Siksa kubur dan Kenikmatannya
Siksa kubur dan Kenikmatannya
Segala puji hanya bagi Allah
SWT, shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW,
dan aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah dengan sebenarnya
selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa
Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.. Amma Ba’du:
Dari Ibnu Umar RA bahwa Nabi
Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya jika salah seorang di antara kalian
meninggal maka dia akan diperlihatkan baginya tempat yang baik pada waktu pagi
dan pada waktu petang, jika dia termasuk penghuni surga maka dia menjadi
penghuni surga dan jika ditentukan menjadi penghuni neraka maka dia akan
menjadi penghuni neraka, dan dikatakan kepadanya: Inilah tempatmu sehingga
dirimu dibangkitkan pada hari kiamat”.[1]
Maka hadits ini adalah salah
satu nash berbagai nash yang menjelaskan tentang adanya siksa kubur dan
kenikmatannya, dan kita wajib mengimaninya dan mempersiapkan diri untuknya.
Allah SWT berfirman:
فَأَمَّا إِن
كَانَ مِنَ الْمُقَرَّبِين فَرَوْحٌ وَرَيْحَانٌ وَجَنَّةُ نَعِيمٍ َ وَأَمَّا
إِن كَانَ مِنَ أَصْحَابِ الْيَمِينِ فَسَلَامٌ
لَّكَ مِنْ أَصْحَابِ الْيَمِينِ وَأَمَّا إِن كَانَ مِنَ
الْمُكَذِّبِينَ الضَّالِّينَ فَنُزُلٌ
مِّنْ حَمِيمٍ وَتَصْلِيَةُ
جَحِيمٍ إِنَّ هَذَا لَهُوَ حَقُّ الْيَقِينِ
Aapun jika dia (orang yang
mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah), maka dia memperoleh
ketentraman dan rezeki serta surga kenikmatan. Dan adapun jika dia termasuk
golongan kanan, maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan. Dan
adapun jika dia termasuk golongan orang yang mendustakan lagi sesat, maka dia
mendapat hidangan air yang mendidih, dan dibakar di dalam neraka. Sesungguhnya
(yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang benar. (QS.
Al-Waqi’ah: 88-95)
Ibnu Katsir berkata, “Tiga keadaan ini adalah
keadaan manusia pada saat dia menghadapi sakratul maut. Seseorang bisa termasuk
golongan orang yang didekatkan kepada Allah, atau orang yang lebih rendah
darinya, yaitu golongan orang kanan, atau dia termasuk golongan orang-orang
yang mendustakan lagi sesat dari petunjuk dan bodoh terhadap perintah Allah.
Maka firman Allah SWT yang mengatakan: فَرَوْحٌ
وَرَيْحَانٌ وَجَنَّةُ نَعِيمٍ Maksudnya adalah mereka
mendapat balasan berupa ketentraman dan rizki dan malaikat akan memberikannya
kabar gembira dengan perkara tersebut pada saat kematiannya”.[2]
Sebagian ulama menyimpulkan bahwa azab kubur benar
dan wajib diimani berdasarkan firman Allah SWT tentang pengikut Fir’aun:
النَّارُ
يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ
أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ
Kepada mereka dinampakkan
neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada
malaikat): "Masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat
keras". (QS. Gafir: 46)
Ibnu Katsir berkata, “Maka ruh-ruh mereka
diperlihatkan kepada neraka pada waktu pagi dan petang sampai terjadinya hari
kiamat dan pada hari kiamat kelak maka ruh dan jasad mereka dicampakkan secara
bersamaan ke dalam neraka.[3]
Dari Asma’ binti Abi Bakr RA
bahwa Nabi bersabda, “Sungguh telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan
menghadapi fitnah kubur sama atau seperti fitnah Dajjal, salah seorang di
antara kalian didatangkan dan dikatakan kepadanya: Apakah yang kamu ketahui
tentang lelaki ini?. Adapun orang-orang yang beriman maka dia menjawab: Muhamad
Rasulullah SAW, dia telah datang kepada kami dengan berbagai penjelasan tentang
kebenaran dan petunjuk, maka kamipun menerimanya, beriman kepadanya dan
mengikutinya, maka dikatakan kepadanya: Tidurlah dengan baik, dan sungguh kami
telah mengetahui kamu bahwa dirimu meyakininya, adapun orang-orang munafiq atau
ragu-ragu (aku tidak mengetahui kata yang manakah yang diungkapan oleh Asma’
ra) maka dia berkata: Aku tidak mengetahuinya, aku telah mendengar manusia
berkata tertentu maka akupun mengatakannya”.[4]
Dari Aisyah RA bahwa seorang
wanita Yahudi datang kepadanya dan mengingatkannya tentang azab kubur, maka
Aisyah itu berkata: Semoga Allah menghindarkan kita dari azab kubur. Lalu
