Kamis, 22 Mei 2014

Sejelek-jelek Manusia Adalah yang Ditakuti Kejahatannya

Sejelek-jelek Manusia Adalah yang Ditakuti Kejahatannya

984/1311. Dari Aisyah:
استأذن رجل على النبي صلى الله عليه وسلم فقال  :  ائذنوا له بئس أخو العشيرة فلما دخل ألان له الكلام فقلت يا رسول الله قلت الذي قلت ثم ألنت الكلام قال أي عائشة إن شر الناس من تركه الناس أو ودعه الناس اتقاء فحشه
"Seseorang meminta izin kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu kata Nabi, 'Izinkan dia untuk masuk. Sesungguhnya dia pemimpin yang buruk"
Ketika ia masuk, Rasul bermanis kata kepadanya (dalam jalan lain, Menyambutnya dengan lapang/338). Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah! engkau telah mengatakan apa yang telah engkau katakan (tentang dirinya), tapi kemudian engkau memperlakukannya dengan lemah lembut?' Rasulullah menjawab, 'Hai Aisyah! sesungguhnya orang yang paling jelek adalah orang yang ditinggalkan manusia karena takut akan kekejiannya (pada jalan yang ketiga, "Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang keji dan yang memerintahkan kekejian.")"

Shahih, Ash-Shahihah (1049). [Bukhari 78- Kitab Al Adah, 38- Bab ham Yakunin-Nabiyyu sliallallahu 'alaihi wasallam Faahisyan. Muslim: 45-Kitab Al Birru wash-Shilah, hadits 73].

Posting Komentar