IDDAH DAN IHDAD
|
IDDAH DAN IHDAD |
بَابُ اَلْعِدَّةِ
وَالْإِحْدَادِ
| |
Hadits No. 1138 | ||
Dari al-Miswar Ibnu Makhramah bahwa Subai'ah
al-Aslamiyyah Radliyallaahu 'anhu melahirkan anak setelah kematian suaminya
beberapa malam. Lalu ia menemui Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam meminta izin
untuk menikah. Beliau mengizinkannya, kemudian ia nikah. Riwayat Bukhari dan
asalnya dalam shahih Bukhari-Muslim. Dalam suatu lafadz: Dia melahirkan setelah
empat puluh malam sejak kematian suaminya. Dalam suatu lafadz riwayat Muslim
bahwa Zuhry berkata: Aku berpendapat tidak apa-apa seorang laki-laki menikahinya
meskipun darah nifasnya masih keluar, hanya saja suaminya tidak boleh
menyentuhnya sebelum ia suci.
|
َعَنْ
اَلْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ رضي الله عنه ( أَنَّ سُبَيْعَةَ الْأَسْلَمِيَّةَ
-رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا- نُفِسَتْ بَعْدَ وَفَاةِ زَوْجِهَا بِلَيَالٍ, فَجَاءَتْ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَاسْتَأْذَنَتْهُ أَنْ تَنْكِحَ, فَأَذِنَ لَهَا,
فَنَكَحَتْ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ وَأَصْلُهُ فِي اَلصَّحِيحَيْنِ وَفِي
لَفْظٍ: ( أَنَّهَا وَضَعَتْ بَعْدَ وَفَاةِ زَوْجِهَا بِأَرْبَعِينَ لَيْلَةً
وَفِي لَفْظٍ لِمُسْلِمٍ, قَالَ اَلزُّهْرِيُّ: ( وَلَا أَرَى بَأْسًا أَنْ
تَزَوَّجَ وَهِيَ فِي دَمِهَا, غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَقْرَبُهَا زَوْجُهَا حتَّى
تَطْهُرَ
| |
Hadits No. 1139 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Barirah
diperintahkan untuk menghitung masa iddah tiga kali haid. Riwayat Ibnu Majah dan
para perawinya dapat dipercaya, namun hadits tersebut ma'lul.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( أُمِرَتْ بَرِيرَةُ أَنْ تَعْتَدَّ
بِثَلَاثِ حِيَضٍ. رَوَاهُ اِبْنُ مَاجَهْ, وَرُوَاتُهُ ثِقَاتٌ, لَكِنَّهُ
مَعْلُولٌ
| |
Hadits No. 1140 | ||
Dari Sya'by dari Fathimah Ibnu Qais Radliyallaahu 'anhu
bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda -tentang perempuan yang
ditalak tiga-: "Dia tidak mendapat hak tempat tinggal dan nafkah." Riwayat
Muslim.
|
َوَعَنْ
اَلشَّعْبِيِّ, عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ, ( عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه
وسلم -فِي اَلْمُطَلَّقَةِ ثَلَاثًا-: لَيْسَ لَهَا سُكْنَى وَلَا نَفَقَةٌ )
رَوَاهُ مُسْلِمٌ ِ
| |
Hadits No. 1141 |
| |
Dari Ummu Athiyyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Janganlah seorang perempuan berkabung
atas kematian lebih dari tiga hari, kecuali atas kematian suaminya ia boleh
berkabung empat bulan sepuluh hari, ia tidak boleh berpakaian warna-wanri
kecuali kain 'ashob, tidak boleh mencelak matanya, tidak menggunakan
wangi-wangian, kecuali jika telah suci, dia boleh menggunakan sedikit sund dan
adhfar (dua macam wewangian yang biasa digunakan perempuan untuk membersihkan
bekas haidnya)." Muttafaq Alaihi dan lafadhnya menurut Muslim. Menurut riwayat
Abu Dawud dan Nasa'i ada tambahan: "Tidak boleh menggunakan pacar." Menurut
riwayat Nasa'i: "Dan tidak menyisir."
