Keadaan Malaikat Maut Bagaimana Dia Mencabut Ruh
Keadaan Malaikat Maut Bagaimana Dia Mencabut Ruh
ذكر فى كتاب السلوك عن مقاتل سليمان أن ملك الموت كان له سرير فى السماء السبعة ويقال فى الرابعة، خلقه الله تعالى من نور وله سبعون ألف قائمة وله أربعة آلاف جناح مملوء جميع جسده بالعيون والألسن وليس أحد من الخلق من الآدميين والطيور وكل ذى روح إلا وله فى جسده وجه وعين ويد وأذن بعدد كل إنسان، فيأخذ بتلك اليد الروح وينظر بالوجه الذي يحاذيه ولذلك يقبض روح المخلوقين في كل مكان فإذا ماتت نفس فى الدنيا ذهب من جسده صورتها.
Dijelaskan di dalam Kitab As-Suluk dari Muqotil Sulaiman, sesungguhnya Malaikat Maut memiliki dari 4 ranjang (tempat tidur) di langit ketujuh, dan dikatakan (dalam riwayat lain bahwa ranjang itu ada) di langit keempat.
Allah Yang Maha Luhur menciptakan Malaikat Maut dari cahaya, dia memiliki 70.000 kaki dan dia memiliki 4.000 sayap, seluruh tubuhnya dipenuhi dengan mata-mata dan lisan-lisan. Tiada satupun dari makhluk baik manusia, burung-burung, dan setiap yang memiliki ruh, kecuali baginya di dalam tubuh Malaikat Maut terdapat wajah, mata, tangan, dan telinga sejumlah semua manusia (maksudnya semua makhluk yang memiliki nyawa).
Lalu Malaikat Maut mengambil ruh dengan tangan itu dan dia melihat (wajah makhluk yang ada di tubuhnya) dengan wajahnya yang tepat lurus berada di hadapannya. Karena itulah dia bisa mencabut ruh makhluk-makhluk di setiap tempat. Ketika jiwa makhluk di dunia telah mati maka hilanglah gambarnya (wajahnya) dari tubuh Malaikat Maut.
Allah Yang Maha Luhur menciptakan Malaikat Maut dari cahaya, dia memiliki 70.000 kaki dan dia memiliki 4.000 sayap, seluruh tubuhnya dipenuhi dengan mata-mata dan lisan-lisan. Tiada satupun dari makhluk baik manusia, burung-burung, dan setiap yang memiliki ruh, kecuali baginya di dalam tubuh Malaikat Maut terdapat wajah, mata, tangan, dan telinga sejumlah semua manusia (maksudnya semua makhluk yang memiliki nyawa).
Lalu Malaikat Maut mengambil ruh dengan tangan itu dan dia melihat (wajah makhluk yang ada di tubuhnya) dengan wajahnya yang tepat lurus berada di hadapannya. Karena itulah dia bisa mencabut ruh makhluk-makhluk di setiap tempat. Ketika jiwa makhluk di dunia telah mati maka hilanglah gambarnya (wajahnya) dari tubuh Malaikat Maut.
ويقال أن له أربعة أوجه وجه قدامه والثان على رأسه والثالث على ظهره والربع تحت قدميه فيأخذ أرواح الأنبياء والملائكة من وجه رأسه وأرواح المؤمنين من وجه قدامه وأرواح الكافرين من وجه وراء ظهره وأرواح الجن من وجه قديمه، وإحدى رجليه على جسر جهنم والأخرى على سرير فى الجنة ويقال فى عظمه أنه لو صب ماء جميع البحور والأنهار على رأسه ما وقعت منها قطرة على الأرض ويقال إن الله تعال جعل الدنيا بأسرها فى جنب ملك الموت كخوان قد وضع بين يدى رجل ليأكل منه ما شاء، فكذلك ملك الموت فى الخلائق يقلب الدنيا كما يقلب الآدمى درهما.
