Menulis (Surat) kepada Perempuan dan Menjawab Mereka

 Menulis (Surat) kepada Perempuan dan Menjawab Mereka 


851/1118. Dari Aisyah binti Thalhah berkata,
  قلت لعائشة وأنا في حجرها وكان الناس يأتونها من كل مصر فكان الشيوخ ينتابوني لمكاني منها وكان الشباب يتأخوني فيهدون إلي ويكتبون إلي من الأمصار فأقول لعائشة يا خالة هذا كتاب فلان وهديته فتقول لي عائشة أي بنية فأجيبيه وأثيبيه فإن لم يكن عندك ثواب أعطيتك فقالت فتعطيني
"Saya berkata kepada Aisyah -sedang Saya berada di dalam asuhannya- dan orang-orang mendatanginya dari berbagai kota. Orang-orang tua sering datang kepada Saya karena kedudukan Saya darinya, dan para pemuda bermaksud kepada Saya,'1 lalu mereka pun memberi hadiah kepada Saya. Mereka menulis (surat) kepada Saya dari berbagai kota. Lalu aku berkata kepada Aisyah, 'Wahai bibi! ini surat si fulan dan hadiahnya/ Lalu Aisyah berkata kepada Saya, 'Hai putriku! jawab dan balaslah! kalau kamu tidak punya sesuatu (untuk membalasnya), maka Saya akan memberikannya untukmu.'"
la berkata, "Aisyah pun memberikannya untukku."

Hasan sanadnya.



________________
1 Saya berkata, "Itu dikarenakan keutamaan dan budi pekertinya, Ad-Dzahabi dalam Siyar 'Alamin Nubalaa' (4/369), 'la adalah waita zamannya yang paling cantik dan paling menonjol kepemimpinannya. Haditsnya diriwayatkan dalam (kitab-kitab) Shahih, dia adalah binti Ummi Kultsum saudari Aisyah dua putri Ash-Shiddiq.' radliyallahu 'anhum.

Tidak ada komentar