apakah ada salah seorang sahabatnya yang bangun. Ketika beliau mendekati pintu masjid, terdengar suara Abu Bakar menangis dalam shalat sedangkan ia ingin mengkhatamkan Al-Quran dalam dua rakaat. Begitu sampai pada ayat : “Sesungguhnya Allah, membeli jiwa orang-orang berimana dan harta mereka dengan menyediakan surga bagi mereka itu.”
Abu Bakar menangis keras dan memilukan. Berdirilah Rasulullah Saw. dipintu, air mata Abu Bakar menetes ditikar.
Di pojok masjid terdengar suara Ali menangis dengan keras dan hendak mengkhatamkan Al-Quran dalam dua rakaat. Ketika sampai pada ayat “Apakah nama orang-orang yang mengetahui dan yang tidak mengetahui, sesungguhna yang ingat adalah orang-orang yang berakal.”
Air mata Ali menetes di atas tikar. Di sisi lain masih di dalam masjid, Mu’az bin Jabal menangis dengan suara keras, ia hendak mengkhatamkan Al-Quran dalam shalat, hanya saja ia membaca separuh atau sepertiga Al-Quran kemudian meninggalkannya dan mulai membaca surah lain dengan tertib, sambal menangis dalam shalat, air matanya menetes di atas tikar.
Di pojok masjid Bilal shalat dan menangis. Menangislah Rasulullah Saw., hingga mereka selesai shalat. Nabi saw. pulang ke rumah dengan gembira, sementara mereka tidak mengetahui kehadiran Nabi Saw.
Ketika tiba waktu pagi, mereka hadir di masjid dan shalat subuh di belakang Nabi Saw. Kemudian menghadap mereka seraya berkata dengan gembira, “Hai Abu Bakar, mengapa engkau menangis ketika samapi pada ayat :
إِنَّ اللَّـهَ اشْتَرَىٰ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُم بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ ۚ
“Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin jiwa dan harta mereka dengan menyediakan surga bagi mereka.” (QS. At-Taubah : 111)
Abu Bakar menjawab, “Bagaimana aku tidak menangis, sedang Allah Swt. telah berfirman, “Aku telah membeli jiwa hamba-hamba-Ku. Apabila hamba mengandung aib, tentu Dia tidak membelinya. Apabila tampak aib setelah dibeli, pembeli akan mengembalikannya.”
“Jika aku mempunyai aib ketika dibeli atau tampak aib sesudah dibeli dan Allah mengembalikan diriku, niscaya aku akan menjadi penghuni nereka. Karena itu aku menangis.”
Kemudian Jibril datang dan berkata, “Hai Muhammad, katakana kepada Abu Bakar, apabila pembeli mengetahui aib hamba dan membeli dengan aib, ia tidak punya hak untuk mengembalikan. Allah Swt. mengetahui aib hamba sebelum menciptakannya. Meskipun ada aib dibeli jugadan tidak dikembalikannya, itu adalah aib sesudah dibeli.”
Dalam suatu masalah, bahwa siapa yang membeli sepuluh sahaya dan salah seorang dari mereka tidak mengandung aib, sedang pembeli ingin mengembalikan yang mengandung aib dan mengambil selebihnya, syara’ tiak menyuruh demikian, bahkan menyuruh semuanya.
Allah Swt. membeli semua yang beriman, termasuk orang suci, para wali, para nabi dan rasul. Dengan kesepakatan, bahwa para nabi, orang-orang suci dan para rasul tidak ditolak, bisa diketahui yang mengandung aib tidak dikembalikan pula.
Maka Rasulullah Saw. gembira, dan gembira pula para sahabat-Nya. Kemudian Rasulullah Saw. bersabda kepada Ali ra., “Hai Ali, mengapa engkau menangis ketika mambaca :
قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ
“Katakanlah (Hai Muhammad), apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui?” (QS. Az-Zumar : 9)
Ali menjawab, “Bagaimana aku tidak menangis, sedang Allah berfirman, “Katakanlah, Apakah sama orang-orang yang mengetahui dan yang tidak mengetahui”, sedangkan bapak kita Adam adalah orang yang paling pandai.”
“Allah Swt. berfirman, mengenai Adam, bahwa Allah mengajarkan semua nama kepada Adam. Sementara kami tidak mengetahui seperti dia, bagaimana kita bisa sama dengan dia?”
Turunlah Jibri, seraya berkata, “Katakanlah kepada Ali : Bukanlah hai itu seperti yang engkau duga, tetapi tidaklah sama pada hari kiamat antara orang kafir dan orang-orang yang beriman.”
Orang kafir tidak menyembah kecuali berhala dan tidak beriman kepada Allah serta hari akhir. Sedangkan orang mukmin menyembah Allah dan setiap waktu mengucapkan Tiada Tuhan selain Allah Muhammad Rasulullah.
Apabila berbuat kebaikan mereka gembira, apabila berbuat dosa minta ampun dan apabila bepergian memendekkan shalat dan berbuka puasa. Tentulah tidak sama antara orang kafir dan orang mukmin, tempat orang kafir di neraka dan tempat orang mukmin di surga.
Post a Comment