Dikatakan (dalam riwayat lain) sesungguhnya Malaikat Maut memiliki 4 wajah, wajah pertama ada di depannya, wajah kedua ada di kepalanya, wajah ketiga ada di punggungnya, dan wajah keempat ada di kedua telapak kakinya. Dia mencabut ruh-ruh para nabi dari wajah di kepalanya, (dia mencabut) ruh orang-orang mukmin dari wajah di depannya, (dia mencabut) ruh orang-orang kafir dari wajah di belakang punggungnya, dan (dia mencabut) ruh jin dari wajah di kedua telapak kakinya. Salah satu dari kedua kakinya ada di atas jembatan Neraka Jahannam dan kaki lainnya ada di atas ranjang di surga.
Dikatakan (dalam riwayat lain) tentang besarnya Malaikat Maut, sesungguhnya jika dituangkan semua air di lautan dan di sungai ke atas kepalanya, maka tidak akan terjatuh darinya air setetespun ke bumi.
Dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah Yang Maha Luhur menjadikan dunia seisinya di dalam lambung (perut) Malaikat Maut seperti hidangan makanan yang disuguhkan di hadapan seseorang agar dia memakan apa yang dia inginkan. Seperti itulah Malaikat Maut di dalam makhluk-makhluk, dia membolak-balikkan dunia sebagaimana seseorang membolak-balikkan sekeping dirham.
Dikatakan (dalam riwayat lain) tentang besarnya Malaikat Maut, sesungguhnya jika dituangkan semua air di lautan dan di sungai ke atas kepalanya, maka tidak akan terjatuh darinya air setetespun ke bumi.
Dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah Yang Maha Luhur menjadikan dunia seisinya di dalam lambung (perut) Malaikat Maut seperti hidangan makanan yang disuguhkan di hadapan seseorang agar dia memakan apa yang dia inginkan. Seperti itulah Malaikat Maut di dalam makhluk-makhluk, dia membolak-balikkan dunia sebagaimana seseorang membolak-balikkan sekeping dirham.
ويقال لا ينزل ملك الموت إلا على الأنبياء والمرسلين وله خليفته على قبض أرواح السباع اى والبهائم ويقال إن الله تعال إذا أفنى خلقه من الناس وغيرهم أفنى تلك العيون التى فى جسده كلها وبقى ثمانية من المخلوقين يقال هم إسرافيل وميكائل وجبرائل وعزرائل واربعة من حملة العرش.
Dikatakan (dalam riwayat lain), Malaikat Maut tidak akan turun kecuali kepada para nabi dan rosul. Malaikat Maut memiliki pengganti dalam mencabut ruh-ruh binatang buas dan binatang ternak.
Dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah Yang Maha Luhur, ketika Dia menghancurkan makhluk-Nya (ketika hari kiamat), baik dari golongan manusia maupun golongan lainnya, Dia menghancurkan mata-mata yang ada di tubuh Malaikat Maut dan tersisa 8 golongan makhluk. Dikatakan (dalam riwayat lain) mereka (yang tersisa) adalah Malaikat Isrofil, Malaikat Mikail, Malaikat Jibril, Malaikat Izroil, dan empat Malaikat Hamalatul Arsy (penyangga Arsy).
Dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah Yang Maha Luhur, ketika Dia menghancurkan makhluk-Nya (ketika hari kiamat), baik dari golongan manusia maupun golongan lainnya, Dia menghancurkan mata-mata yang ada di tubuh Malaikat Maut dan tersisa 8 golongan makhluk. Dikatakan (dalam riwayat lain) mereka (yang tersisa) adalah Malaikat Isrofil, Malaikat Mikail, Malaikat Jibril, Malaikat Izroil, dan empat Malaikat Hamalatul Arsy (penyangga Arsy).
