Unta Merupakan Kemuliaan Bagi Pemiliknya

   Unta Merupakan Kemuliaan Bagi Pemiliknya 

446/574. Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah slmllallahu 'aiaihi wasallam bersabda,

رأس الكفر نحو المشرق والفخر والخيلاء في أهل الخيل والإبل الفدادين أهل الوبر والسكينة في أهل الغنم

"Puncak kekufuran itu berada di Timur, kebanggaan dan kesombongan itu berada pada pemilik kuda dan unta, yang memiliki unta antara 200-1000 dan yang mengumpulkan antara kuda, unta dan bulu unta, sedangkan ketenangan itu berada pada pemilik kambing."

Shahih, di dalam kitab Ar-Raudhun-Nadhir (1045). [Bukhari, 59-Kitab Bad^ul Khalqi, 15- Babu Khairu Malil Muslim. Muslim. 1- Kitab Al Iman, hadits 79].
447/575. Ibnu Abbas berkata,

عجبت للكلاب والشاء إن الشاء يذبح منها في السنة كذا وكذا ويهدى كذا وكذا والكلب تضع الكلبة الواحدة كذا وكذا والشاء أكثر منها
"Saya heran antara anjing dan kambing. Sesungguhnya kambing disembelih setiap tahunnya begini, dan begitu dan dihadiahkan ini dan itu. Sedangkan anjing, satu anjing melahirkan begini dan begitu, tetapi kambing tetap lebih banyak darinya!"

Shahih, sanadnya.

448/576. Abu Zhibyan berkata,


قال لي عمر بن الخطاب: يا أبا ظبيان كم عطاؤك قلت ألفان وخمسمائة قال له يا أبا ظبيان اتخذ من الحرث والسابياء من قبل أن تليكم غلمة قريش لا يعد العطاء معهم مالا
"Umar bin Khaththab berkata kepada saya, 'Wahai Abu Dhibyan! berapa penghasilanmu?'" Saya berkata, "Dua ribu lima ratus" Umar berkata kepada Abu Dhibyan, "Wahai Abu Dhibyan!, bertanilah dan berproduksilah sebelum budak-budak laki-laki dari Quraisy menyertaimu, pemasukan bersama mereka tidak dianggap sebagai harta."

Hasan, sanadnya.
449/577. Dari Abdah bin Hazn berkata, "Pemilik unta dan pemilik kambing saling berbangga diri, lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

بعث موسى وهو راعى غنم وبعث داود وهو راعى غنم وبعثت أنا وأنا أرعى غنما لأهلى بأجياد

'Musa diutus, sedangkan dia penggembala kambing. Ibrahim diutus sedangkan dia penggembala kambing, dan saya diutus sedangkan saya penggambala kambing keluarga saya di Ajyad."

Shahih, di dalam kitab Ash-Shahihah (3167). [Tidak tercantum dalam Kutubus-Sittah].

Tidak ada komentar