Aisyah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang azab kubur maka beliau bersabda:
“Benar. Siksa kubur itu benar adanya. Maka Aisyah berkata: Setelah itu
aku tidak melihat Rasulullah SAW melaksanakan shalat kecuali beliau berlindung
dari siksa kubur”.[5]
Dan Nabi telah menjelaskan kepada umatnya tentang
bentuk ujian ini di dalam kubur. Dari Anas RA bahwa Nabi bersabda, “Seorang
hamba bila diletakkan di dalam kuburnya sementara para shahabatnya telah
berlalu meninggalkannya, dan dia mendengar gesekan sandal-sandal mereka, maka
dia akan didatangi dua orang malaikat dan mendudukannya dan bertanya kepadanya:
Apakah pendapatmu tentang lelaki ini, Muhammad SAW: Maka dia akan menjawab: Aku
bersaksi bahwa dia adalah hamba dan utusan Allah, lalu dikatakan kepadanya:
Lihatlah pada tempatnya di neraka dan Allah telah menggantinya dengan surga,
maka Nabi Muhammad SAW bersabda, “Dia melihat kedua-duanya”. Adapun
orang kafir atau munafiq maka dia menjawab: Aku tidak mengetahui, aku berkata
tentang dirinya seperti apa yang dikatakan oleh manusia, maka dikatakan
kepadanya: Kamu tidak akan mengetahui dan tidak akan membaca, kemudian dia
dipukul dengan sebuah palu dari besi dengan satu pukulan diantara kedua
telinganya, maka dia berteriak dengan teriakan yang didengar oleh seluruh
makhluk kecuali jin dan manusia”.[6]
Dari Barro’ bin Azib RA bahwa Nabi bersabda:
يُثَبِّتُ اللّهُ
الَّذِينَ آمَنُواْ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ
Allah meneguhkan (iman)
orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh.
Beliau bersabda: Ayat ini turun dalam
kaitan siksa kubur, maka dikatakan baginya: Siapakah tuhanmu, maka dia
menjawab: Tuhanku adalah Allah dan Nabiku adalah Muhammad SAW dan itulah firman
Allah SWT yang mengatakan:
يُثَبِّتُ اللّهُ
الَّذِينَ آمَنُواْ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي
الآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللّهُ مَا يَشَاء
Allah meneguhkan (iman)
orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia
dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa
yang Dia kehendaki. (QS. Ibrahim: 27)
Nabi mensyari’atkan untuk memintakan ampun bagi
orang yang telah meninggal dunia dan berdo’a baginya agar diteguhkan, dari
Utsman RA bahwa apabila Nabi telah selesai menguburkan orang yang meninggal
maka beliau berdiri dan berkata, “Mintakanlah ampun bagi saudara kalian dan
mohonkanlah agar dia diberikan keteguhan, sebab dia sekarang sedang ditanya”.[7]
Dan Nabi Muhammad SAW
memperbanyak isti’adzah terahadap azab kubur dan beliau memerintahkan para
shahabat melakukan hal yang sama. Dari Abi Sa’id Al-Khudri RA bahwa Nabi
bersabda, “Sesungguhnya umat ini akan diuji di dalam kuburnya, seandainya
kalau bukan karena kalian saling menguburkan niscaya aku berdo’a kepada Allah
agar Dia berkenan memperdengarkan kepada kalian siksa kubur seperti yang aku
dengar, kemudian beliau berbalik menghadap kita dan bersabda, “Berlindunglah
kepada Allah SWT dari siksa neraka, maka para shahabat berkata: Kami
berlindung kepada Allah dari siksa neraka, lalu beliau kembali berkata, “Berlindunglah
kepada Allah dari siksa kubur, maka para shahabat berkata: Kami berlindung
kepada Allah SWT dari siksa kubur”.[8]
Kubur adalah sebagai tempat
permulaan alam akherat. Dari Utsman bin Affan RA bahwa pada saat dirinya
berdiri di sisi kubur maka dia menangis sehingga jenggotnyapun menjadi basah,
lalu dikatakan kepadanya, “Engkau mengingat surga dan neraka namun dirimu tidak
menangis dan engkau menangis karena kubur ini?. Dia menjawab: Aku telah
mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kubur adalah permulan bagi
alam akherat, jika dia selamat darinya maka apa-apa yang sesudahnya akan lebih
mudah baginya dan apabila dia tidak selamat darinya maka apa yang sesudahnya
akan lebih susah baginya. Dan aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda,
“Aku tidak pernah melihat suatu pemandangan kecuali alam kubur lebih
mengerikan darinya”.[9] Dan
seseorang akan terjepit di dalam kubur dan tidak ada seorangpun yang bisa
selamat darinya.
