Ucapan Seseorang Tatkala Taajjub, "Subhanallah"

Ucapan Seseorang Tatkala Taajjub, "Subhanallah

693/902. Dari Abu Hurairah berkata,
سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول  :  بينما راع في غنمه عدا عليه الذئب فأخذ منه شاة فطلبه الراعي فالتفت إليه الذئب فقال من لها يوم السبع ليس لها راع غيري فقال الناس سبحان الله فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فإني أؤمن بذلك أنا وأبو بكر وعمر

"Saya telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Ketika seorang penggembala sedang menggembala kambingnya, maka datanglah serigala dan menerkam satu kambing. Lalu penggembala itu mencarinya kemudian serigala itu menoleh seraya berkata, "Milik siapakah pada hari yang dikuasai binatang buas? pada hari yang tiada penggembalanya kecuali saya?" Lalu orang-orang berkata, "Subhanallah!"' Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Saya, Abu Bakar, dan Umar mempercayai hal itu.'"

Shahih, di dalam kitab Al Irwa (7/242). [Bukhari, 60- Kitab Anbiya54- Bab Haddatsana Abul Yaman. Muslim, 44- Kitab Fadha’ilush-Shahabah, hadits 13].
694/903. Dari Ali radhiallahu 'anhu berkata,
كان النبي صلى الله عليه وسلم في جنازة فأخذ شيئا فجعل ينكت به في الأرض فقال ما منكم من أحد إلا قد كتب مقعده من النار ومقعده من الجنة قالوا يا رسول الله أفلا نتكل على كتابنا وندع العمل قال اعملوا فكل ميسر لما خلق له قال أما من كان من أهل السعادة فسييسر لعمل السعادة وأما من كان من أهل الشقاوة فسييسر لعمل الشقاوة ثم قرأ  فأما من أعطى واتقى وصدق بالحسنى  الآية

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sedang mengurus jenazah, kemudian beliau mengambil sesuatu dan dicocok-cocokkan dengan tanah, kemudian beliau bersabda, 'Tidak ada seorangpun di antara kalian kecuali telah ditulis tempatnya di neraka atau di surga.' Mereka bertanya, 'Wahai Rasulullah! kenapa kita tidak bertawakal pada catatan kita dan meninggalkan amal?' Beliau bersabda, 'Berbuatlah kalian, karena segala sesuatu telah dimudahkan seperti telah diciptakan.' Beliau menyambung perkataannya, 'Adapun yang termasuk orang yang beruntung akan dimudahkan untuk berbuat keberuntungan, dan adapun yang termasuk orang yang celaka akan dimudahkan untuk berbuat celaka! Lalu beliau membaca, '(Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa dan memberikan adanya pahala yang terbaik (surga)...)'(Qs. Al Lail (92): 5-6).

Shahih, di dalam kitab Azh-Zhilal. [Bukhari, 78- Kitab Adab, 120- Bab Ar-Rajul Yankutsusy-Syai’a Biyadihi Fil-Ardhi. Muslim, 46-Kitab Al Qadaru, Hadits 6,7].

Tidak ada komentar