وأما معرفة انتهاء لآجال، فإن ملك الموت إذا وقع إليه نسخة الموت والمرض للعبد يقول إلهى متى أقبض روح العبد وعلى أى حال وهيئة أرفعه؟ فيقول الله تعال : يا ملك الموت هذا علم غيبى لايطلع عليه أحد غير ولكن أعلمك بمجئ وقته، أجعل لك علامات تقف عليها إن ملك الذى هو موكل على الأنفاس وأعمالهم يأتى إليك فيقول تم نفس فلان والذى على أرزاقه وأعماله يقول تم رزقه وعمله وإن كان من السعداء تبين على اسمه الذى هو مكتوب فى صحيفته التى عند ملك الموت خط من نور أبيض حول اسمه وان كان من الأشقياء تبين فيه خط أسود ثم لا يتم للملك علم ذلك حتى تسقط عليه رزقه من الشجرة التى تحت العرش مكتوب على الورقة اسمه فحينئذ يقبض روحه.
Adapun mengetahui tentang datangnya ajal seseorang,
Sesungguhnya Malaikat Maut, ketika jatuh kepadanya tulisan kematian dan waktu sakit seorang hamba, dia berkata. "Wahai Tuhanku, kapan aku akan mencabut ruh hamba itu, dalam keadaan dan kondisi bagaimana aku akan menghilangkan (mencabut) ruhnya ?".
Lalu Allah Yang Maha Luhur menjawab, "Wahai Malaikat Maut, ini adalah ilmu ghaib-Ku, tidak ada seorang pun yang mengetahuinya selain Aku. Tetapi, aku akan memberitahumu waktu datangnya dan Aku akan menjadikan bagimu tanda-tanda yang mana kamu bisa berpegang pada tanda-tanda itu. Sesungguhnya malaikat yang mana dia dipasrahi dengan jiwa-jiwa dan amal mereka akan datang kepadamu, lalu dia berkata "telah sempurna jiwa fulan" dan malaikat yang mana dipasrahi atas rizki-rizki dan amal-amalnya akan berkata "telah sempurna rizki dan amalnya"".
Dan jika hamba itu tergolong orang-orang yang beruntung, maka akan jelas di atas namanya yang tertulis di dalam buku catatan amalnya yang ada di hadapan Malaikat Maut, yaitu sebuah garis dari cahaya putih di sekitar namanya. Dan jika hamba itu tergolong orang-orang yang celaka, maka akan jelas di dalamnya sebuah garis hitam.
Kemudian, belum sempurna bagi Malaikat Maut tentang pengetahuan itu (habisnya ajal makhluk) sampai gugurlah padanya sebuah daun dari pohon di bawah Arsy yang tertulis namanya di dalam daun itu. Lalu pada saat itu Malaikat Maut akan mencabut ruhnya.
Sesungguhnya Malaikat Maut, ketika jatuh kepadanya tulisan kematian dan waktu sakit seorang hamba, dia berkata. "Wahai Tuhanku, kapan aku akan mencabut ruh hamba itu, dalam keadaan dan kondisi bagaimana aku akan menghilangkan (mencabut) ruhnya ?".
Lalu Allah Yang Maha Luhur menjawab, "Wahai Malaikat Maut, ini adalah ilmu ghaib-Ku, tidak ada seorang pun yang mengetahuinya selain Aku. Tetapi, aku akan memberitahumu waktu datangnya dan Aku akan menjadikan bagimu tanda-tanda yang mana kamu bisa berpegang pada tanda-tanda itu. Sesungguhnya malaikat yang mana dia dipasrahi dengan jiwa-jiwa dan amal mereka akan datang kepadamu, lalu dia berkata "telah sempurna jiwa fulan" dan malaikat yang mana dipasrahi atas rizki-rizki dan amal-amalnya akan berkata "telah sempurna rizki dan amalnya"".
Dan jika hamba itu tergolong orang-orang yang beruntung, maka akan jelas di atas namanya yang tertulis di dalam buku catatan amalnya yang ada di hadapan Malaikat Maut, yaitu sebuah garis dari cahaya putih di sekitar namanya. Dan jika hamba itu tergolong orang-orang yang celaka, maka akan jelas di dalamnya sebuah garis hitam.
