Sebagian Syair Ada Hikmahnya


Sebagian Syair Ada Hikmahnya 



658/857. Dari Mutharrif berkata.

صحبت عمران بن حصين من الكوفة إلى البصرة فقل منزل ينزله إلا وهو ينشدني شعرا وقال إن في المعاريض لمندوحة عن الكذب
"Saya telah menemani Imran ibnu Hushain dari Kufah ke Bashrah, dan hampir setiap berhenti di sebuah rumah pasti ia melantunkan syair dan berkata, 'Sesungguhnya dalam semua Tauriyyah (satu perkataan yang mengandung dua maksud yang berbeda, penerj) pasti terbebas dari kebohongan.'"

Shahih mauquf, di dalam kitab Adh-Dha'ifah (1094).
659/858. Dari Ubayy ibnu Ka'ab, sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah berkata.
  إن من الشعر حكمة
"Sesungguhnya sebagian syair mengandung hikmah."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (2851). [Bukhari, 78- Kitab Adab, 90- bab Ma Yajuzu Minasy-Syi'ri war-Rajazi wal Hija’i].
660/859. Dari Al Aswad ibnu Sari' (berkata, "Dahulu saya adalah penyair, kemudian saya datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam -861) Saya berkata,
يا رسول الله إني مدحت ربي عز وجل بمحامد قال أما إن ربك يحب الحمد ولم يزده على ذلك
'Wahai Rasulullah! Sesungguhnya saya telah memuji Tuhan saya dengan pujian-pujian.' Beliau berkata, 'Bukankah Tuhanmu senang puji-pujian.'" Beliau tidak menambahkan yang lebih dari itu.
Hasan, di dalam kitab Ash-Shahihah (3179).


661/860. Dari Abu Hurairah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda,
  لأن يمتلىء جوف رجل قيحا يريه خير من أن يمتلىء شعرا
'Terpenuhinya perut seseorang dengan nanah sehingga dia sakit, lebih baik dari dia mengisinya dengan syair."'

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (336). [Bukhari, 78- Kitab Adab, 92- bab Ma Yukrahu An yakunal Ghalibu 'Alal Insani Asy-syi'ru. Muslim, 41- Kitab Syi'ru, hadits 7].
662/862. Dari Aisyah radhiallahu 'anha, berkata,
استأذن حسان بن ثابت رسول الله صلى الله عليه وسلم في هجاء المشركين فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فكيف بنسبتي فقال لأسلنك منهم كما تسل الشعرة من العجين
"Hasan ibnu Tsabit minta izin kepada Rasulullah untuk mengkritik orang-orang musyrik, kemudian Rasulullah bersabda, 'Bagaimana dengan kerabat saya?' Kemudian dia menjawab, 'Sungguh akan saya selamatkan mereka seperti sehelai rambut dicabut dari adukan roti.'"

Shahih, [Bukhari, 61- Kitab Al Manaqib, 16- Bab Man Ahabba Anla Yusabbu Nasabuh. Muslim, 44- Kitab Fadha’ilush-Shahabat, hadits 156].
663/863. Dari Urwah berkata,
 ذهبت أسب حسان عند عائشة فقالت لا تسبه فإنه كان ينافح عن رسول الله صلى الله عليه وسلم

"Saya telah mencela Hasan di sisi Aisyah radhiallahu 'anha, kemudian dia berkata, 'Janganlah kamu mencelanya, karena sesungguhnya dia telah membela Nabi (dengan syairnya)."'

Shahih. [Bukhari, 61- Al Manaqib, 66- bab Man Ahabba Anla Yusabbu Nasabuh. Muslim, 44- FadhaHlush-Shahabati, hadits 154].

Tidak ada komentar