Bermula Dari Ilmu Kemudian Timbul Iman Dan Akan Mendorong Amal Shalih

Bermula Dari Ilmu Kemudian Timbul Iman Dan Akan Mendorong Amal Shalih


الحمد لله الذى فضل على بنى آدم بالعلم والعمل على جميع العالم، والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم، وعلى آله وأصحابه ينابيع العلوم والحكم.
Hadirin yang dirahmati Allah...Segala puji bagi Allah yang telah mengangkat harkat derajat manusia dengan ilmu dan amal, atas seluruh alam. Salawat dan Salam semoga terlimpah atas Nabi Muhammad penebar cahaya kebenaran, pemimpin seluruh umat manusia, sehingga kita memperoleh kenikmatan iman islam dan ikhsan, dan semoga pula tercurah rahmat dan keselamatan atas keluarga dan para sahabatnya yang menjadi sumber ilmu dan hikmah.
Muslimin yang berbahagia...Allah dan Rasulnya memerintahkan manusia supaya berilmu ini disebutkan dalam Al-Qur’an maupun Hadist yang menjelaskan tentang penting dan utamanya ilmu. Karena apa ? karena ilmu adalah sebagai pintu Allah menurunkan hidayah disebagian besar umat manusia.

 Ilmu itu cahaya, yaitu cahaya yang menunjukkan seseorang kejalan yang benar. Karena ilmu menduduki posisi yang penting dan utama dalam agama, maka menuntut ilmu itu hukumnya wajib (fardu ‘ain) atas setiap orang Islam laki-laki maupun perempuan. Nabi Muhammad saw. Bersabda : “Menuntut ilmu itu wajib atas setip muslim laki-laki dan perempuan”.
Menuntut ilmu wajib dalam hal ini adalah ilmu lahir maupun batin, ilmu lahir (amal anggota badan) yang terdiri dari adat dan ibadat dan ilmu batin yang terdiri atas keadaan hati dan budi pekerti (akhlaq) yang masing-masing terbagi dalam dua hal yang terpuji dan tercela.
Saudaraku yang dirahmati AllahKeutamaan menjadi orang berilmu sangat banyak sekali diantaranyan yang jelas diterangkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Mujadalah ayat 11 :
... يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (١١)
... niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Yaitu derajat orang-orang berilmu akan ditinggikan oleh Allah SWT. dengan mengaruniakan kepada ahlul ilmikasih sayang dan pengampuanan. Terwujud melalui para Malaikat yang selalu mendoakan keselamatan dan pengampunan bagi orang-orang yang menempuh jalan mencari ilmu, dengannyapun Allah akan memudahkan jalannya untuk melakukan amal-amal kebaikan sehingga dimudahkan dirinya jalan untuk menuju surga.
Dengan demikian jika di antara kita yang tidak menyadari akan keutamaan ilmu maka ia termasuk orang yang lalai dan kelak akan menjadi orang yang merugi. Ditandai dengan sikapnya bermalas-malasandalam hal memperoleh ilmu seperti malas pergi ke Majlis Ta’lim atau malas membaca berbagai kitab agama dan ilmu pengetahuan.
Hadirin rakhimakumullah.Kita cukupkan kiranya pembahasan kita tentang keutamaan ilmu dan menuntutnya, karena kalau kita bahas semua pasti akan memakan waktu yang sangat panjang. Yang terpenting dalam pembahasan ini adalah sikap ahli ilmu dalam mengamalkan ilmunya.

 Karena ilmu saja tanpa ada pengamalan ibarat pohon tapi tidak pernah berbuah. Jika pohon tidak berbuah maka akan kurang manfaatnya, sehingga suat ketika si-pohon akan segera ditebang oleh pemiliknya kemudian dijadikan kayu bakar.
Iman datang karena ilmu (mengetahui), jika iman sudah ada dan melekat dihati maka harus senantiasa diikuti dengan amal shalih, karena dalam al-qur’an selalu menggandengkan iman dan amal shalih karena itu erat kaitannya dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri atau dipisahkan. 

Jadi ilmu itu menjadi mulia dan pemilik ilmu pun menjadi mulia karena digandengkan degan Iman dan Amal Shalih. Rasulullah  saw  pertama-tama  memerintahkan umatnya  untuk menguasai ilmu tauhid (Keimanan), baru kemudian memohonkan ampunan yang berupa amal perbuatan.
Hadirin rakhimakumullah.Karena Ilmu letaknya selalu didepan maka jika orang tidak mengetahui maka kewajibannya adalah mendahulukan Ilmu atas Amal.Dalil yang yang menguatkan keutamaan mendahulukan ilmu ialah ayat berikut ini:
"... Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama..." (Fathir: 28)
Ilmu pengetahuanlah yang menyebabkan rasa takut kepada  Allah, dan mendorong manusia kepada amal perbuatan.Sementara   dalil   yang   berasal  dari  hadits  ialah  sabda Rasulullah saw:
"Barangsiapa dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka dia akan diberi-Nya pemahaman tentang agamanya."
Karena bila dia memahami ajaran agamanya,  dia  akan  beramal, dan melakukan amalan itu dengan baik.
Dalil   lain   yang   menunjukkan   kebenaran   tindakan  kita mendahulukan ilmu atas amal ialah bahwa ayat yang pertama kali diturunkan  ialah  "Bacalah."  Dan  membaca  ialah  kunci ilmu pengetahuan;  dan  setelah  itu  baru  diturunkan  ayat   yang berkaitan dengan kerja (amal).
Sesungguhnya ilmu  pengetahuan  mesti  didahulukan  atas  amal perbuatan,  karena  ilmu  pengetahuanlah yang mampu membedakan antara yang haq dan yang bathil dalam keyakinan umat  manusia,  antara  yang  benar  dan yang salah di dalam perkataan mereka, antara perbuatan-perbuatan yang  disunatkan  dan  yang  bid'ah dalam  ibadah.

 antara yang benar dan yang tidak benar di dalam melakukan muamalah, antara tindakan yang  halal  dan  tindakan yang  haram, antara yang terpuji dan yang hina di dalam akhlak manusia, antara ukuran yang diterima dan ukuran yang  ditolak, antara  perbuatan  dan  perkataan  yang bisa diterima dan yang tidak dapat diterima.
Hadirin rakhimakumullah.Demikianlah Kumpulan Ceramah Agama Islam singkat ini semoga kita dikarunia Allah dengan ilmu-ilmunya yang Maha Luas sehingga akan memperkuat iman dan takwa kita, yang akan mendorong kuat sehingga kita ringan dalam beramal kebaikan karena berharap keridhoan Allah SWT. Amin..
Kurang dan kesalahannya mohon ma’af, Wallahu a’lam bishowabWassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar