Seseorang di Antara Sekumpulan Orang lalu Meludah

Seseorang di Antara Sekumpulan Orang lalu Meludah


875/1148. Dari Hants bin Amru As-Sahmi berkata,
أتيت النبي صلى الله عليه وسلم وهو بمنى أو بعرفات وقد أطاف به الناس ويجيء الأعراب فإذا رأوا وجهه قالوا هذا وجه مبارك قلت يا رسول الله استغفر لي فقال اللهم اغفر لنا فدرت فقلت استغفر لي قال اللهم اغفر لنا فدرت فقلت استغفر لي فقال اللهم اغفر لنا فذهب بيده بزاقه ومسح به نعله كره أن يصيب أحدا من حوله

"Saya datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ketika beliau berada di Mina -atau Arafah- dan orang-orang telah mengerumuninya. Orang-orang Badui berdatangan, lalu bila mereka melihat wajah beliau mereka berkata, 'Ini wajah yang diberkahi.'" Saya berkata, "Wahai Rasulullah, mintalah ampun untuk Saya!," Beliau bersabda, "Ya Allah, ampunilah kami." Lalu Saya berputar lagi dan berkata, "Mintakanlah ampun untuk Saya," Nabi berdoa, "Ampunilah kami." Lalu Saya berputar lagi dan berkata, "Mintakanlah ampun untuk Saya," Nabi berdoa, "Ampunilah kami."
Lalu beliau pergi (meludah, lalu mengambil)191 menyingkirkan ludahnya, dan menyapunya dengan terompahnya. la tidak suka kalau mengenai orang-orang yang ada di sekitarnya.
Hasan, di dalam kitab Shahih Abu Daud (1529). [Abu Daud, 11-Kitab Al Manaasik, 8- Bab fil Mawaaqiit, hadits 1742].2


______________
1      Ada tambahan yang luput dari asalnya, juga dari matan komentator. Tambahan ini didapatkan dari Mu'jam Kabir Thabrani (3/296).
2      Saya katakan, "Pada (Abu Dawud) tidak ada perkataannya: "Saya berkata, "Ya Rasulullah! mintakanlah ampun untuk Saya ..."' dan seterusnya.

Tidak ada komentar