KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI



KEPEMIMPINAN   DAN MANAJEMEN  ORGANISASI


ABSTRAK

Hidup di dunia ini  bagi manusia  merupakan  salah satu bagian  dalam perjalanan hidup yang panjang.  Untuk mencapai  kebahagiaan di dunia, maka manusia   harus berhadapan dengan banyak  masalah. Pada umumnya   untuk mampu menyelesaikan  hidupnya, manusia   tidak dapat secara sendirian; melainkan  harus  bersama  dengan orang lain  untuk mengelola  kegiatan. Ketika kita bekerja dengan orang lebih dari satu orang,  kita sangat membutuhkan  hadirnya  seorang pemimpin yang berfungsi  untuk  menyatukan  gerak langkah  dan membangun harapan  dan  motivasi.
Orang yang bekerja secara berkelompok  pada umumnya  akan membentuk sebuah wadah atau institusi  guna mewujudkan misi dan cota-citanya.
Untuk itu, diperlukan  ketrampilan mengelola orang dan  lembaga dalam mewujudkan cita-cita.

TUJUAN  INSTRUKSIONAL

Setelah mengikuti  sesi dalam pelatihan ini, maka diharapkan:
  1. Peserta   memahami  makna kepemimpinan, manajemen  dan organisasi.
  2. Peserta mampu menjelaskan fungsi dan pernanannya   kepemimpinan dan manajemen  dalam organisasi
  3. Peserta memahami   model kepemimpinan dan manajemen   yang bermanfaat untuk mencapai tujuan  organisasinya.
  4. Peserta   memahami   melalui pendekatan system terhadapap  pengelolaan organisasi, khususnya peranan   kepemimpinan dan manajemen.
  5. Peserta  mampu  mengambil  hikmah  dan  menerapkan   berbagai  model kepemimpinan dan manajamen   di lembaganya masing-masing.

A. KONDISI   SOSIAL MASYARAKAT   PADA ERA MILENIUM: ingat 6 C


Camkan dengan baik!   Bumi  ini telah lami ditempati manusia,  semua itu memberikan dampak positif dan negatif. Sumber daya  alam semakin sedikit. Tidak semua sumber daya alam   dapat  diperbaharui  dengan cepat. Pertumbuhan penduduk semakin   bertambah. Semua orang dan lembaga mempunyai cita-cita kemakmuran, kesuksesan, sementara kesempatan untuk meraih  keinginannya tidak  mudah. Apa yang terjadi saat ini di sekitar kita:
  1. Penuh dengan tantangan (challenge)
  2. Penuh dengan persaingan (competitive)
  3. Penuh dengan ketidak pastian (uncertainty)
  4. Penuh dengan  perubahan (change)
  5. Problem  dan   perubahan yang komplek (complex)
  6. Situasi   yang  kacau dan  banyak intervensi yang susah dikendalikan (crowded)

Kita harus bangkit  dan memperbaiki  kehidupan kita, yatu untuk kesuksesan  dunia dan akherat.
Membedakan Karakter: PEJABAT, MANAJER  DAN PEMIMPIN


PEJABAT
MANAJER
PEMIMPIN
  • Karir dalam kerja
  • Sandangan formal seseorang dalam instutusi
  • Acuan kerja berdasarkan hokum dan peraturan  yang berlaku
  • Pekerjaan membuat keputusan dan kebijakan
  • Istilah  banyak digunakan dalam pemerintahan
  • MEMBANGUN  LEMBAGA FORMAL
  • Fungsional
  • Kemampuan  mengelola sumber daya
  • Acuan kerja berdasarkan fungsi manajemen dan organisasi
  • Memiliki  ajuan pada fungsi
  • Istilah banyak digunakan di bisnis
  • MELAKUKAN  PROSES PRODUKSI DAN KEGIATAN
  • Tampil  karena  pengakuan  orang
  • Membangun motivasi dan  ikatan kelompok
  • Bekerja berdasarkan nilai-nilai  yang dianut
  • MEMBANGUN ORANG



Yang  terbaik yaitu,  seseorang  tersebut   resmi ditunjuk sebaai pejabat yang mengemban sebuah  jabatan dalam organisasi,  kemudian dia dapat mengelola sumber daya    yang dimilikinya dan mampu membangun  orang unutk mencapai apa yang direncanakan, sehingga cita-citanya dapat terwujud.

B. KARAKTER KEPEMIMPINAN: Pengaruhi orang untuk mencapi  tujuan anda


Mustofa Masyhur dalam   pemimpin dan pengikut mengatakan: Hal-hal yang membantu terlaksanannya tugas pimpinan ada 9 poin, yaitu:
1.      Bekerja dengan ikhlas karena Allah semata,
2.      Memilki kepekaan terhadap pengawasan dan penjagaan Allah swt,
3.      Selalu memohon pertolongan dalam seluruh keadaan dan aktivitasnya.
4.      Memiliki tanggung jawab untuk selalu menjaga diri dan amanah terhadap apa yang diembankan kepadanya.
5.      Memberikan porsi yang besar untuk pendidikan anggota dan menyiapkan regenerasi.
6.      Terjalinya kasih  sayang kepada seluruh anggota, yaitu dengan tim yang tulus ikhlas.
7.      Mampu merencanakan program dengan tepat, menentukan tahapan strategi, sumber dana dan mengelola orang sesuai dengan kemampuan  personal,
8.      Membangun iklim saling percaya dan berbaik sangka dalam tim,
9.      Pemimpin harus selalu bersungguh-sungguh menyalakan cita-cita,  mengukuhkan tekad dan membangkitkan harapan di kalangan anggota organisasi

INGAT bahwa  kepemimpinan dapat dipelajari.

Fungsi Pemimpin

  1. Path finding: menemukan visi dan misi
  2. Aligning: menselaras orang untuk mencapai tujuan organisasi
  3. Empowering: memberdayakan orang untuk mencapai cita


C. FUNGSI  MANAJEMEN:  bagaimana kita harus sukses meraih  tujuan


Bagi seorang  pemimpin, sebaiknya juga memiliki  ketrampilan manajerial. Adapaun fungsi  manajemen  meliputi:
1.                              Perencanaan
2.                              Pengorganisasian
3.                              Koordinasi
4.                              Staffing
5.                              Direkting
6.                              Pengambilan keputusan
7.                              Pelaksanaan
8.                              Kontroling
9.                              Evaluasi

D. ORGANISASI:  Bagaimana kita mulai mengelola


Enam Pilar Organisasi

n       Arah Organisasi

n       Pengelolaan Organisasi

n       SDM

n       Keuangan

n       Aset: hard ware dan soft ware

n       Pemasaran: 4P (harga, lokasi, promosi, produk) dan PR (hubungan  relasi)




Tidak ada komentar