Kemudian, belum sempurna bagi Malaikat Maut tentang pengetahuan itu (habisnya ajal makhluk) sampai gugurlah padanya sebuah daun dari pohon di bawah Arsy yang tertulis namanya di dalam daun itu. Lalu pada saat itu Malaikat Maut akan mencabut ruhnya.
روي عن كعب الاحبار إن الله تعالى خلق شجرة تحت العرش عليها أوراق بعدد كل مخلوق وإذا قضى أجل العبد وبقي له من عمره أربعون يوما سقطت ورقته على حجر عزرائيل عليه السلام فيعلم بذلك أنه أمر بقبض روح صاحبها وبعد ذلك يسمونه ميتا فى السماء وهو حي على وجه الأرض أربعين يوما ويقال ان ميكائيل عليه السلام ينزل بصحيفة على ملك الموت من عند الله مكتوب فيها اسم من أمر بقبض روحه والموضع الذى يقبض فيه الروح والسبب الذى يقبض عليه *
Diriwayatkan dari Sahabat Ka'ab Al-Akhbar, sesungguhnya Allah Yang Maha Luhur menciptakan sebuah pohon di bawah Arsy, daun-daunnya sejumlah seluruh makhluk. Ketika habis ajal seorang hamba dan tersisa baginya 40 hari dari umurnya (40 hari sebelum meninggal dunia), maka gugurlah daunnya di pangkuan Malaikat Izroil as, lalu dia mengetahui hal itu bahwa dia diperintah mencabut ruh pemilik daun itu. Dan setelah itu para malaikat di langit menamainya sebagai mayit, dia masih akan hidup di muka bumi selama 40 hari.
Dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Malaikat Mikail as akan turun dengan membawa buku catatan amal kepada Malaikat Maut dari sisi Allah, tertulis di dalamnya nama seseorang yang diperintah untuk dicabut ruhnya, tempat di mana ruhnya dicabut, dan sebab mengapa ruhnya dicabut.
Dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Malaikat Mikail as akan turun dengan membawa buku catatan amal kepada Malaikat Maut dari sisi Allah, tertulis di dalamnya nama seseorang yang diperintah untuk dicabut ruhnya, tempat di mana ruhnya dicabut, dan sebab mengapa ruhnya dicabut.
وذكر أبو الليث رضي الله عنه أنه ينزل قطرتان من تحت العرش على اسم صاحبها أحدهما خضراء والأخرى بيضاء فإن وقت الخضراء على أى اسم كان عرف أنه شقى، وإذا وقعت البيضاء على أى اسم كان عرف أنه سعيد، وأما معرفة الموضع الذى يموت فيه فيقال إن الله تعالى خلق ملك موكلا بكل مولود يقال له ملك الارحام فاذا خلق المولود أمر ان يدرج فى النظفة التى فى رحم امه من تراب الأرض التى يموت عليها فيدور العبد حيثما يدور إلى موضع أخذ ترابه فيموت به وعلى هذا يدل قوله تعالى قل لو كنتم فى بيوتكم لبرز الذين كتب عليهم القتل إلى مضاجعهم وعلى هذا حكاية وهى أن ملك الموت كان يظهر فى الزمن الأول فدخل يوما على سليمان عليه السلام فأخذ ينظر إلى شاب عنده فارتعد الشاب.
Imam Abu Laits ra menjelaskan, sesungguhnya akan terjatuh 2 tetes dari bawah Arsy pada nama pemilik daun itu. Salah satu dari kedua tetes itu berwarna hijau dan tetes lainnya berwarna putih. Jika tetes berwarna hijau terjatuh pada nama siapapun, maka diketahui bahwa dia tergolong orang yang celaka. Lalu ketika tetes berwarna putih terjatuh pada nama siapapun, maka diketahui bahwa dia adalah orang yang beruntung.
