Unta Merupakan Kemuliaan Bagi Pemiliknya
Unta Merupakan Kemuliaan
Bagi Pemiliknya
446/574.
Dari
Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah slmllallahu 'aiaihi
wasallam bersabda,
رأس
الكفر نحو المشرق والفخر والخيلاء في أهل الخيل والإبل الفدادين أهل الوبر والسكينة
في أهل الغنم
"Puncak kekufuran itu berada di Timur, kebanggaan dan kesombongan itu berada pada pemilik kuda dan
unta, yang memiliki unta antara
200-1000 dan yang mengumpulkan antara kuda, unta dan bulu unta, sedangkan ketenangan itu berada pada
pemilik kambing."
Shahih,
di
dalam kitab Ar-Raudhun-Nadhir (1045).
[Bukhari, 59-Kitab Bad^ul Khalqi, 15-
Babu Khairu Malil
Muslim.
Muslim. 1-
Kitab Al Iman, hadits
79].
447/575. Ibnu
Abbas berkata,
عجبت
للكلاب والشاء إن الشاء يذبح منها في السنة كذا وكذا ويهدى كذا وكذا والكلب تضع
الكلبة الواحدة كذا وكذا والشاء أكثر منها
"Saya heran antara anjing dan
kambing. Sesungguhnya kambing disembelih setiap tahunnya begini, dan begitu
dan dihadiahkan ini dan itu. Sedangkan anjing, satu
anjing melahirkan begini dan begitu, tetapi kambing tetap lebih banyak
darinya!"
Shahih, sanadnya.
448/576.
Abu
Zhibyan berkata,
|
قال
لي عمر بن الخطاب: يا
أبا ظبيان كم عطاؤك قلت ألفان وخمسمائة قال له يا أبا ظبيان اتخذ من الحرث
والسابياء من قبل أن تليكم غلمة قريش لا يعد العطاء معهم مالا
"Umar bin Khaththab berkata kepada saya, 'Wahai Abu Dhibyan! berapa penghasilanmu?'" Saya berkata, "Dua ribu lima ratus" Umar berkata
kepada Abu Dhibyan, "Wahai Abu Dhibyan!, bertanilah dan berproduksilah
sebelum budak-budak laki-laki dari Quraisy menyertaimu, pemasukan bersama mereka tidak dianggap sebagai
harta."
Hasan,
sanadnya.
449/577. Dari Abdah bin Hazn berkata, "Pemilik
unta dan pemilik kambing saling berbangga
diri, lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
بعث
موسى وهو راعى غنم وبعث داود وهو راعى غنم وبعثت أنا وأنا أرعى غنما لأهلى
بأجياد
'Musa diutus, sedangkan dia
penggembala kambing. Ibrahim diutus
sedangkan dia penggembala kambing, dan
saya diutus sedangkan saya penggambala kambing keluarga saya di Ajyad."
Shahih,
di
dalam kitab Ash-Shahihah (3167).
[Tidak tercantum dalam Kutubus-Sittah].
Post a Comment