Rabu, 28 Januari 2015

DOA-DOA

DOA-DOA


DO’A MASUK PASAR

      Rasululloh r bersabda : “Barangsiapa masuk pasar, lalu membaca do’a :
لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير، هو على كل شيء قدير.
“Tiada sembahan yang hak selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milikNya segala kerajaan dan puji. Yang Menghidupkan dan Mematikan. Dia Maha Hidup dan tidak mati. Di tanganNya segala kebaikan, dan Dia Maha Kuasa segala segala sesutau.”
Niscaya ditulis baginya sejuta kebaikan, dihapus darinya sejuta keburukan, diangkat baginya sejuta derajat, dan dibangunkan untuknya rumah di surga.” (riwayat Imam Ahmad dan periwayat lainnya, dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam kitab shahih al-jami’, no. 6107)


DO’A ISTIKHARAH

      Jabir t berkata : Bahwa Rasululah r mengajarkan kepada kita istikharah dalam segala urusan sebagaimana beliau mengajarkan surah-surah Al-Qur’an. Sabda beliau :
إذا هم أحدكم بالأمر فليركع ركعتين من غير الفريضة ثم ليقل : اللهم إني أستخيرك بعلمك وأستقدرك بقدرتك وأسألك من فضلك العظيم، فإنك تقدر ولا أقدر وتعلم ولا أعلم وأنت علام الغيوب، اللهم إن كنت تعلم أن هذا الأمر خير لي في ديني ومعاشي وعاقبة أمري (أو قال في عاجل أمري أو آجله) فاقدره لي ويسره لي ثم بارك لي فيه. وإن كنت تعلم أن هذا الأمر شر لي في ديني ومعاشي وعاقبة أمري (أو قال في عاجل أمري وآجله) فاصرفه عني واصرفني عنه واقدر لي الخير حيث كان ثم رضني به (قال ويسمي حاجته). رواه البخاري
“Apabila salah seorang kamu menghendaki sesuatu maka hendaklah shalat dua raka’at kemudian berdo’a : “Ya Allah, dengan ilmuMu sungguh aku mohon kepadaMu pilihan yang baik, dengan kekuasaanMu aku memohon agar diberikan kemampuan. Aku memohon kepadamu sebagian anugrahMu yang agung, karena sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Kuasa, aku tidak. Engkaulah yang mengetahui, aku tidak. Engkaulah Dzat Yang Maha Tahu segala yang ghoib. Ya Allah apabila Engkau mengetahui bahwa hal itu baik untukku dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku (baik untuk saya dalam urusan yang sekarang maupun yang akan datang), maka takdirkanlah untuku dan mudahkanlah bagiku, kemudian berkahilah hal itu bagiku.dan apabila Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hal itu buruk bagiku dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka hindarkanlah hal itu dariku dan hindarkanlah aku dari hal itu, dan takdirkan bagiku apapun yang baik, kemudian jadikanlah aku orang yang rela padanya.” (hendaklah pada waktu menyebut hal itu disebutkan keperluannya).
     
Perlu diketahui bahwa shalat dua rakaat tersebut harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan sendiri, seperti obat diminum sendiri oleh orang yang sakit, dengan keyakinan bahwa Allah pastikan memberi petunjuk kepada kebaikan. Sebagai tanda bahwa hal itu baik ialah mudah mendapatkan sebab-sebab pelaksanaannya.
      Hindarilah cara bid’ah dalam istikharah, yaitu yang bersandar kepada mimpi-mimpi dan perhitungan nama kedua calon memepelai, atau lalin-lainnya yang tidak dasarnya dari agama.


DO’A UNTUK MENYEMBUHKAN PENYAKIT

1.     Letakkan tanganmu pada anggota badan yang sakit dan bacalah bismillah tiga kali, kemudian membaca do’a di bawah ini tujuh kali.
أعوذ بالله وقدرته من شر ما أجد وأحاذر
“Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan segala sesuatu yang aku temui dan aku takuti.” (riwayat Muslim)

2.      
اللهم رب الناس أذهب الباس واشف أنت الشافي لا شفاء إلا شفاؤك شفاء لا يغادر سقما. متفق عليه
“Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah kesusahan dan sembuhkanlah. Engkaulah Dzat yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit.” (riwayat Bukhari Muslim).