Adapun mengetahui tempat di mana seseorang meninggal dunia, maka dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah yang Maha Luhur menciptakan malaikat yang dipasrahi terhadap setiap anak yang dilahirkan, malaikat itu disebut Malaikat Arham (malaikat yang mengurus anak yang akan lahir dalam kandungan). Ketika dilahirkan seorang anak, maka Malaikat Arham diperintah untuk melipat (memasukkan dan mencampur secara batiniyah) air sperma yang ada di dalam kandungan ibunya dari tanah bumi yang mana dia akan meninggal dunia di atas tanah itu. Lalu dia berputar sekiranya dia berputar (setelah lahir sampai waktu ajal tiba, dia mengelilingi bumi, pergi, dan berpindah kesana kemari) kemudian dia akan kembali ke tempat Malaikat Arham mengambil tanahnya, lalu dia akan meninggal dunia di sana. Hal ini ditunjukkan oleh Firman Allah Yang Maha Luhur :
Adapun mengetahui tempat di mana seseorang meninggal dunia, maka dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah yang Maha Luhur menciptakan malaikat yang dipasrahi terhadap setiap anak yang dilahirkan, malaikat itu disebut Malaikat Arham (malaikat yang mengurus anak yang akan lahir dalam kandungan). Ketika dilahirkan seorang anak, maka Malaikat Arham diperintah untuk melipat (memasukkan dan mencampur secara batiniyah) air sperma yang ada di dalam kandungan ibunya dari tanah bumi yang mana dia akan meninggal dunia di atas tanah itu. Lalu dia berputar sekiranya dia berputar (setelah lahir sampai waktu ajal tiba, dia mengelilingi bumi, pergi, dan berpindah kesana kemari) kemudian dia akan kembali ke tempat Malaikat Arham mengambil tanahnya, lalu dia akan meninggal dunia di sana. Hal ini ditunjukkan oleh Firman Allah Yang Maha Luhur :
قُلْ لَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُيُوْتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِيْنَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ إِلٰى مَضَاجِعِهِمْ
"Katakanlah: "Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh" (Ali Imron : 154).
Dan atas keterangan ini ada sebuah cerita, yaitu sesungguhnya Malaikat Maut pernah menampakkan diri pada zaman dahulu. Dia masuk kepada Nabi Sulaiman as, lalu dia terus menatap seorang pemuda di sekitar Nabi Sulaiman, pemuda itu pun gemetaran.
Dan atas keterangan ini ada sebuah cerita, yaitu sesungguhnya Malaikat Maut pernah menampakkan diri pada zaman dahulu. Dia masuk kepada Nabi Sulaiman as, lalu dia terus menatap seorang pemuda di sekitar Nabi Sulaiman, pemuda itu pun gemetaran.
فلما غاب ملك الموت قال الشاب يا نبي الله إنى أريد أن تأمر الريح أن تحملنى إلى الصين فأمر عليه السلام الريح فحملته إلى الصين فعاد ملك الموت إلى سليمان عليه السلام فسأله عن سبب نظره إلى الشاب فقال إنى أمرت أن أقبض روحه فى ذالك اليوم فى الصين فرأيته عندك فتعجبت من ذالك فأخبره بقصته من كونه سأله أنيأمر الريح لتحمله إلى الصين قال ملك الموت فأنا قبضت روحه فى ذالك اليوم فى الصين.
Ketika Malaikat Maut telah pergi, pemuda itu berkata (kepada Nabi Sulaiman as), "Wahai Nabi Allah, aku ingin engkau memerintahkan angin untuk membawaku ke negara China". Lalu Nabi Sulaiman as pun memerintahkan angin untuk membawanya ke negara China.
(Setelah beberapa waktu) Malaikat Maut pun kembali kepada Nabi Sulaiman as, lalu Beliau bertanya kepada Malaikat Maut tentang sebab dia menatap pemuda itu. Malaikat Maut pun menjawab, "Sesungguhnya aku diperintahkan untuk mencabut ruhnya pada hari itu, namun aku melihatnya ada di sekitarmu, aku pun terheran-heran karena hal itu". (Karena terheran-heran, Malaikat Maut hilang sesaat dari pandangan pemuda itu).
