Selasa, 04 Oktober 2016

Do'a Setelah Makan dan Minum

Do'a Setelah Makan dan Minum

عَنْ ‏‏أَبِيْ أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ ‏‏,  قَالَ:‏ كَانَ رَسُولُاللهِ ‏‏ ‏إِذَا أَكَلَأَ وْ شَرِبَ قَالَ: "الْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَ وَسَقَى،‏‏وَسَوَّغَهُ،‏ ‏وَجَعَلَ لَهُ مَخْرَجًا".
(سنن أبي داود, رقم الحديث 3851, وصححهالألباني).
Dari Abu Ayub al-Anshari tia berkata : " Jika Rasulullah selesai makan atau minum beliau mengucapkan : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum serta melancarkannya juga menciptakan saluran keluarnya ".
( Sunan Abu Dawud No.3851. Dishahihkan oleh al-Albani ).

 Perawi hadits        :  

 Abu Ayub al-Anshari adalah Khalid bin Zaid bin Kulaib al-Khazraji an-Najjari. Seorang sahabat yang mulia dari kalangan Anshar. Ia termasuk yang mengalami Bai'at Aqabah kedua, perang Badar dan perang Uhud serta semua peperangan bersama Rasulullahr. Ia orang yang sabar dan cinta jihad di jalan AllahI. Dia lah yang dikhususkan oleh Rasulullah untuk disinggahi rumahnya ketika tiba di Madinah saat hijrah dan tinggal di rumahnya hingga masjid dan rumah Rasulullah dibangun. Telah diriwayatkan darinya dalam kitab sunnah sebanyak 155 hadits.
Ayub meninggal ketika perang Kostantin dalam kepemimpinan  Yazid bin Muawiyah pada tahun 52 H. dan ada pula yang mengatakan selain itu. Yazid menshalatkannya dan dimakamkan di dasar benteng Kostantin.

Beberapa faedah hadits ini adalah :
1)      Sesungguhnya kebaikan rezeki termasuk nikmat AllahI, hendaknya seorang muslim memuji   Allah atasnya.
2)      Mengakui nikmat Allah dan memikirkan tentangnya termasuk ibadah yang paling penting.
3)      Hendaknya seorang muslim mengenal penciptanya dan pemberi rezekinya, memuji-Nya,         bersyukur kepada-Nya serta tidak melupakan-Nya.

Poskan Komentar