3.      
أعوذ بكلمات الله التامة من كل شيطان وهامة ومن كل عين لامة. رواه البخاري
“Aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala setan dan dari binatang yang berbisa dan dari segala mata yang jahat.” (riwayat Bukhari).

4.      
من عاد مريضا لم يحضر أجله فقال عنده سبع مرات، أسأل الله العظيم رب العرش العظيم أن يشفيك إلا عافاه الله. صححه الحاكم ووافقه الذهبي
Barangsiapa mengunjungi orang sakit belum datang ajalnya kemudian  membaca do’a ini :
“Aku mohon kesembuhan kepada Allah yang Maha Agung Tuhan Arsy yang Agung, maka Allah menyembuhkannya.” (hadits shahih menurut Hakim yang disetujui oleh Az-Zhahabi).

5.      
من رأى مبتلى فقال : الحمد لله عافاني مما ابتلاك به وفضلني على كثير ممن خلق تفضيلا لم يصبه ذلك البلاء. حديث حسن رواه الترمذي
Barangsiapa melihat orang tertimpa kesusahan kemudian membaca :
“Segala puji bagi Allah yang membebaskan aku dari kesusahan yang manimpamu dan menjadikanku lebih utama dari kebanyakan yang Dia ciptkan, maka orang tersebut terhindar dari kesusahan/penyakit tersebut.” (riwayat Turmudzi).

6.     Datanglah Malaikat Jibril kepada Nabi r dan bertanya : “Hai Muhammad, apakah anda sakit?” Rasululloh r menjawab : “Ya”, lalu Jibril membaca do’a :
بسم الله أرقيك من كل شيء يؤذيك، ومن شر كل نفس وعين، بسم الله أرقيك، والله يشفيك.
“Dengan nama Allah aku mengobatimu dari segala penyakit yang menimpamu, dari kejahatan segala jiwa dan mata. Dengan nama Allah aku mengobatimu. Dan Allah lah yang menyembuhkanmu.” (riwayat Muslim).

7.     Bacalah surah Al-Fatihah dan surah Al-Mu’awwizatain kemudian mohonkan kesembuhan kepada Allah saja. Laksanakanlah do’a dan berobat dengan keduanya, bersedekahlah kepada segala orang fakir agar anda sembuh dengan izin Allah.
8.     Seorang muslim hendaklah menggunakan madu, habbah sauda’ (jintan hitam) dan meminum air zamzam. Itu semua adalah obat yang mujarab, dapat  mengobati dari segala penyakit.
DO’A BEPERGIAN DAN NAIK KENDARAAN