Lalu, Nabi Sulaiman menceritakan kepada Malaikat Maut tentang kisah pemuda itu, tentang alasannya meminta Beliau untuk memmerintahkan angin agar membawanya ke negara China. Malaikat Maut pun berkata, "Aku telah mencabut ruhnya pada hari itu di negara China".
(Setelah beberapa waktu) Malaikat Maut pun kembali kepada Nabi Sulaiman as, lalu Beliau bertanya kepada Malaikat Maut tentang sebab dia menatap pemuda itu. Malaikat Maut pun menjawab, "Sesungguhnya aku diperintahkan untuk mencabut ruhnya pada hari itu, namun aku melihatnya ada di sekitarmu, aku pun terheran-heran karena hal itu". (Karena terheran-heran, Malaikat Maut hilang sesaat dari pandangan pemuda itu).
Lalu, Nabi Sulaiman menceritakan kepada Malaikat Maut tentang kisah pemuda itu, tentang alasannya meminta Beliau untuk memmerintahkan angin agar membawanya ke negara China. Malaikat Maut pun berkata, "Aku telah mencabut ruhnya pada hari itu di negara China".
وفى خبر أخر أن ملك الموت له أعوان يقومون بين يديه بقبض الأرواح ألاترى أنه روى أن رجلا ألقى على لسانه اللهم اغفرلى والملك الشمس فاستأذن هذا الملك ربه فى زيارته فلما نزل ملك الشمس عليه قال له انك تكثر الدعاء لى فما حاجتك قال حاجتى أن تحملنى إلى مكانك فأنا أريد أن تسأل لى ملك الموت أيخبرنى باقتراب أجلى
Dalam khobar lain (dijelaskan), sesungguhnya Malaikat Maut memiliki pembantu-pembantu, mereka berdiri di hadapanya untuk mencabut ruh-ruh. Apakah kamu tidak tahu bahwa sesungguhnya diriwayatkan bahwa ada seseorang mengucapkan lisannya (senantiasa istiqomah berdoa), "Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa Malaikat Syams (Malaikat Matahari)".
(Karena terheran mendengar doa isqomah orang itu) lalu Malaikat Syams pun memohon izin kepada Tuhannya untuk mengunjungi orang itu. Ketika Malaikat Syams turun kepada orang itu, dia pun berkata, "Sesungguhnya kamu memperbanyak doa kepadaku, maka apa hajatmu ?". Orang itu pun menjawab, "Hajatku adalah agar kamu membawaku ke tempatmu, aku ingin kamu menanyakan kepada Malaikat Maut agar dia mengabarkanku tentang ajal dekatku".
(Karena terheran mendengar doa isqomah orang itu) lalu Malaikat Syams pun memohon izin kepada Tuhannya untuk mengunjungi orang itu. Ketika Malaikat Syams turun kepada orang itu, dia pun berkata, "Sesungguhnya kamu memperbanyak doa kepadaku, maka apa hajatmu ?". Orang itu pun menjawab, "Hajatku adalah agar kamu membawaku ke tempatmu, aku ingin kamu menanyakan kepada Malaikat Maut agar dia mengabarkanku tentang ajal dekatku".
قال فحمله وأقعده مقعده من الشمس ثم هب إلى ملك الموت وذكر له أن رجلا من بنى آدم ألقى على لسانه أن يقول كلم صلى اللهم إغفرلى والملك الشمس فقد طلب منى أن أطلب منك أن تعلمه متى يقرب أجله ليتأهب له فنظر ملك الموت فى كتا به فقال هيهات أن لصاحبك شأنا عظيما وأنه لايموت حتى يجلس مجلسك من اشمس قال قد جلس مجلسى منها فال ملك الموت توفى عند رسلنا على ذالك وهم لايعلمون.
