Doa ketika Ditimpa Kesusahan

 Doa ketika Ditimpa Kesusahan 



539/701. Dari Abdurrahman bin Abi Bakrah,

أنه قال لأبيه  :  يا أبت اني أسمعك تدعو كل غداة اللهم عافني في بدني اللهم عافني في سمعي اللهم عافني في بصري لا اله الا أنت تعيدها ثلاثا حين تمسي وحين تصبح ثلاثا وتقول اللهم اني أعوذ بك من الكفر والفقر اللهم اني أعوذ بك من عذاب القبر لا اله الا أنت تعيدها ثلاثا حين تمسي وحين تصبح ثلاثا فقال نعم يا بني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول بهن وأنا أحب أن أستن بسنته قال وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم دعوات المكروب اللهم رحمتك أرجو ولا تكلني إلى نفسي طرفة عين وأصلح لي شأني كله لا اله الا أنت

"la telah berkata kepada bapaknya, 'Wahai bapakku, sesungguhnya saya mendengar engkau berdoa setiap hari, "Ya Allah!, berilah badan saya, pendengaran saya, dan penglihatan saya kesehatan, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau." Engkau mengulang-ulang membacanya tiga kali di pagi dan sore hari.' Lalu dia menjawab, 'Benar, wahai anak saya! Saya telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa dengan doa tersebut, sedangkan saya senang mengikuti sunnahnya.'" Abu Bakrah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Doa-doa orang kesusahan yaitu, 'Ya Allah, saya mengharapkan rahmat-Mu dan janganlah Engkau bebankan diri saya dengan diriku sendiri, walaupun sekejap mata. Perbaikilah segala urusan saya, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.'"

Hasan, Tamamul-Minnah (233). Takhrijul Kalim, (121). Abu Daud, 40- Kitab Al Adab, 101- Ad-Dua’u fish-Shabah, hadits 5090.


540/702. Dari Abu Abbas berkata,
كان النبي صلى الله عليه وسلم يقول عند الكرب لا اله الا الله العظيم الحليم لا اله الا الله رب العرش العظيم لا اله الا الله رب السماوات ورب الأرض ورب العرش الكريم اللهم اصرف شره


"Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam berkata, [menurut riwayat yang lain, berdoa /700] ketika kesusahan, 'Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Agung lagi Bijaksana, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang menguasai 'arsy yang agung. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang menguasai langit, bumi dan arsy yang mulia!" Dalam riwayat lain, "Arsy yang agung")1

Shahih, di dalam kitab Adh-Dhaifah hadits 5443. Bukhari, 80-Kitab Ad-Da'awah, 27- Bab Doa ketika kesusahan. Muslim, 48- Kitab Adz-Dzikru wad-Dua’u hadits 83.


________
1 Di sini ada tambahan kata, "Allahumma ishrifanni syarrahu" saya hilangkan karena mungkar. Telah saya cek dan saya jelaskan ilatnya dalam Adh-Dhaifah 5443

Tidak ada komentar