1.    Rasululloh r bersabda : “Barangsiapa yang akan bepergian hendaklah berkata kepada yang ditinggalkan :
أستودعكم الله الذي لا تضيع ودائعه. حسن رواه أحمد
“Kutitipkan engkau kepada Alloh yang tidak  sia-sia apa yang dititipkan.” (Hadits riwayat Ahmad).
2.    Orang yang akan bepergian dido’akan :
زودك  الله التقوى، وغفر ذنبك، ويسرك الخير حيثما كنت.
“Semoga Allah membekalimu dengan taqwa, mengampuni dosamu, dan memudahkan segala kebaikan bagimu di manapun berada.” (Hadits hasan riwayat Turmudzi).
3.    Apabila anda naik mobil atau pesawat terbang yang lain bacalah :
بسم الله الحمد لله سبحان الذي سخرلنا هذا وما كنا له مقرنين وإنا إلى ربنا لمنقلبون. الحمد لله – الحمد لله – الحمد لله – الله  أكبر – الله أكبر – الله أكبر -. سبحانك إني ظلمة نفسي فاغفر لي فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت. حديث صحيح رواه الترمذي
“ aku pergi dengan nama Allah dan segala puji bagiNya. Maha suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk  kami dan tidak ada daya bagi kami untuk menundukkannya dan hanya kepada Allah kami kembali, kemudian membaca Alhamdulillah tiga kali, Allahu akbar tiga kali. Maha Suci Engkau ya Allah, sungguh aku telah menganiaya diriku sendiri, berilah aku ampunan. Sungguh tidak ada yang mengamupuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (hadits hasan shahih riwayt Turmudzi).
4.     
اللهم إنا نسألك في سفرنا هذا البر والتقوى ومن العمل ما ترضى. اللهم هون علينا سفرنا هذا واطو عنا بعده. اللهمّ أنت الصاحب في السفر والخليفة في الأهل. اللهم إني أعوذ بك من وعثاء السفر وكآبة المنظر وسوء المنقلب في المال والأهل. رواه مسلم
“Ya Allah, kami mohon kepadamu dalam perjalanan ini kebajikan katakwaan dan amal yang Engkau ridhoi Ya Allah, ringankanlah atas kami perjalanan ini, dekatkanlah jaraknya perjalanan ini, Ya Alloh Engkaulah temanku dalam perjalanan ini dan Engkaulah sebagai pengganti yang melindungi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari pada kesusahan perjalanan ini, dari pemandangan yang menyakitkan dan dari nasib yang sial dalam harta dan keluarga.” (riwayat Muslim).
5.    Ketika pulang hendaknya membaca do’a tersebut di atas ditambah do’a di bawah ini :
آيبون تائبون إلى ربنا حامدون.
“Semoga kami kembali dalam keadaan selamat dan bertaubat kepada Robb kami memuji.”

DO’A MUSTAJAB
(YANG DITERIMA ALLAH)

1.    Apabila anda ingin sukses dalam ujian atau pekerjaan bacalah do’a di bawah ini : “Rasululloh r mendengar seorang laki-laki berdo’a
اللهم إني أسألك بأني أشهد أنك أنت الله لا إله إلا أنت الأحد الصمد  الذي لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد .
Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu dengan bersaksi bahwa Engkau Allah, tiada Ilah yang berhak disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, yang segala sesuatu bergantung kepadaMu, yang tidak melahirkan dan tidak pula dilahirkan dan tidak ada sesuatupun yang sama denganNya.”
      Rasululloh kemudian bersabda :
والذي نفسي بيده لقد سأل الله باسمه الأعظم الذي إذا دعي به أجاب وإذا سئل أعطى. رواه أحمد وحسنه الترمذي
“Demi Allah yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh orang itu telah berdo’a dengan namaNya yang Maha Agung. Yang  apabila Dia diseru dengan nama tersebut pasti Dia mengabulkannya, dan apabila diminta pasti ia memberi.” (riwayat Ahmad yang dinilai hasan oleh Turmudzi).
2.    Do’a Nabi Yunus (dzunnun) pada waktu beliau di dalam perut ikan seperti di bawah ini.
لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين.
“Tidak ada ilaah yang hak disembah kecuali Engkau, maha suci Engkau , sunguh aku telah termasuk golongan yang dzalim.”
Tidak seorang muslimpun yang memohon dengan do’a tersebut kecuali Allah mengabulkannya (hadits shahih diriwayatkan oleh Imam Ahmad)
3.    Harus melaksanakan hal-hal yang menyebabkan sukses yaitu berusaha dengan sungguh-sunguh, dan berdo’a.


DO’A ORANG YANG KEHILANGAN
      Ibnu Umar t ditanya tentang do’a  untuk menemukan sesuatu yang hilang, ia menjawab : hendaknya orang itu mengambil air wudhu lalu shalat dua rakaat, kemudian membaca kalimah syahadat lalu berdo’a denga do’a ini :
اللهم راد الضالة هادي الضلالة تهدي من الضلال ردّ علي ضالتي بقدرتك وسلطانك فإنما من فضلك وعطائك.
“Ya Allah, Dzat yang mengembalikan barang hilang, yang menunjukkan kesesatan, kembalikanlah kepadaku Ya Allah dengan kekuasaan dan kekuatanmu barangku yang hilang, karena sesungguhnya itu adalah anugrah dan  pemberianmu,” (Al-Baihaqi menyebut hadits ini mauquf yang juga disebutkan hasan).





