KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI
KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI
ABSTRAK
Hidup di dunia ini bagi manusia
merupakan salah satu bagian dalam perjalanan hidup yang panjang. Untuk mencapai kebahagiaan di dunia, maka manusia harus berhadapan dengan banyak masalah. Pada umumnya untuk mampu menyelesaikan hidupnya, manusia tidak dapat secara sendirian; melainkan harus
bersama dengan orang lain untuk mengelola kegiatan. Ketika kita bekerja dengan orang
lebih dari satu orang, kita sangat
membutuhkan hadirnya seorang pemimpin yang berfungsi untuk
menyatukan gerak langkah dan membangun harapan dan
motivasi.
Orang yang bekerja secara berkelompok pada umumnya
akan membentuk sebuah wadah atau institusi guna mewujudkan misi dan cota-citanya.
Untuk itu, diperlukan ketrampilan mengelola orang dan lembaga dalam mewujudkan cita-cita.
TUJUAN INSTRUKSIONAL
Setelah mengikuti
sesi dalam pelatihan ini, maka diharapkan:
- Peserta memahami makna kepemimpinan, manajemen dan organisasi.
- Peserta mampu menjelaskan fungsi dan pernanannya kepemimpinan dan manajemen dalam organisasi
- Peserta memahami model kepemimpinan dan manajemen yang bermanfaat untuk mencapai tujuan organisasinya.
- Peserta memahami melalui pendekatan system terhadapap pengelolaan organisasi, khususnya peranan kepemimpinan dan manajemen.
- Peserta mampu mengambil hikmah dan menerapkan berbagai model kepemimpinan dan manajamen di lembaganya masing-masing.
A. KONDISI SOSIAL MASYARAKAT PADA ERA MILENIUM: ingat 6 C
Camkan dengan baik! Bumi ini telah lami ditempati manusia, semua itu memberikan dampak positif dan
negatif. Sumber daya alam semakin
sedikit. Tidak semua sumber daya alam
dapat diperbaharui dengan cepat. Pertumbuhan penduduk
semakin bertambah. Semua orang dan lembaga
mempunyai cita-cita kemakmuran, kesuksesan, sementara kesempatan untuk
meraih keinginannya tidak mudah. Apa yang terjadi saat ini di
sekitar kita:
- Penuh dengan tantangan (challenge)
- Penuh dengan persaingan (competitive)
- Penuh dengan ketidak pastian (uncertainty)
- Penuh dengan perubahan (change)
- Problem dan perubahan yang komplek (complex)
- Situasi yang kacau dan banyak intervensi yang susah dikendalikan (crowded)
Kita harus bangkit
dan memperbaiki kehidupan kita,
yatu untuk kesuksesan dunia dan akherat.
Membedakan Karakter: PEJABAT, MANAJER DAN PEMIMPIN
PEJABAT
|
MANAJER
|
PEMIMPIN
|
|
|
|
Yang terbaik
yaitu, seseorang tersebut
resmi ditunjuk sebaai pejabat yang mengemban sebuah jabatan dalam organisasi, kemudian dia dapat mengelola sumber daya yang dimilikinya dan mampu membangun orang unutk mencapai apa yang direncanakan,
sehingga cita-citanya dapat terwujud.
B. KARAKTER KEPEMIMPINAN: Pengaruhi orang untuk mencapi tujuan anda
Mustofa Masyhur
dalam pemimpin dan pengikut mengatakan:
Hal-hal yang membantu terlaksanannya tugas pimpinan ada 9 poin, yaitu:
1. Bekerja dengan ikhlas karena Allah semata,
2. Memilki kepekaan terhadap pengawasan dan penjagaan Allah swt,
3. Selalu memohon pertolongan dalam seluruh keadaan dan aktivitasnya.
4. Memiliki tanggung jawab untuk selalu menjaga diri dan amanah terhadap apa
yang diembankan kepadanya.
5.
Memberikan porsi yang besar untuk pendidikan anggota dan menyiapkan
regenerasi.
6.
Terjalinya kasih sayang kepada
seluruh anggota, yaitu dengan tim yang tulus ikhlas.
7.
Mampu merencanakan program dengan tepat, menentukan tahapan strategi,
sumber dana dan mengelola orang sesuai dengan kemampuan personal,
8.
Membangun iklim saling percaya dan berbaik sangka dalam tim,
9.
Pemimpin harus selalu bersungguh-sungguh menyalakan cita-cita, mengukuhkan tekad dan membangkitkan harapan
di kalangan anggota organisasi
INGAT bahwa kepemimpinan dapat dipelajari.
Fungsi Pemimpin
- Path finding: menemukan visi dan misi
- Aligning: menselaras orang untuk mencapai tujuan organisasi
- Empowering: memberdayakan orang untuk mencapai cita
C. FUNGSI MANAJEMEN: bagaimana kita harus sukses meraih tujuan
Bagi seorang pemimpin, sebaiknya juga memiliki ketrampilan manajerial. Adapaun fungsi manajemen
meliputi:
1.
Perencanaan
2.
Pengorganisasian
3.
Koordinasi
4.
Staffing
5.
Direkting
6.
Pengambilan keputusan
7.
Pelaksanaan
8.
Kontroling
9.
Evaluasi
Post a Comment