Dari Aisyah RA bahwa Nabi bersabda, “Sesungguhnya
di dalam kubur itu ada penekanan, seandainya ada yang selamat darinya niscaya
Sa’d bin Mu’adzlah yang pantas selamat darinya”.[10]
Hendaklah setiap orang di
antara kita membayangkan bagiamana keadaan dirinya pada saat dia dipikul pada
pundak-pundak orang-orang yang memikulnya, lalu diletakkan menyendiri pada
lubang, gelap gulita tanpa teman, sahabat, harta dan anak-anak, kubur menjadi
tempat tinggalnya, tanah menjadi ranjangnya, ulat-ulat menjadi teman yang
menyertainya, pada saat itu harta tidak bermanfaat, jabatan tidak memberi arti
apapun, begitu juga dengan penghargaan-penghargaan. Allah SWT berfirman:
وَمَا
أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُم بِالَّتِي تُقَرِّبُكُمْ عِندَنَا زُلْفَى
إِلَّا مَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُوْلَئِكَ لَهُمْ جَزَاء الضِّعْفِ بِمَا
عَمِلُوا وَهُمْ فِي الْغُرُفَاتِ آمِنُونَ
Dan sekali-kali bukanlah harta
dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikit pun;
tetapi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itulah
yang memperoleh balasan yang berlipat ganda, disebabkan apa yang telah mereka
kerjakan; dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (dalam surga). (QS. Saba’:
37)
Dari Anas RA bahwa Nabi
bersabda, “Yang meingikuti orang yang telah meninggal itu tiga golongan, dua
golongan akan kembali pulang dan akan tetap bersamanya satu golongan, dia akan
diikuti oleh keluarga, harta dan amalnya, maka keluarga dan hartanya akan
pulang sementara amalnya akan tinggal bersamanya”.[11]
Maka hendaklah bagi seorang yang beriman untuk
memperbaiki dirinya dan bersegera bertaubat dengan taubat nasuha, harus bagi
dirinya untuk tetap dalam ketaatan dan ketaqwaan, dan mempersiapkan diri untuk
bertemu dengan Tuhannya. Seorang penyair berkata:
Wahai orang yang sibuk dengan
dunianya
Dan termangu dengan
angan-angan panjang
Kematian datang menjemput
secara tiba-tiba
Dan kubur adalah wadah bagi
kumpulan amal
Segala puji bagi Allah Tuhan
semesta alam, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi kita
Muhammad SAW dan kepada keluarga, shahabat serta seluruh pengikut beliau.
[1] Shahih Bukhari: 1/423 no: 1379 dan shahih Muslim: 4/2199 no: 2866
[2] Tafsir Ibnu Katsir: 4/30
[3] Tafsir Ibnu Katsir: 4/81
[4] Shahih Bukhari: 1/332 no: 1053 dan shahih Muslim: 2/624 no: 905
[5] Shahih Bukhari: 1/422 no: 1372 dan shahih Muslim: 1/410 no: 584
[6] Shahih Bukhari: 1/410 no: 1338 dan shahih Muslim: 4/2201 no: 2870
[7] Sunan Abu Dawud: 3/215 no: 3221 dan dishahihkan oleh Al-Hakim.
[8] shahih Muslim: 4/2200 no: 2867
[9] Sunan Turmudzi: 4/553-554 no: 2308
[10] Musnad Imam Ahmad: 6/98
[11] Shahih Bukhari: 4/194 no: 6514 dan shahih Muslim: 4/2273 no: 2960
Post a Comment