Mencaci Maki Orang Muslim Itu Fasik

Mencaci Maki Orang Muslim Itu Fasik

332/429. Dari Sa'ad ibnu Malik, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda.

سباب المسلم فسوق وقتاله كفر

"Mencaci-maki orang muslim adalah fasik.'

Shahih, di dalam kitab Takhrijul-Hilal (442). [Nasa’i, 37-Kitab Tahrimud-Dam, 27- Bab Qitalul Muslim. Ibnu Majah, 36- Kitab Al Fitan, 4- Bab Sibabul Muslimi Fusuqun, hadits 3914].
333/430. Dari Anas berkata,

لم يكن رسول الله صلى الله عليه وسلم فاحشا ولا لعانا ولا سبابا كان يقول عند المعتبة ماله ترب جبينه

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bukan seorang yang keji, bukan juga orang yang suka melaknat, dan bukan orang yang suka nencaci-maki.  Rasulullah ketika mencela mengucapkan'Kenapa keningnya berdebu ?'"1

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (286). [Bukhari, 78-Kitab Al Adabu, 38- Bab Lam Yakunin-Nabiyyu Shallallahu 'Alaihi Wasallam Fahisyan].
134/431. Dari Abdullah ibnu Mas'ud, dari Nabi shallallahu Alaihi wassalam
سباب المسلم فسوق وقتاله كفر

"Mencaci-maki seorang muslim adalah fasik, sedangkan membunuhnya adalah kufur."

Shahih, di dalam kitab Takhrijul Halal (442). [Bukhari, 2-Kitab Al Iman, 36- Bab Khauful Mukmini win An Yahbatha Amaluhu. Muslim, 1-Kitab Al Iman, hadits 116].
335/432.  Dari Abu Dzarr berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

لا يرمى رجل رجلا بالفسوق ولا يرميه بالكفر إلا ارتدت عليه إن لم يكن صاحبه كذلك
'Seseorang diharamkan untuk menuduh fasik orang lain, dan juga tidak menuduhnya dengan kufur, maka jika tidak, tuduhan itu kembali kepada dirinya, sekiranya temannya yang dituduh itu tidak seperti yang dituduhkannya'."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (2891). [Bukhari, 78-Kitab Al Adab, 38- Bab Lam Yakunin-Nabiyyu Shallallahu 'Alaihi Wasallam Fahisyan].
336/433. Abu Dzar mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda.

من ادعى لغير أبيه وهو يعلم فقد كفر ومن ادعى قوما ليس هو منهم فليتبوأ مقعده من النار ومن دعا رجلا بالكفر أو قال عدو الله وليس كذلك إلا حارت عليه

"Barang siapa mengaku-ngaku dirinya kepada selain bapaknya dan dia tahu, maka sungguh telah kafir. Barang siapa mengaku dirinya dari suatu kaum yang dia sendiri bukan dari mereka, maka dia akan masuk neraka, dan barang siapa memanggil seseorang dengan kafir atau dia berkata, 'Musuh Allah', dan orang yang dipanggil itu tidak seperti yang dituduhkannya, maka apa yang dituduhkannya akan kembali kepadanya."

Shahih, di dalam kitab Ghayatul Maram (266-267). [Bukhari, 61-Kitab Al Manaqib, 5- Bab Haddatsana Abu Ma'mar. Muslim, 1- Kitab Al Iman, hadits 112].
337/434. Dari 'Adi ibnu Tsabit berkata, "saya mendengar Sulaiman ibnu Shurad -seorang dari kalangan sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam- berkata,

استب رجلان عند النبي صلى الله عليه وسلم فغضب أحدهما فاشتد غضبه حتى انتفخ وجهه وتغير فقال النبي صلى الله عليه وسلم إني لأعلم كلمة لو قالها لذهب عنه الذي يجد فانطلق إليه الرجل فأخبره بقول النبي صلى الله عليه وسلم وقال: [ان النبي صلي الله عليه وسلم قل:/١٣١٩] تعوذ بالله من الشيطان الرجيم قال أترى بي بأسا أمجنون أنا اذهب

Dua orang (saling) menganggap celaka di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu salah satunya marah sampai marahnya memuncak sehingga wajahnya berubah merah, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya saya mengetahui suatu kalimat sekiranya seseorang tnengucapkannya niscaya apa yang dirasakannya (kemarahannya) menjadi hilang." Kemudian seorang laki-laki menghampirinya dan memberitahukan tentang sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata, '[Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 1319] "Berlindunglah kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk". Lalu dia menjawab, "Apakah engkau melihat aku bengis! apakah saya gila? Pergilah!"'

Shahih, [Bukhari, 78- Kitab Al Adah, 72- Bab Ma Yunha Minas-Sibabi wal-La'ni. Muslim, 45- Kitab Al Birru wash-Shilatu wal Adab, hadits l09].


1 Kalimat ini sering disampaikan orang Arab. Mereka tidak bermaksud mendoakan hal jelek kepada orang yang diajak bicara (Mukhathab) dengan kalimat tersebut, sebagaimana mereka mengatakan: Qaatalahullah, menurut pendapat yang lain:

Tidak ada komentar