|
وَعَنْ
أُمِّ عَطِيَّةَ; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا تَحِدَّ
اِمْرَأَةٌ عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلَاثٍ إِلَّا عَلَى زَوْجٍ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ
وَعَشْرًا, وَلَا تَلْبَسْ ثَوْبًا مَصْبُوغًا, إِلَّا ثَوْبَ عَصْبٍ, وَلَا
تَكْتَحِلْ, وَلَا تَمَسَّ طِيبًا, إِلَّا إِذَا طَهُرَتْ نُبْذَةً مِنْ قُسْطٍ
أَوْ أَظْفَارٍ. ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَهَذَا لَفْظُ مُسْلِمٍ وَلِأَبِي
دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيِّ مِنْ اَلزِّيَادَةِ: ( وَلَا تَخْتَضِبْ )
وَلِلنَّسَائِيِّ: وَلَا تَمْتَشِطْ
| |
Hadits No. 1142 |
| |
Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku menggunakan
jadam di mataku setelah kematian Abu Salamah. Lalu Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "(Jadam) itu mempercantik wajah, maka janganlah
memakainya kecuali pada malam hari dan hapuslah pada siang hari, jangan menyisir
dengan minyak atau dengan pacar rambut, karena yang demikian itu termasuk
celupan (semiran). Aku bertanya: Dengan apa aku menyisir?. Beliau bersabda:
"Dengan bidara." Riwayat Abu Dawud dan Nasa'i. Sanadnya hasan.
|
وَعَنْ
أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( جَعَلْتُ عَلَى عَيْنِي
صَبْرًا, بَعْدَ أَنْ تُوُفِّيَ أَبُو سَلَمَةَ, فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم إِنَّهُ يَشِبُ اَلْوَجْهَ, فَلَا تَجْعَلِيهِ إِلَّا بِاللَّيْلِ,
وَانْزِعِيهِ بِالنَّهَارِ, وَلَا تَمْتَشِطِي بِالطِّيبِ, وَلَا بِالْحِنَّاءِ,
فَإِنَّهُ خِضَابٌ قُلْتُ: بِأَيِّ شَيْءٍ أَمْتَشِطُ? قَالَ: بِالسِّدْرِ )
رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيُّ, وَإِسْنَادُهُ حَسَنٌ
| |
Hadits No. 1143 |
| |
Dari Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu bahwa seorang
perempuan bertanya: Wahai Rasulullah, anak perempuanku telah ditinggal mati
suaminya, dan matanya telah benat-benar sakit. Bolehkah kami memberinya celak?.
Beliau bersabda: "Tidak." Muttafaq Alaihi.
|
وَعَنْهَا;
( أَنَّ اِمْرَأَةً قَالَتْ: يَا رَسُولَ اَللَّهِ! إِنَّ اِبْنَتِي مَاتَ عَنْهَا
زَوْجُهَا, وَقَدْ اِشْتَكَتْ عَيْنَهَا, أَفَنَكْحُلُهَا? قَالَ: لَا ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 1144 |
| |
Jabir Radliyallaahu 'anhu berkata: Saudara perempuan
ibuku telah cerai dan ia ingin memotong pohon kurmanya, namun ada seseorang
melarangnya keluar rumah. Lalu ia menemui Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
dan beliau bersabda: "Boleh, potonglah kurmamu, sebab engkau mungkin bisa
bersedekah atau berbuat kebaikan (dengan kurma itu). Riwayat Muslim.
|
وَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: ( طُلِّقَتْ خَالَتِي, فَأَرَادَتْ أَنْ تَجُدَّ
نَخْلَهَا فَزَجَرَهَا رَجُلٌ أَنْ تَخْرُجَ, فَأَتَتْ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم فَقَالَ: بَلْ جُدِّي نَخْلَكِ, فَإِنَّكَ عَسَى أَنْ تَصَدَّقِي, أَوْ
تَفْعَلِي مَعْرُوفًا ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 1145 |
| |
Dari Furai'ah Binti Malik bahwa suaminya keluar untuk
mencari budak-budak miliknya, lalu mereka membunuhnya. Kemudian aku meminta
kepada Rasululah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam agar aku boleh pulang ke
keluargaku, sebab suamiku tidak meninggalkan rumah miliknya dan nafkah untukku.
