LARANGAN BANYAK BERBICARA DAN ANJURAN MENGINGAT KEMATIAN
LARANGAN BANYAK BERBICARA DAN ANJURAN MENGINGAT KEMATIAN
الحديث الثالث عشر : النهي عن كثرة الكلام والحث على ذكر الموت
عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم مصلاه فرأى أناسا يكثرون الكلام فقال أما انكم لو أكثرتم ذكرها ذم اللذات لشغلكم عما أرى فأكثر واذكرها ذم اللذات يعني الموت فإنه لم يأت على القبور يوم إلا وتتكلم بست كلمات فتقول أنا بيت الغربة وأنا بيت الوحدة وأنا بيت الوحشة وأنا بيت الظلمة وأنا بيت التراب وأنا بيت الدود فإذا دفن العبد المؤمن قال له القبر مرحبا وأهلا وسهلا أما إنك كنت لاحب من يمشي على ظهري إلي فإذا أوليتك اليوم وصرت إلي فستري صنعي بك فيوسع له القبر مد بصره ويفتح له باب الجنة وإذا دفن العبد الكافر قال له القبر لا مرحبا ولا أهلا ولاسهلا أما أنك كنت لا بغض من يمشي على ظهري إلي فإذا أوليتك اليوم وصرت إلي فستري صنعي بك فيلتئم القبر عليه حتى تختلف أضلاعه قال فأشار النبي عليه الصلاوة والسلام بأصابعه فادخل بعضها في بعض ثم قال فيقبض الله سبعين تنينا لو أن واحدا منها نفخ في الأرض ما أنبتت شيئا ما بقيت الدنيا فينهشه ويخدشه حتى يفضى به إلى الحساب قال رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم إنما القبر روضة من رياض الجنة أو حفرة من حفر النيران.
( حكي ) عن أبي بكر الاسماعيلي بإسناده عن عثمان بن عفان رضي الله تعالى عنه) انه كان إذا وصفت عنده النار لم يكن يبكي وإذا وصفت القيامة لم يكن يبكي وإذا وصف القبر كان يبكي فقيل له ما هذا يا أمير المؤمنين فقال إني إذا كنت فى النار كنت مع الناس وإذا كنت فى القيامة كنت مع الناس وإذا كنت فى القبر كنت واحدا لم يكن معي أحد فى القبر من الناس وإن مفتاح القبر مع إسرافيل عليه السلام وهو يفتحه يوم القيامة وكان يقول من كانت الدنيا سجنه كان القبر جنته ومن كانت الدنيا جنته كان القبر محبسه ومن كانت الحياة الدنيا قيده فإن الموت اطلاقه ومن ترك نصيبه فى الدنيا استوفاه فى العقبي وكان يقـول خـير النـاس من ترك الدنيا قبل أن تتركه وأرضى ربه قبل أن يلقاه وعمر قبره قبل أن يدخله.
