Rabu, 25 April 2012

MARI KITA BERANGKAT BERJIHAD

MARI KITA BERANGKAT BERJIHAD 
. Katakanlah: "jika bapa-bapa , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usaha kan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNYA dan dari berjihad di jalan NYA, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan NYA".Dan Allah tidak mem- beri petunjuk kepada orang-orang yang fasik. [makna At-taubah (9):24] 
Assalaamu'alaikum wr.wb 
Jihad adalah salah satu hal yang wajib bagi seorang muslim. Seperti ayat diatas, sangat jelas kedudukannya, peringkat cinta pertama adalah Allah, kemudian Rasul dan setelah itu adalah jihad. Jihad secara bahasa berarti sungguh-sungguh dan secara istilah dapat berarti: 
1.sungguh-sungguh di dalam mempelajari Islam 
2.sungguh-sungguh di dalam mempraktekkan Islam dan siap untuk menanggung segala resiko didalam menjalankannya. 
3.sungguh-sungguh di dalam menda'wahkan Islam 
4.sungguh-sungguh di dalam membela Islam dari musuh. 
Dan jihad terbesar adalah jihad melawan hawa nafsu sendiri, jihad me- lawan hawa nafsu dari ketidak-inginan hawa nafsu untuk berjihad seper- ti arti diatas. Jihad dalam pengertian di atas harus dijalankan oleh muslim yang baik dan kesungguh-sungguhan nya harus dibuktikan dengan 'amal perbuatan. Mana yang sudah dapat kita jalankan dari pengertian di atas harus di- laksanakan dan kelalaian kita di dalam menjalankannya berarti meningg- alkan petunjuk dari Allah dan siapa yang meninggalkan petunjuk Allah, berarti membawa dirinya sendiri kedalam kegelapan yang nyata. Kehidupan kita di luar negeri tidak boleh melalaikan kita untuk bela- jar Islam dengan alasan yang beraneka ragam. Justru disinilah kita dilatih kesungguhannya oleh Allah. Berapa banyak harta dan waktu yang harus kita kurbankan untuk mempe- lajari Islam, berapa banyak tenaga yang harus kita pakai untuk menun- tut ilmu Islam, berapa banyak kekuatan kita untuk meninggalkan sedikit penelitian kita untuk menggali ajaran Islam dan lain-lain adalah ujian buat kita. Maukah kita berkurban untuk berjihad? Disinilah tahapan awal kita ber- perang melawan hawa nafsu kita, awal langkah untuk melangkah berjihad. Jihad untuk jihad. Jihad ini adalah hal yang harus dijalankan oleh setiap muslim, karena setiap muslim harus tahu mengenai diennya dan kesungguhan untuk mempe- lajarinya adalah tuntutan buat muslim itu sendiri. Sungguh-sungguh di dalam menjalankan al-Islam dan siap menanggung resi- konya adalah adalah bukti dari kecintaan kita kepada Allah dan bukti bahwa kita ingin mendapatkan ridhoNYa. Begitu juga bahwa bersungguh-sungguh di dalam menda'wahkan Islam dan membela Islam dari musuh adalah tugas kita yang benar-benar ingin ber- jalan di jalanNya dan ingin meraih ridhoNya. Mudah-mudahan Allah memperingan langkah kita untuk membuktikan kesung- guhan kita di dalam berIslam. ***29:69*** 69. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.
Poskan Komentar