Beliau bersabda: "Ya." Ketika aku sedang berada di dalam kamar, beliau
memanggilku dan bersabda: "Tinggallah di rumahku hingga masa iddah." Ia berkata:
Aku beriddah di dalam rumah selama empat bulan sepuluh hari. Ia berkata: Setelah
itu Utsman juga menetapkan seperti itu. Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits
shahih menurut Tirmidzi, Duhaly, Ibnu Hibban, Hakim dan
lain-lain.
|
وَعَنْ
فُرَيْعَةَ بِنْتِ مَالِكٍ; ( أَنَّ زَوْجَهَا خَرَجَ فِي طَلَبِ أَعْبُدٍ لَهُ
فَقَتَلُوهُ. قَالَتْ: فَسَأَلْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَنْ أَرْجِعَ
إِلَى أَهْلِي; فَإِنَّ زَوْجِي لَمْ يَتْرُكْ لِي مَسْكَنًا يَمْلِكُهُ وَلَا
نَفَقَةً, فَقَالَ: نَعَمْ فَلَمَّا كُنْتُ فِي اَلْحُجْرَةِ نَادَانِي, فَقَالَ:
اُمْكُثِي فِي بَيْتِكَ حَتَّى يَبْلُغَ اَلْكِتَابُ أَجَلَهُ قَالَتْ:
فَاعْتَدَدْتُ فِيهِ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا, قَالَتْ: فَقَضَى بِهِ بَعْدَ
ذَلِكَ عُثْمَانُ ) أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ, وَالْأَرْبَعَةُ, وَصَحَّحَهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ, والذُّهْلِيُّ, وَابْنُ حِبَّانَ, وَالْحَاكِمُ وَغَيْرُهُمْ
| |
Hadits No. 1146 |
| |
Fathimah Binti Qais berkata: Aku berkata: Wahai
Rasulullah, suamiku telah mentalakku dengan tiga talak, aku takut ada orang
mendatangiku. Mak beliau menyuruhnya pindah dan ia kemudian pindah. Riwayat
Muslim.
|
وَعَنْ
فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ قَالَتْ: ( يَا رَسُولَ اَللَّهِ! إِنَّ زَوْجِي
طَلَّقَنِي ثَلَاثًا, وَأَخَافُ أَنْ يُقْتَحَمَ عَلَيَّ, قَالَ: فَأَمَرَهَا,
فَتَحَوَّلَتْ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 1147 |
| |
Amar Ibnul al-'Ash Radliyallaahu 'anhu berkata: Janganlah
engkau campur-baurkan sunnah Nabi pada kita. Masa iddah Ummul Walad (budak
perempuan yang memperoleh anak dari majikannya) jika ditinggal mati suaminya
ialah empat bulan sepuluh hari. Riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah. Hadits
shahih menurut Hakim dan Daruquthni menilainya munqothi'. 'Aisyah Radliyallaahu
'anhu berkata: (Arti) quru' itu tidak lain adalah suci. Riwayat Malik dalam
suatu kisah dengan sanad shahih.
|
وَعَنْ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ: ( لَا تُلْبِسُوا عَلَيْنَا
سُنَّةَ نَبِيِّنَا, عِدَّةُ أُمِّ اَلْوَلَدِ إِذَا تُوُفِّيَ عَنْهَا سَيِّدُهَا
أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا ) رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَأَبُو دَاوُدَ, وَابْنُ
مَاجَهْ, وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ, وَأَعَلَّهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ
بِالِانْقِطَاعِ. وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( إِنَّمَا
اَلْأَقْرَاءُ; اَلْأَطْهَارُ ) أَخْرَجَهُ مَالِكٌ فِي قِصَّةٍ بِسَنَدٍ
صَحِيحٍ
| |
Hadits No. 1148 |
| |
Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Talak budak
perempuan ialah dua kali dan masa iddahnya dua kali haid. Riwayat Daruquthni
dengan marfu' dan iapun menilainya dha'if.
|
وَعَنِ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( طَلَاقُ
اَلْأَمَةِ تَطْلِيقَتَانِ, وَعِدَّتُهَا حَيْضَتَانِ ) رَوَاهُ
اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَأَخْرَجَهُ مَرْفُوعًا
وَضَعَّفَهُ
| |
Hadits No. 1149 |
| |
Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah juga meriwayatkan
dari hadits 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu dan dinilainya shahih oleh Hakim. Namun
para ahli hadits menentangnya dan mereka sepakat bahwa ia hadits dha'if.
|
وَأَخْرَجَهُ
أَبُو دَاوُدَ, وَاَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ مَاجَهْ: مِنْ حَدِيثِ عَائِشَةَ,
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ, وَخَالَفُوهُ, فَاتَّفَقُوا عَلَى ضَعْفِهِ
| |
Hadits No. 1150 |
| |
Dari Ruwaifi' Ibnu Tsabit Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak halal bagi seseorang yang
beriman kepada Allah dan hari akhir menyiramkan airnya pada tanaman orang lain."
Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban dan hasan
menurut al-Bazzar. Dari Umar Radliyallaahu 'anhu tentang seorang istri yang
ditinggal suaminya tanpa berita: Ia menunggu empat tahun dan menghitung iddahnya
empat bulan sepuluh hari. Riwayat Malik dan Syafi'i.
|
وَعَنْ
رُوَيْفِعِ بْنِ ثَابِتٍ رضي الله عنه عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
( لَا يَحِلُّ لِامْرِئٍ يُؤْمِنُ بِاَللَّهِ وَالْيَوْمِ اَلْآخِرِ أَنْ يَسْقِيَ
مَاءَهُ زَرْعَ غَيْرِهِ ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ, وَاَلتِّرْمِذِيُّ,
وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ, وَحَسَّنَهُ اَلْبَزَّارُ. وَعَنْ عُمَرَ رضي الله
عنه - ( فِي اِمْرَأَةِ اَلْمَفْقُودِ- تَرَبَّصُ أَرْبَعَ سِنِينَ, ثُمَّ
تَعْتَدُّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا ) أَخْرَجَهُ مَالِكٌ,
وَالشَّافِعِيُّ
| |
Hadits No. 1151 |
| |
Dari al-Mughirah Ibnu Syu'bah bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Istri yang ditinggal suaminya tanpa
berita tetap menjadi istrinya (suami yang pergi itu) hingga datang kepadanya
berita." Dikeluarkan Daruquthni dengan sanad lemah.
|
وَعَنْ
اَلْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم ( اِمْرَأَةُ اَلْمَفْقُودِ اِمْرَأَتُهُ حَتَّى يَأْتِيَهَا اَلْبَيَانُ
) أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ بِإِسْنَادٍ
ضَعِيفٍ
| |
Hadits No. 1152 |
| |
Dari Jabir Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Janganlah sekali-kai seorang laki-laki
bermalam di rumah seorang perempuan kecuali ia kawin atau sebagai mahram."
Riwayat Muslim.
|
وَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا
يَبِيتَنَّ رَجُلٌ عِنْدَ اِمْرَأَةٍ, إِلَّا أَنْ يَكُونَ نَاكِحًا, أَوْ ذَا
مَحْرَمٍ ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 1153 |
| |
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jangan sekali-kali seorang laki-laki
menyepi bersama seorang perempuan kecuali bersama mahramnya." Riwayat Bukhari.
|
وَعَنِ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ( لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِاِمْرَأَةٍ, إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ )
أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 1154 |
| |
Dari Abu Said Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda tentang tawanan wanita Authas: "Tidak boleh bercampur
dengan wanita yang hamil hingga ia melahirkan dan wanita yang tidak hamil hingga
datang haidnya sekali." Riwayat Abu Dawud. Hadits shahih menurut Hakim.
|
وَعَنْ
أَبِي سَعِيدٍ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ فِي
سَبَايَا أَوْطَاسٍ: ( لَا تُوطَأُ حَامِلٌ حَتَّى تَضَعَ, وَلَا غَيْرُ ذَاتِ
حَمْلٍ حَتَّى تَحِيضَ حَيْضَةً ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ
اَلْحَاكِمُ
| |
Hadits No. 1155 |
| |
Ada hadits saksi riwayat Daruquthni dari Ibnu Abbas
Radliyallaahu 'anhu
|
وَلَهُ
شَاهِدٌ: عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ فِي اَلدَّارَقُطْنِيِّ
| |
Hadits No. 1156 |
| |
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Anak itu milik tempat tidur (suami)
dan bagi yang berzina dirajam." Muttafaq Alaihi dari haditsnya.
|
وَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (
اَلْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ, وَلِلْعَاهِرِ اَلْحَجَرُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ مِنْ
حَدِيثِهِ
| |
Hadits No. 1157, 1158, 1159 |
| |
Dan dari hadits 'Aisyah tentang suatu kisah dari Ibnu Mas'ud
dalam riwayat Nasa'i dan dari Utsman pada riwayat Abu
Dawud.
|
وَمِنْ حَدِيثِ عَائِشَةَ فِي
قِصَّة وَعَنْ
اِبْنِ مَسْعُودٍ, عِنْدَ النَّسَائِيِّ
وَعَنْ
عُثْمَانَ عِنْدَ أَبِي دَاوُدَ
| |
|
Post a Comment