( حكي عن حسن البصري ) أنه كان جالسا على باب داره إذ مرت به جنازة رجل وخلفها أناس وتحت الجنازة بنت صغيرة ساعية قد نقضت شعر رأسها وهي تبكي قال فقام الحسن وتبع الجنازة فقالت البنت ياابت لم يستقبلني يوم مثل يومي هذا في عمري قال الحسن للبنت لم يستقبل لابيك مثل هذا اليوم قال فصلى الحسن على الجنازة ورجع فلما كان من الغد وصلى الحسن بالغداوة وطلعت الشمس وجلس على باب داره اذهو رأى تلك البنت تبكي وتذهب إلى قبر أبيها زائرة له قال الحسن إن هذه البنت حكيمة أتبعها عسى أن تتكلم بكلمة تنفعني قال فتبعها الحسن فلما بلغت إلى قبر أبيها اختفى الحسن عن عينها تحت شوكه قال فعانقت البنت قبر أبيها ووضعت خدها على التراب وهي تقول يا أبت كيف بت في ظلمة القبر وحيدا بلا سراج ولا مؤنس يا أبت أسرجت لك ليلة أول أمس فمن أسرج لك البارحة يا أبت افترشت لك ليلة أول أمس فمن افترش لك البارحة يا أبت غمزت لك يديك ورجليك ليلة أول أمس فمن غمزك البارحة يا أبت سقيتك ليلة أول أمس فمن سقاك البارحة يا أبت قلبتك من جانب إلى جانب ليلة أول أمس فمن قلبك البارحة يا أبت سترت أعضاءك التي تجردت ليلة أول أمس فمن سترك البارحة يا أبت تأملت في وجهك ليلة أول أمس فمن تأمل في وجهك البارحة يا أبت ناديتنا ليلة أول امس فأحببناك فمن دعوت البارحة ومن أجابك يا أبت أطعمتك ليلة أول أمس حين اشتهيت الطعام فهل اشتهيت الطعام البارحة ومن اطعمك البارحة يا أبت كنت أطبخ لك ألوان الطعام فمن طبخ لك البارحة قال فبكى الحسن وأظهر نفسه عليها وتقربها وقال يابنية لاتقولي هذه الأشياء ولكن قولي وجهناك إلى قبلة أفبقيت كذلك أم حولت إلى غيرها يا أبت كفناك بأحسن الأكفان أفبقيت أم نزعت عنك يا أبت وضعناك فى القبر وأنت صحيح البدن أفبقيت كذلك أم أكلك الديدان وقولي يا أبت إن العلماء يقولون يسأل العبد عن الإيمان فمنهم من يجيب ومنهم من يحرم أأجبت أنت عن الإيمان أم حرمت من الجواب يا أبت إن العلماء يقولون يوسع القبر على بعضهم ويضيق على بعضهم أضاق عليك القبر أم وسع يا أبت إن العلماء يقولون يبدل بعضهم بأكفان من الجنة وبعضهم بأكفان من النار أبدلت لك من النار أم من الجنة يا أبت إن العلماء يقولون القبر روضة من رياض الجنة أوحفرة من النيران يا أبت إن العلماء يقولون القبر يعانق بعضهم كالوالدة الشفيقة ويبغض ويعصب بعضهم حتى تختلط أضلاعهم أعانقك القبر أم أبغضك يا أبت إن العلماء يقولون كل من وضع فى القبر يندم التقي إنه لم يكثر الحسنات والعاصي لم ارتكب السيئات فندمت أنت على سيئاتك أم على قلة حسناتك يا أبت كنت إذا ناديتك أجبتني وطالما أناديك على رأس قبرك فكيف لا أسمع صوتك يا أبت غبت غيبة لا تلقاني إلى يوم القيامة اللهم لاتحرمنا لقاءه يوم القيامة فقالت ياحسن ما أحسن ماتنوحت على أبي وما أحسن ما وعظتني ونبهتني عن نومة الغافلين ثم رجعت مع الحسن باكية.
Dari Abi Said Al-Khudri diriwayatkan, abhwa suatu hari Nabi Saw. ke tempat sembahyang, beliau melihat orang-orang sedang asyik berbincang-bincang, lalu Beliau bersabda “Andaikata kalian banyak mengingat “pemutus kenikmatan” niscaya kalian tidak banyak berbicara seperti ini, seringlah mengingat pemutus kenikmatan, yakni kematian.”
Rasulullah Saw. bersabda :
الْقَبْرُرَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ أَوْحُفْرَةٌ مِنْ حُفَرِالنِّيْرَانِ.
“Kubur itu bisa merupakan salah satu kebun surga atau salah satu parit neraka.”
Diceritakan dari Abu Bakar Al-Isma’ili dengan sanadnya dari Usman bin Affan, bahwa apabila mendengar cerita neraka, ia tidak menangis. Bila mendengar cerita kiamat, ai tidak menangis. Namun, apabila mendengar cerita kubur, ia menangis.
Ada yang bertanya, “Mengapa demikian, wahai Amirul Mukmini?” Usman menjawab, “Apabila aku berada di neraka, aku tinggal bersama orang lain, pada hari kiamat aku bersama orang alin, namun apabila aku berada di kubur, aku hanya seorang diri.”
