Hal-hal yang Dikerjakan Seorang Pria di Dalam Rumahnya

        Hal-hal yang Dikerjakan Seorang Pria di Dalam Rumahnya


418/538. Al Aswad berkata,

سألت عائشة رضي الله عنها ما كان يصنع النبي صلى الله عليه وسلم في أهله فقالت كان يكون في مهنة أهله؟ فإذا حضرت الصلاة خرج

"Aisyah radhiallahu 'anha ditanya tentang apa yang dikerjakan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada keluarganya. Lalu Aisyah menjawab, 'Beliau membantu pekerjaan keluarganya, dan apabila waktu shalat tiba beliau keluar.'"

Shahih, di dalam kitab Adabuz-Zafaaf (290). [Bukhari, 78- Kitab Al Adab, 40- Bab Kaifa Yakunur-Rajulu fi Ahlih].
419/539. Dari Urwah berkata,

سألت عائشة رضي الله عنها ما كان النبي صلى الله عليه وسلم يعمل في بيته قالت يخصف نعله ويعمل ما يعمل الرجل في بيته: يخصف النعل، ويرقع الثوب،ويخيط.

"Saya bertanya kepada Aisyah radhiallahu 'anha, 'Apa yang dikerjakan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di rumahnya?' Aisyah menjawab, 'Beliau memperbaiki sandalnya dan melakukan pekerjaan yang harus dilakukan oleh seseorang di dalam rumahnya.'" Dalam suatu riwayat, Aisyah berkata, "Apa yang dilakukan salah seorang di antara kalian di rumahnya, memperbaiki sandal, menambal baju, dan menjahit."

Shahih, di dalam kitab Al Misykah (5822). [Tidak tercantum dalam Kutubus-Sittah].
420/541. Dari Amrah,

قيل لعائشة رضي الله عنها ماذا كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعمل في بيته؟ قالت كان بشرا من البشر يفلى ثوبه ويحلب شاته

Dikatakan kepada Aisyah radhiallahu 'anha, "Apa yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di rumahnya?" Aisyah menjawab, "Beliau manusia biasa. Beliau membersihkan bajunya (dari kutu) dan memerah susu kambingnya."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (671). Mukhtasharus Syama’il (293).


Tidak ada komentar