Orang yang meriwayatkan riwayat kisah ini berkata, Malaikat Syams pun membawa orang itu dan mempersilahkan duduk di tempat duduknya yang terbuat dari matahari. Kemudian, Malaikat Syams pergi menemui Malaikat Maut, dia menjelaskan kepada Malaikat Maut, "Sesungguhnya seseorang dari golongan manusia telah mengucapkan lisannya, dia berdoa setiap kali sholat, "Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa Malaikat Syams (Malaikat Matahari)", Dia telah memintaku agar aku meminta padamu untuk memberitahunya kapan ajalnya akan dekat supaya dia bisa bersiap-siap terhadapnya".
Lalu Malaikat Maut pun melihat kitab amal orang itu, lalu berkata, "Jauh sekali, sesungguhnya temanmu memiliki perbuatan yang agung, sesungguhnya dia tidak akan meninggal dunia sampai dia duduk di tempat dudukmu dari matahari".
Malaikat Syams pun berkata, "Dia telah duduk di tempat dudukku dari matahari". Lalu Malaikat Maut pun berkata, "Dia meninggal dunia di sisi rosul-rosul kita dalam keadaan seperti itu, sedangkan mereka tidak mengetahuinya".
Lalu Malaikat Maut pun melihat kitab amal orang itu, lalu berkata, "Jauh sekali, sesungguhnya temanmu memiliki perbuatan yang agung, sesungguhnya dia tidak akan meninggal dunia sampai dia duduk di tempat dudukmu dari matahari".
Malaikat Syams pun berkata, "Dia telah duduk di tempat dudukku dari matahari". Lalu Malaikat Maut pun berkata, "Dia meninggal dunia di sisi rosul-rosul kita dalam keadaan seperti itu, sedangkan mereka tidak mengetahuinya".
وفى الخبر عنى النبي عليه السلام قال آجل البهائم كلها فى ذكر الله تعال فإذ تركوا ذكر الله قبض الله أرواحهم، وليس الملك الموت من ذالك شىء وقد قيل أن الله تعالى هو قابض الأرواح وإنما أضيف ذالك الملك الموت كما أضيف القتل إلى القاتل والموت إلى الأمراض وعلى هذا يدل قوله تعالى الله "يتوفى الأنفس حين موتها" والله أعلم.
Dalam khobar lain dari Nabi SAW bersabda :
اٰجَالُ الْبَهَائِمِ كُلُّهَا فِيْ ذِكْرِ اللّٰهِ تَعَالٰى فَاِذَا تَرَكُوْا ذِكْرَ اللّٰهِ قَبَضَ اللّٰهُ اَرْوَاحَهُمْ وَلَيْسَ لِمَلِكِ الْمَوْتِ مِنْ ذَلِكَ شَيْءٌ
"Ajal semua binatang tergantung pada dzikir Allah yang Maha Luhur, ketika mereka meninggalkan dzikir kepada Allah, maka Allah mencabut ruh-ruh mereka, dan Malaikat Maut tidak ikut campur dalam urusan itu".
Dan telah dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah Yang Maha Luhur adalah Tuhan yang mencabut ruh-ruh, namun proses mencabut nyawa itu disandarkan kepada Malaikat Maut seperti halnya terbunuh disandarkan (disebabkan) pada orang yang membunuh dan kematian disandarkan (disebabkan) pada penyakit-penyakit. Hal ini ditunjukkan oleh Firman Allah Yang Maha Luhur :
Dan telah dikatakan (dalam riwayat lain), sesungguhnya Allah Yang Maha Luhur adalah Tuhan yang mencabut ruh-ruh, namun proses mencabut nyawa itu disandarkan kepada Malaikat Maut seperti halnya terbunuh disandarkan (disebabkan) pada orang yang membunuh dan kematian disandarkan (disebabkan) pada penyakit-penyakit. Hal ini ditunjukkan oleh Firman Allah Yang Maha Luhur :
اللّٰهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِيْنَ مَوْتِهَا
"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya" (Az-Zumar : 42)
Wallahu a'lam bisshowab.
Wallahu a'lam bisshowab.
Post a Comment