Kunci kubur dipegang oleh Israfil, dialah yang membuka pada hari kiamat dan ia berkata, “Barangsiapa yang di dunianya sebagai penjaranya, maka kuburnya adalah surganya. Barangsiapa yang dunianya adalah surganya, amka kuburnya dalah penjaranya. Barangsiapa kehidupannya diikat oleh dunia, maka kematian merupakan pembebasannya.
Dan barangsiapa meinggalkan bagiannya didunia, maka ia akan memperolehnya di akhirat.”
Ia berkata, “Sebaik-baik manusia adalah orang yang meninggalkan dunia sebelum dunia meninggalkannya, membuat ridha Tuhan sebelum bertemu dengan-Nya dan memakmurkan kubur sebelum memasukinya.”
Diceritakan dari Hasan Al-Basri, bahwa ia sedang duduk di pintu rumah tiba-tiba lewat jenazah seorang laki-laki, di belakangnya banyak orang, sedang di bawah jwnazah berjalan seorang anak kecil perempuan dengan rambut teruraisambil menangis.
Al-Hasan mengikut jenazah. Sedangkan anak perempuan yang di bawah jenazah itu berkata, “Hai bapakku, mengapa tiba hari yang semacam ini dalam hidupku?” Al-Hasazn berkata kepada anak perempuan itu, “Tidak akan datang lagi hari yang seperti ini kepada ayahmu.”
Al-Hasan menyembahyangi jenazah, terus pulang.
Keesokan hari, Al-Hasan pergi ke masjid untuk salat subuh, setelah duduk di pintu rumah.
Tiba-tiba ia melihat anak perempuan yang dilihat kemarin lewat sambal menangis dan berziarah menuju makam ayahnya.
Al-Hasan berkata, “Sesungguhnya anak perempuan ini cerdas, sebaiknya kuikuti dia, barangkali ia akan mengucapkan perkataan yang bermanfaat bagiku.”
Al-Hasan mengikuti anak itu. Ketika ia tiba makam ayahnya, Al-Hasan bersembunyi. Anak perempuan itu memeluk makan sang ayah dan meletakkan pipi di atas tanah seraya berkata, “Wahai ayahku, bagaimana engkau tinggal di dalam kegelapan makam seorang diri tanpa lampu maupun penghibur?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kunyalakan lampu untukmu, siapakah yang menyalakan lampu bagimu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kuhamparkan alas tidur bagimu, siapakah yang menghamparkan alas tidur bagimu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kupijit kedua tangan dan kakimu, siapakah yang memijitmu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kubalik tubuhmu dari satu sisi ke sisi yang lain. Siapakah yang membalikmu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kututupi anggota-anggota badanmu yang terbuka kemarin malam, siapakah yang menutupimu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kuberi engkau minuman, siapakah yang memberimu minuman tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam engkau memanggil kami dan kami menjawab panggilanmu, siapakah yang engkau panggil tadi malam dan siapakah yang menjaab panggilanmu?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kuberi engkau makanan ketika engkau ingin makan, apakah tadi malam engkau menyukai makanan dan siapakh yang memeberimu makanan?”
“Wahai ayahku, kemarin malam aku memasak macam-macam makanan untukmu, siapakah yang memasak amkanan untukmu tadi malam?”
Al-Hasan pun menangis dan menampakkan diri kepada anak perempuan itu dan berkata, “Wahai anakku, janganlah engkau mengucapkan kata-kata ini, akan tetapi katakanlah.
“Wahai ayahku, kamu telah menghadapkanmu ke arah kiblat, apakah engkau tetap demikian ataukah telah dihadapkan ke tempat lain?”
“Wahai ayahku, kami telah mengafanimu dengan kafan terbaik, apakah tetap begitu ataukah kafan itu telah ditinggalkan darimu?”
“Wahai ayahku, kami meletakkan badanmu di dalam kubur dalam keadaan utuh, apakah engkau tetap begitu ataukah engkau telah dimakan cacing?”
