Keutamaan Tarawih

Keutamaan Tarawih 
Alhamdu lillahi wash-sholaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillaahi wa’alaa aalihi wa shohbihi wa man tabi’ahu asyhadu allaa ilaaha illallohu wa asyhadu anna muhammadaan rasuulullohi. Amma ba’du.
Segenap syukur untukNya Sang Maha Kuasa. Atas nikmat yang tiada hentinya. Sholawat dan salam teruntuk Nabi Mulia, Muhammad Saw. Pada kultum sebelumnya kita sudah membahas keutamaan tarawih yakni dihapuskan dosa-dosa dan sunnah yang sangat dianjurkan oleh nabi. Berikut adalah keutamaan berikutnya. Ketiga. Mendapat Pahala Qiyam Semalam Penuh. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar, Rasulullah saw. bersabda: 
“Barang siapa qiyamul lain bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya (pahala) qiyam satu malam (penuh).” (HR Ahmad, Abu Daud, dll) Hadits shohih di atas menunjukan fadilah shalat tarawih dilaksanakan secara berjamaah di masjid. Pahalanya luar biasa, semisal kita shalat malam semalam suntuk. Alhamdulillah. Perihal hitungan / jumlah rakaat tarawih ada beberapa pendapat. Silakan saja mengikuti pendapat yang rajih. Perbedaan pendapat bukan jadi ajang saling serang. Saling menghargai. Energi kita, tinimbang habis untuk debat, alangkah lebih baiknya digunakan untuk mengajak orang lain pada kebaikan atau mencegah kemungkaran. Demikian secara singkat keutamaan shalat tarawih. Harapannya ini menjadi motivasi bagi diri untuk giat beribadah. Jangan sampai bolong-bolong. Semoga Allah senantiasa membimbing langkah kita. Aamiin Ya Robbal Alamin. Nashrun minalloh wafathun qorib.

Tidak ada komentar