RENUNGAN


RENUNGAN


Hari ini dua puluh empat tahun lalu
Aku lahir dari rahim seorang ibu mulia
Yang rela bersimbah darah dan menyabung nyawa
Demi seorang bayi dengan harapan kelak akan dapat berbakti

Duapuluh tiga tahun waktu tlah berlalu,
tanpa banyak amal yang tercipta
Hanya tumpukan dosa dan kesombongan yang menghiasi hidupku
Juga tiada balas budi sebagaimana diberikan bunda dulu
Ataupun setetes embun manfaat bagi sahabat dan kerabat
Apatah lagi bakti untuk negeri ini

Ya Robbi
Dalam muhasabah ku malam ini
Aku memohon belas kasihan dan ampunan Mu
Atas segala apa yang telah aku lakukan

Aku yang mengaku telah berbakti kepadaMu
Ternyata tak bisa mengamalkan perintahMu
Aku yang merasa telah dekat denganMu
Ternyata mulai menjauh dari Mu dan bersahabat dengan musuhMu

Ya Robbi
Aku hanya bisa berusaha mengucurkan air mata ini
Sebagai tanda inginku dekat denganMu
Akupun hanya bisa merintih pilu berharap pertolonganMu
Mendamba cinta dan kasih sayangMu
Tetesan air mata ini telah terhenti
Ketika rahmatMu tiada pernah kau hentikan
Munajatku pun telah aku tamatkan ketika kasih sayangmu masih engkau kucurkan

Ya Allah Ya Robbi
Dalam hening malam ini aku mencoba menerobos tirai pemisah antara kita
Yang engkau hadirkan karena dosa-dosa yang aku lakukan
Kuingin nikmat berkhalwat denganmu
Syahdu dalam dekapan nikmat dan karuniamu
Ku tahu kau dekat denganku bahkan lebih dekat dari urat nadiku
Namun aku yang beringsut menjauhimu, dengan maksiat dan kecerobohanku

Ya Allah Dzat Yang Maha Perkasa
Kuatkan aku dalam melaksanakan perintahmu, hindarkan aku dari maksiat dan kecenderunganku untuk berbuat dosa padaMu
Jangan jauhkan aku dari belaian cintaMu
Jangan biarkan aku berkeliaran dalam kubangan kecerobohan dan kenistaan
Jangan  biarkan aku turutkan nafsu dan kepuasan manusia yang ada padaku

Ya Robbi
Di usia ku yang semakin tua
Ingatkan aku selalu pada kematian, yang pasti akan menjemputku
Berikan kekuatan padaku untuk mengumpulkan bekal
Keping-keping amal untuk menjadi teman ku di perjalanan
Karena aku tahu aku hanya rahmatMu yang akan dapat menyelamatkan ku
Selamatkan aku dari siksa nerakaMu yang sungguh aku tak sanggup untuk membayangkan dahsyatnya apalagi untuk merasakan bara di dalamnya.
Hindarkan aku dari kejelekan di akhir hidupku karena dosa dan salahku
Aku berharap Rahmat-Mu dengan kebaikan akan menyertaiku pada saat kematianku

Ya Allah Dzat Yang Maha Pemersatu
Kumohon padamu ampunkan saudara dan sahabat-sahabatku
Berikan kekuatan padaku agar adanya diriku memiliki arti bagi mereka
Satukan ikatan kami dalam menjalin cinta dan ukhuwah karenaMu
Kuatkan iman kami dan eratkan ikatan antar hati kami dalam mahabah kepadaMu
Untuk bersama-sama mengabdi padaMu
Turut berjuang mengakkan ‘izzah agamaMu

Dan kepada keluargaku, ayah ibuku
Berikan ampunan kepada mereka dan belas kasihanilah mereka
Sampaikan terima kasihku pada Ibu yang telah melahirkan dan mendidikku
Dan sampaikan baktiku pada Ayah yang telah mengajarkan aku untuk mengenalMu
Pada adik dan kakakku yang telah menyertaiku dalam berjuang menuju RidhoMu

Ya Allah Ya Rahhim
Berikan kepadaku keikhlasan dalam amalku
Hindarkan aku dari ujub, riya dan iri dengki
Dan semua penyakit hati yang akan mengotori fikiranku
Berikan kekuatan iman dihatiku
Untuk melawan nafsu yang mengajakku bermaksiat daripadaMu
Jagalah aku dan perbuatanku
Karena hanya engkaulah yang mampu menjagaku dengan matamu yang tiada pernah tidur dan tiada pula terlupa.

Allahu Robbi
Masih dalam derai khidmat munajatku padamu
Aku berharap engkau hadirkan padaku seorang sahabat sejati yang rela menyertaiku
Yang  ridho karenaMu untuk mendampingiku dalam mujahadah di jalanMu
Yang ikhlas mencintaiku karena cintanya padaMu
Yang tulus bersama mengarungi bahtera hidup menuju Ridho-Mu
Dan berharap bersama berkumpul dibahwah naungan payungMu
Dalam rombongan Rasul tercinta di hari yang dinantikan itu.


Tidak ada komentar