“Wahai ayahku, para ulama berkata bahwa kubur itu dilapangkan bagi sebagian manusia dan disempitkan bagi sabgian yang lain, apakah kubur itu terasa sempit bagimu ataukah terasa lapang?”
“Sesungguhnya para ulama berkata, bahwa sebagian mereka diganti kafannya dengan kafan dari surga dan sebagian lainnya diganti dengan kafan dari neraka, apakah kafanmu diganti dengan kafan dari neraka atau dari surga?”
“Wahai ayahku, sesungguhnya para ulama berkata, bahwa kubur itu bisa merupakan salah satu kebun surga atau salah satu parit neraka.”
“Wahai ayahku, sesungguhnya para ulama berkata, bahwa kubur itu memeluk sebagian penghuninya seperti ibu yang penuh kasih sayang dan bisa membenci serta menghimipt sebagian manusia hingga tertindih tulang-tualng rusuk mereka, apakah kubur ini memelukmu atau membencimu?”
“Wahai ayahku, para ulama berkata, bahwa siapa yang diletakkan dalam kubur, bila ia seorang yang bertakwa ia pun menyesal karena kurang banyak berbuat kebaikan dan bila ia seorang berdosa ia menyesal mengapa telah melakukan kemaksiat, apakah engkau menyesal atas dosa-dosamu atau karena sedikitnya kebaikanmu?”
“Wahai ayahku, biasanya waktu aku memanggilmu tentu engkau menjawab panggilanku dan telah lama aku memanggilmu di kepala kuburmu mengapa aku tidak mendengar suaramu?”
“Wahai ayahku, engkau telah pergi dan aku tidak bisa berjumpa denganmu hingga hari kiamat, ya Allah janganlah engkau haramkan kami dari pertmuan dengannya di hari kiamat.”
Kemudian anak perempuan itu berkata, “Hai Hasan, alangkah baiknya perkataan yang engkau ucapkan untuk ayahku dan alangkah baiknya nasihatmu kepadaku dan peringatanmu terhadap orang-orang yang lalai.”
Setelah itu, pulanglah anak perempuan itu bersama Hasan Basri sambal menangis.
الحديث الثالث عشر : النهي عن كثرة الكلام والحث على ذكر الموت
عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم مصلاه فرأى أناسا يكثرون الكلام فقال أما انكم لو أكثرتم ذكرها ذم اللذات لشغلكم عما أرى فأكثر واذكرها ذم اللذات يعني الموت فإنه لم يأت على القبور يوم إلا وتتكلم بست كلمات فتقول أنا بيت الغربة وأنا بيت الوحدة وأنا بيت الوحشة وأنا بيت الظلمة وأنا بيت التراب وأنا بيت الدود فإذا دفن العبد المؤمن قال له القبر مرحبا وأهلا وسهلا أما إنك كنت لاحب من يمشي على ظهري إلي فإذا أوليتك اليوم وصرت إلي فستري صنعي بك فيوسع له القبر مد بصره ويفتح له باب الجنة وإذا دفن العبد الكافر قال له القبر لا مرحبا ولا أهلا ولاسهلا أما أنك كنت لا بغض من يمشي على ظهري إلي فإذا أوليتك اليوم وصرت إلي فستري صنعي بك فيلتئم القبر عليه حتى تختلف أضلاعه قال فأشار النبي عليه الصلاوة والسلام بأصابعه فادخل بعضها في بعض ثم قال فيقبض الله سبعين تنينا لو أن واحدا منها نفخ في الأرض ما أنبتت شيئا ما بقيت الدنيا فينهشه ويخدشه حتى يفضى به إلى الحساب قال رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم إنما القبر روضة من رياض الجنة أو حفرة من حفر النيران.
( حكي ) عن أبي بكر الاسماعيلي بإسناده عن عثمان بن عفان رضي الله تعالى عنه) انه كان إذا وصفت عنده النار لم يكن يبكي وإذا وصفت القيامة لم يكن يبكي وإذا وصف القبر كان يبكي فقيل له ما هذا يا أمير المؤمنين فقال إني إذا كنت فى النار كنت مع الناس وإذا كنت فى القيامة كنت مع الناس وإذا كنت فى القبر كنت واحدا لم يكن معي أحد فى القبر من الناس وإن مفتاح القبر مع إسرافيل عليه السلام وهو يفتحه يوم القيامة وكان يقول من كانت الدنيا سجنه كان القبر جنته ومن كانت الدنيا جنته كان القبر محبسه ومن كانت الحياة الدنيا قيده فإن الموت اطلاقه ومن ترك نصيبه فى الدنيا استوفاه فى العقبي وكان يقـول خـير النـاس من ترك الدنيا قبل أن تتركه وأرضى ربه قبل أن يلقاه وعمر قبره قبل أن يدخله.
( حكي عن حسن البصري ) أنه كان جالسا على باب داره إذ مرت به جنازة رجل وخلفها أناس وتحت الجنازة بنت صغيرة ساعية قد نقضت شعر رأسها وهي تبكي قال فقام الحسن وتبع الجنازة فقالت البنت ياابت لم يستقبلني يوم مثل يومي هذا في عمري قال الحسن للبنت لم يستقبل لابيك مثل هذا اليوم قال فصلى الحسن على الجنازة ورجع فلما كان من الغد وصلى الحسن بالغداوة وطلعت الشمس وجلس على باب داره اذهو رأى تلك البنت تبكي وتذهب إلى قبر أبيها زائرة له قال الحسن إن هذه البنت حكيمة أتبعها عسى أن تتكلم بكلمة تنفعني قال فتبعها الحسن فلما بلغت إلى قبر أبيها اختفى الحسن عن عينها تحت شوكه قال فعانقت البنت قبر أبيها ووضعت خدها على التراب وهي تقول يا أبت كيف بت في ظلمة القبر وحيدا بلا سراج ولا مؤنس يا أبت أسرجت لك ليلة أول أمس فمن أسرج لك البارحة يا أبت افترشت لك ليلة أول أمس فمن افترش لك البارحة يا أبت غمزت لك يديك ورجليك ليلة أول أمس فمن غمزك البارحة يا أبت سقيتك ليلة أول أمس فمن سقاك البارحة يا أبت قلبتك من جانب إلى جانب ليلة أول أمس فمن قلبك البارحة يا أبت سترت أعضاءك التي تجردت ليلة أول أمس فمن سترك البارحة يا أبت تأملت في وجهك ليلة أول أمس فمن تأمل في وجهك البارحة يا أبت ناديتنا ليلة أول امس فأحببناك فمن دعوت البارحة ومن أجابك يا أبت أطعمتك ليلة أول أمس حين اشتهيت الطعام فهل اشتهيت الطعام البارحة ومن اطعمك البارحة يا أبت كنت أطبخ لك ألوان الطعام فمن طبخ لك البارحة قال فبكى الحسن وأظهر نفسه عليها وتقربها وقال يابنية لاتقولي هذه الأشياء ولكن قولي وجهناك إلى قبلة أفبقيت كذلك أم حولت إلى غيرها يا أبت كفناك بأحسن الأكفان أفبقيت أم نزعت عنك يا أبت وضعناك فى القبر وأنت صحيح البدن أفبقيت كذلك أم أكلك الديدان وقولي يا أبت إن العلماء يقولون يسأل العبد عن الإيمان فمنهم من يجيب ومنهم من يحرم أأجبت أنت عن الإيمان أم حرمت من الجواب يا أبت إن العلماء يقولون يوسع القبر على بعضهم ويضيق على بعضهم أضاق عليك القبر أم وسع يا أبت إن العلماء يقولون يبدل بعضهم بأكفان من الجنة وبعضهم بأكفان من النار أبدلت لك من النار أم من الجنة يا أبت إن العلماء يقولون القبر روضة من رياض الجنة أوحفرة من النيران يا أبت إن العلماء يقولون القبر يعانق بعضهم كالوالدة الشفيقة ويبغض ويعصب بعضهم حتى تختلط أضلاعهم أعانقك القبر أم أبغضك يا أبت إن العلماء يقولون كل من وضع فى القبر يندم التقي إنه لم يكثر الحسنات والعاصي لم ارتكب السيئات فندمت أنت على سيئاتك أم على قلة حسناتك يا أبت كنت إذا ناديتك أجبتني وطالما أناديك على رأس قبرك فكيف لا أسمع صوتك يا أبت غبت غيبة لا تلقاني إلى يوم القيامة اللهم لاتحرمنا لقاءه يوم القيامة فقالت ياحسن ما أحسن ماتنوحت على أبي وما أحسن ما وعظتني ونبهتني عن نومة الغافلين ثم رجعت مع الحسن باكية.