DO’A DARI AL-QUR’ANUL AL-KARIM

] رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا[ (10) سورة الكهف
“Ya Robb kami, berilah rahmat kepada kami dari sisiMu dan sediakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.” (Al-Kahfi : 10).
] رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ[ (201) سورة البقرة
“Ya Robb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari siksa neraka.” (Al-Baqarah : 201).
] ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أتن الوهاب [
“Ya Tuhan kami, jangan kau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engaku memberi petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.” (Ali-Imran :; 8).
]رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ[ (10) سورة الحشر
“Ya Robb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah iman lebih dahulu dari kami dan jangan Engkau jadikan kedengakian dalam hati kami terhadap orang-orang beriman. Ya Robb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (Al-Hasyr : 10).

] ربنا عليك توكلنا وإليك أنبنا وإليك المصير [
“Ya Robb kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan kepada Engkaulah kami kembali.” (Al-Mumtahinah : 4).
] رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَآ أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ[(286) سورة البقرة
“Ya Robb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Robb kami janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankah kepada orang-orang sebelum kami. Ya Robb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami sesuatu yang kami tidak sanggup memikulnya, maafkanlah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Al-Baqarah : 286).
] رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ الْفَاتِحِين[ (89) سورة الأعراف
Ya Robb kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan adil dan Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik-baikya.” (Al-A’raf : 89).
] ربنا لا تجعلنا فتنة للقوم الظالمين ونجنا برحمتك من القوم الكافرين [
“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah terhadap kaum zhalim dan selamatkan kami dengan rahmatmu dari tipu daya orang-orang kafir.” (Yunus : 85-86).
] ربنا أفرغ علينا صبرا وتوفنا مسلمين [
“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan Islam.” (Al-A’raf : 126).


ILAHI, HANYA ENGKAULAH YANG MAHA PENOLONG

يا من يرى ما في الضمير ويسمع       أنت المعد لكل ما يتوقع
“Wahai Dzat yang melihat dan mendengar  apa yang ada dalam hati, Engkau adalah tempat persediaan sesuatu yang diperkirakan terjadi.”
يا من يرجى للشدائد كلها             يا من إليه المشتكى والمفزع
“Wahai Dzat yang diharapkan untuk menghilangkan segala kesusahan, wahai Dzat yang menjadi tempat mengadu dan berlindung.”
يا من خزائن رزقه في قول كن         أمنن فإن الخير عندك أجمع
“Wahai Dzat yang gudang rezekinya berada pada firmanNya “KUN”, berilah anugrah karena sesungguhnya segala kebaikan terhimpun pada sisiMu.”
ما لي سوى فقري إليك وسيلة         فبالافتقار إليك فقري أدفع
“Tidak ada bagiku perantara kecuali kefakiranku kepadaMu. Ya Allah, dengan kefakiranku  kepadamu itu aku dapat memenuhi keperluanku.”
ما لي سوى قرعي لبابك حيلة           فلئن رددت فأي باب أقرع
“Tidak ada bagiku alasan kecuali aku mengetuk pintuMu. Sekiranya aku ditolak, pintu yang mana lagi yang harus kuketuk.”
ومن الذي أدعو وأهتف باسمه          أن كان فضلك عن فقرك يمنع
“Dan kepada siapakah aku memohon dan memanggil dengan namanya apabila karunaiMu terhalang dari keperluanku kepadaMu.
حاشا لجودك أن تقنط عاصيا          الفضل أجزل والمواهب أوسع
“Mustahil Ya Allah jika karena kemurahanMu Engkau memutuskan harapan orang yang berbuat maksiat, sebab anugrahMu lebih besar dan pemberianMu lebih banyak.”

      “Mudah-mudahan shalawat kepada Nabi Muhammad r dan keluarganya, yaitu orang-orang yang membawa Al-Qur’an sebagai cahaya yang bersinar.”
Poskan Komentar