Dari Abi Said Al-Khudri diriwayatkan, abhwa suatu hari Nabi Saw. ke tempat sembahyang, beliau melihat orang-orang sedang asyik berbincang-bincang, lalu Beliau bersabda “Andaikata kalian banyak mengingat “pemutus kenikmatan” niscaya kalian tidak banyak berbicara seperti ini, seringlah mengingat pemutus kenikmatan, yakni kematian.”
Rasulullah Saw. bersabda :
الْقَبْرُرَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ أَوْحُفْرَةٌ مِنْ حُفَرِالنِّيْرَانِ.
“Kubur itu bisa merupakan salah satu kebun surga atau salah satu parit neraka.”
Diceritakan dari Abu Bakar Al-Isma’ili dengan sanadnya dari Usman bin Affan, bahwa apabila mendengar cerita neraka, ia tidak menangis. Bila mendengar cerita kiamat, ai tidak menangis. Namun, apabila mendengar cerita kubur, ia menangis.
Ada yang bertanya, “Mengapa demikian, wahai Amirul Mukmini?” Usman menjawab, “Apabila aku berada di neraka, aku tinggal bersama orang lain, pada hari kiamat aku bersama orang alin, namun apabila aku berada di kubur, aku hanya seorang diri.”
Kunci kubur dipegang oleh Israfil, dialah yang membuka pada hari kiamat dan ia berkata, “Barangsiapa yang di dunianya sebagai penjaranya, maka kuburnya adalah surganya. Barangsiapa yang dunianya adalah surganya, amka kuburnya dalah penjaranya. Barangsiapa kehidupannya diikat oleh dunia, maka kematian merupakan pembebasannya.
Dan barangsiapa meinggalkan bagiannya didunia, maka ia akan memperolehnya di akhirat.”
Ia berkata, “Sebaik-baik manusia adalah orang yang meninggalkan dunia sebelum dunia meninggalkannya, membuat ridha Tuhan sebelum bertemu dengan-Nya dan memakmurkan kubur sebelum memasukinya.”
Diceritakan dari Hasan Al-Basri, bahwa ia sedang duduk di pintu rumah tiba-tiba lewat jenazah seorang laki-laki, di belakangnya banyak orang, sedang di bawah jwnazah berjalan seorang anak kecil perempuan dengan rambut teruraisambil menangis.
Al-Hasan mengikut jenazah. Sedangkan anak perempuan yang di bawah jenazah itu berkata, “Hai bapakku, mengapa tiba hari yang semacam ini dalam hidupku?” Al-Hasazn berkata kepada anak perempuan itu, “Tidak akan datang lagi hari yang seperti ini kepada ayahmu.”
Al-Hasan menyembahyangi jenazah, terus pulang.
Keesokan hari, Al-Hasan pergi ke masjid untuk salat subuh, setelah duduk di pintu rumah.
Tiba-tiba ia melihat anak perempuan yang dilihat kemarin lewat sambal menangis dan berziarah menuju makam ayahnya.
Al-Hasan berkata, “Sesungguhnya anak perempuan ini cerdas, sebaiknya kuikuti dia, barangkali ia akan mengucapkan perkataan yang bermanfaat bagiku.”
Al-Hasan mengikuti anak itu. Ketika ia tiba makam ayahnya, Al-Hasan bersembunyi. Anak perempuan itu memeluk makan sang ayah dan meletakkan pipi di atas tanah seraya berkata, “Wahai ayahku, bagaimana engkau tinggal di dalam kegelapan makam seorang diri tanpa lampu maupun penghibur?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kunyalakan lampu untukmu, siapakah yang menyalakan lampu bagimu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kuhamparkan alas tidur bagimu, siapakah yang menghamparkan alas tidur bagimu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kupijit kedua tangan dan kakimu, siapakah yang memijitmu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kubalik tubuhmu dari satu sisi ke sisi yang lain. Siapakah yang membalikmu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kututupi anggota-anggota badanmu yang terbuka kemarin malam, siapakah yang menutupimu tadi malam?”
“Wahai ayahku, kuberi engkau minuman, siapakah yang memberimu minuman tadi malam?”
“Wahai ayahku, kemarin malam engkau memanggil kami dan kami menjawab panggilanmu, siapakah yang engkau panggil tadi malam dan siapakah yang menjaab panggilanmu?”
“Wahai ayahku, kemarin malam kuberi engkau makanan ketika engkau ingin makan, apakah tadi malam engkau menyukai makanan dan siapakh yang memeberimu makanan?”
“Wahai ayahku, kemarin malam aku memasak macam-macam makanan untukmu, siapakah yang memasak amkanan untukmu tadi malam?”
Al-Hasan pun menangis dan menampakkan diri kepada anak perempuan itu dan berkata, “Wahai anakku, janganlah engkau mengucapkan kata-kata ini, akan tetapi katakanlah.
“Wahai ayahku, kamu telah menghadapkanmu ke arah kiblat, apakah engkau tetap demikian ataukah telah dihadapkan ke tempat lain?”
“Wahai ayahku, kami telah mengafanimu dengan kafan terbaik, apakah tetap begitu ataukah kafan itu telah ditinggalkan darimu?”
“Wahai ayahku, kami meletakkan badanmu di dalam kubur dalam keadaan utuh, apakah engkau tetap begitu ataukah engkau telah dimakan cacing?”
“Wahai ayahku, para ulama berkata bahwa kubur itu dilapangkan bagi sebagian manusia dan disempitkan bagi sabgian yang lain, apakah kubur itu terasa sempit bagimu ataukah terasa lapang?”
“Sesungguhnya para ulama berkata, bahwa sebagian mereka diganti kafannya dengan kafan dari surga dan sebagian lainnya diganti dengan kafan dari neraka, apakah kafanmu diganti dengan kafan dari neraka atau dari surga?”
“Wahai ayahku, sesungguhnya para ulama berkata, bahwa kubur itu bisa merupakan salah satu kebun surga atau salah satu parit neraka.”
“Wahai ayahku, sesungguhnya para ulama berkata, bahwa kubur itu memeluk sebagian penghuninya seperti ibu yang penuh kasih sayang dan bisa membenci serta menghimipt sebagian manusia hingga tertindih tulang-tualng rusuk mereka, apakah kubur ini memelukmu atau membencimu?”
“Wahai ayahku, para ulama berkata, bahwa siapa yang diletakkan dalam kubur, bila ia seorang yang bertakwa ia pun menyesal karena kurang banyak berbuat kebaikan dan bila ia seorang berdosa ia menyesal mengapa telah melakukan kemaksiat, apakah engkau menyesal atas dosa-dosamu atau karena sedikitnya kebaikanmu?”
“Wahai ayahku, biasanya waktu aku memanggilmu tentu engkau menjawab panggilanku dan telah lama aku memanggilmu di kepala kuburmu mengapa aku tidak mendengar suaramu?”
“Wahai ayahku, engkau telah pergi dan aku tidak bisa berjumpa denganmu hingga hari kiamat, ya Allah janganlah engkau haramkan kami dari pertmuan dengannya di hari kiamat.”
Kemudian anak perempuan itu berkata, “Hai Hasan, alangkah baiknya perkataan yang engkau ucapkan untuk ayahku dan alangkah baiknya nasihatmu kepadaku dan peringatanmu terhadap orang-orang yang lalai.”
Setelah itu, pulanglah anak perempuan itu bersama Hasan Basri sambal menangis.
Post a Comment